1 KATA PENGANTAR Dengan memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME yang telah melimpahkan rahmat dan

karunia serta petunjuk-Nya, sehingga penulisan makalah ³Fungsi Iman Kepada Malaikat´ ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Makalah ini dibuat berdasarkan hasil pengamatan dan pengumpulan data dari berbagai pihak yang mendukung serta buku penunjang. Pada kesempatan yang sama tidak lupa penulis ucapkan terima kasih kepada : 1. Syamsudin, S.Ag selaku guru pengasuh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2. Semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam pengumpulan data dan pembuatan makalah ini. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa laporan ini banyak memeliki kekurangan yang selayaknya mendapat perbaikan untuk kesempurnaan dan kelengkapan makalah berikutnya, mengingat wawasan dan pengetahuan yang dimiliki penulis masih sangat terbatas. Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Banjarmasin, 16 Januari 2011

Penulis

...... 7 3.... ...... ... 1 DAFTAR ISI . ..................................................................2 Saran .... 7 3.2 Masalah .... ............... 3 BAB II FUNGSI IMAN KEPADA MALAIKAT ...................................................... 2 BAB I PENDAHULUAN .......... ........................................................ 3 1........ .. ........... 3 1....3 Tujuan ................. ..................................... ............... 7 .................................................... .......... 4 BAB III PENUTUP ........................ .. .................2 DAFTAR ISI Halaman KATA PENGANTAR .......................................................1 Kesimpulan .......................................... ................................................................................................................................... .......................................1 Latar Belakang ...... ... ............................................................ 3 1.............................. ......... ......... ...... .......... ... .......... ............................... ..................................................... ................... ..............

1. Sehingga di hari akhir nanti. baik jahat maupun baik. 1. yaitu apakah fungsi iman kepada malaikat.2 Masalah Agar pembahasan masalah pada makalah ini tidak terlalu melebar. Keberadaan mereka adalah fakta dan tidak bisa dipungkiri. maka kami akan membatasi masalah yang akan kami bahas. baik itu perbuatan yang salah maupun perbuatan yang benar. Beberapa malaikat bertugas untuk mencatat dan mengawasi perbuatan manusia. Tapi tidak sedikit dari umat muslim yang belum benar-benar memahami fungsi dari iman kepada malaikat itu sendiri. Sayangnya. manusia akan mempertanggungjawabkan segala perbuatnnya sesuai dengan catatan amal dan perbuatannya. Dengan begitu. sekecil apapun. .1 Latar Belakang Sebagai umat Islam. Mereka adalah salah satu makhluk Allah Swt. penulis membuat makalah ini dengan tujuan untuk menjelaskan fungsi iman kepada malaikat. karena Allah Maha melihat dan para malaikat selalu siap membukukan apa saja yang telah diperbuat manusia.3 BAB I PENDAHULUAN 1. yang bertugas sebagai perantara dan pelaksana kehendak-Nya. mengimani adanya malaikat adalah suatu kewajiban. Kebanyakan umat muslim mengetahui bahwa salah satu rukun iman adalah percaya kepada malaikat. manusia tidak bisa berbuat sesukanya.3 Tujuan Berdasarkan latar belakang dan masalah di atas. tidak semua umat muslim mengetahui dengan jelas dan benar fungsi sebenar-benarnya iman kepada malaikat.

Firman Allah Swt. Beriman kepada malaikat dapat meningkatkan manusia dalam hal pengetahuan indrawinya kepada ilmu pengetahuan nonmateri atau metafisika. perbuatan baik dan perbuatan jahat. Firman Allah Swt.4 BAB II Fungsi Iman Kepada Malaikat Iman kepada malaikat akan membawa seseorang pada kebaikan.´ (Q. Memiliki pemahaman bahwa ada malaikat yang bertugas mencatat amal perbuatan manusia. Fungsi iman kepada malaikat antara lain sebagai berikut. 1. Surah Qaf ayat 18: : Artinya: ³Tiada satu ucapan yang diucapkan melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir. Kita harus meneguhkan pendirian serta membangkitkan keberanian karena yakin bahwa ada pelindung dan penolong. Melalui segala kelebihannya untuk tetap taat dan patuh kepada Allah Swt. µjanganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih . maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan). dengan meyakini bahwa malaikat pun taat dan patuh kepada Allah Swt. Qaf : 18) Ayat tersebut mendidik manusia agar patuh dan taat pada ajaran agama dan selalu berhati-hati agar semua perbuatannya cenderung kepada kebaikan dan menghindari perbuatan jahat.¶ kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka. 2. S. Manusia dapat menumbuhkan rasa kemanusiaannya. Surah Fussilat Ayat 30: : Artinya: ³ Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan µTuhan kami ialah Allah.

(Q. dalam surah An Nisa ayat 36 sebagai berikut. Filsafat: 30) 3. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. maka tak ada yang dapat menolaknya. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum. baik dalam keadaan seorang diri maupun dalam keadaan bersama-sama karena ada malaikat yang mengawasinya secara bergiliran. dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. Mengimani malaikat dengan segala sifat-sifatnya akan dapat mendorong seseorang untuk melakukan hal-hal yang terbaik dan berlomba-lomba dalam kebaikan seperti yang diperintahkan Allah Swt. di muka dan di belakangnya.´ (Q. S. Surah Ar Ra¶du ayat 11: Artinya: ³Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran. Firman Allah Swt. Orang yang bertakwa senantiasa optimis dan tidak akan ragu -ragu atau gentar dalam menghadapi aneka ragam persoalan. . Ar Ra¶du: 11) 4. mereka menjaganya atas perintah Allah. Mengimani malaikat berikut sifat-sifatnya akan memberikan manfaat yang besar dalam hidup dan kehidupan manusia di tengah-tengah masyarakat yang penuh dengan berbagai macam persoalan.5 dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu. S.

karib kerabat. dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun.´(Q.S. ibnu sabil. teman sejawat. An Nisa:36) . orangorang miskin.6 Artinya: ³Sembahlah Allah Swt. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak. tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh.sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri. anak-anak yatim. dan hamba sahayamu.

kita hidup di dunia ini hanya sementara saja dan hidup kita yang kekal itu adalah di akhirat nanti. bahwa semua ini hanya titipan sang ilahi.´(H. bahwa kita hidup di dunia ini hanya sementara maka tingkatkan lah ketaqwaan kita kepada sang maha kuasa demi keselamatan di dunia maupun di akhirat. Dan juga mengingatkan kita. lakukanlah perbuatan yang baik dan tinggalkanlah perbuatan yang buruk.manusia diharapkan senantiasa mengabdi dan bertawakal kepada Allah Swt.7 BAB III PENUTUP 3. Dengan mengetahui fungsinya.Sering-seringlah berzakat dan jangan lupa shalat 5 waktu.Iman kepada malaikat akan membawa seseorang pada kebaikan dan menuntun kejalan yang benar.semuanya beriman kepada Allah dan malaikat Nya.1 Kesimpulan Iman kepada malaikat merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap muslim. dengan mempelajari dan mengamalk iman kepada malaikat kita an dapat mengetahui fungsi-fungsinya yang semua itu bertujuan untuk kebaikan kehidupan umat manusia. Artinya:´segala mereka yang beriman. .2 Saran Ingat lah. Bukhari) Oleh karena itu. 3.R. Oleh karena itu.Landasilah perbuatan yang baik itu dengan rasa ikhlas karena Allah ta¶ala.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful