Pertanyaan : 1. Jelaskan tentang Negara dan terjadinya suatu Negara 2.

Ada berapa bentuk Negara berdasarkan teori modern dan bagaimana system pemerintahannya 3. Sebutkan unsur pokok sebagai syarat terbentuknya suatu Negara sesuai pengetahuan anda 4. Apa yang dimaksud bangsa dan ideology 5. Bagaimana teori tentang bangsa dan Negara Indonesia 6. Apa yang dimaksud dengan ham 7. Jelaskan perbedaan hak dan ham 8. Jelaskan menurut kamu mengenai pelaksanaan ham di Indonesia

Jawaban :

1. Negara merupakan suatu wilayah yang mempunyai batas tertentu, di huni oleh masyarakat, dan kekuasaannya diatur oleh pemerintahan Sutu Negara dapat terjadi apabila telah memenuhi syarat-syarat yaitu : a) Syarat primer memiliki wilayah, adanya masyarakat, dan memiliki pemerintahan yang berdaulat, b) syarat skunder mendapat pengakuan dari Negara lain.

2. Dalam teori modern bentuk Negara dibagi menjadi 2, yaitu : a) Negara kesatuan

Pemerintahan demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang bersandar pada kedaulatan rakyat atau mendasarkan kekuasaannya pada pilihan dan kehendak rakyat melalui mekanisme pemilu yang berlangsung secara jujur. aman dan adil. System pemerintahannya dibagi 2 : Negara kesatuan dengan sistem sentralisasi adalah sistem pemerintahan yang langsung dipimpin oleh pemerintah pusat.adalah bentuk suatu Negara yang merdeka dan berdaulat. bebas. Unsur pokok terbentuknya suatu Negara : a) Rakyat semua orang yang berdiam dalam suatu negara atau yang menjadi penghuni Negara. Wilayah terdiri dari Wilayah daratan Wilayah lautan . b) Negara serikat atau federasi merupakan bentuk Negara gabungan yang terdiri dari berbagai Negara bagian dari sebuah Negara serikat system pemerintahanya ada 3 : Pemerintahan monarki adalah model pemerintahan yang dikepalai oleh raja atau ratu Pemerintahan oligarki adalah pemerintahan yang dijalankan oleh beberapa orang yang berkuasa dari golongan atau kelompok tertentu. dengan satu pemerintah pusat yang berkuasa dan mengatur seluruh daerah. 3. Negara kesatuan dengan sistem desentralisasi adalah kepala daerah diberikan kesempatan dan kewenangan untuk mengurus pemerintah diwilayahnya sendiri. Sistem ini dikenal dengan istilah dengan otonomi daerah atau swatantra. b) Wilayah Sebagai tempat menetap rakyat dan tempat pemerintahan melakasanakan kegiatan.

Suatu negara akan tetap tegak berdiri walaupun negara itu tidak mendapat pengakuan dari negara lain 4. Hak untuk memperoleh pendidikan. Sedangkan HAM. merupakan kebebasan yang telah diberikan sejak lahir. Hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama. 7.. Hak untuk hidup bersama-sama seperti orang lain. karena pengakuan bukan merupakan unsur pembentuk negara melainkan hanya bersifat menerangkan saja adanya negara baru. dan mempunyai kesamaan bahasa. 8. Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang dianggap memiliki identitas bersama. Hak untuk mendapatkan pekerjaan. dan/atau sejarah Ideologi adalah kumpulan ide atau gagasan. Pelaksanaan ham diindonesia masih sangat kurang.?? contoh sederhananya sebagaimana kita ketahui salah satu hak asasi manusia yaitu hak untuk mendapatkan pendidikan. i 6.- Wilayah udara c) Pemerintahan yang bedaulat d) Pengakuan dari Negara lain bukanlah merupakan syarat mutlak berdirinya negara. tapi mengapa masih banyak orang tua yang tidak bisa menyekolahkan anaknya. mengapa saya mengatakan demikian. Hak adalah kebebasan untuk "memilih" dan "menentukan" kodratnya sebagai manusia. 5. ideologi. agama. budaya. Ham merupakan hak yag dimiliki sejak dalam kandungan Contoh : - Hak untuk hidup. Padahal setiap warga Negara .

berhak atas pendidikan yang layak yang sesungguhnya bisa diperoleh dengan cuma-Cuma…?? .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful