1.

Dampak globalisasi dalam bidang ekonomi, antara lain : Globalisasi dan liberalisme pasar telah menawarkan alternatif bagi pencapaian standar hidup yang lebih tinggi. Semakin melebarnya ketimpangan distribusi pendapatan antar negara-negara kaya dengan negara-negara miskin. Munculnya perusahaan-perusahaan multinasional dan transnasional. Membuka peluang terjadinya penumpukan kekayaan dan monopoli usaha dan kekuasaan politik pada segelintir orang. Munculnya lembaga-lembaga ekonomi dunia seperti Bank Dunia, Dana Moneter Internasional, WTO. 2. Globalisasi dalam bidang Politik Negara tidak lagi dianggap sebagai pemegang kunci dalam proses pembangunan. Para pengambil kebijakan publik di negara sedang berkembang mengambil jalan pembangunan untuk mengatasi masalah sosial dan ekonomi. Timbulnya gelombang demokratisasi ( dambaan akan kebebasan ). 3. Globalisasi bidang hukum, pertahanan, dan keamanan Dampak positif globalisasi bidang hukum, pertahanan, dan keamanan :

Semakin menguatnya supremasi hukum, demokratisasi, dan tuntutan terhadap dilaksanakannya hak-hak asasi manusia. Menguatnya regulasi hukum dan pembuatan peraturan perundang-undangan yang memihak dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat banyak. Semakin menguatnya tuntutan terhadap tugas-tugas penegak hukum yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel. Menguatnya supremasi sipil dengan mendudukkan tentara dan polisi sebatas penjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara yang profesional.

Dampak negatif globalisasi bidang hukum, pertahanan, dan keamanan :

Peran masyarakat dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ketertiban negara semakin berkurang karena hal tersebut sudah menjadi tanggung jawab pihak tentara dan polisi.

solidaritas. ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa. sportif. masyarakat cenderung bertindak anarkis sehingga dapat mengganggu stabilitas nasional. pola pikir yang baik. misalnya sakit. mampu mempengaruhi pola pikir masyarakat secara global. Globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan . Semaikin memudarnya apresiasi terhadap nilai-nilai budaya lokal yang melahirkan gaya hidup berikut ini. kemudian dianggap sebagai sesuatu yang biasa/ wajar Konsumerisme : pola konsumsi yang sudah melebihi batas • Semakin lunturnya semangat gotong-royong. Globalisasi bidang sosial budaya Dampak positif globalisasi bidang sosial budaya : • Meningkatkan pemelajaran mengenai tata nilai sosial budaya. atau musibah hanya ditangani oleh segelintir orang 5. suka bekerja keras. 4. Meningkatkan etos kerja yang tinggi.kecelakaan. mempunyai jiwa kemandirian. rasional.• Perubahan dunia yang cepat. kepedulian. Masyarakat sering kali mengajukan tuntutan kepada pemerintah dan jika tidak dipenuhi. disiplin. maupun ilmu pengetahuan dan teknologi dari bangsa lain yang telah maju. media televisi. maupun media cetak yang banyak ditiru oleh masyarakat. dan kesetiakawanan sosial sehingga dalam keadaan tertentu/ darurat. cara hidup. • Dampak negatif globalisasi bidang sosial budaya : • Semakin mudahnya nilai-nilai barat masuk ke Indonesia baik melalui internet. • Individualisme : mengutamakan kepentingan diri sendiri Pragmatisme : melakukan suatu kegiatan yang menguntungkan saja Hedonisme : Paham yang mengutamakan kepentingan keduniawian semata Primitif : sesuatu yang sebelumnya dianggap tabu. dan lain sebagtainya.

Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan 2. areal yang luas. dan komodit lain memberi peluang kepada Indonesia untuk ikut bersaing mereput pasar perdagangan luar negeri. Suatu perusahaan asing memindahkan usahanya keluar negeri mengakibatkan PHK tenaga kerja dalam negeri. hasil laut. Dampak negatif globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan : • • • Arus masuk perdagangan luar negeri menyebakan defisit perdagangan nasional. jasa layanan. terutama hasil pertanian. dan tenaga kerja yang masih murah) meskipun masih sangat terbatas dan rentan terhadap perubahan-perubahan kondisi sosial-politik dalam negeri ataupun perubahan-perubahan global. • Di bidang jasa kita mempunyai peluang menarik wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan alam dan budaya tradisional yang beraneka ragam. Globalisasi bidang ekonomi sektor produksi Dampak positif globalisasi bidang ekonomi sektor produksi : • Adanya kecenderungan perusahaan asing memindahkan operasi produksi perusahaannya ke negara-negara berkembang dengan pertimbangan keuntungan geografis (melimpahnya bahan baku. Masuknya wisatawan ke Indonesia melunturkan nilai luhur bangsa. Akibatnya kondisi industridalam negeri sulit berkembang. Mudah melakukan komunikasi . Dampak negatif globalisasi bidang ekonomi sektor produksi : • Perusahaan dalam negeri lebih tertarik bermitra dengan perusahaan dari luar. 6. Indonesia memiliki peluang untuk dipilih menjadi tempat baru bagi perusahaan tersebut. • • Dampak positif Globalisasi : 1. dan bahan tambang.Dampak positif globalisasi bidang ekonomi sektor perdagangan : • Liberalisasi perdagangan barang. tekstil. Maraknya penyelundupan barang ke Indonesia. Terjadi kerusakan lingkungan dan polusi limbah industri.

Cepat dalam bepergian ( mobili-tas tinggi ) 4. Informasi yang tidak tersaring 2. Perilaku konsumtif 3. 6. Mudah memenuhi kebutuhan Dampak negatif Globalisasi: 1. Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk 5. Menumbuhkan sikap kosmopo-litan dan toleran 5. Membuat sikap menutup diri. Memacu untuk meningkatkan kualitas diri. Mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat .3. berpikir sempit 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful