ANGGARAN DASAR PAGUYUBAN KANG DAN NONG KOTA TANGERANG

BAB I NAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN Pasal 1 Nama Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang adalah perkumpulan para alumni Kang dan Nong/Pemuda-pemudi Kota Tangerang. Pasal 2 Waktu Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang didirikan pada Hari Jum’at Tanggal 9 April 2004 di Kota Tangerang untuk waktu yang tidak terbatas. Pasal 3 Kedudukan Kedudukan Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang bertempat di Kota Tangerang. BAB II ASAS, MAKSUD, DAN TUJUAN Pasal 4 Asas Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang berdasarkan atas asas Pancasila, UUD 1945, dan asas kekeluargaan. Pasal 5 Maksud Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang mempunyai maksud meningkatkan aspek seni budaya, pariwisata, dan sosial kemasyarakatan di dalam dan di luar Kota Tangerang. Pasal 6 Tujuan Tujuan Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang adalah membentuk pemuda-pemudi Kota Tangerang yang berwawasan luas, berjiwa sosial, berbudaya, dan berakhlakul karimah. BAB III VISI DAN MISI Pasal 7 Visi “Membentuk Pemuda-Pemudi yang berakhlakul karimah, berintegritas tinggi, dan dapat menjadi tauladan bagi masyarakat umum”

Pasal 8 Misi 1. Membina seluruh anggota Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang sebagai generasi muda Indonesia agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, beridealisme, berwawasan luas serta berkepribadian kokoh

1

Perdagangan. Anggota kehormatan. ialah Anggota Kehormatan Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang 4. Dewan Pengurus. Ketentuan mengenai persyaratan Sidang Umum Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang diatur dalam Anggaran Rumah Tangga BAB V KEUANGAN Pasal 13 Sumber Keuangan Sumber keuangan paguyuban secara umum : 1. Anggota Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang terdiri dari : a. yang tetap aktif dalam Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang. ialah pemuda-pemudi yang pernah mengikuti Pemilihan Kang dan Nong Kota Tangerang. Anggota biasa. dan mengamalkan ilmu pengetahuannya kepada masyarakat 3. Dewan Penasehat. Membina seluruh anggota Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang untuk tertib dalam beribadah. terdiri dari pejabat Kepala Dinas Perindustrian. b. Sidang Umum Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang merupakan keputusan tertinggi dalam Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang yang diikuti oleh seluruh anggota biasa dan kehormatan yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. tekun dalam studi. Sumbangan donatur serta usaha yang halal dan tidak mengikat sesuai dengan asas tujuan Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang 2 . Pelindung. Memberikan pembekalan dan keterampilan kepada seluruh anggota Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang untuk dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya serta mampu berperan sebagai duta pariwisata daerah BAB IV ORGANISASI Pasal 9 Keanggotaan 1. Pergantian dan Pemilihan Ketua Umum dilaksanakan dalam Sidang Umum Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang 2. Uang pangkal dan iuran anggota biasa yang besarnya ditetapkan oleh Badan Pengurus Harian 2. ialah anggota biasa yang aktif dalam Badan Pengurus Harian di Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang Pasal 11 Pergantian dan Pemilihan Ketua Umum Paguyuban 1. Pengaturan dan syarat keanggotaan diatur dalam Anggaran Rumah Tangga. Pemilihan Ketua Umum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga 3.2. dan Pariwisata (Dinas Perindagkopar) Kota Tangerang dan pejabat Kepala Sub-Dinas Pariwisata Kota Tangerang 3. Koperasi. Jika masa jabatan Ketua Umum telah habis. Dewan Pembina. ialah pimpinan wilayah kerja/pemerintahan Kota Tangerang dalam hal ini Walikota Tangerang 2. ialah orang-orang yang dipandang berjasa mengembangkan dan melestarikan Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang 2. 2. yang bersangkutan dapat dipilih kembali maksimal untuk satu kali masa jabatan Pasal 12 Sidang Umum 1. Pasal 10 Susunan Organisasi Susunan Organisasi Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang terdiri dari : 1.

2. ANGGARAN RUMAH TANGGA PAGUYUBAN KANG DAN NONG KOTA TANGERANG BAB I MILAD Pasal 1 Milad Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang adalah 09 April. serta berhak untuk memilih dan dipilih. 2. Pasal 3 Hak dan Kewajiban 1. berdasarkan kesepakatan bersama. Mempelajari dan mendalami seni. BAB VIII ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasal 16 1. BAB II KEANGGOTAAN Pasal 2 1. Anggota biasa berhak menyatakan pendapat. Kewajiban anggota biasa adalah: a. Yang dapat diterima menjadi anggota biasa adalah pemuda-pemudi yang pernah mengikuti Pemilihan Kang dan Nong Kota Tangerang. yang tetap aktif dalam Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang. Pengangkatan anggota kehormatan ditetapkan melalui rapat badan pengurus harian. 2.BAB VI PERUBAHAN ANGGARAN DASAR Pasal 14 Anggaran Dasar ini dapat diubah melalui sidang umum dan perubahannya sah apabila disetujui oleh sedikitnya 2/3 (dua pertiga) dari peserta sidang umum yang hadir untuk membicarakan hal tersebut BAB VII PERUBAHAN DEWAN PENGURUS Pasal 15 Perubahan Dewan Pengurus Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang menjadi wewenang rapat Badan Pengurus Harian. Hal-hal yang belum diatur dalam anggaran dasar akan diatur dalam anggaran rumah tangga. Anggaran Rumah Tangga dapat diubah dan disahkan kembali oleh sidang umum dengan tidak menyalahi anggaran dasar Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang. budaya dan pariwisata Kota Tangerang b. Menjadi teladan utama bagi generasi muda c. Tunduk dan taat kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang 3 .

Lambang pita menandakan Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang yang selalu bergerak dinamis f. pantang menyerah. Pelindung adalah Walikota Tangerang yang memberikan perlindungan dalam setiap kegiatan Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang 4 . b. Warna merah melambangkan jiwa seorang Kang yang kuat. melalui prosedur berikut: a. 2. Turut melaksanakan dan mendukung usaha-usaha organisasi. Warna kuning melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran BAB IV SUSUNAN ORGANISASI Pasal 7 Pelindung dan Dewan Penasehat 1. Anggota kehormatan berhak menyatakan pendapat namun tidak berhak untuk memilih dan dipilih. Keputusan badan pengurus harian karena pelanggaran terhadap aturan dan ketentuan organisasi. dan senantiasa memberikan ketenangan g. Gambar bintang melambangkan semangat Kang dan Nong Kota Tangerang yang tak pernah redup untuk memberikan cahaya bagi Pemuda Pemudi di Kota Tangerang dan lima sudut pada bintang melambangkan Paguyuban Kang dan Nong berazaskan Pancasila d. dan berani h.d. Pemberhentian diberlakukan melalui surat keputusan Ketua Umum Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang BAB III LAMBANG PAGUYUBAN KANG DAN NONG KOTA TANGERANG Pasal 5 Lambang Lambang Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang adalah sebagai berikut: Pasal 6 Penjelasan Lambang a. 3. c. Diberhentikan jika dalam masa skorsing anggota tersebut tidak menunjukkan itikad yang baik untuk berubah. ayu. Keinginan sendiri. Tulisan Kota Tangerang menunjukkan lokasi Paguyuban Kang dan Nong berada c. Diadakan penelitian oleh badan pengurus harian. dengan alasan yang rasional serta disetujui oleh rapat badan pengurus harian. Tulisan Paguyuban Kang dan Nong melambangkan Paguyuban sebagai wadah yang menaungi para alumni Pemilihan Kang dan Nong Kota Tangerang b. Warna biru Melambangkan jiwa seorang Nong yang lembut. Meninggal dunia. Gambar dua pilar yang melengkung seolah-olah seperti kedua tangan yang membentuk “salam sungkem” sebagai ungkapan selamat datang di Kota Tangerang sebagaimana peran Kang dan Nong sebagai Duta Pariwisata Kota Tangerang e. 3. Membayar iuran anggota yang besarnya ditentukan oleh badan pengurus harian. Diberikan surat skorsing oleh badan pengurus harian apabila peringatan pada point b tidak dindahkan. Pelindung a. d. Diberikan surat peringatan oleh badan pengurus harian. e. Pasal 4 Pemberhentian Keanggotaan Kenggotaan Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang berhenti karena: 1.

Kepala Dinas Perindustrian. budaya dan kepariwisataan e. Kepala Sub Dinas Pariwisata Kota Tangerang Pasal 8 Dewan Pengurus Dewan Pengurus adalah anggota biasa yang aktif dalam Badan Pengurus Harian di Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang Masa jabatan Dewan Pengurus adalah selama 2 tahun Dewan Pengurus dapat dibentuk setelah mempunyai anggota minimal 10 (sepuluh) orang. 3. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa b. dan Pariwisata (Disperindagkopar) Kota Tangerang ii.b. Dewan Penasehat terdiri dari: i. Telah memberikan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang seni. dan Pariwisata (Disperindagkopar) Kota Tangerang ii. tujuan. Status sebagai juara dibuktikan melalui sertifikat juara dari panitia pemilihan Kang dan Nong Kota Tangerang BAB VI PERMUSYAWARATAN Pasal 10 Sidang Umum 1. Dewan Penasehat a. Meninjau dan mengesahkan AD/ART c. Menetapkan struktur organisasi f. 2. 4. membina dan meningkatkan kualitas serta menyalurkan bakat dan minat anggotanya untuk kepentingan organisasi. . Syarat khusus f. Menetapkan hal-hal yang mendesak dan dianggap perlu untuk diselesaikan 5 1. Berdomisili di Kota Tangerang 2. Perdagangan. BAB V PIMPINAN ORGANISASI Pasal 9 Persyaratan untuk dapat dicalonkan dan dipilih sebagai Ketua Umum Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang: 1. Perdagangan. Koperasi. perjuangan paguyuban serta visi dan misi Kota Tangerang c. Pembentukan dan pengesahan Dewan Pengurus ditetapkan dalam sidang umum Dewan Pengurus berkewajiban melaksanakan usaha-usaha organisasi untuk menghimpun. Telah mengabdi secara aktif dalam Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang sekurang-kurangnya 2 tahun g. b. Kepala Dinas Perindustrian. Dapat menjadi teladan utama dalam organisasi yang berakhlakul karimah d. Masa jabatan Dewan Penasehat adalah selama yang bersangkutan menjabat sebagai: i. dan merupakan salah satu juara pemilihan Kang dan Nong Kota Tangerang. Meminta pertanggungjawaban Dewan Pengurus demisioner b. Setia kepada asas. Kepala Sub Dinas Pariwisata Kota Tangerang yang memberikan nasehat serta masukan dalam lingkungan Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang. Masa jabatan Pelindung selama yang bersangkutan menjabat sebagai Walikota Tangerang 2. Memilih Ketua Umum Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang d. Wewenang Sidang Umum Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang adalah: a. 5. Syarat Umum a. Menetapkan alokasi dana Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang e. Telah lulus seleksi pemilihan Kang dan Nong Kota Tangerang. Koperasi.

Rapat Kerja dianggap sah apabila dihadiri oleh minimal setengah ditambah satu dari jumlah Dewan Pengurus Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang. Pasal 12 Tata Cara Pemungutan Suara 1. Sidang Luar Biasa diadakan atas persetujuan minimal setengah ditambah satu dari jumlah anggota Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang. Apabila dalam pemungutan suara terdapat jumlah suara yang sama. Pemungutan suara dilakukan dengan cara one man one vote (satu orang satu suara) Pasal 13 Rapat Kerja 1. Pemungutan suara dapat disahkan melalui suara terbanyak. Diadakan sekurang-kurangnya 3 bulan sekali. f. Sidang Umum dianggap sah apabila dihadiri oleh setengah ditambah satu dari anggota biasa Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang e. Bila ketentuan pada poin c tidak terpenuhi. c. Dan setelah itu dianggap sah. maka keputusan akan diserahkan kepada dewan pimpinan musyawarah/rapat 3. maka Sidang Umum ditunda 2 x 30 menit. Evaluasi kerja Badan Pengurus Harian b. 2. Diadakan oleh Badan Pengurus Harian b. Pasal 11 Sidang Luar Biasa Sidang Luar Biasa diadakan: 1. Menetapkan aturan dan kebijaksanaan organisasi BAB VII BADAN PENGURUS HARIAN 6 .2. Peserta adalah anggota biasa Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang c. Wewenang Rapat Badan Pengurus Harian adalah: a. Apabila Ketua Umum tidak menjalankan dan atau menyelewengkan amanat Sidang Umum Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang dan atau kasus-kasus lain 2. Hal-hal lebih lanjut mengenai teknis pelaksanaan diatur dalam Tata Tertib Sidang yang disetujui oleh peserta Sidang Umum. maka pemungutan suara dapat diulangi dengan memberi kesempatan kepada masing-masing pihak untuk menambah penjelasan. yaitu separuh lebih dari jumlah peserta yang memberikan hak suara (1/2 n + 1) 2. Peserta anggota biasa yang aktif dalam Dewan Pengurus Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang b. Rapat Kerja diadakan sekurang-kurangnya 2 kali dalam setahun. 2. Ketentuan Sidang Umum Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang: a. Pasal 14 Rapat Badan Pengurus Harian 1. Anggota kehormatan bertindak sebagai peninjau d. Bila ketentuan pada poin b tidak terpenuhi. Ketentuan Rapat Kerja adalah: a. Dan setelah itu dianggap sah. maka Rapat Kerja ditunda 2 x 30 menit. Apabila setelah tiga kali pemungutan suara ternyata masih juga belum dapat diambil keputusan. Wewenang Rapat Kerja adalah:  Membahas program kerja  Membahas pembagian wewenang  Mengevaluasi kegiatan 3.

Setiap koordinator bidang berkewajiban untuk membuat laporan tentang keadaan paguyuban sesuai dengan bidangnya. Pengelolaan/penarikan keuangan dilakukan oleh Bendahara terpilih Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang BAB VIII PEDOMAN KERJA Pasal 17 Setiap Koordinator Bidang dapat membuat pedoman kerja selama tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga serta pedoman yang dibuat pimpinan di atasnya BAB IX PERUBAHAN ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasal 18 Anggaran Rumah Tangga Paguyuban Kang dan Nong Kota Tangerang dapat diubah melalui Sidang Umum dan perubahannya sah apabila disetujui oleh sedikitnya 2/3 dari peserta Sidang Umum yang hadir untuk membicarakan hal tersebut BAB X KETENTUAN LAIN Pasal 19 1. Hal-hal yang belum diatur dalam Anggaran Rumah Tangga ini akan diatur lebih lanjut selama tidak bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Uang pangkal dan iuran anggota besarannya ditetapkan oleh Badan Pengurus Harian 2. Segala peraturan yang bertentangan dengan Anggaran Rumah Tangga ini dinyatakan tidak berlaku lagi. 2. 2. 7 .Pasal 15 Evaluasi Badan Pengurus Harian 1. Laporan seperti yang dimaksud pada ayat 1 disampaikan kepada pimpinan di atasnya setiap 3 (tiga) bulan Pasal 16 Keuangan 1.

Kelurahan Mangunjiwan. Perumahan Mangunjiwan Permata Arsi. 08. PRINSIP DAN USAHA Pasal 3 Azas dan Dasar Azas dan Dasar RT 01 adalah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. BAB I NAMA. Kecamatan Demak. WAKTU DAN KEDUDUKAN Pasal 1 Nama Organisasi ini bernama Rukun Tetangga 01. KECAMATAN DEMAK.raft AD/ART RT. mengembangkan dan meningkatkan kerukunan dan kerjasama secara terorganisir dalam rangka turut meningkatkan kesatuan dan persatuan demi berhasilnya pembangunan bangsa dan negara Indonesia yang berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Rukun Warga 08. GMPA. RW. 01. Kecamatan Demak. terima kasih! ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA RUKUN TETANGGA 01/ RUKUN WARGA 08 PERUMAHAN MANGUNJIWAN PERMATA ASRI KELURAHAN MANGUNJIWAN. 8 . Untuk selanjutnya dalam Anggaran Dasar ini disebut RT 01. Perumahan Mangunjiwan Permata Arsi. Kelurahan Mangunjiwan. Demi tercapainya tujuan di atas.01. Kabupaten Demak untuk waktu yang tidak terbatas. Kecamatan Demak. Mohon masukan untuk penyempurnaannya. Kabupaten Demak. berhimpun dalam satu wadah dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sebagai berikut. maka kami berkewajiban untuk membina. BAB II AZAS. Pasal 2 Waktu dan Kedudukan RT 01 didirikan pada tanggal XX XXXXX 200X dan bertempat kedudukan di RT 01/ RW 08 Perumahan Mangunjiwan Permata Arsi. Rukun Warga 08. 08. kami warga Rukun Tetangga 01. RW. KABUPATEN DEMAK MUKADIMAH Dengan menyadari arti pentingnya kehidupan bertetangga dan pentingnya kebersamaan di lingkungan perumahan. Kelurahan Mangunjiwan. TUJUAN. DASAR. Kabupaten Demak. Berikut ini adalah draft AD/ART RT.

5. maka RT 01 mengusahakan kegiatankegiatan sebagai berikut: 1. 4. 3. Kabupaten Demak. 9 . Pasal 5 Prinsip Dalam menjalankan organisasi RT 01 melaksanakan prinsip-prinsip sebagai berikut: 1. Setiap Warga Pendatang yang tidak memiliki rumah namun menempati rumah di wilayah RT 01 tidak boleh memiliki KTP Kelurahan Mangunjiwan. mengembangkan kegiatan sosial kemasyarakatan serta aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Bila dalam pengurusan KTP menemui kendala karena alasan tertentu. Kerjasama dan kebersamaan 4.Pasal 4 Tujuan RT 01 bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan. Kekeluargaan 5. maka kepada yang bersangkutan akan dibuatkan Surat Keterangan Domisili Tetap. Mematuhi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga RT 01. Mengurus kebersihan lingkungan. Setiap Warga Pemilik dan bertinggal tetap di rumah di wilayah RT 01. Anggota adalah setiap Warga Pemilik dan bertinggal tetap di rumah di wilayah RT 01 serta Warga Pendatang yang tidak memiliki rumah namun menempati rumah di wilayah RT 01 Perumahan Mangunjiwan Permata Arsi. Setiap Anggota mempunyai kewajiban : a. Swadaya dan mandiri 3. 6. BAB III ORGANISASI Pasal 7 Keanggotaan 1. Melaksanakan pengamanan lingkungan. Demokratis 2. Mengusahakan sumbangan-sumbangan yang tidak mengikat dari berbagai sumber untuk membantu kegiatan organisasi. 4. wajib memiliki KTP Kelurahan Mangunjiwan. Untuk selanjutnya dalam Anggaran Dasar ini disebut Anggota. 3. 2. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan kegiatan sosial kemasyarakatan. 7. Kabupaten Demak dan kepada yang bersangkutan akan dibuatkan Surat Keterangan Domisili Sementara. Mengadakan pertemuan berkala. Menjaga kelestarian lingkungan hidup. Melakukan kegiatan lain yang tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku untuk kepentingan organisasi. Ramah terhadap lingkungan hidup Pasal 6 Usaha Untuk mencapai tujuan yang tercantum pada Pasal 4. 2.

Menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan. Meninggal dunia. Setiap Anggota mempunyai hak : a. Pengurus terdiri atas sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang yaitu : Ketua. Mengembangkan dan memelihara kebersamaan berdasarkan azas kekeluargaan. e. 2. Menghadiri. Mematuhi peraturan yang berlaku di wilayah Kabupaten Demak. c. Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni Anggota. Tugas dan fungsi Sekretaris : a. Tugas dan fungsi Ketua : a. Berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan RT 01. pendataan dan penyusunan laporan. Tugas dan fungsi Bendahara : a. e. Kecamatan Demak dan Kabupaten Demak. keamanan dan kebersihan di fingkungan RT 01. 4. Keanggotaan berakhir. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Ketua RT 01. Permintaan Surat Keterangan Pindah Tempat Tinggal harus diajukan secara tertulis kepada Ketua RT 01. Menjaga keselamatan. c. Berpindah tempat tinggal. d. Pasal 8 Pengurus 1. kearsipan. b. Membantu menjaiankan tugas pelayanan kepada Anggota. Memilih dan atau dipilih menjadi pengurus. Mengemukakan pendapat dan saran kepada pengurus di luar rapat pengurus baik diminta maupun tidak. termasuk kas dan barang inventaris. d. Mendapat pelayanan yang sama. bilamana warga : a. d. Menjadi wakil Anggota dalam berhubungan dengan Pengembang. b. Memberikan saran-saran serta pertimbangan kepada Ketua RT 01 untuk kemajuan dan perkembangan RT 01. Mengkoordinasikan kegiatan Anggota. 3. c. 10 . b. b. menyatakan pendapat dan memberikan suara dalam rapat. Memelihara kerukunan hidup Anggota. 6. c. Sekretaris dan Bendahara. Kelurahan Mangunjiwan. Melaksanakan administrasi surat menyurat. Pengelola dan Pemerintahan. 5.b. RW 08.

11 . Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. manajemen dan program. Dalam hal dilakukan pemungutan suara. Pemilihan. 4. 4. Anggota yang sudah pernah menduduki jabatan Ketua RT 01 tidak dapat dipilih kembali. Apabila tidak diperoleh keputusan dengan cara musyawarah. Yang dapat menjadi Pengurus RT adalah : anggota yang telah bertempat tinggal tetap sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun dengan tidak terputus-putus. 2. 10. Masa bhakti Pengurus adalah selama 3 (tiga) tahun. c. kalau tidak tercapai baru dilakukan dengan pemungutan suara. setiap Anggota mempunyai satu hak suara. Rapat dianggap syah apabila dihadiri oieh setengah (1/2) dari jumlah Anggota. b. Ketua RT 01 dapat diganti atau diberhentikan masa bhaktinya apabila : a. 8. 2. Keputusan Rapat Anggota diambil berdasarkan musyawarah untuk mencapai mufakat. maka pengambilan keputusan diiakukan berdasarkan suara terbanyak. Rapat Anggota merupakan kekuasaan tertinggi dalam organisasi. Pergantian Ketua RT 01 dilaksanakan setiap tiga tahun setelah masa bhakti kepengurusan berakhir.b. 7. Keputusan rapat bersifat mengikat seluruh Anggota. Keputusan dapat ditetapkan dengan persetujuan minimum dua per tiga (2/3) dari jumlah Anggota yang hadir dalam Rapat Anggota. 6. 7. Melaksanakan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan. Berpindah tempat tinggal. 8. 5. 9. c. Meninggal Dunia. Kebijakan umum di bidang organisasi. Melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan ketentuan atau norma-norma kehidupan masyarakat. Rapat Anggota menetapkan : a. 3. 6. Melaporkan penggunaan uang kas secara periodik kepada Ketua RT 01. Rapat berkala pengurus diadakan sekurang-kurangnya dua bulan sekali. Pasal 10 Pergantian dan Pemilihan Pimpinan 1. Susunan dan personil pengurus menjadi hak prerogatif Ketua RT 01 terpilih. 3. Ketua RT tidak boleh merangkap sebagi pengurus RW. pengangkatan dan pemberhentian Ketua RT c. Pemilihan Ketua RT 01 akan diberlakukan secara bergilir/periodik dari masing-masing blok yang akan dilakukan oleh Panitia Pemilihan Ketua RT 01 dan dilaksanakan melalui Rapat Anggota. 5. Keputusan rapat diupayakan untuk ditetapkan berdasarkan musyawarah untuk mencapai mufakat. b. Pasal 9 Kekuasaan Organisasi: 1.

RW 08 Perumahan Mangunjiwan Permata Arsi. maka Rapat Anggota dapat mengangkat pejabat sementara sebagai gantinya dan kemudian ditetapkan pengangkatannya dalam Rapat Anggota. BAB IV KEUANGAN Pasal 11 1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini berlaku sejak berdirinya dan atau terbentuknya kepengurusan RT 01. 2. Sumber dana diperoleh dari iuran bulanan warga dan donatur. Hal-hal yang belum ditetapkan akan diatur kemudian. Apabila Ketua RT 01 berhenti sebelum masa jabatannya berakhir. BAB V PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasal 12 Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini hanya dapat diubah oleh Rapat Anggota yang dihadiri oleh sekurang-kurangnya setengah dari jumlah Anggota dan perubahannya syah apabila diputuskan dengan suara sekurang-kurangnya dua pertiga dari jumlah Anggota yang hadir. 2. Laporan keuangan dilaporkan kepada Anggota setiap tahun. Anggaran belanja RT disusun pertahun berdasarkan rencana kegiatan. Ditetapkan di Kelurahan Mangunjiwan Pada tanggal XX XXXXX 200X (Tanda Tangan Anggota RT 01 terlampir) 12 . BAB VI PENUTUP Pasal 13 1. 3.5.

Kerjasama dan kebersamaan 4. maka kami berkewajiban untuk membina.ANGGARAN DASAR & RUMAH TANGGA (AD & ART) ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA RUKUN TETANGGA 03/ RUKUN WARGA 38 PERUMAHAN BUMI MUTIARA DESA BOJONG KULUR. WAKTU DAN KEDUDUKAN Pasal 1 Nama Organisasi ini bernama Rukun Tetangga 03. BAB II AZAS. TUJUAN. Pasal 2 Waktu dan Kedudukan RT 03 didirikan pada tanggai 10 Januari 2003 dan bertempat kedudukan di RT 03/ RW 38 Perumahan Bumi Mutiara. mengembangkan dan meningkatkan kerukunan dan kerjasama secara terorganisir dalam rangka turut meningkatkan kesatuan dan persatuan demi berhasilnya pembangunan bangsa dan negara Indonesia yang berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. PRINSIP DAN USAHA Pasal 3 Azas dan Dasar Azas dan Dasar RT 03 adalah Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kecamatan Gunung Putri. Desa Bojong Kulur. Untuk selanjutnya dalam Anggaran Dasar ini disebut RT 03. DASAR. Desa Bojong Kulur. Kecamatan Gunung Putri. Pasal 4 Tujuan RT 03 bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan lingkungan. Kabupaten Bogor. Rukun Warga 38 Perumahan Bumi Mutiara. Pasal 5 Prinsip Dalam menjalankan organisasi RT 03 melaksanakan prinsip-prinsip sebagai berikut: 1. BAB 1 NAMA. mengembangkan kegiatan sosial kemasyarakatan serta aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Ramah terhadap lingkungan hidup 13 . Kecamatan Gunung Putri. Kabupaten Bogor untuk waktu yang tidak terbatas. KECAMATAN GUNUNG PUTRI KABUPATEN BOGOR MUKADIMAH Dengan menyadari arti pentingnya kehidupan bertetangga dan pentingnya kebersamaan di lingkungan perumahan. Desa Bojong Kulur. Rukun Warga 38 Perumahan Bumi Mutiara. Kekeluargaan 5. kami warga Rukun Tetangga 03. Kabupaten Bogor berhimpun dalam satu wadah dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sebagai berikut. Demi tercapainya tujuan di atas. Demokratis 2. Swadaya dan mandiri 3.

bilamana warga : a. Memilih dan atau dipilih menjadi pengurus. 6) Keanggotaan berakhir. Mengusahakan sumbangan-sumbangan yang tidak mengikat dari berbagai sumber untuk membantu kegiatan organisasi. Menjaga kelestarian lingkungan hidup. Mematuhi peraturan yang berlaku di wilayah Kabupaten Bogor. Desa Bojong Kulur. menyatakan pendapat dan memberikan suara dalam rapat. BAB 111 ORGANISASI Pasal 7 Keanggotaan 1) Anggota adalah setiap Warga Pemilik dan bertinggal tetap di rumah di wilayah RT 03 serta Warga Pendatang yang tidak memiliki rumah namun menempati rumah di wilayah RT 03 Perumahan Bumi Mutiara. Menghadiri. b. Mematuhi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga RT 03. wajib memiliki KTP Kabupaten Bogor. 4) Setiap Anggota mempunyai kewajiban : a. e. Mendapat pelayanan yang sama. RW 38. Berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan RT 03. Berpindah tempat tinggal. 2) Setiap Warga Pemilik dan bertinggal tetap di rumah di wilayah RT 03. c. Permintaan Surat Keterangan Pindah Tempat Tinggal harus diajukan secara tertulis kepada Ketua RT 03. maka kepada yang bersangkutan akan dibuatkan Surat Keterangan Domisili Tetap. c. maka RT 03 mengusahakan kegiatankegiatan sebagai berikut: 1. 2. Bila dalam pengurusan KTP kendala karena alasan tertentu. Mengemukakan pendapat dan saran kepada pengurus di luar rapat pengurus baik diminta maupun tidak. keamanan dan kebersihan di fingkungan RT 03. Melakukan kegiatan lain yang tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku untuk kepentingan organisasi. Mengembangkan dan memelihara kebersamaan berdasarkan azas kekeluargaan.Pasal 6 Usaha Untuk mencapai tujuan yang tercantum pada Pasal 4. 5. Meninggal dunia. Mengadakan pertemuan berkala. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan kegiatan sosial kemasyarakatan. 7. Kecamatan Gunung Putri dan Kabupaten Bogor. Mengurus kebersihan lingkungan. Untuk selanjutnya dalam Anggaran Dasar ini disebut Anggota. Melaksanakan pengamanan lingkungan. d. 4. b. Pasai 8 Pengurus 14 . 3) Setiap Warga Pendatang yang tidak memiliki rumah namun menempati rumah di wilayah RT 03 tidak boleh memiliki KTP Kabupaten Bogor dan kepada yang bersangkutan akan dibuatkan Surat Keterangan Domisili Sementara. b. 3. d. Menjaga keselamatan. 6. 5) Setiap Anggota mempunyai hak : a.

2) Tugas dan fungsi Ketua : a. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Ketua RT 03. Menyelenggarakan pengelolaan administrasi keuangan. Menjadi wakil Anggota dalam berhubungan dengan Pengembang.1) Pengurus terdiri atas sekurang-kurangnya 3 (tiga) orang yaitu : Ketua. Pasal 9 Kekuasaan Organisasi: 1) Rapat Anggota merupakan kekuasaan tertinggi dalam organisasi. kearsipan. pendataan dan penyusunan laporan. 5) Susunan dan personil pengurus menjadi hak prerogatif Ketua RT 03 terpilih. 5) Keputusan rapat bersifat mengikat seluruh Anggota. 4) Tugas dan fungsi Bendahara : a. 6) Masa bhakti Pengurus adalah selama 3 (tiga) tahun. Sekretaris dan Bendahara. 3) Rapat dianggap syah apabila dihadiri oieh setengah (1/2) dari jumlah Anggota. b. b. Pemilihan. 10) Keputusan rapat diupayakan untuk ditetapkan berdasarkan musyawarah untuk mencapai mufakat. maka pengambilan keputusan diiakukan berdasarkan suara terbanyak. Menyusun rencana dan melaksanakan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni Anggota. 15 . Melaksanakan pembukuan dan penyusunan laporan keuangan. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. 7) Yang dapat menjadi Pengurus RT adaiah : anggota yang telah bertempat tinggal tetap sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun dengan tidak terputus-putus. b. Pengelola dan Pemerintahan. c. Mengkoordinasikan kegiatan Anggota. c. 8) Ketua RT tidak boleh merangkap sebagi pengurus RW. 4) Keputusan dapat ditetapkan dengan persetujuan minimum dua per tiga (2/3) dari jumlah Anggota yang hadir dalam Rapat Anggota. d. Kebijakan umum di bidang organisasi. Pasal 10 Pergantian dan Pemilihan Pimpinan 1) Pergantian Ketua RT 03 dilaksanakan setiap tiga tahun setelah masa bhakti kepengurusan berakhir. termasuk kas dan barang inventaris. Melaporkan penggunaan uang kas secara periodik kepada Ketua RT 03. Memelihara kerukunan hidup Anggota. 7) Apabila tidak diperoleh keputusan dengan cara musyawarah. manajemen dan program. Melaksanakan administrasi surat menyurat. e. b. kalau tidak tercapai baru dilakukan dengan pemungutan suara. Membantu menjaiankan tugas pelayanan kepada Anggota. 8) Dalam hal dilakukan pemungutan suara. c. pengangkatan dan pemberhentian Ketua RT c. 2) Rapat Anggota menetapkan : a. 9) Rapat berkala pengurus diadakan sekurang-kurangnya dua bulan sekali. 6) Keputusan Rapat Anggota diambil berdasarkan musyawarah untuk mencapai mufakat. setiap Anggota mempunyai satu hak suara. Memberikan saran-saran serta pertimbangan kepada Ketua RT 03 untuk kemajuan dan perkembangan RT 03. 3} Tugas dan fungsi Sekretaris : a.

Meninggal Dunia b. maka Rapat Anggota dapat mengangkat pejabat sementara sebagai gantinya dan kemudian ditetapkan pengangkatannya dalam Rapat Anggota. BAB VI PENUTUP Pasal 13 1) Hal-hal yang belum ditetapkan akan diatur kemudian. 2) Sumber dana diperoleh dari iuran bulanan warga dan donatur. BAB IV KEUANGAN Pasal 11 1) Anggaran belanja RT disusun pertahun berdasarkan rencana kegiatan. BAB V PERUBAHAN ANGGARAN DASAR DAN ANGGARAN RUMAH TANGGA Pasai 12 Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini hanya dapat diubah oleh Rapat Anggota yang dihadiri oleh sekurang-kurangnya setengah dari jumlah Anggota dan perubahannya syah apabila diputuskan dengan suara sekurang-kurangnya dua pertiga dari jumlah Anggota yang hadir.2) Anggota yang sudah pernah menduduki jabatan Ketua RT 03 tidak dapat dipilih kembali. 3) Laporan keuangan dilaporkan kepada Anggota setiap tahun. Melakukan tindakan-tindakan yang bertentangan dengan ketentuan atau norma-norma kehidupan masyarakat. 16 . Berpindah tempat tinggal. 2) Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ini berlaku sejak berdirinya dan atau terbentuknya kepengurusan RT 037 RW 38 Perumahan Bumi Mutiara. 4) Ketua RT 03 dapat diganti atau diberhentikan masa bhaktinya apabila : a. 5) Apabila Ketua RT 03 berhenti sebelum masa jabatannya berakhir. 3) Pemilihan Ketua RT 03 akan diberlakukan secara bergilir/periodik dari masing-masing blok yang akan dilakukan oieh Panitia Pemilihan Ketua RT 03 dan dilaksanakan melalui Rapat Anggota. c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful