.

Disusun Oleh:
1. 2.

FIRANI ALIFIA RAKHMI LEILY REALITA SARI

(09188203188) (09188203191) (09188203197)

3. RIMA CHRISTINA

KATA PENGANTAR
Pertama-tama perkenankanlah kami selaku tim penyusun dari makalah ini memanjatkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas segala limpahan berkat, rahmat, dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “APLIKASI INTERNET PADA BIDANG PENDIDIKAN DI INDONESIA” Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Mursid S.Si selaku dosen pembimbing mata kuliah Ilmu Kealaman Dasar yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini. Terima kasih kepada teman-teman, dosen serta semua pihak yang baik secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan partisipasi serta dukungannya dalam pembuatan makalah ini. Besar harapan kami agar makalah ini dapat memberikan manfaat kepada para pembaca. Kami selaku tim penyusun sangat menyadari bahwa makalah yang telah disusun ini tidaklah lepas dari kekurangan. Oleh karena itu dengan segala kerendahan hati, kami berterima kasih apabila para pembaca berkenan memberikan masukan, saran, dan kritik yang membangun. Akhir kata kami selaku tim penyusun dari makalah ini mengucapkan selamat membaca dan semoga memberi manfaat kepada kita semua. Probolinggo, 03 Januari 2011 Tim Penyusun

Pendidikan. Kata kunci: Internet. Perkembangan Pendidikan . Makalah ini berusaha menjelaskan hubungan antara perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet dengan perkembangan pendidikan di Indonesia.ABSTRAK Perkembangan dunia pendidikan pada saat ini tentunya tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi yang berperan serta dalam segala aspek. Salah satunya adalah internet. dan sebagai salah satu faktor pendukung kemajuan pendidikan di Indonesia memiliki beberapa dampak positif dan negatif. Perkembangan Internet. Internet merupakan sebuah revolusi yang merubah sistem kehidupan kita sebagai masyarakat yang beradab yang berusaha memajukan kesejahteraan kehidupannya melalui proses pendidikan yang berkelanjutan.

15 3. i ii iv 1 1 ABSTRAK …………………………………………………………………. 3 1.. Rumusan Masalah ………………………………………………… 2 1. 1. 8 2. iii 1. 7 2..2.1.4...DAFTAR ISI JUDUL ……………………………………………………………………… KATA PENGANTAR ……………………………………………………… DAFTAR ISI ………………………………………………………………. 4 2. BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………. 17 .1 Internet Sebagai Sistem Komunikasi ……………………………… 5 2.. 10 2.2 Peran Internet dalam Proses Belajar dan Mengajar ……………….3.3 Perangkat yang dibutuhkan untuk Dapat Mengakses Internet …… ....5 Dampak Negatif Internet dan Solusinya ………………………….6 Solusi Mengatasi Bahaya Internet ………………………………… 12 BAB III PENUTUP ………………………………………………………. .. Manfaat …………………………………………………………… 3 BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………….4 Manfaat Internet …………………………………………………. Latar Belakang Masalah …………………………………………. . 7 2. 15 3. .2 Saran ………………………………………………………………… 16 DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………...1 Kesimpulan …………………………………………………………... Tujuan …………………………………………………………….

dan telah dipergunakan sejak tahun 1969.BAB I PENDAHULUAN 1. luas. perangkat tersebut terus-menerus mengalami perkembangan dan peningkatan pada fungsinya hingga saat ini. . yang dapat diartikan juga sebagai jaringan komputer yang besar. Komputer berperan serta mempermudah pekerjaan-pekerjaan kita sehari-hari dan berperan penting hampir di semua aspek kehidupan kita. Pada masa sekarang. khususnya bidang pendidikan. yang menghubungkan antar pemakai komputer satu dengan yang lainnya dari satu negara ke negara lainnya dengan berbagai macam jenis sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Hal yang tidak jauh berbeda terjadi pada penemuan dan pengembangan internet (Interconnection Networking) atau koneksi antara berbagai macam komputer dengan berbagai macam tipe dan jenisnya. kita dapat merasakan manfaatnya dalam membantu pekerjaan kita.1 LATAR BELAKANG MASALAH Sejak komputer ditemukan oleh seorang professor matematika berkebangasaan Inggris bernama Charles Babbage di tahun 1812. dan mendunia. disaat komputer telah berhasil dikembangkan sedemikian rupa dalam penambahan fungsi dan efesiensinya. Internet terus-menerus mengalami perkembangan dan penyempurnaan dari segi kelengkapan informasi dan kenyamanan penggunaannya. Kedua hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan penyempurnaan teknologi secara terus-menerus dan berkelanjutan ini telah berkembang menjadi sedemikian canggih masuk ke dalam kehidupan dan tak terpisahkan dalam membantu segala pekerjaan kita dalam kehidupan sehari-hari dari segala bidang.

Dapat kita amati bahwa pemberitaan di media pada saat ini mengenai teknologi di arena pendidikan nampaknya kurang menitikberatkan pada nilai penelitian dan pengalaman di dunia pendidikan. e-Learning. Internet. Salah satu teknologi yang tengah digalakan penggunaannya di Indonesia saat ini adalah internet. dan implementasi teknologi ini di bidang pendidikan perlu diintegrasikan ke dalam perencanaan (master plan) terhadap semua aspek pengembangan pendidikan secara seimbang (bukan secara proyek). Televisi. Untuk itu di dalam makalah ini akan dijelaskan bagaimana peranan internet dalam dunia pendidikan beserta solusi-solusi kreatif dalam menangani permasalahan yang timbul sehingga kita mengulangi kegagalan yang sama berdasarkan pada pengalaman-pengalaman di negara lain.Mutu pendidikan di negara-negara berkembang juga dapat meningkat dengan penggunaan teknologi canggih di bidang pendidikan yang dapat membantu meningkatkan percepatan kemajuan proses pendidikan. Bagaimanakah hubungan/korelasi dari perkembangan teknologi komputer khususnya internet dalam dunia pendidikan? 2. dll .2 RUMUSAN MASALAH Adapun rumusan masalah yang akan dijelaskan antara lain: 1. Video. Apa sajakah manfaat-manfaat dan juga dampak-dampak negatif yang dapat muncul dari penerapan teknologi internet di dunia pendidikan beserta solusinya? . Apa sajakah prasarana pendukung yang dibutuhkan untuk dapat memperoleh akses internet di lingkungan sekolah/perguruan tinggi? 3. antara lain: Electronic Whiteboard. Untuk itu diperlukan suatu teknologi yang tepat guna demi memajukan sektor pendidikan di Indonesia. Teknologi-teknologi yang selama ini telah digunakan dalam dunia pendidikan tersebut. 1. OHP. Contoh-contoh kasus dan masalah dalam salah penggunaan teknologi dalam kaitannya dengan pendidikan kelihatannya telah dianggap sebagai permasalahan umum tanpa adanya upaya pencarian solusi.

4 MANFAAT Manfaat yang dapat diperoleh dari makalah ini. Dengan mengetahui hubungan antara penerapan teknologi komputer khususnya internet bagi pendidikan. 2. berguna. antara lain: 1. Untuk mengetahui hubungan/korelasi dari perkembangan teknologi komputer khususnya internet dalam dunia pendidikan. Dengan mengetahui prasarana pendukung yang dibutuhkan untuk memperoleh akses internet di sekolah maka diharapkan para orang tua dapat berperan serta membantu meneruskan pelajaran yang telah diberikan oleh pihak sekolah dengan menyediakan akses internet di rumah sehingga para siswa dapat melakukan proses pembelajaran di rumah dengan bimbingan dan pengawasan dari orang tua. 3. 3. kita diharapkan bijaksana untuk memilih apa saja yang baik. Untuk mengetahui prasarana pendukung yang dibutuhkan untuk dapat memperoleh akses internet di lingkungan sekolah/perguruan tinggi. dan bermanfaat bagi diri kita sehingga tidak terjerumus ke dalam dampak-dampak negatif dari pekembangan teknologi komputer khususnya internet. 2. 1. Sehingga kita diharapkan akan memiliki kesadaran untuk menerima dan mempelajari hal-hal yang berguna bagi kemajuan proses pendidikan siswa. BAB II . kita dapat terpacu untuk mengembangkan kemampuan dan pola pikir kita sebagai tenaga pendidik untuk dapat peka terhadap perubahan-perubahan dalam kemajuan teknologi informasi. Setelah mengetahui dampak-dampak positif dan negatif dari penerapan teknologi komputer dan internet. Untuk mengetahui manfaat-manfaat dan juga dampak-dampak negatif yang muncul dari penerapan teknologi internet di dunia pendidikan beserta solusinya.1.3 TUJUAN Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu: 1.

keberadaan sistem informasi dan komunikasi merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pendidikan karena sebuah lembaga pendidikan yang baik harus memiliki komponen–komponen yang diperlukan untuk menjalankan operasional pendidikan. Hal lain yang juga menjadi masalah adalah rendahnya tingkat pemanfaatan ICT di sekolah (Digital Divide).263 Kecamatan dan 62.692.381 orang atau sekitar 27%.org/ 9 Januari 2011) Potensi yang begitu besar ini ternyata tidak diimbangi dengan kemajuan di bidang pendidikan dibandingkan dengan negara lain.net/ 9 Januari 2011) Dalam dunia pendidikan. sumber daya manusia (tenaga pendidik dan kepandidikan). Penilaian kualitas pendidikan Indonesia menduduki ranking 112 dari 175 negara (jauh berada di bawah Malaysia dan Bangladesh).id. struktur organisasi.wikipedia. seperti: siswa. . Secara umum masih terdapat kesenjangan antara daerah Indonesia barat dengan daerah Indonesia timur. Saat ini masih banyak anak usia sekolah yang belum dapat menikmati pendidikan dasar 9 tahun.193.508 dengan garis pantai 80.000 km.2) hal ini dapat disebabkan oleh tidak meratanya penyebaran sarana dan prasarana pendidikan di sekolah.pendidikan. apalagi koneksi internet. proses.964. Jumlah penduduk Indonesia saat ini adalah 247 juta yang tersebar di 446 Kabupaten/kota. (http://www.22. dan biaya operasional. dari anak usia sekolah 7-12 tahun partisipasi siswa untuk mengikuti pendidikan masih dibawah 80% (APK SMP 85.252 km2 dengan bentangan horisontal 1/8 keliling bumi dan jumlah pulau 17. sehingga diperlukan sekitar 1. dengan wilayah sebesar 5.PEMBAHASAN Indonesia adalah negara kepulauan yang cukup luas.836 atau 73% guru yang harus ditingkatkan kualifikasi pendidikan dan profesionalismenya. 5. Saat ini jumlah guru yang ada adalah 2. sebagai contoh.806 desa. sarana dan prasarana. Hal tersebut diakibatkan karena kualitas tenaga pendidik kita yang masih perlu ditingkatkan. tidak semua sekolah memiliki telepon. dan juga masih adanya kesenjangan kualitas pendidikan antara kota dengan desa-desa terutama desa-desa yang berada di daerah terpencil.217. dari jumlah trsebut yang memenuhi syarat sertifikasi 727. APK SMA 52. (http://www.

depdiknas. orang tua. (www. dan anggota masyarakat juga .Sedangkan sistem komunikasi dan informasi terdiri dari komponen–komponen pendukung lembaga pendidikan untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pihak pengambil keputusan saat melakukan aktivitas pendidikan. Salah satu dukungan terbesar untuk pengembangan pribadi dalam profesi kepala sekolah yang kemudian juga diteruskan kepada guru-guru dalam proses pendidikan adalah dengan memanfaatkan proses pembaharuan yang ada yaitu komunikasi yang terbuka dan mendukung kemajuan melalui forum rutin kepala sekolah. Usaha peningkatan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia di semua sektor ini pastinya akan membutuhkan sistem komunikasi yang sangat efektif. Penelitian mengenai pengembangan sekolah secara jelas menunjukan bahwa salah satu cara yang paling efektif bagi sekolah yang ingin berkembang secara mandiri yaitu dengan cara berbagi (sharing) informasi dan ide-ide. Hal ini dapat direalisasikan melalui penyampaian masalah secara kolektif diantara rekan seprofesi untuk menghasilkan solusi yang efektif dan dapat diwujudkan.go. hal ini hampir memutarbalikan peran jika dibandingkan dengan peran komunikasi administrasi pendidikan yang terdahulu. Masukan (input) dan kontribusi langsung dari para pemegang peran (stakeholders) yang lain yaitu siswa. Maka dari itu penting sekali untuk meningkatkan kualitas dari segi intelegensi dan skill serta daya saing para generasi muda yang akan menjadi pilar utama pembangunan negara melalui pendidikan dan pengenalan teknologi komputer sejak usia dini. Apabila kita merespons pada kebutuhan fokus awal penggunaan yang seharusnya lebih berdasarkan penerimaan informasi daripada penyebaran informasi.id 09 Januari 2011) 2.1 Internet Sebagai Sistem Komunikasi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas adalah faktor yang sangat krusial dalam keberhasilan pembangunan suatu bangsa.pustekkom.

Jika obyektifitas utamanya adalah memaksimalkan pendidikan Sumber Daya Manusia maka yang terpenting adalah peningkatan hubungan komunikasi kita dengan seluruh sektor lingkungan pendidikan dan para pemegang peran (stakeholders). dan membiarkan hal itu berkembang sendiri yaitu tetap konsisten akan . Kemampuan untuk berbicara bahasa asing dan kemahiran komputer adalah dua kriteria yang umum diminta masyarakat untuk memasuki lapangan kerja baik di Indonesia maupun diseluruh dunia. Oleh karena adanya prioritas yang tinggi untuk membangun fasilitas komputer di seluruh sekolah-sekolah di Indonesia dan adanya jarak serta kesenjangan antara sekolah-sekolah di seluruh provinsi Indonesia. maka sepertinya Internet pilihan yang cukup baik untuk mengembangkan komunikasi antar sekolah. Lagipula kunci utama untuk meningkatkan komunikasi harus terfokus pada saling berbagi komunikasi dua arah yang saling terbuka dan meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan dukungkan dari segala bidang.memberikan informasi yang sangat membantu dan meningkatkan dukungan masyarakat bagi pengembangan sekolah. dan DEPDIKNAS yang dapat dilakukan lewat Internet. Berdasarkan langkah yang sudah ada ini. maka dengan adanya komputer yang telah merambah disegala bidang kehidupan manusia hal itu membutuhkan tanggung jawab sangat tinggi bagi sistem pendidikan kita untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa dan kemahiran dalam bidang komputer sekalipun siswa-siswa tersebut tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Beberapa sekolah telah mengambil inisiatif untuk membangun fasilitas mereka sendiri. Kanwil. Salah satu sarana yang dapat digunakan untuk mendukung kelancaran proses ini adalah dengan menggunakan internet. dan hanya sekitar 20-30 % lulusan sekolah menengah yang melanjutkan ke tingkat pendidikan lebih tinggi. Kandep. Tanggung jawab sekolah dalam memasuki era globalisasi baru ini yaitu harus menyiapkan siswa untuk menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat kita.

terutama demi memajukan pendidikan. 2.3 Perangkat yang dibutuhkan untuk dapat mengakses internet: 1. Internet Service Provider (ISP) Internet service provider disingkat ISP adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kita dapat berkomunikasi secara langsung (real time) melalui telepon dan unit video processing. Internet juga dapat didesentralisasikan dan diberdayakan.kebutuhan belajar siswa kita. Internet pada awalnya diciptakan untuk kebutuhan sistem pertahanan militer supaya dapat didesentralisasikan sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan total. Kita juga dapat menyebarkan (publish) informasi yang kemudian bisa diakses dari mana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat. Kebanyakan perusahaan telepon merupakan penyelenggara jasa Internet . yang kemungkinan saja bisa terjadi apabila sistem sentral komputer utama dimusnahkan. 2. Kita bisa melakukan "chat" melalui jaringan gratis "chat" yang sangat luas yaitu mIRC. maka Internet sebagai strategi yang sesuai untuk menjadi medium komunikasi dua arah yang saling berkelanjutan. Melalui penggunaan internet kita dapat mengakses sumber-sumber informasi tanpa batas dan yang sedang berkembang dengan sangat cepat untuk memperkaya pengetahuan dan membantu kelancaran proses pembelajaran.2 Peran Internet dalam Proses Belajar dan Mengajar Kekayaan informasi yang tersedia di Internet sekarang telah jauh melampaui harapan dan bahkan imajinasi dari para penemu dari sistem ini pertama kali. Manfaat lainnya adalah kita dapat berkomunikasi secara individual atau secara massa dan dapat dilakukan dimana saja di seluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Telepon dan Pulsa Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan).4 Manfaat Internet 1. halaman muka atau beranda (Bahasa Melayu: laman. internet menawarkan beberapa kesempatan untuk: Pengembangan Profesional a. Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya. 2. situs web. E-mail Account Alamat surat elektronik (disingkat ratel. surat. Menurut Panduan Pembakuan Istilah Pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2001 tentang Penggunaan Komputer dengan Aplikasi Komputer Berbahasa Indonesia/Kiat Pembakuan Peristilahan Perkomputeran dalam Bahasa Indonesia. Meningkatkan pengetahuan. ratron. dan lain sebagainya. yakni "muka surat" atau "halaman muka") kata laman dalam bahasa Indonesia sendiri berarti "halaman depan" atau "halaman muka" yang bisa mengacu kepada halaman depan buku. kata laman dipakai untuk menggantikan kata home page atau index page dalam bahasa Inggris. . Namun dewasa ini kata laman sering digunakan menggantikan kata halaman. Homepage dan Nama Domain Laman.2. 3. Bagi para guru. atau surat-e) atau alamat surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail account atau email account" (ejaan Indonesia: imel) adalah alamat yang digunakan untuk berkirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet). surel. 4.

Pemanfaatannya sebagai sumber bahan mengajar: a. 2. Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain. f. c. Kesempatan untuk menerbitkan /mengumumkan secara langsung. Berbagi sumber diantara rekan sejawat/ sedepartemen. b. Bekerjasama dengan guru-guru dari luar negeri. . Mengakses rencana belajar mengajar & metodologi baru. untuk mampu: a. Berbagi sumber dan informasi serta bahan ajar bagi siswa. c. d. Memperkaya pengetahuan dan kemampuan diri dalam: a.b. Bagi siswa Internet menawarkan kesempatan untuk: Belajar sendiri secara cepat. Mengatur komunikasi secara teratur. Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian. b. e. Belajar berinteraktif. Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia. Walaupun Internet berpotensi untuk menyampaikan manfaat-manfaat tersebut bagi para guru maupun para siswa. b. c. Bahan baku & bahan jadi yang cocok untuk segala bidang pelajaran. Berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik local maupun internasional. pemakaian Internet di kelas hendaknya harus disusun sedemikian rupa sehingga proses belajar dapat mendefisinasikannya secara obyektif. Meningkatkan pengetahuan. Kegiatan siswa juga harus dimonitor dengan baik dan terarah.

Cybersexual Addiction Yang dimaksud dengan Cybersexual Addiction yaitu obsesi untuk melihat. demi kemajuan proses pendidikan bagi para siswanya dengan bekerjasama dalam wilayah regional maupun di seluruh dunia. 2. Guru-guru dari segala bidang mata pelajaran. terutama guru bahasa dan guru pelajaran ilmu sosial.000 pelaku pelecehan seksual setiap harinya yang memanfaatkan ruang rumpi (chatting room) untuk berkenalan.Salah satu dari manfaat yang sangat potensial dari Internet selain untuk para administrator dan pihak-pihak yang berkepentingan di lingkungan adalah untuk memudahkan pengumpulan lembaran data-data sekolah yang dapat langsung terkirim langsung ketujuannya baik ke perorangan maupun kepada masyarakat luas.5 Dampak Negatif Internet dan Solusinya 1. Data penelitian menunjukkan bahwa ada sebanyak 750. dapat mengambil (download) berita dan kejadian-kejadian terkini yang bisa digunakan sebagai bahan mengajar di kelas pada hari yang sama saat itu juga. Internet juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengelabui dan menjerumuskan anak-anak. . men-download dan memperdagangkan pornografi. Selain itu juga apabila kita tidak berhati-hati. Semua guru juga dapat menggunakan Internet baik untuk keperluan pengembangan diri secara pribadi maupun secara professional. Hal ini juga diperparah dengan chat rooms yang berisi fantasi-fantasi seksual dan role playing video chat untuk dewasa juga termasuk dalam kategori ini. pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dapat mencuri identitas pribadi yang dapat disalahgunakan untuk melakukan kejahatan. kemudian mengajaknya untuk melakukan hubungan seks.

Hal ini dapat terlihat jelas data kita dapat dengan mudah menjumpai siswa-siswa rajin keliling warnet setelah jam sekolah bukan untuk mengerjakan tugas tetapi sibuk dengan chatting dan e-mail yang tidak berhubungan dengan kepentingan sekolah mereka. Maka penting sekali adanya pengawasan dan pembatasan dalam penggunaan internet bagi anak-anak karena mereka cenderung belum sepenuhnya mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi perkembangan mereka. 3. Net gaming . Apabila hal ini terus-menerus dibiarkan maka ada suatu resiko seorang anak atau remaja akan ketagihan untuk berada di dunia maya.2. Ciri-ciri seorang anak yang sudah kecanduan Internet umumnya adalah akan marah apabila Anda membatasi untuk menggunakan Internet. Cyber-relational Addiction Yang dimaksud dengan Cyber-relational Addiction adalah keterlibatan yang berlebihan pada hubungan yang terjalin melalui internet (seperti melalui chat room dan virtual affairs) yang mengakibatkan pihakpihak yang terlibat didalamnya sampai kehilangan kontak dengan hubungan-hubungan yang ada dalam dunia nyata dan cenderung menjadi pribadi-pribadi penyendiri yang tidak mampu bekerja sama dengan baik dan cenderung egois dan individualistis. dan hal ini sangat tidak produktif. Dia juga cenderung enggan berkomunikasi dengan orang lain dan bersifat tertutup atau hanya mau berteman dengan orang tertentu saja. serta perlu dibatasi. Dampak lainnya yang dapat kita lihat sebagai akibatnya adalah saat ini ada terlalu banyak siswa yang sudah mulai menghabiskan lebih banyak waktu mereka di Internet di situs-situs hiburan (atau cari jodoh) seperti Facebook. Yahoo Messenger dan Friendster di mana mereka cenderung hanya menghabiskan waktu.

Banyak sekali siswa-siswi sudah biasa membuang-buang terlalu banyak waktu mereka untuk bermain games. misalnya Game Online. 5. Computer Addiction Penelitian menemukan bahwa beberapa organisasi-organisasi mengalami dampak negatif sebagai akibat dari kecanduan akan games on- . Hal ini juga diperparah dengan adanya informasi-informasi tertentu yang tidak sepatutnya diposting ke internet. Dimana waktu-waktu yang berharga ini sebaiknya digunakan untuk menambah kemampuan mereka dengan cara mengulang kembali pelajaran-pelajaran yang mereka dapatkan dari sekolah. Sebagai orang tua dari siswa-siswi tersebut yang bertanggung-jawab kita perlu membatasi atau memonitor pada saat anak-anak kita main games atau mengakses Internet. Ada begitu banyaknya informasi yang diupload di internet. Information Overload Information Overload terjadi karena adanya begitu banyak informasi yang tidak habis-habisnya yang tersedia di internet. dan ini membuat sejumlah siswa rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengumpulkan dan mengorganisir berbagai informasi yang ada. jika para siswa sebagai penggunanya tidak memiliki batasan informasi yang dibutuhkan maka hal itu akan membuatnya berlama-lama mencari informasi yang berlebihan oleh karena salah satu sifat manusia yang merasa tidak puas. 4. berbelanja dan kegiatan jual beli saham melalui internet yang mengganggu pekerjaan atau mengakibatkan terjadinya utang.Net Gaming adalah istilah untuk menyebut jenis kecanduan karena judi. dan sangat disayangkan karena informasi-informasi yang mereka kumpulkan tersebut seringkali tidak berhubungan dengan pendidikan mereka. bermain game.

Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik antara sekolah dan orang tua untuk mencegah dampak-dampak negatif tersebut bagi para siswa. antara lain: 1. 2. Letakkan komputer di tempat yang mudah dilihat Hal ini penting agar orang tua dapat memantau situs apa saja yang dibuka anak dan menimbulkan rasa malu anak untuk membuka situs-situs . 2. mungkin anda saja sendiri mengetahuinya dibandingkan Cari tahu mengenai dan implementasikan software-software pemblokiran dan penyaringan situs-situs tertentu. yang memang rata-rata banyak di-install dalam komputer yang berdampak langsung terhadap penurunan produktifitas kerja dan konsentrasi belajar.6 Solusi Mengatasi Bahaya Internet Berbagai bahaya yang ditimbulkan Internet dan juga masalah kecanduan Internet bukan berarti tidak dapat diatasi.line dan off-line (seperti Solitaire dan Tetris yang populer di dekade 1980an lalu). Orang tua perlu memiliki pengetahuan tentang Internet Orang tua sebaiknya tidak gaptek (gagap teknologi) dan mempelajari sebanyak anak-anak mungkin ini lebih tentang komunitas online. Hal-hal yang dapat dilakukan orang tua sebagai pendidik di lingkungan keluarga.

Tanamkan pula iman dan rasa takut akan Tuhan. Jaga komunikasi yang baik dengan anak Luangkan waktu untuk bercanda dengan anak dan berkomunikasi dengan terbuka.yang tidak sepantasnya dibuka karena banyak orang berlalu-lalang disekitarnya. Jelaskan juga mengapa Anda melakukan hal ini dan bantu anak untuk memahami keputusan ini. sehingga walaupun orang tua tidak ada. 4. Komunikasi yang baik dan keakraban dengan anak akan memudahkan Anda untuk menanamkan nilai-nilai moral. 5. tetapi anak tahu bahwa Tuhan memperhatikan dan melihat apa yang dilakukannya. Batasi penggunaan Internet Jangan biarkan anak anak terlalu asyik di dunia maya. Tetapkan batasan jelas berapa lama Internet boleh digunakan dan situs apa saja yang boleh diakses. 3. Bantu agar anak dapat membuat keputusan sendiri Karena orang tua tidak dapat mengawasi anak mereka selama 24 jam. Anda dapat menjelaskan kepada anak Anda apa saja bahaya dari penggunaan Internet agar mereka tidak mudah terkecoh. biasakan anak-anak untuk dapat mengambil keputusan mulai dari halhal yang kecil sehingga saat Anda tidak ada atau saat muncul situs porno mereka dapat mengambil tindakan yang tepat. .

. Alat teknologi informasi. Peranan internet terhadap sistem pendidikan yaitu sebagai layanan penyedia informasi secara cepat yang diperlukan bagi guru dan siswa. b.BAB III PENUTUP 3. Teknologi yang berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science).1 KESIMPULAN Dari pembahasan makalah ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. yaitu sebagai: a. Internet sebagai teknologi informasi penunjang kegiatan pembelajaran. 2.

Untuk itu diperlukan peranan orang tua dan masyarakat dengan bekerja sama untuk mengawasi penggunaan internet bagi para siswa. memperkaya pengetahuan dan kemampuan diri dalam memperlancar kegiatan belajar.c. antara lain: a. yaitu: sebagai sarana pengembangan diri baik secara pribadi dan professional. Cybersexual Addiction b. Letakkan komputer di tempat yang mudah dilihat. 3. Cara penanggulangan dampak-dampak negatif internet adalah sebagai berikut: a. Internet memiliki dampak-dampak negatif yang perlu diwaspadai. Orang tua perlu memiliki pengetahuan tentang Internet. Dampak-dampak negatif yang merugikan bagi perkembangan siswa. Batasi penggunaan internet. Manfaat internet bagi para siswa. Information Overload e. 5. Computer Addiction 6. b. Teknologi yang berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy) 3. mendukung kemajuan pendidikan mereka. 4. Bantu agar anak dapat membuat keputusan sendiri.2 SARAN Berdasarkan pada pembahasan masalah dalam makalah ini maka saran-saran yang dapat kami berikan adalah sebagai berikut: 1. c. yaitu: menawarkan kesempatan untuk belajar sendiri secara cepat. Cyber-relational Addiction c. Jaga komunikasi yang baik dengan anak. Manfaat internet bagi para guru. e. . d. Permasalahan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak sekolah tapi juga seluruh masyarakat Indonesia. Net gaming d. sebagai sumber referensi bahan mengajar.

Kencana Media Group dan Universitas Negeri Jakarta. Naswil. sekolah dan masyarakat) terhadap pengguna internet secara umum (masyarakat) khususnya penggunaan internet di lingkungan pendidikan (siswa). Diperlukan filterisasi akses informasi baik yang masuk maupun yang keluar diantaranya dengan melakukan pembelokan situ-situs tertentu yang membawa dampak negatif. 5. 2004. 4. Semarang Rencana Strategis Depertemen Pendidikan Nasional Tahun 2005-2009 Menuju Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang 2025. Idris. efektif dan konfrehensif. . “Pengembangan dan Peranan Sumber Daya Manusia di Era Teknologi Informasi”. Para guru dan orang tua perlu menanamkan nilai-nilai moral dan agama sejak dini sebagai benteng diri dari segala dampak buruk yang dapat menjerumuskan para murid dari internet dan juga dari hal-hal lain yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.2. Harus ada perundang-undangan tentang sistem hukum penggunaan internet yang jelas. DAFTAR PUSTAKA Harina Yuhetty dan Hardjito. edukasi net pembelajaran berbasis internet : tantangan dan peluangnya dalam Mozaik Teknologi Pendidikan (Dewi salma dan Eveline Siregar). sitematis. 2001. 3. Sosialisasi cara penggunaan internet secara bijak oleh pihak-pihak terkait (pemerintah.

com/ [09 Januari 2011] Rekdale. Tersedia : www.chinmi.com/2008/01/29/dampaknegatif-penggunaan-teknologi-informasi-dan-kom/ [09 Januari 2011] Nurtain. Tersedia : www.html januari 2011] Baroto.pdf [09 Januari 2011] Isronax.pdf [09 Januari 2011] Wahid. (2008) Mencegah Pengaruh Negatif [Online].wordpress.wordpress.teknologipendidikan. Tersedia [09 www. Prof. [Online].teknologipendidikan. Tersedia :www. Tersedia www. Tersedia : www.Informasi Online: Muslim.com/fathulwahid/Simposium_nasional_peduli_pendidikan . (2008) Internet dan Pendidikan.com/2008 /02/11/mencegah-pengaruh-negatif- internet-terhadap-perkembangan-seksualitas-anak/ [09 Januari 2011] . Phillip.go.media. files. (2007) Teknologi Informasi dan Dunia Pendidikan. (2008) Ayo.com/inter.html [09 Januari 2011] Rekdale. [Online].teknologipendidikan. Tersedia : www. Internet Terhadap : Perkembangan Seksualitas Anak.teknologipendidikan. (2005) ICT Dalam Pendidikan. (2008) Pembelajaran Yang Standar Dunia. F.com/index-menu-news-newsidt iduniapendidikan. Mengarah Ke Mutu Pembelajaran Yang Standar Dunia. KT. (2008) Teknologi Informasi (Komunikasi).wordpress. Phillip. (2008) Internet Masuk Sekolah – Mengapa? [Online].isrona.kamadeva. [Online]. Tersedia :www. Tersedia : www.com/peranteknologi. [Online].diknas.tutomu.com/2007/02/ict-dalam-pendidikan.com/ims. (2008) Dampak negatif penggunaan Teknologi Informasi dan Kom. [Online]. (2005) Simposium Nasional Peduli Pendidikan. DR.html [09 januari 2011] Rekdale. html [09 Januari 2011] Hartanto. Aji.ependidikan.Tersedia:www. [Online]. Tersedia : www. [Online]. [Online]. [Online]. Phillip. Phillip.com/teknologi.id/media/document/5021.html [09 januari 2011] Rekdale. pdf [09 Januari 2011] Juniwati.geocities. dan Ilmu Teknologi Pendidikan. (2007) Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan.

(2010) Indonesia.htm [09 Januari 2011] PUSTEKKOM./id. [Online]. Tersedia : www.org/wiki /Indonesia [09 januari 2010] Annonym. Tersedia : www.pustekkom.com/kumpulan_info/blog/dampak-negatif-internet-untukanak [09 Januari 2011] Annonym.opera.Annonym.go.id/ [09 Januari 2010] . Tersedia : www.wikipedia. (2006) Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information Communication Technology.depdiknas. [Online].com/sejarah_singkat_internet. (2009) Dampak Negatif Internet untuk Anak.my.tskau0. [Online].tripod. Tersedia : www. (2010) Sejarah Singkat Internet.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful