You are on page 1of 3

ANATOMI MATA

Bola mata berbentuk bulat dengan panjang maksimal 24 mm. Bola Mata Bola mata dibungkus oleh tiga lapisan , yaitu: 1. Sklera: merupakan jaringan yang kenyal dan memberikan bentuk pada bola mata, merupakan bagian terluar yang melindungi bola mata. 2. Uvea: merupakan jaringan vascular. Terdiri dari iris, badan siliar, dan koroid. Jaringan sklera dan uvea dibatasi oleh ruang yang potensial mudah dimasuki darah bila terjadi perdarahan pada rudapaksa yang disebut perdarahan supra koroid. 3. Retina: adalah selembar tipis jaringan saraf yang semi transparan, dan multilapisyang melapisi bagian dalam 2/3 posterior dinding bola mata. Retina membentang kedepan hamper sama jauhnya dengan korpus siliare, dan berakhir di tepi ora serata. Retina berbatas dengan koroid dengan sel pigmen epitel retina, dan terdiri atas lapisan: 1. Lapis fotoreseptor, merupakan lapis terluar retina terdiri dari sel batang yang mempunyai bentuk ramping, dan sel kerucut. 2. Membran limitan eksterna, merupakan membrane ilusi. 3. Lapis nukleus luar, merupakan susunan lapis nukleus sel kerucut dan batang. Ketiga lapis di atas avaskular dan mendapat metabolisme dari kapiler koroid. 4. Lapis pleksiform luar, merupakan lapis aselular dan merupakan tempat sinapsis sel fotoreseptor dengan sel bipolar dan sel horizontal. 5. Lapis nukleus dalam, merupakan tubuh sel bipolar, sel horizontal, dan sel Muller. Lapis ini mendapat metabolisme dari arteri retina sentral. 6. Lapis pleksiform dalam, merupakan lapis aselular merupakan tempat sinaps sel bipolar, sel amakrin, dan sel ganglion. 7. Lapis sel ganglion, merupakan lapis badan sel daripada neuron kedua. 8. Lapis serabut saraf, merupakan lapis akson sel ganglion menuju kearah saraf optik. Di dalam lapisan-lapisan ini terletak sebagian besar pembuluh darah retina.

Bersambung dengan kulit pada tepi kelopak(persambungan mukokutan) dan dengan epitel kornea di limbus. Korpus siliare: secara kasar berbentuk segitiga pada potongan melintang. Lensa: adalah suatu struktur bikonveks.membentang kedepan dari ujung anterior khoroid ke pangkal iris( sekitar 6mm).9. diantara retina dan sclera. Khoroid sebelah dalam dibatasi oleh membrane Bruchdan sebelah luar oleh sclera. merupakan membrane hialin antara retina dan badan kaca.kecil. Stroma 4. Endotel Kojungtiva: adalah membran mukosa yang transparan dan tipis yang membungkus permukaan posterior kelopak mata( konjungtiva palpebralis) dan permukaan anterior sclera (konjungtiva bulbaris). Terdiri dari suatu zona anterior yang berombak-ombak.sedang. yang menghubungkan dengan korpus siliare. Tebal sekitar 4mm dan diameternya 9mm. Iris terletak berkesinambungan dengan permukaan anterior lensa. yang bervariasi di urnal. Kornea: (latin:kornum=seperti tanduk) adalah selaput bening mata . . Khoroid: adalah segmen posterior uvea. avaskular. Membran Bowman 3. Komposisinya askorbat. dan glukosa yang lebih rendah. Khoroid tersusun dari tiga lapisan pembuluh darah koroid. Membran limitan interna. Volumenya sekitar 250 mL. Berupa suatu permukaan pipih dengan apertura bulat yang berada di tengah(pupil). urea. Bagian dalam pembuluh darah koroid dikenal sebagai khoriokapilaris.pars plana. dan kecepatan pembentukkannya. Terdiri atas: 1. dan zona posterior yang datar. yang memisahkan kamera anterior dengan kamera posterior. Humor Aquaeus: adalah suatu cairan jernih yang mengisi kamera anterior dan posterior mata. pars plikata. Vitreus: adalah suatu badan gelatin yang jernih dan avaskular yang membentuk 2/3dari volume dan berat mata. Membran Descement 5. piruvat dan laktat yang lebih tinggi dan protein. Lensa digantung oleh zonula di belakang iris. Epitel 2.5-2 mL/menit. tak berwarna dan hamper transparan sempurna. Vitrous mengisi ruangan yang dibatasi oleh lensa. Iris: adalah perpanjangan korpus siliare ke anterior. besar. merupakan lapis jaringan yang menutup bola mata sebelah depan. bagian selaput mata yang tembus cahaya. adalah 1.

yang memberikan bentuk dan konsistensi mirip gel pada vitreus karena kemampuannya mengikat banyak air. .retina. Vitrous berisi 99% air dan 1 % sisanya meliputi dua komponen. dan diskus optikus. kolagen dan asam hialuronat.