Pengertian Akhlak Tasawuf

Tasawuf Islam: Secara etimologis ahkhlaq adalah bentuk jamak dari khuluq yang artinya budi pekerti, tingkah laku, perangai atau tabi?at। Mempunyai sinonim etika dan moral। Etika dan moral berasal dari bahasa Latin yang berasal dari kata etos : kebiasaan dan mores artinya kebiasaannya. Kata akhlaq berasal dari kata kerja khalaqa yang artinya menciptakan. Khaliq maknanya pencipta atau Tuhan dan makhluq artinya yang diciptakan, sedangkang khalaq maknanya penciptaan. Kata khalaqa yang mempunyai kata yang seakar diatas mengandung maksud bahwa akhlaq merupakan jalinan yang mengikat atas kehendak Tuhan dan manusia. Pada makna lain kata akhlaq dapat diartikan tata perilaku seseorang terhadap orang lain. Jika perilaku atupun tindakan tersebut didasarkan atas kehendak Khaliq (Tuhan) maka hal itu disebut sebagai akhlaq hakiki. Dengan demikian akhlaq dapat dimaknai tata aturan atau norma prilaku yang mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan serta alam semest Pengertian a) Imam Ghozali : ‫الخلق عبارة عن هيئة في النفس راسخة عنها تصدر الفعال بسهولة ويسر من غير حاجة إلى فكر ورؤية‬ Akhlaq adalah sifat yang tertanam dalam jiwa (manusia) yang melahirkan perbuatanperbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran maupun pertimbangan?. b) Ibnu Maskawaih : ‫الخلق حال للنفس داعية لها إلى أفعالها من غير فكر وروية‬ Akhlaq adalah gerak jiwa yang mendorong kearah melakukan perbuatan dengan tidak membutuhkan pikiran. c) Menurut Ahmad Amin : ‫الخلق عادة الرادة‬ Khuluq (akhlaq) adalah membiasakan kehendak. akhlaq secara terminologis menurut :

Dari berbagai definisi diatas, definisi yang disampaikan oleh Ahmad Amin lebih jelas menampakkan unsur yang mendorong terjadinya akhlaq yaitu ?adah : kebiasaan dan iradah : kehendak. Jika ditampilkan satu contoh proses akhlaq adalah ; 1) Dalam ?adah; - harus ada kecenderungan untuk melakukan sesuatu, - terdapat pengulangan yang sering dikerjakan sehingga tidak memerlukan pikiran. 2) Dalam iradah: a) lahir keinginan-keinginan setelah ada rangsangan (stimulan) melalui indra-इनदनय b) muncul kebimbangan, mana yang harus dipilih diantara keinginan-keinginan itu। Padahal harus memilih satu dari keinginan tersebut c) mengambil keputusan dengan menentukan keinginan yang diprioritaskan diantara banyak keinginan tersebut. Contoh Pada jam 2 siang seorang berangkat ke pasar untuk mencari bengkel motor untuk

blogspot. Sementara di arah depan kelihatan mushalla yang nampak bersih dan dilihat hilir mudik orang sembahyang. Jika iradah tersebut dibiasakan setiap ada beberapa keinginan dengan tanpa berpikir panjang karena sudah dirasakan oleh dirinya maka disebut akhlak.com Sumber: http://www. seperti Hassan Shadily menggunakan istilah moral sama dengan akhlaq. ketika menoleh ke arah kanan melihat warung makan yang penuh sesak dan kepulan bau nikmat yang ia hirup. www.aminazizcenter.membeli kampas rem.tasawufislam.com/2009/artikel-61-kuliah-akhlak-tasawuf. tidak temporer dan juga tidak memerlukan pemikiran dan pertimbangan serta dorongan dari luar. Tiga istilah diatas sama ?sama menentukan nilai baik dan buruk sikap perbuatan seseorang. Dalam penggunaan kata-kata tersebut kadangkadang terjadi tumpang tindih. karena pemberiannya ada dorongan dari luar. Bedanya akhlaq mempunyai standar ajaran yang bersumber kepada al-Qur?an dan Sunnah Rasul. Orang tidak termasuk ramah tamu jika ia senang membeda-bedakan tamu yang datang.html . Orang itu kemudian tertarik dan secara spontan memberikan uang satu juta rupiah untuk didermakan.com/2009/05/pengertian-akhlak-tasawuf. Disamping akhlaq ada istilah lain disebut etika dan moral masing-masing bahasa Latin.html http://tasawufislam. Orang tersebut belum termasuk dermawan. Etika berstandar kepada akal pikiran. Sesaat kemudian melihat arah kiri. Kemudian orang tersebut menentukan shalat terlebih dahulu karena mempertimbangkan jam yang sudah limit. Dengan demikian akhlaq bersifat konstan (tetap-selalu) spontan. terdapat es cendol yang laris dibeli orang. Sebaliknya ada seorang kaya. mendengarkan pengajian Da?i kondang menjelaskan hikmah infaq. Kesimpulan yang dipilih oleh orang tersebut setelah banyak mempertimbangkan beberapa keinginan disebut iradah.blogspot. sedangkan moral bersumber kepada adat kebiasaan yang umum berlaku di masyarakat. Di saat memasuki lorong gang. Padahal orang tersebut sudah lapar dan haus.

Kesatuan kemanusiaan menghasilakn konsep kesetaraan sosial (social equity). Tawakkal: berserah diri pada qada dan keputusan Allah. 2: 177). melalui rukun iman dan rukun Islam. Objek kajiannya adalah perbuatan manusia. karena ibadah memiliki fungsi sosial. 5. 3. Wara’: meninggalkan segala yang syubhat (tidak jelas halal haramnya). 4. sesuatu yang memberikan kelezatan kepada panca indera dan jiwa (QS. 2: 57). Rukun Iman bertujuan tumbuhnya keyakinan akan keesaan Tuhan (unity of God) dan kesatuan kemanusiaan (unity of human beings). 17: 79). sabar.AKHLAK TASAWUF Pengertian Akhlak dan Objek Kajiannya • • • • Akhlak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan yang mudah. Pengertian Tasawuf • Tasawuf adalah upaya mensucikan diri dengan cara menjauhkan pengaruh kehidupan dunia dan memusatkan perhatian hanya kepada Allah Swt. dan norma atau aturan yang dijadikan untuk mengukur perbuatan dari segi baik dan buruk. 6. Faqir: tidak meminta lebih dari apa yang sudah diterima. Mahmudah. 28: 84) 2. Hasanah. upaya memperbanyak perbuatan baik (QS. sesuatu yang baik menurut umat manusia (QS. 1. 6. . 2: 158). zuhud. tawakkal. 17: 23). Taubat: memohon ampun disertai janji tidak akan mengulangi lagi. 5. 1. Tayyibah. Rukun Islam menekankan pada aspek Ibadah yang menjadi sarana pembinaan akhlak. perbuatan terpuji yang ditampakkan dalam kehidupan sehari-hari (QS. tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan. 7. sesuatu yang disukai atau dipandang baik (QS. Karimah. Khair. Zuhud: meninggalkan kehidupan dunia dan mengutamakan kebahagiaan di akhirat. faqir. dan ridho. Ridho: tidak berusaha menentang qada Allah. 4. 16: 125. Maqamat dalam Tasawuf • • Maqamat adalah jalan yang harus ditempuh seorang sufi untuk berada dekat dengan Allah. Sabar: tabah dalam menjalankan perintah Allah dan tenang menghadapi cobaan. sesuatu yang utama akibat melaksanakan sesuatu yang disukai Allah (QS. Birr. Akhlak dalam Islam memiliki fungsi utama. 3. 2. wara’. Tingkatan maqamat adalah: taubat. Al-Qur’an menjelaskan konsep baik dengan istilah: Pembentukan akhlak dilakukan secara integratal.

Guru tarekat disebut mursyid atau syaikh. Wahdatul wujud: Bersatunya manusia dengan Tuhan. Isi manaqib adalah riwayat hidup dan perjalanan sufi Syekh Abdul Qadir sebanyak 40 episode. upacara ritual. Mahabbah: perasaan cinta yang mendalam secara ruhaniah kepada Allah. dan zikir tertentu. Tempatnya dikenal dengan ribath/zawiyah/taqiyah.ac. Tarekat Naqsyabandi.Konsep dalam Tasawuf 1. Berkembang di Sumatera. Manusia dan Tuhan pada hakikatnya adalah satu kesatuan wujud. sehingga hati sanubari dapat melihat Tuhan. Jawa. Dituturkan melalui manaqib pada acara-acara tertentu. didirikan Syekh Abdul Qadir Jailani (1077-1166). Berkembang di pulau Jawa. 3. Tarekat Qadiriyah. http://blog. Tarekat • • • • Tarekat adalah jalan atau petunjuk dalam melaksanakan suatu iabadah sesuai dengan ajaran yang dicontohkan oleh Nabi dan sahabatnya. 3. Insan Kamil: manusia yang dekat dan terbina potensi ruhaniahnya shg dapat berfungsi secara optimal. Cirinya menggunakan tabuhan rebana dalam wiridnya yang diikuti dengan tarian dan permainan debus. 2.uin-malang. Jawa. Tarekat Rifaiyah. Ma’rifat: mengetahui Tuhan dari dekat. Tarekat yang ada di Indonesia antara lain: 1. didirikan oleh Muhammad Ibn Bauddin al-Uwaisi. Tarekat juga berarti organisasi yang mempunyai syaikh. 2. wakilnya disebut khalifah. Smatera Barat. dan pengikutnya disebut murid. 4. Sulawesi. didirikan Syekh Rifai (1106-1118). Sulawesi. Berkembang di Aceh.id/sarkowi/2010/06/28/akhlak-tasawuf/ .

Sufi sering dianggap mengada-adakan ibadah. Ibadah Ketat Pelaku Tasawuf Meskipun sekilas ”menyerang” ibadah umat beragama. para pelaku tasawuf. kita perlu memahami arti tasawuf. Dengan prinsip ini. salah satu tarikat sufi. Ada pula “perjalanan kembali” (Safar dar watan). sufi. menyakiti orang lain atau berbuat dosa jelas merupakan pelanggaran berat. Bahkan. yang artinya. Akhlak mereka bisa dilihat dari 11 prinsip Tarikat Naqybandiyah. tasawuf sendiri telah muncul sebelum Islam. dan menepikan Tuhan dari kehidupan sehari-hari. berkutat pada urusan duniawi. Di antaranya. bukunya yang paling terkenal. Perbedaan agama terletak dari cara menemukan sumber tersebut. yang berisikan pengalaman spiritual Ibnu Arabi selama berhaji. para . “berhati-hati dalam bernafas” (hush dan dam). orang yang mengenali Tuhan dengan cara yang sedikit berbeda dengan kebanyakan umat beragama. sebenarnya sangat ketat dalam beribadah. Futuhat Al-Makiyya berarti ”Penyingkapan di Mekkah”. yang berkaitan dengan sufi. Artinya. Tuhan. akhlak mereka untuk membuktikan sejauh apa “kesesatan” atau “kebenaran” tasawuf. kita tidak perlu mempertanyakan lagi akhlak pelaku tasawuf yang sebenarnya. Sejarah Tasawuf Dalam sejarahnya. yang terkenal dengan kemampuan kasyafnya (penyingkapan atas pengetahuan ilahi) sangat rajin beribadah. Tasawuf adalah “sikap hidup” para sufi. Padahal. dalam setiap nafas kita harus selalu mengingat perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Bahkan. tasawuf juga sering dituduh sebagai kekafiran tersembunyi dalam Islam. Kebanyakan orang menyangka tasawuf lahir sebagai bentuk perlawanan terhadap tekanan politik penguasa dan kehidupan masyarakat yang terlalu materialistis. Oleh karena itu. Tasawuf muncul sebagai bagian esoteris agama. yang fungsinya ”melepaskan” ikatan taklid buta seseorang terhadap agama. dalam pengertian bahwa semua ajaran agama sebenarnya memiliki sumber yang sama. Prinsip Akhlak Tasawuf Dengan melihat ibadah ketat para sufi. Dikisahkan juga sufi seperti Ibnu Arabi.Apakah pengertian akhlak tasawuf? Sebelumnya. kita perlu melihat praktik langsung para sufi. tasawuf (Islam) berkembang pada akhir abad 8 M hingga mencapai puncaknya di tangan Jalaluddin Ar-Rumi dan Ibnu Arabi pada abad 12 13 M. dikisahkan bahwa Husain bin Manshur (Al-Hallaj) salat 500 rakaat sehari sebelum penggantungannya pada 922 M (biasanya Al-Hallaj salat 1000 rakaat).

htm . Oleh karena itu. para sufi tentu tidak mungkin memiliki sifat iri dan dengki seperti manusia pada umumnya.sufi harus sadar bahwa mereka di dunia tidak lebih dari sekadar tamu. baik menyangkut habluminallah (hubungan dengan Allah) maupun habluminanas (hubungan dengan manusia). http://www.anneahira. para sufi tidak berhak untuk memperkaya diri demi kepentingan sendiri. Rumah mereka yang sesungguhnya adalah akhirat. Dengan menghilangkan keinginan mengejar harta. Koreksi Diri Dua prinsip di atas menunjukkan bahwa sufi sebenarnya sangat berhati-hati dalam menjaga amalannya. Salah satu yang mencontoh akhlak tasawuf tentu saja pondok pesantren Daarut Tauhid yang menyadarkan santrinya untuk terus “mengoreksi diri sendiri”.com/akhlak-tasawuf. hal yang sering dilupakan oleh umat beragama pada umunya.

perangai atau tabi?at। Mempunyai sinonim etika dan moral। Etika dan moral berasal dari bahasa Latin yang berasal dari kata etos : kebiasaan dan mores artinya kebiasaannya. tingkah laku. Kata khalaqa yang mempunyai kata yang seakar diatas mengandung maksud bahwa akhlaq merupakan jalinan yang mengikat atas kehendak Tuhan dan manusia. Jika perilaku atupun tindakan tersebut didasarkan atas kehendak Khaliq (Tuhan) maka hal itu disebut sebagai akhlaq hakiki. 2010 Tasawuf Islam: Secara etimologis ahkhlaq adalah bentuk jamak dari khuluq yang artinya budi pekerti. – harus ada kecenderungan untuk melakukan sesuatu. b) Ibnu Maskawaih : ‫الخلق حال للنفس داعية لها إلى أفعالها من غير فكر وروية‬ Akhlaq adalah gerak jiwa yang mendorong kearah melakukan perbuatan dengan tidak membutuhkan pikiran. . c) Menurut Ahmad Amin : ‫الخلق عادة الرادة‬ Khuluq (akhlaq) adalah membiasakan kehendak. 1) Dalam ?adah. sedangkang khalaq maknanya penciptaan. Dari berbagai definisi diatas. – terdapat pengulangan yang sering dikerjakan sehingga tidak memerlukan pikiran. definisi yang disampaikan oleh Ahmad Amin lebih jelas menampakkan unsur yang mendorong terjadinya akhlaq yaitu ?adah : kebiasaan dan iradah : kehendak. Khaliq maknanya pencipta atau Tuhan dan makhluq artinya yang diciptakan. Jika ditampilkan satu contoh proses akhlaq adalah . Kata akhlaq berasal dari kata kerja khalaqa yang artinya menciptakan.Pengertian Akhlak Tasawuf Filed under: Tasawuf by aslamattusi — Tinggalkan komentar Juni 30. Dengan demikian akhlaq dapat dimaknai tata aturan atau norma prilaku yang mengatur hubungan antara manusia dengan Tuhan serta alam semest Pengertian akhlaq secara terminologis menurut : a) Imam Ghozali : ‫الخلق عبارة عن هيئة في النفس راسخة عنها تصدر الفعال بسهولة ويسر من غير حاجة إلى فكر ورؤية‬ Akhlaq adalah sifat yang tertanam dalam jiwa (manusia) yang melahirkan perbuatanperbuatan dengan mudah tanpa memerlukan pemikiran maupun pertimbangan?. Pada makna lain kata akhlaq dapat diartikan tata perilaku seseorang terhadap orang lain.

com/2010/06/30/pengertian-akhlak-tasawuf/ . Padahal orang tersebut sudah lapar dan haus. mendengarkan pengajian Da?i kondang menjelaskan hikmah infaq. Kemudian orang tersebut menentukan shalat terlebih dahulu karena mempertimbangkan jam yang sudah limit. Dengan demikian akhlaq bersifat konstan (tetap-selalu) spontan.com Sumber: http://www.2) Dalam iradah: a) lahir keinginan-keinginan setelah ada rangsangan (stimulan) melalui indra-इनदनय b) muncul kebimbangan. karena pemberiannya ada dorongan dari luar. Dalam penggunaan kata-kata tersebut kadangkadang terjadi tumpang tindih.tasawufislam. Tiga istilah diatas sama ?sama menentukan nilai baik dan buruk sikap perbuatan seseorang. Disamping akhlaq ada istilah lain disebut etika dan moral masing-masing bahasa Latin. ketika menoleh ke arah kanan melihat warung makan yang penuh sesak dan kepulan bau nikmat yang ia hirup. tidak temporer dan juga tidak memerlukan pemikiran dan pertimbangan serta dorongan dari luar. Kesimpulan yang dipilih oleh orang tersebut setelah banyak mempertimbangkan beberapa keinginan disebut iradah. mana yang harus dipilih diantara keinginan-keinginan itu। Padahal harus memilih satu dari keinginan tersebut c) mengambil keputusan dengan menentukan keinginan yang diprioritaskan diantara banyak keinginan tersebut. terdapat es cendol yang laris dibeli orang. Jika iradah tersebut dibiasakan setiap ada beberapa keinginan dengan tanpa berpikir panjang karena sudah dirasakan oleh dirinya maka disebut akhlak.com/2009/artikel-61-kuliah-akhlak-tasawuf. Sebaliknya ada seorang kaya.wordpress. Sesaat kemudian melihat arah kiri. sedangkan moral bersumber kepada adat kebiasaan yang umum berlaku di masyarakat. Orang tersebut belum termasuk dermawan. Orang tidak termasuk ramah tamu jika ia senang membeda-bedakan tamu yang datang.aminazizcenter. seperti Hassan Shadily menggunakan istilah moral sama dengan akhlaq. Sementara di arah depan kelihatan mushalla yang nampak bersih dan dilihat hilir mudik orang sembahyang. Etika berstandar kepada akal pikiran. Contoh Pada jam 2 siang seorang berangkat ke pasar untuk mencari bengkel motor untuk membeli kampas rem. Bedanya akhlaq mempunyai standar ajaran yang bersumber kepada al-Qur?an dan Sunnah Rasul. www.html http://aslamattusi. Orang itu kemudian tertarik dan secara spontan memberikan uang satu juta rupiah untuk didermakan. Di saat memasuki lorong gang.blogspot.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful