GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN (GBPP) IF-1021 Algoritma dan Pemrograman

Kompetensi yang ingin dicapai :
y Kompetensi Kognitif Mempunyai dasar pengetahuan yang kuat dan metodologis serta terstruktur dalam paradigma pemrograman fungsional dan prosedural, tanpa tergantung pada satu bahasa tertentu.

y Kompetensi Psikomotorik Memberikan keterampilan memakai bahasa fungsional dan prosedural yang diajarkan. Mengaplikasikan konsep dengan membuat programprogram skala kecil dalam paradigma fungsional dan prosedural/imperatif dan mengimplementasi dalam salah satu bahasa prosedural (misalnya C) dan salah satu bahasa objek (misalnya Java). y Kompetensi Afektif Memahami konsep : ekspresi, type dan jenis-jenisnya, analisa kasus, analisa rekurens dalam paradigma prosedural/imperatif maupun fungsional, memahami konsep terkait khusus paradigma prosedural: loop, main program, prosedur, fungsi

Pokok Bahasan :
Pemrograman fungsional: paradigma pemrograman fungsional, fungsi dan ekspresi, ekspresi aritmatika, kondisional, rekursif. Analisa rekurens. Konsep dan implementasi ADT dalam konteks fungsional serta beberapa contoh kasus, list, tree, list of list. Pemrograman prosedural: paradigma prosedural dan bahasa pemrogramannya, type, variabel dan komstanta. Ekspresi, sekuens, instruksi kondisional, pengulangan, prosedur dan fungsi. Skema pengulangan.

Deskripsi Materi :
Mata kuliah ini mengajarkan tentang logika berfikir dalam menyelesaikan permasalahan yang ada, menggunakan notasi yang distandarisasikan (disepakati bersama) dan menghasilkan sebuah solusi yang tepat serta dapat diimplementasikan menggunakan pemroses bahasa.

Mata Kuliah Prasyarat :
-

skema dengan/tanpa MARK sekuensial: 2. Repeat-until While-do Iterate-stop traversal AP 6 Skema pemrosesan 1.2 memahami dasar-dasar dalam membuat algoritma dan membuat program AP 3 Fungsi AP 4 Prosedur 1. 2. Tipe data dasar dan komposisi Harga.2 4 1. studi kasus Mahasiswa dapat membuat prosedur dengan semua jenis yang ada dan mengimplementasikannya dalam kasus real Mahasiswa dapat membedakan jenis-jenis perulangan yang ada dan mengimplementasikannya pada kasus real Mahasiswa dapat membedakan bentukbentuk skema pemrosesan 4 1. Depend-on 2. 3. Boleh ada I/O 2. If-then Tabel GBPP (Keterangan : 1 jam = 50 menit) Kompentensi yang ingin Waktu Referensi dicapai Mahasiswa dapat 4 1. dan mengimplementasikannya pada kasus real. Pemanggilan fungsi di program utama atau fungsi lain 1.2 AP 5 Pengulangan 1. 4.2 4 1. Pengertian dasar dasar-dasar 2. Ditekankan fungsi adalah proses transformasi shg tidak ada I/O 2. Notasi algoritmik (skema) 4. Paradigma pemrograman pemrograman 3. Mahasiswa dapat membuat fungsi dan mengimplementasikannya dalam kasus real 4 1.2 4 1. Passing parameter by value & reference Mahasiswa dapat membedakan jenis2 analisa kasus yang ada.Kode AP 1 Pokok Bahasan Sub AP 2 Prolog : Algoritma dan 1. I/O.2 . sequence. ekspresi. assignment Analisa kasus 1.

Ritchie . Deklarasi. isi. Pengurutan tabel (count sort) Pengurutan tabel (bubble. Inggriani Liem. 2. binary.AP 7 Tabel AP 8 Sequential file 1. The C Programming Language. Pemrosesan sebuah arsip 2. akses tabel 2. Proses tabel pencarian harga ekstrem 3. Prentice-Hall. sentinel) 4. insertion) 1. ITB. Pencarian di tabel (sequential boolean/tanpa boolean. 1999.2 Mahasiswa dapat membuat sequential file 4 1. Diktat kuliah Algoritma Pemrograman Prosedural. Brian W.2 Referensi : 1. Kernighan and Dennis M. selection. Algoritma konsolidasi Merging sekuensial yang ada Mahasiswa dapat mengimplementasikan tabel pada kasus real 4 1.

2 3 1. Fungsi Fungsi tanpa I/O Mahasiswa dapat membuat Pemanggilan Fungsi fungsi dan mengimplementasikannya dalam kasus real Prosedur Mahasiswa dapat membuat y Prosedur dengan I/O y Prosedur dengan Passing prosedur dengan semua jenis ada dan Parameter By Value dan yang mengimplementasikannya By Reference dalam kasus real Perulangan / Looping 1 Mahasiswa dapat membedakan y Repeat-until jenis-jenis perulangan REPEATy While-do UNTIL dan WHILE-DO mengimplementasikannya pada kasus real Perulangan / Looping 2 Mahasiswa dapat membedakan y Iterate-stop Referensi 1. I/O.2 6 1. perlu diselesaikan dengan Harga.2 5 1. dan mengimplementasikannya pada kasus real.2 4 1.2 . menulis program sequence.SATUAN ACARA PERKULIAHAN IF-1021 Algoritma dan Pemrograman ( 4 sks) Minggu 1 Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan Kompetensi yang ingin dicapai Prolog : Algoritma dan Pengertian dasar y Dapat mendefinisikan dasar-dasar Paradigma pemrograman langkah-langkah sistematis pemrograman Notasi algoritmik (skema) untuk menyelesaikan Tipe dasar dan komposisi persoalan-persoalan yang (record). ekspresi. Java) Analisa kasus Depend-on Mahasiswa dapat membedakan If-then jenis2 analisa kasus yang ada. assignment y Mampu mentranslasikannya kedalam Bahasa Pemrograman Prosedural (mis : C.2 2 1.

akses tabel 2.2 13 Prensentasi Tugas Besar -1 Presentasi tugas bagian 1 Kemampuan mahasiswa untuk besar memahami materi yang telah diberikan dalam bentuk tugas besar 1.2 3.2 1.2 10 Tabel / Array / Larik . selection. isi. binary. Pencarian di tabel (sequential boolean/tanpa boolean.2 12 Tabel / Array / Larik .2 .2 1.7 8 9 jenis-jenis perulangan ITERATESTOP dan FOR-DO mengimplementasikannya pada kasus real Quiz Quiz dalam bentuk studi Mengevaluasi pemahaman dan kasus keterampilan mahasiswa untuk materi yang di berikan UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) Skema Pemrosesan y Skema Pemrosesan Mahasiswa dapat membedakan Sekuensial bentuk-bentuk skema Sekuensial dengan pemrosesan sekuensial yang ada MARK y Skema Pemrosesan Sekuensial tanpa MARK y Traversal 1. insertion) Mahasiswa dapat mengimplementasikan tabel pada kasus real terutama deklarasi tabel dan proses tabel untuk mencari harga ekstrim Mahasiswa dapat mengimplementasikan tabel pada kasus real terutama pencarian tabel Mahasiswa dapat mengimplementasikan tabel pada kasus real terutama pengurutan tabel 1.3 1. sentinel) 4. Proses tabel pencarian harga ekstrem 11 Tabel / Array / Larik .1 1. Deklarasi. Pengurutan tabel (count sort) Pengurutan tabel (bubble.

Diktat kuliah Algoritma Pemrograman Prosedural. Kernighan and Dennis M.2 15 Prensentasi Tugas Besar -2 16 Referensi : 1. 1999. 2. Pemrosesan sebuah arsip 2.2 . Inggriani Liem. Ritchie Kemampuan mahasiswa untuk memahami materi yang telah diberikan dalam bentuk tugas besar UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) 1.14 Sequential File 1. The C Programming Language. Brian W. Prentice-Hall. Algoritma konsolidasi Merging Presentasi tugas besar bagian 2 Mahasiswa dapat sequential file membuat 1. ITB.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful