Petunjuk Teknis Pembuatan Pupuk Kompos dan Pupuk Cair Pupuk Kompos Di masa sekarang ini banyak orang

yang menggunakan pupuk anorganik. Orang belum banyak menyadari bahwa pupuk anorganik itu bisa membuat tanaman tumbuh dengan baik namun juga dapat merusak struktur tanah yang ada, jika kebanyakan penggunaan yang tidak teratur dan berlebihan. Oleh karena itu kita harus mengubahnya pola penggunaan pupuk anorganik dengan pupuk organik. Salah satu contoh pupuk organik adalah pupuk kompos dan pupuk cair. Pupuk kompos ini terbuat dari kotoran ternak yang diolah lebih lanjut dan dengan bantuan probiotik. Penggunaan pupuk kompos ini mempunyai beberapa keuntungan, antara lain:

[if !supportLists][endif]Memperbaiki struktur tanah berlempung sehingga menjadi
ringan,

[if !supportLists][endif]Memperbesar daya ikat tanah berpasir sehingga tanah
tidak berderai,

[if !supportLists][endif]Menambah daya ikat air pada tanah, [if !supportLists][endif]Memperbaiki drainase dan tata udara dalam tanah, [if !supportLists][endif]Mempertinggi daya ikat tanah terhadap zat hara, [if !supportLists][endif]Mengandung hara ynag lengkap, walaupun jumlahnya sedikit, [if !supportLists][endif]Membantu proses pelapukan bahan mineral, [if !supportLists][endif]Memberi ketersediaan bahan makanan bagi mikrobia.
Bahan Yang Dibutuhkan

antara lain: [if !supportLists][endif]Memperbaiki struktur tanah berlempung sehingga menjadi ringan. Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan pupuk kompos ini adalah cangkul. [if !supportLists][endif]Menambah daya ikat air pada tanah. [if !supportLists][endif]Memperbesar daya ikat tanah berpasir sehingga tanah tidak berderai. abu dapur. [if !supportLists][endif]Memperbaiki drainase dan tata udara dalam tanah. . Salah satu contoh pupuk organik adalah pupuk kompos dan pupuk cair. Penggunaan pupuk kompos ini mempunyai beberapa keuntungan. Orang belum banyak menyadari bahwa pupuk anorganik itu bisa membuat tanaman tumbuh dengan baik namun juga dapat merusak struktur tanah yang ada. Oleh karena itu kita harus mengubahnya pola penggunaan pupuk anorganik dengan pupuk organik. dan kapur. sabit. jika kebanyakan penggunaan yang tidak teratur dan berlebihan. Pupuk kompos ini terbuat dari kotoran ternak yang diolah lebih lanjut dan dengan bantuan probiotik. ember. bakteri starter. jerami padi. Cara Pembuatan Lebih lanjut tentang: Petunjuk Teknis Pembuatan Pupuk Kompos dan Pupuk Cair Petunjuk Teknis Pembuatan Pupuk Kompos dan Pupuk Cair Pupuk Kompos Di masa sekarang ini banyak orang yang menggunakan pupuk anorganik. sekop.Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kompos adalah kototran ternak sapi.

Cara Pembuatan Lebih lanjut tentang: Petunjuk Teknis Pembuatan Pupuk Kompos dan Pupuk Cair Petunjuk Teknis Pembuatan Pupuk Kompos dan Pupuk Cair Pupuk Kompos Di masa sekarang ini banyak orang yang menggunakan pupuk anorganik. Pupuk kompos ini terbuat dari kotoran ternak yang diolah lebih lanjut dan dengan bantuan probiotik. Orang belum banyak menyadari bahwa pupuk anorganik itu bisa membuat tanaman tumbuh dengan baik namun juga dapat merusak struktur tanah yang ada. Salah satu contoh pupuk organik adalah pupuk kompos dan pupuk cair. [if !supportLists][endif]Mengandung hara ynag lengkap. jerami padi. sekop. Penggunaan pupuk kompos ini mempunyai beberapa keuntungan. Oleh karena itu kita harus mengubahnya pola penggunaan pupuk anorganik dengan pupuk organik. walaupun jumlahnya sedikit. Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan pupuk kompos ini adalah cangkul. [if !supportLists][endif]Membantu proses pelapukan bahan mineral. Bahan Yang Dibutuhkan Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kompos adalah kototran ternak sapi. dan kapur. [if !supportLists][endif]Memberi ketersediaan bahan makanan bagi mikrobia. jika kebanyakan penggunaan yang tidak teratur dan berlebihan. sabit. bakteri starter.[if !supportLists][endif]Mempertinggi daya ikat tanah terhadap zat hara. ember. antara lain: . abu dapur.

jerami padi. [if !supportLists][endif]Memperbaiki drainase dan tata udara dalam tanah. [if !supportLists][endif]Membantu proses pelapukan bahan mineral. ember.[if !supportLists][endif]Memperbaiki struktur tanah berlempung sehingga menjadi ringan. [if !supportLists][endif]Mengandung hara ynag lengkap. [if !supportLists][endif]Memberi ketersediaan bahan makanan bagi mikrobia. Cara Pembuatan Lebih lanjut tentang: Petunjuk Teknis Pembuatan Pupuk Kompos dan Pupuk Cair Petunjuk Teknis Pembuatan Pupuk Kompos dan Pupuk Cair Pupuk Kompos Di masa sekarang ini banyak orang yang menggunakan pupuk anorganik. [if !supportLists][endif]Memperbesar daya ikat tanah berpasir sehingga tanah tidak berderai. [if !supportLists][endif]Menambah daya ikat air pada tanah. sekop. walaupun jumlahnya sedikit. [if !supportLists][endif]Mempertinggi daya ikat tanah terhadap zat hara. Orang belum banyak menyadari bahwa pupuk anorganik itu bisa membuat tanaman tumbuh dengan baik . sabit. bakteri starter. Bahan Yang Dibutuhkan Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kompos adalah kototran ternak sapi. abu dapur. dan kapur. Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan pupuk kompos ini adalah cangkul.

[if !supportLists][endif]Menambah daya ikat air pada tanah. [if !supportLists][endif]Membantu proses pelapukan bahan mineral. Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan pupuk kompos ini adalah cangkul. antara lain: [if !supportLists][endif]Memperbaiki struktur tanah berlempung sehingga menjadi ringan. jika kebanyakan penggunaan yang tidak teratur dan berlebihan. [if !supportLists][endif]Memberi ketersediaan bahan makanan bagi mikrobia. Penggunaan pupuk kompos ini mempunyai beberapa keuntungan. [if !supportLists][endif]Mengandung hara ynag lengkap. Salah satu contoh pupuk organik adalah pupuk kompos dan pupuk cair. ember. walaupun jumlahnya sedikit. sekop.namun juga dapat merusak struktur tanah yang ada. Pupuk kompos ini terbuat dari kotoran ternak yang diolah lebih lanjut dan dengan bantuan probiotik. sabit. bakteri starter. [if !supportLists][endif]Memperbaiki drainase dan tata udara dalam tanah. Cara Pembuatan . Bahan Yang Dibutuhkan Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kompos adalah kototran ternak sapi. dan kapur. Oleh karena itu kita harus mengubahnya pola penggunaan pupuk anorganik dengan pupuk organik. [if !supportLists][endif]Mempertinggi daya ikat tanah terhadap zat hara. jerami padi. abu dapur. [if !supportLists][endif]Memperbesar daya ikat tanah berpasir sehingga tanah tidak berderai.

kambing dan domba). pakan ternak merupakan salah satu kendala untuk mengembangkan usaha peternakannya termasuk juga dalam hal penyediaan hijauan pakan ternak. tegalan.Lebih lanjut tentang: Petunjuk Teknis Pembuatan Pupuk Kompos dan Pupuk Cair þÿ Search Mimbar Penyuluh PAGAR HIDUP SEBAGAI PENGHASIL PAKAN TERNAK Hijauan merupakan sumber pakan utama untuk ternak ruminansia (sapi. . pematang serta pinggiran jalan. kualitas maupun kontinuitasnya. kerbau. sehingga untuk meningkatkan produksi ternak ruminansia harus diikuti oleh peningkatan penyediaan hijauan pakan yang cukup baik kuantitas. Bagi sebagian besar peternak. lahan untuk tanaman pangan dan tanaman industri. Hijauan pakan ternak yang umum diberikan untuk ternak ruminansia adalah rumputrumputan yang berasal dari padang penggembalaan atau kebun rumput. Beberapa faktor yang menghambat penyediaan hijauan pakan adalah terjadinya perubahan fungsi lahan yang sebelumnya sebagai sumber hijauan pakan menjadi lahan pemukiman.

Di samping itu secara umum di Indonesia ketersediaan hijauan pakan juga dipengaruhi oleh iklim. sehingga pada musim kemarau terjadi kekurangan hijauan pakan ternak dan sebaliknya di musim hujan jumlahnya melimpah. melindungi tanaman dari angin kencang dan untuk mengurangi kecepatan aliran permukaan bila ditanam di lahan yang berlereng curam. penahan erosi.Di lain pihak. þÿ Search Mimbar Penyuluh PAGAR HIDUP SEBAGAI PENGHASIL PAKAN TERNAK . sebagai penahan angin. sumberdaya alam untuk peternakan berupa padang penggembalaan di Indonesia semakin berkurang. Pagar hidup berfungsi sebagai umber pakan ternak. bahan mulsa penyubur tanah. Dilihat dari potensi Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai pagar hidup dengan menghasilkan hijauan yang cukup. Untuk mengatasi kekurangan hijauan pakan ternak salah satunya adalah dengan memanfaatkan pagar hidup sebagai penghasil pakan ternak. sumber kayu bakar dan sumber bahan organik/mulsa dapat diperbaiki menjadi sistem pagar hidup. Pagar hidup adalah tanaman tahunan yang ditanam mengikuti batas pemilikan lahan yang mempunyai berbagai fungsi seperti mengamankan lahan dari masuknya ternak.

Hijauan pakan ternak yang umum diberikan untuk ternak ruminansia adalah rumputrumputan yang berasal dari padang penggembalaan atau kebun rumput. sumberdaya alam untuk peternakan berupa padang penggembalaan di Indonesia semakin berkurang. Dilihat dari potensi Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai pagar hidup dengan menghasilkan hijauan yang cukup. tegalan. kerbau. kualitas maupun kontinuitasnya. sehingga pada musim kemarau terjadi kekurangan hijauan pakan ternak dan sebaliknya di musim hujan jumlahnya melimpah. lahan untuk tanaman pangan dan tanaman industri. Mimbar Penyuluh . Untuk mengatasi kekurangan hijauan pakan ternak salah satunya adalah dengan memanfaatkan pagar hidup sebagai penghasil pakan ternak. Pagar hidup berfungsi sebagai umber pakan ternak. kambing dan domba). Pagar hidup adalah tanaman tahunan yang ditanam mengikuti batas pemilikan lahan yang mempunyai berbagai fungsi seperti mengamankan lahan dari masuknya ternak. pematang serta pinggiran jalan. sebagai penahan angin. sumber kayu bakar dan sumber bahan organik/mulsa dapat diperbaiki menjadi sistem pagar hidup. pakan ternak merupakan salah satu kendala untuk mengembangkan usaha peternakannya termasuk juga dalam hal penyediaan hijauan pakan ternak. Bagi sebagian besar peternak.Hijauan merupakan sumber pakan utama untuk ternak ruminansia (sapi. bahan mulsa penyubur tanah. sehingga untuk meningkatkan produksi ternak ruminansia harus diikuti oleh peningkatan penyediaan hijauan pakan yang cukup baik kuantitas. Di samping itu secara umum di Indonesia ketersediaan hijauan pakan juga dipengaruhi oleh iklim. Beberapa faktor yang menghambat penyediaan hijauan pakan adalah terjadinya perubahan fungsi lahan yang sebelumnya sebagai sumber hijauan pakan menjadi lahan pemukiman. melindungi tanaman dari angin kencang dan untuk mengurangi kecepatan aliran permukaan bila ditanam di lahan yang berlereng curam. Di lain pihak. penahan erosi.

dan juga boleh menggunakan bahan-bahan yang lain asalkan kotoran sapi minimal 40%.MEMBUAT PUPUK KOMPOS DARI KOTORAN SAPI Pupuk kompos merupakan dekomposisi bahan – bahan organik atau proses perombakan senyawa yang komplek menjadi senyawa yang sederhana dengan bantuan mikroorganisme. yang didekomposisi dengan bahan pemacu mikroorganisme dalam tanah (misalnya stardec atau bahan sejenis) ditambah dengan bahan-bahan untuk memperkaya kandungan kompos. Bahan dasar pembuatan kompos ini adalah kotoran sapi dan bahan seperti serbuk gergaji atau sekam.25%. jerami padi dll. Sayangnya masih ada kotoran ternak tertumpuk di sekitar kandang dan belum banyak dimanfaatkan sebagai sumber pupuk. Proses Prinsip yang digunakan dalam pembuatan kompos adalah proses pengubahan limbah organik menjadi pupuk organik melalui aktivitas biologis pada kondisi yang terkontrol. serbuk gergaji (bisa sekam. atau sekam. Kotoran sapi dipilih karena selain tersedia banyak di petani/peternak juga memiliki kandungan nitrogen dan potassium. abu sekam : 10% dan kalsit/kapur : 2%. Pemanfaatan limbah peternakan (kotoran ternak) merupakan salah satu alternatif yang sangat tepat untuk mengatasi kelangkaan dan naiknya harga pupuk. jerami padi dll) : 5%. Bahan yang diperlukan adalah kotoran sapi : 80 – 83%. jerami padi dapat juga ditambahkan abu dan kalsit/kapur. selain ditambah serbuk gergaji. Pemanfaatan kotoran ternak sebagai pupuk sudah dilakukan petani secara optimal di daerah-daerah sentra produk sayuran. bahan pemacu mikroorganisame : 0. serta kotoran ayam 25 % . Keluhan petani saat terjadi kelangkaan atau mahalnya harga pupuk non organik (kimia) dapat diatasi dengan menggiatkan kembali pembuatan dan pemanfaatan pupuk kompos. di samping itu kotoran sapi merupakan kotoran ternak yang baik untuk kompos.

pengangkutan. 2. meliputi kegiatan pembuatan jagung. meliputi kegiatan mengangkut jagung ke tempat pengeringan. merupakan kegiatan mempertahankan kondisi bahan dari susut dan penurunan mutu. pemipilan. 7). 5). penanganan pasca panen yang sesuai dengan ketentuan dan anjuran yang telah ditetapkan atau disampaikan para penyuluh di lapangan dan instansi yang terkait. kemudian kotoran sapi yang sudah ditiriskan tersebut dipindahkan ke lokasi 1 tempat pembuatan kompos dan diberi serbuk gergaji atau bahan yang sejenis seperti sekam. sirup jagung. pengupasan. meliputi kegiatan pelepasan kulit. pemanenan. peningkatan daya guna jagung. Setelah satu minggu di lokasi 1.Tempat pembuatan adalah sebidang tempat beralas tanah dan dibagi menjadi 4 bagian (lokasi 1. 3). pengumpulan. 4). SMS ke : 0815 8441 4991) Arsip Dr. kalsit/kapur dan stardec sesuai dosis. tumpukan dipindahkan ke lokasi 2 dengan cara diaduk/dibalik secara merata untuk menambah suplai oksigen dan meningkatkan homogenitas bahan. sebelum digunakan atau diproses selanjutnya. dan pengangkutan ke tempat proses selanjutnya. memisahkan kotoran dan mengangkut jagung pipilan kering ke tempat proses selanjutnya. 2). dan tepung jagung. memisahkan tongkol. pemisahan jagung tongkol muda dan rusak sehingga dihasilkan jagung baik. Pada tahap ini diharapkan terjadi peningkatan suhu hingga mencapai 70 derajat celcius untuk mematikan pertumbuhan biji gulma sehingga kompos yang dihasilkan dapat bebas dari biji gulma. pengeringan. Beras jagung. meliputi kegiatan penentuan waktu panen. (Untuk informasi lebih lengkapnya silahkan berlangganan Tabloid SINAR TANI. pati jagung. selanjutnya seluruh bahan campuran diaduk secara merata.Penyuluh Pertanian Untuk mendapatkan produksi jagung yang tinggi. Ibrahim Saragih . proses pengeringan jagung. 4) sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dan tempat tersebut ternaungi agar pupuk tidak terkena sinar matahari dan air hujan secara langsung. pemisahan kulit. tepung jagung. gula jagung. jerami padi dll. pemungutan hasil. 6). Kegiatan pasca panen jagung dimulai dari pemanenan sampai siap dikonsumsi. Penanganan pasca panen jagung terdiri dari serangkaian kegiatan sebagai berikut : 1). serta abu. meliputi kegiatan melepas biji dari tongkol. 3. untuk keperluan pangan dan . mengangkut jagung kering ke tempat selanjutnya. umumnya berupa pipilan kering. penyimpanan. minyak jagung. Prosesing pembuatannya adalah pertama kotoran sapi (fases dan urine) diambil dari kandang dan ditiriskan selama satu minggu untuk mendapatkan kadar air mencapai ¬+ 60%. kualitas jagung yang baik dan harga jual yang tinggi perlu diperhatikan dan dilaksanakan para petani di lapangan. meliputi kegiatan pewadahan atau pengemasan bahan dan pemindahan guna proses selanjutnya.

sering menimbulkan kerusakan dan kehilangan. SMS ke : 081584414991) = ED . 9). Penanganan pasca panen jagung menyangkut masalah teknis. penentuan standar dan klasifikasikan mutu. sosial dan ekonomi yang saling berkaitan. grading dan standardisasi. Berikut disajikan penggolongan masalah – masalah yang ada pada penanganan pasca panen. (Untuk berlangganan Tabloid SINAR TANI. masalah utama adalah sebagian besar produksi jagung dipanen pada musim hujan. Dari sudut teknis. meliputi kegiatan teknik pengambilan contoh. dan tongkol jagung untuk keperluan energi. meliputi kegiatan kulit. 8). peningkatan daya guna hasil samping dan limbah.bahan industri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful