KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yangh mana atas berkat dan rahmatNya lah kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ³ISTIMBAT HUKUM ISLAM´ ini dengan baik meskipun masih banyak terdapat kesalahan di sana sini.

Dan tak lupa pula kami ucapkan terimakasih kepada dosen pembimbing yang telah membantu atas terselesaikanya makalah yang berjudul ³ISTIMBAT HUKUM ISLAM´ ini dengan baik.

Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para pembaca makalah ini khususnya mahsiswa dan mahasiswi yang mempelajari makalah ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Amiin Bangko, 12 Desember 20

" B. Di dalam ilmu tafsir. tafsir Al. yaitu metode tafsir bi an-Naql dan metode tafsir selain Naql. Muhammad Husein Adz-Dzahaby mengutip dari Imam Zarkasyi: "Tafsir adalah ilmu yang digunakan untuk memahami kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi-Nya Muhammad Saw.BAB II PEMBAHASAN Istimbat hukum islam A. Karena itu metode umum yang dipakai untuk tafsir Al-Qur'an juga mencakup metode istinbath hukum. secara umum ada dua metode yang dipakai dalam memahami makna dan isi kandungan ayat Al-Qur'an. tafsir AlQur'an dengan riwayat yang bersumber dari para sahabat dan tafsir Al-Qur'an dengan riwayat dari para tabi'in. Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa istinbath hukum Al-Qur'an adalah menemukan dan mengambil hukum dari Al-Qur'an. pengeluaran (dari asal). Adapun tafsir.. menjelaskan makna-maknanya serta menemukan hukum-hukum dan hikmah-hikmahnya. . Sedangkan hukum mempunyai arti hukum. penggalian. Dr.Qur'an dengan sunnah nabi Muhammad Saw. Pembagian Metode Istimbat Dari pengertian tafsir di atas dapat diketahui bahwa istinbath hukum merupakan bagian dari objek pembahasan ilmu tafsir. peraturan dan kekuasaan. Metode naqly adalah metode tafsir bi al-ma'tsur atau disebut juga dengan tafsir bi ar-riwayat yang meliputi tafsir Al-Qur'an dengan Al-Qur'an. Pengertian Istimbat Secara etimologi istinbath berarti penemuan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful