Cara menghitung Uang Pesangon apabila kita di PHK selain uang pesangon, seharusnya dapat juga yang namanya

Uang Penghargaan Masa Kerja dan Uang Penggantian Hak.... Mengenai apa saja hak2 yang agan terima jika di PHK, diatur dalam Pasal 156 UU No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan... Berikut ini ane kutip bunyinya gan : (1) Dalam hal terjadi pemutusan hubungan kerja, pengusaha diwajibkan membayar uang pesangon & atau uang penghargaan masa kerja dan uang penggantian hak yang seharusnya diterima. (2) Perhitungan uang pesangon sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) paling sedikit sebagai berikut : a. masa kerja kurang dari 1 tahun, 1 bulan upah; b. masa kerja 1 tahun / lebih tetapi kurang dari 2 tahun, 2 bulan upah; c. masa kerja 2 tahun / lebih tetapi kurang dari 3 tahun, 3 bulan upah; d. masa kerja 3 tahun / lebih tetapi kurang dari 4 tahun, 4 bulan upah; e. masa kerja 4 tahun / lebih tetapi kurang dari 5 tahun, 5 bulan upah; f. masa kerja 5 tahun / lebih, tetapi kurang dari 6 tahun, 6 bulan upah; g. masa kerja 6 tahun / lebih tetapi kurang dari 7 tahun, 7 bulan upah; h. masa kerja 7 tahun / lebih tetapi kurang dari 8 tahun, 8 bulan upah; i. masa kerja 8 tahun / lebih, 9 bulan upah. (3) Perhitungan uang penghargaan masa kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) ditetapkan sebagai berikut : a. masa kerja 3 tahun / lebih tetapi kurang dari 6 tahun, 2 bulan upah; b. masa kerja 6 tahun / lebih tetapi kurang dari 9 tahun, 3 bulan upah; c. masa kerja 9 tahun / lebih tetapi kurang dari 12 tahun, 4 bulan upah; d. masa kerja 12 tahun / lebih tetapi kurang dari 15 tahun, 5 bulan upah; e. masa kerja 15 tahun / lebih tetapi kurang dari 18 tahun, 6 bulan upah; f. masa kerja 18 tahun / lebih tetapi kurang dari 21 tahun, 7 bulan upah; g. masa kerja 21 tahun / lebih tetapi kurang dari 24 tahun, 8 bulan upah; h. masa kerja 24 tahun / lebih, 10 bulan upah. (4) Uang penggantian hak yang seharusnya diterima sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) meliputi : a. cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur; b. biaya atau ongkos pulang untuk pekerja/buruh dan keluarganya ketempat dimana pekerja/buruh diterima bekerja; c. penggantian perumahan serta pengobatan dan perawatan ditetapkan 15% (lima belas perseratus) dari uang pesangon dan/atau uang penghargaan masa kerja bagi yang memenuhi syarat;

pekerja menikah. melahirkan. Pasal 153 UU No. f. g. Upah yang dimaksud dalam Pasal ini adalah Gaji Pokok dan segala tunjangan2 yang bersifat tetap. menjadi anggota dan/atau pengurus serikat pekerja. pekerja perempuan hamil. aliran politik. golongan. peraturan perusahaan.. b. atau perjanjian kerja bersama. e. Jadi kalok ada agan2 yang di PHK karena alasan2 di atas. sakit akibat kecelakaan kerja. jenis kelamin... pekerja berhalangan menjalankan pekerjaannya karena memenuhi kewajiban terhadap negara sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku. h. j. (2) Pemutusan hubungan kerja yang dilakukan dengan alasan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) batal demi hukum dan pengusaha wajib mempekerjakan kembali pekerja yang bersangkutan. pekerja mempunyai pertalian darah dan/atau ikatan perkimpoian dengan pekerja/buruh lainnya di dalam satu perusahaan. kecuali telah diatur dalam perjanjian kerja. karena perbedaan paham. pekerja yang mengadukan pengusaha kepada yang berwajib mengenai perbuatan pengusaha yang melakukan tindak pidana kejahatan. peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama. atau status perkimpoian. c. suku. atau berdasarkan ketentuan yang diatur dalam perjanjian kerja. pekerja menjalankan ibadah yang diperintahkan agamanya. atau perjanjian kerja bersama. peraturan perusahan. pekerja berhalangan masuk kerja karena sakit menurut keterangan dokter selama waktu tidak melampaui 12 bulan secara terus-menerus. atau menyusui bayinya. Hak2 di atas ini tidak akan diterima oleh karyawan yang di PHK jika PHK tersebut terjadi apabila karyawan di PHK karena melakukan suatu pelanggaran yang berat. pekerja dalam keadaan cacat tetap. atau sakit karena hubungan kerja yang menurut surat keterangan dokter yang jangka waktu penyembuhannya belum dapat dipastikan. atau di dalam jam kerja atas kesepakatan pengusaha. itu batal demi hukum gan.. i. warna kulit. . pekerja mendirikan. 2. kondisi fisik. gugur kandungan.13 Thn 2003 menyebutkan : (1) Pengusaha dilarang melakukan pemutusan hubungan kerja dengan alasan : a. hal-hal lain yang ditetapkan dalam perjanjian kerja.. d. agama..d. NB : 1. pekerja melakukan kegiatan serikat pekerja di luar jam kerja.

hehehe ) * Perhitungan Upah Lembur sejam diatur sebagai berikut : 1/173 (satu per seratus tujuh puluh tiga) x Upah sebulan contoh : misalnya agan upah sebulannya Rp. jadi perhitungan upah lembur sejamnya adalah 1/173 x 2jt = Rp.. * Apabila kerja lembur dilakukan pada hari kerja biasa.2004 tentang waktu kerja lembur dan upah kerja lembur) beserta contoh2nya gan.122 .11. nah ngitung upah lembur dari jam 7 mpe jam 8 adalah 1½ x Rp. * Waktu kerja lembur hanya dpt dilakukan paling banyak 3 jam dlm 1 hari & 14 jam dlm seminggu & 48 jam dlm sebulan..misalnya agan lembur jam 7 mpe jam 9 malem.102 Thn.. tunjangan tetap & tunjangan tidak tetap. Dlm hal upah terdiri dari upah pokok.561.Utk jam lembur pertama dibayar sebesar 1½ x upah lembur sejam.dari jam 8 mpe jam 9 adalah 2 x Rp. perhitungan upah lemburnya : a.11.11.17.561 = Rp.CARA MENGHITUNG LEMBUR dasar hukumnya Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No. dpt diberikan makan ( kalok agan2 gag dikasi makan. contoh : . b. bole nuntut dibeliin maem kok. * Waktu kerja lembur adalah waktu kerja yg melebihi 7 jam sehari & 40 jam seminggu utk 6 hari kerja dlm seminggu / 8 jam sehari & 40 jam seminggu utk 5 hari kerja dlm seminggu / waktu kerja pd hari istirahat mingguan & atau pd hari libur resmi yg ditetapkan Pemerintah..Utk jam lembur berikutnya dibayar 2 x upah lembur sejam. Dlm hal upah terdiri dari upah pokok & tunjangan tetap maka dasar perhitungan upah lembur adalah 100% dari upah.23. * Apabila Karyawan melakukan kerja lembur lebih dari 3 jam.561 (pake contoh upah lembur sejam di atas) = Rp.2jt.340 . maka dasar perhitungan upah lembur 75% dari keseluruhan upah.. apabila upah pokok + tunjangan tetap lebih kecil dari 75% keseluruhan upah.

* Apabila kerja lembur dilakukan pd hari Libur & atau Hari Libur Resmi yg jatuh pd hari kerja terpendek. supaya dalam bekerja tuw enak.Utk jam ketujuh & kedelapan dibayar 4 x upah lembur sejam. sekalian harus tau.hehehe Ane ambil beberapa pasal2 dalam UU tersebut yang ane anggep perlu di share mulai dari perjanjian kerja (kontrak).13 Thn 2003 tentang Ketenagakerjaan..23.. dan agan yang disuruh untuk menyiapkan / membeli materai..Utk 7 jam pertama dibayar 2 x upah lembur sejam. ) * Apabila kerja lembur dilakukan pd hari Libur & atau Hari Libur Resmi perhitungan upah lemburnya : a.462 ( lumayan gan. jangan mau gan..hehehe -----------------------------------------------------------------------Pasal 57 Ayat 1 & 2 UU No. pada saat agan dibuatkan perjanjian kerja (kontrak) oleh pihak pengusaha.. jadi kalok misalnya kontrak agan mengharuskan memakai materai. hak2 sebagai pekerja juga bisa terpenuhi dan hak2 tidak dikurang2in oleh pihak pengusaha. tentang Ketenagakerjaan lagi neh.Utk jam keenam dibayar 3 x upah lembur sejam. c. Silahkan disimak -------------------------------------------------------------------------Pasal 53 UU No..jadi upah lembur agan dari jam 7 mpe jam 9 tuw adalah Rp.Utk 5 jam pertama dibayar 2 x upah lembur sejam." Jadi menurut apa yang terkandung dalam pasal ini maksudnya adalah.. perhitungan upah lemburnya : a. b. hak cuti. upah yang yang harus dibayar jika sakit.. yang menurut ane.122 = Rp.340 + Rp. dll. b..17.utk jam kesembilan & kesepuluh dibayar 4 x upah lembur sejam.Utk jam kedelapan dibayar 3 x upah lembur sejam. segala biaya2nya ditanggung oleh pengusaha gan.40. c.13 Thn 2003 menyebutkan : "(1) Perjanjian kerja untuk waktu tertentu dibuat secara tertulis serta .13 Thn 2003 menyebutkan : "Segala hal dan/atau biaya yang diperlukan bagi pelaksanaan pembuatan perjanjian kerja dilaksanakan oleh dan menjadi tanggung jawab pengusaha.. Soalnya ada beberapa hal penting yang diatur dalam UU No.

maka pihak yang memutuskan hubungan kerja itu wajib membayar ganti rugi sebesar upah sampai batas waktu kontrak itu berakhir. perusahaan gag berhak mentraining agan. masa percobaan kerja yang disyaratkan batal demi hukum. Soalnya banyak kan karyawan kontrak itu yang awalnya disuruh training dulu. .." Jadi menurut apa yang terkandung dalam Pasal ini maksudnya adalah apabila salah satu pihak (baik pihak pekerja / pihak pengusaha) mengakhiri hubungan kerja sebelum jangka waktu kontrak kerja berakhir..." Jadi menurut apa yang terkandung dalam Pasal ini khususnya ayat 2 maksudnya adalah perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT / kontrak / outsourcing / karyawan kontrak) kalok dibuat secara gag tertulis / lisan.13 Thn 2003 menyebutkan : "Apabila salah satu pihak mengakhiri hubungan kerja sebelum berakhirnya jangka waktu yang ditetapkan dalam perjanjian kerja waktu tertentu." Jadi menurut apa yang terkandung dalam Pasal ini maksudnya adalah kalok agan diangkat sebagai karyawan kontrak berdasarkan perjanjian kerja waktu tertentu.harus menggunakan bahasa Indonesia dan huruf latin...hehehe -------------------------------------------------------------------------Pasal 62 UU No.." "(2) Perjanjian kerja untuk waktu tertentu yang dibuat tidak tertulis bertentangan dengan ketentuan sebagai mana dimaksud dalam ayat (1) dinyatakan sebagai perjanjian kerja untuk waktu tidak tertentu.13 Thn 2003 menyebutkan : "(1) Perjanjian kerja untuk waktu tertentu tidak dapat mensyaratkan adanya masa percobaan kerja. pihak yang mengakhiri hubungan kerja diwajibkan membayar ganti rugi kepada pihak lainnya sebesar upah pekerja/buruh sampai batas waktu berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja.. maka perjanjian itu dinamakan perjanjian kerja untuk waktu tidak tertentu (menjadi staff tetap).hehehe -------------------------------------------------------------------------Pasal 58 Ayat 1 & 2 UU No. atau berakhirnya hubungan kerja bukan karena ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 61 ayat (1). jangan mau gan..." "(2) Dalam hal disyaratkan masa percobaan kerja dalam perjanjian kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1).

meliputi : a. sekurang kurangnya setengah jam setelah bekerja selama 4 (empat) jam terus menerus dan waktu istirahat tersebut tidak termasuk jam kerja. dan dalam bidang hukum gag mengenal istilah kita gag mau membayar ganti rugi soalnya dalam kontrak gag diatur atau kita gag tau ada aturan itu dalam UU. b. ------------------------------------------------------------------------Mengenai hak cuti. c." "(2) Waktu istirahat dan cuti sebagaimana dimaksud dalam ayat (1). cuti tahunan." -------------------------------------------------------------------------Pasal 81 ayat 1 menyebutkan : . 81. ketentuan ini tetep berlaku gan karena udah diatur oleh UU. 82. 80. dan d. istirahat mingguan 1 (satu) hari untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau 2 (dua) hari untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.13 Thn 2003. itu diatur dalam Pasal 79.. sekurang kurangnya 12 (dua belas) hari kerja setelah pekerja/buruh yang bersangkutan bekerja selama 12 (dua belas) bulan secara terus menerus." -------------------------------------------------------------------------Pasal 80 menyebutkan : "Pengusaha wajib memberikan kesempatan yang secukupnya kepada pekerja/ buruh untuk melaksanakan ibadah yang diwajibkan oleh agamanya. 83 dan 84 UU No. istirahat panjang sekurang-kurangnya 2 (dua) bulan dan dilaksanakan pada tahun ketujuh dan kedelapan masing-masing 1 (satu) bulan bagi pekerja/buruh yang telah bekerja selama 6 (enam) tahun secara terusmenerus pada perusahaan yang sama dengan ketentuan pekerja/buruh tersebut tidak berhak lagi atas istirahat tahunannya dalam 2 (dua) tahun berjalan dan selanjutnya berlaku untuk setiap kelipatan masa kerja 6 (enam) tahun. istirahat antara jam kerja.Walaupun dalam kontrak agan gag menyebutkan pasal ini. Pasal 79 ayat 1 & 2 menyebutkan : "(1) Pengusaha wajib memberi waktu istirahat dan cuti kepada pekerja/buruh..

untuk bulan selanjutnya dibayar 25% (dua puluh lima perseratus) dari upah sebelum pemutusan hubungan kerja dilakukan oleh pengusaha." ini dia yang paling penting gan.13 Thn 2003 menyebutkan : "Upah yang dibayarkan kepada pekerja/buruh yang sakit sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) huruf a sebagai berikut : a. Pasal 80. dibayar 100% (seratus perseratus) dari upah."(1) Pekerja/buruh perempuan yang dalam masa haid merasakan sakit dan memberitahukan kepada pengusaha. untuk 4 bulan ketiga." -------------------------------------------------------------------------Pasal 84 menyebutkan : "Setiap pekerja/buruh yang menggunakan hak waktu istirahat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 79 ayat (2) huruf b. dan d.5 (satu setengah) bulan sebelum saatnya melahirkan anak dan 1.hehehe -------------------------------------------------------------------------Pasal 93 Ayat 3 UU No. tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu haid." -------------------------------------------------------------------------Pasal 82 ayat 1 & 2 menyebutkan : "(1) Pekerja/buruh perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1.. c." "(2) Pekerja/buruh perempuan yang mengalami keguguran kandungan berhak memperoleh istirahat 1. untuk 4 bulan kedua. dan d. dibayar 75% (tujuh puluh lima perseratus) dari upah. dan Pasal 82 berhak mendapat upah penuh. c.5 (satu setengah) bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan. untuk 4 bulan pertama. b.5 (satu setengah) bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan. dibayar 50% (lima puluh perseratus) dari upah." -------------------------------------------------------------------------Pasal 83 menyebutkan : "Pekerja/buruh perempuan yang anaknya masih menyusu harus diberi kesempatan sepatutnya untuk menyusui anaknya jika hal itu harus dilakukan selama waktu kerja." Jadi selama sakit.. perusahaan tuw wajib membayarkan upah .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful