Pengertian dan macam-macam Kalimat

Pengertian Kalimat dan Unsur Kalimat Kalimat adalah gabungan dari dua buah kata atau lebih yang menghasilkan suatu pengertian dan pola intonasi akhir. Kalimat dapat dibagi-bagi lagi berdasarkan jenis dan fungsinya yang akan dijelaskan pada bagian lain. Contohnya seperti kalimat lengkap, kalimat tidak lengkap, kalimat pasif, kalimat perintah, kalimat majemuk, dan lain sebagainya. Berikut ini adalah contoh kalimat secara umum : - Joy Tobing adalah pemenang lomba Indonesian Idol yang pertama. - Pergi! - Bang Napi dihadiahi timah panas oleh polisi yang mabok minuman keras itu. - The Samsons sedang konser tunggal di pinggir pantai ancol yang sejuk dan indah. Setiap kalimat memiliki unsur penyusun kalimat. Gabungan dari unsurunsur kalimat akan membentuk kalimat yang mengandung arti. Unsurunsur inti kalimat antara lain SPOK : - Subjek / Subyek (S) - Predikat (P) - Objek / Obyek (O) - Keterangan (K)

Macam-Macam Kalimat .

Kalimat Majemuk Setara (koordinasi) adalah penggabungan dua kalimat atau lebih yang kedudukannya sejajar atau sederajat. Contoh : Bapakku membaca koran 2. kamu harus belajar !” Kalimat tidak langsung adalah kalimat yang menceritakan kembali kepada orang lain yang pada bagian kutipan berubah menjadi kalimat berita. Kalimat Majemuk Setara Penggabungan: kalimat yang . dan objek yang terdapat unsur perluasan pada kalimat. Kalimat tunggal luas adalah kalimat tunggal yang di samping terdiri atas kata yang menduduki fungsi sebagai subjek. Kalimat majemuk setara dibagi menjadi 5 bagian. jangan bermain terus. Kalimat Majemuk dibagi menjadi empat bagian. Contoh : Ibu berkata. “Andi. Contoh : Kakak berkata aku harus rajin belajar. Contoh : Kemarin ibu berbelanja sayuran di pasar • Kalimat Majemuk adalah kalimat yang mempunyai dua struktur kalimat yaitu kalimat dasar atau lebih. predikat dan objek. yaitu: a. predikat. yaitu: 1.Kalimat dibagi menjadi beberapa macam sebagai berikut: • Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Kalimat Aktif adalah kalimat yang memiliki subjek untuk melakukan pekerjaan dan predikat yang berupa kata kerja me-atau berContoh : Ibu memasak bubur untuk nenek Kalimat Pasif adalah kalimat yang memiliki subjek untuk melakukan pekerjaan dan predikat yang berupa kata kerja diContoh : Bubur untuk nenek dimasak oleh ibu • Kalimat Langsung dan Kalimat Tidak langsung Kalimat Langsung adalah kalimat yang menirukan ucapan orang dan pada bagian kutipan berupa kalimat tanya dan kalimat perintah menggunakan tanda petik (“…”). Kalimat tunggal sederhana adalah kalimat tunggal terdiri dari kata yang menduduki jabatan subjek. • Kalimat Tunggal Kalimat tunggal di bagi menjadi 2 bagian. yaitu: 1.

menggunakan kata penghubung dan b. 3. keparalelan bentuk 3. kelogisan bahasa 1. Contoh : Ayah mencuci motor ketika matahari berada di ufuk timur.Contoh: kemarin ibu pergi ke Surabaya 2. Kalimat Majemuk Setara Urutan Waktu: kalimat yang menggunakan kata penghubung kemudian. 3. 2.kalimat berita adalah suatu bentuk kalimat yang menyatakan suatu pernyataaan berita atau peristiwa yang perlu diketahui sendiri atau orang lain. kehematan kata 5. lalu. kecermatan penalaran 6. Kalimat Majemuk Setara Penguatan: kalimat yang menggunakan kata penghubung bahkan c. Kalimat Majemuk Setara Pemilihan: kalimat yang menggunakan kata penghubung atau d. sedangkan. kesepadanan struktur 2. Kalimat Majemuk Bertingkat adalah dua kalimat atau lebih kalimat tunggal yang kedudukannya berbeda yang memiliki unsur induk kalimat dan anak kalimat. Contoh: Andi bermain dengan budi. ketegasan makna 4. Ciri-ciri kalimat efektif: 1.kalimat Tanya tak bertanya adalah bentuk susunan kalimat Tanya yang tidak memerlukan jawaban . Kalimat Majemuk Setara Berlawanan: kalimat yang menggunakan kata penghubung tetapi. melainkan e. Kalimat Majemuk campuran adalah gabungan antara kalimat majemuk tunggal dan kalimat majemuk setara.kalimat Tanya adalah kalimat yang bentuk susunannya belum lengkap dikarenakan kalimat tersebut memerlukan suatu jawaban sebagai bagian dari kalimat yang di maksud. • Kalimat efektif adalah kalimat yang menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca . kepaduan gagasan 7. lantas.

Biasanya pada bentuk kalimat ini disertai dengan kata-kata: Harap.kalimat pengandaian kalimat beralah kalimat inti (sederhana) adalah kalimat yang hanya terdiri dari subyek dan predikat.kalimat penghargaan adalah kalimat yang isinya mengharap sesuatu hal. kalimat permintaan adalah kalimat yang juga merupakan bentuk kalimat ajakan yang diperhalus yang biasanya juga disebut dengan kalimat permohonan. dan kata ganti). keadaan. kalimat perintah adalah kalimat yang menyatakan perintah atau suruhan yang harus dikerjakan orang kedua dan hubungannya erat sekali.karena jawaban dari kalimat tersebut telah diketahui. kalimat sempurna adalah kalimat yang mempunyai subyek dan predikat . . kalimat ajakan adalah bentuk susunan kalimat yang sebenarnya juga merupakan kalimat perintah yang diperluas dan erat hubungannya dengan orang kedua. Kalimat ini disebut juga kalimat bersyarat. Mohon. Contoh: ayo kita pergi! 6. dan kalimat ini sudah merupakan kalimat yang lengkap.kalimat nominal adalah kalimat yang predikatnya kata nama (kata benda. kalimat tidak sempurna adalah kalimat yang tidak mempunyai subyek atau predikat atau tidak mempunyai keduanya. 7. . .kalimat verbal adalah kalimat yang predikatnya terdiri dari kata kerja. a) tidak mempunyai subyek . Contoh: tutup pintu itu! 5. 4. . kalimat perjanjian adalah suatu bentuk susunan kalimat dimana pada kalimat tersebut ada suatu persyaratan sehingga menjadikan kalimat itu lengkap. .

predikat dan diperluas dengan satu atau beberapa unsur keterangan (tambahan)Ciri-ciri S. ajakan. Kalimat Lengkap dan Kalimat Tidak Lengkap 1. larangan. K. Contoh kalimat tak lengkap : . seruan.cara mencari predikat yaitu dapat bertanya dengan kata mengapa. Kalimat Tidak Lengkap Kalimat tidak lengkap adalah kamilat yang tidak sempurna karena hanya memiliki sabyek saja.Presiden SBY (S) membeli (P) buku gambar (O) . 2. diperlukan kata Tanya apa obyek ada 3: a)obyek penderita cirinya: obyek yang menderita akibat perbuatan subyek contoh: ayah membaca Koran. salam.bagian kalimat yang menerangkan subyek b.b)tidak mempunyai predikat c)tidak mempunyai subyek dan predikat kalimat luas adalah kalimat yang terdiri dari subyek. perintah.subyek ciri-ciri: a.Si Jarwo (S) Pergi (P) . P.bagian kalimat yang diterangkan b. Kalimat Majas termasuk ke dalam kalimat lengkap. pel. Contoh kalimat Lengkap : . pertanyaan. O.: 1.obyek ciri-ciri: untuk mencari obyek.cara mencari subyek yaitu dapat bertanya dengan kata apa atau siapa di muka predikat. jawaban. sapaan dan kekaguman. objek saja atau keterangan saja. 3. Kalimat tidak lengkap dapat berupa semboyan.predikat cirri-ciri: a.terdiri dari kata benda atau yang dianggap kata bendaatau yang dapat di ganti dengan kata benda a. Kalimat Lengkap Kalimat lengkap adalah kalimat yang setidaknya terdiri dari gabungan minimal satu buah subyek dan satu buah predikat. predikat saja.PKI (S) digagalkan (P) TNI (O) 2.

Urutannya adalah subyek mendahului predikat .Hanya terdiri dari dua kata .- Selamat sore Silakan Masuk! Kapan menikah? Hei. Kalimat luas (peluasan dari kalimat inti) c. Kalimat mayor (mengandung lebih dari satui inti) 5. Kalimat inti : kalimat yang terdiri dari inti subyek dak inti predikat. b.. Kalimat normal ( subyak mendahului predikat) b.. Berdasarkan urutan kata a. Berdasarkan pola-pola dasar a.Informasinya adalah intonasi berit yang netral . Kalimat inverse (prediakayt mendahului obyek) 4.Dua kata ini sekaligus menjadi inti kalimat (kata pertama menduduki jabatan predikat) . Kalimat minor (hanya mengadung stau inti) b. Kalimat transformasi (peubahan dari Kalimat inti) Ciri-ciri kalimat ini : . berdasarkan jumlah inti yang menbentuknya a. Kawan.

MACAM MACAM KALIMAT .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful