LAPORAN PRAKTIKUM SISTEM CERDAS McCulloch Pitts

Kelompok : Bayu Sandi Marta (7607040013) Mochamad Mobed Bachtiar (7607040016) M. Widiyanto (7607040024)

4 D4 TEKNIK KOMPUTER

POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI SURABAYA 2010

TEORI Sistem cerdas adalah sistem yang dapat mengambil keputusan dan bertindak seperti manusia. Sistem ini adalah sebuah mesin elektronik yang dilatih dan mempunyai memori seperti manusia. Berikut adalah gambar arsitektur dari McCulloch Pitts : McCulloch Pitts pada tahun 1943.1. TUJUAN • Mahasiswa memahami cara kerja logika dari McCulloch Pitts 2. dan terus berkembang oleh beberapa peneliti dan penemu Gambar 1: Arsitektur McCulloch Pitts Dimana: X (x) = input w = bobot y= output Dan : Dimana : . Sistem ini mulai dikenalkan pertama kali oleh sampai dengan sekarang. Sistem ini bekerja seperti cara kerja susunan syaraf manusia.

• Logika AND Arsitektur jaringan untuk logika AND adalah sebagai berikut : Sedangkan table kebenarannya adalah sebagai berikut : Dari gambar jaringan dan dari tabel kebenaran tersebut. sedangkan untuk yang lainnya tidak masuk karena tidak memenuhi batas threshold. • Logika OR Arsitektur jaringan untuk logika OR adalah sebagai berikut : . jika nilai input x1. x2 dimasukkan serta dikalikan dengan bobot dan dijumlahkan maka hanya x1 dan x2 yang bernilai 1 saja yang bisa masuk karena telah memenuhi dari batas threshold yang diberikan yaitu 2 karena (x1*w1)+(x2*w2)=2.

Tabel kebenarannya adalah sebagai berikut : Dari gambar jaringan dan dari tabel kebenaran tersebut. jika nilai input x1. • Logika XOR Arsitektur dari logika XOR adalah sebagai berikut: Tabel kebenarannya adalah sebagai berikut: Logika XOR memiliki 2 layer : . sedangkan untuk yang lainnya tidak masuk karena tidak memenuhi batas threshold. x2 dimasukkan serta dikalikan dengan bobot dan dijumlahkan maka hanya x1 dan x2 yang hasilnya bernilai lebih dari atau sama dengan 2 saja yang bisa masuk karena telah memenuhi dari batas threshold yang diberikan yaitu 2.

0 4.Dimana. SOFTWARE YANG DIBUTUHKAN • VISUAL C++ 6. • Logika AND //hasil program . OR. HASIL Percobaan ini adalah membuat logika AND. XOR dengan 3 input yaitu x1. layer pertama adalah z1= x1 AND NOT x2 z2= x2 AND NOT x1 layer kedua : y= z1 OR z2 3. dan x3 dengan cara McCulloch Pitts. x2.

//Source Code • Logika OR //hasil program .

//source code • Logika XOR .

//hasil program //source code .

dapat diketahui bahwa logika AND akan menghasilkan logika 1 jika semua inputnya adalah 1.x2.w2.w3 y = input = bobot = output .5. Itu sesuai dengan table kebenaran berikut : Sehingga dari sini bisa dibuat struktur jaringannya : Dimana : x1.x3 w1. ANALISA Dari hasil percobaan terrsebut.

Untuk Logika OR.x2. Sehingga hanya x1.w2. Sehingga dapat di buat struktur jaringannya adalah sebagai berikut : Dimana : x1.x2.w3 = input = bobot .x3 yang bernilai 1 saja yang bisa memenuhi fungsi jaringan AND tersebut.Jika bobot yang diberikan adalah 1 maka logika AND akan memenuhi aturan berikut : y = x1[i]*w1+x2[i]*w2+x3[i]*w3.x3 w1. if (y<3) yn[i]=0. table kebenaranya adalah sebagai berikut : Pada table tersebut disimpulkan bahwa ketika salah satu inputnya adalah 1 maka output akan menghasilkan 1. dengan ketentuan threshold 3 maka: if (y>=3) yn[i]=1.

Sehingga apabila salah satu dari input x1. apabila semuanya 0 maka y=0.y = output Jika bobot yang diberikan adalah 1 maka logika OR akan memenuhi aturan berikut : yor = x1[i]*w1+x2[i]*w2+x3[i]*w3. dengan ketentuan threshold 1 maka: if (yor>=1) yr[i]=1. Sehingga hasilnya : Pada hasil K_Map tersebut.x3 bernilai 1 sudah bisa memenuhi aturan jaringan tersebut. didapatkan 2 layer untuk jaringan XOR. dan x3.x2. Apabila hasilnya genap maka output y adalah 0. jadi strukturnya adalah: . bila ganjil maka y=1. Untuk mendapatkan struktur jaringannya maka harus di K-Map kan dulu hasil outputnya. table kebenaranya adalah sebagai berikut : Pada table tersebut. if (yor <1) yr[i]=0. nilai y didapatkan dari penjumlahan x1.x2. Untuk Logika XOR.

else h1=0. Sedangkan untuk mendapatkan y adalah : yxor4 = h1*1+h2*1+h3*1+h4*1. 6. dengan ketentuan : if (yxor4>=1)yx[i]=1. yxor1=x1[i]*-1+x2[i]*2+x3[i]*-1.else yx[i]=0. if (yxor2>=2)h3 =1. else h4=0. Dengan threshold=1 dan bobot masing masing w adalah 1 maka y akan lolos. KESIMPULAN Dari hasil percobaan dan analisa diatas dapat disimpulkan bahwa: . Sehingga dari sini dapat digunakan untuk membentuk jaringan XOR. if (yxor1>=2)h2 =1. yxor2=x1[i]*-1+x2[i]*-1+x3[i]*2. else h3=0.Dimana layer input : yxor=x1[i]*2+x2[i]*-1+x3[i]*-1. if (yxor3>=3) h4 =1. yxor3=x1[i]*1+x2[i]*1+x3[i]*1. else h2=0. Dengan threshold untuk masing-masing di layer hidden adalah : if (yxor>=2) h1 =1.

Struktur jaringannya memiliki 2 layer. • Untuk mendapatkan struktur jaringan yang mempunyai output logika berbeda-beda maka kita bisa menggunakan K-Map.• Logika AND hanya akan menghasilkan output logika 1 jika semua input berlogika 1 • Logika OR akan menghasilkan output logika 1 jika salah satu input berlogika 1 • Logika XOR akan menghasilkan logika 1 jika semua input bila ditambahkan hasilnya ganjil. • Suatu bobot dalam suatu jaringan McCulloch Pitts adalah kita yang menentukan sendiri. • Untuk logika XOR. . jika ternyata bobot itu salah artinya tidak dapat memenuhi kondisi yang diinginkan maka bobot itu bisa dinaikkan nilainya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful