1 BAB I PENDAHULUAN

1.1

Latar belakang Dunia industri maupun dunia kerja tidak lepas dari dunia pendidikan dan dunia pelatihan hubungannya sangat erat yang mengartikan kebutuhan tenaga kerja dari produk lulusan Perguruan Tinggi tanpa masalah. Lulusan memiliki kompetensi sesuai kebutuhan stakehoulders (industri) yaitu para lulusan terbekali pengetahuan, keterampilan, sikap, dan juga kompetensi profesional, syukur bila terindikasi bersertifikasi. Perguruan Tinggi melaksanakan pendidikannya berdasarkan kurikulum dan silabi nasional yang telah diperkaya masukan-masukan kebutuhan kompetensi tenaga kerja khusus bagi kepentingan perusahaan, industri, maupun jasa-jasa kerja lainnya. Namun upaya ini kurang optimal untuk mewujudkannya, di sebabkan oleh kondisi dan situasi hubungan kerjasama antar Perguruan Tinggi dengan Dunia Industri masih banyak kesenjangan yang perlu dibenahi. Disamping itu para mahasiswa untuk menyelesaikan tugas program studinya pada semester akhir mempunyai beban materi berupa Tugas Akhir yang penuangannya akan memproduksi presentasi tulis dan peresentasi oral dilengkapi hasil karya teknik yang teruji. Menjembatani kebutuhan kompetensi mahasiswa dan keberadaan dunia industri di sekitar Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe Cepu tercipta link and match bukan suatu aktivitas yang merugikan apabila para mahasiswa tersebut melaksanakan penyerapan kompetensi tenaga teknik terjun praktek langsung ke lapangan kerja. Dari latar belakang tersebut di atas para mahasiswa yang sudah mengambil pogram studi Semester VI, mempersiapkan rencana dan strateginya berupa Kuliah Kerja Lapangan atau KKL yang ditujukan kepada : PT. TRAKINDO UTAMA.

1.2

Maksud dan Tujuan Kuliah Kerja Lapangan Adapun maksud / tujuan melaksanakan (KKL) Kuliah Kerja Lapangan yang sesuai dengan kurikulum dan silabi sebagai berikut : 1. menyerap Pedoman Operasi Standar (POS) atau Standard Operation Procedur yang dilaksanakan di dunia industri guna menciptakan attitude dan softskills mahasiswa yang kurang ditemukan di dunia perkuliahan.

2 2. membentuk Kompetensi dasar sesuai kurikulum berbasis kompetensi (KBK) di tempat (KKL) Kuliah Kerja Lapangan melalui penerapan to know, to do, to be, and to live togheter dalam konteks komunikasi di lingkungan kerja bernilai pilar pendidikan. 3. mengkorelasikan teori terhadap praktek kerja dunia industri baik secara psikomotorik (keterampilan) maupun kognitif (penalaran) yang diekspresikan berupa produk karya tulis laporan hasil (KKL) Kuliah Kerja Lapangan. 4. menjadi person mediasi informasi antar dunia kerja dengan dunia pendidikan untuk masukan-masukan kepentingan ke depan kebutuhan rencana

penyempurnaan sertifikasi kompetensi profesianal produk lulusan perguruan tinggi yang sesuai kebutuhan stakehoulders.

1.3

Sasaran Kuliah Kerja Lapangan Setelah selesai melaksanakan (KKL) Kuliah Kerja Lapangan mahasiswa / praktikan diharapkan dapat : 1. menjelaskan gambaran fungsi, tugas pokok, visi dan misi industri / perusahaan tempat (KKL) Kuliah Kerja Lapangan . 2. menjelaskan sejarah keberadaan, asset SDM dan peralatan (equipment & tools) yang dimiliki, organisasi, pelaksanaan tugas, kontrol kegiatan, serta Lingkungan Kesehatan, Keselamatan Kerja (LK3) dan safetynya. 3. menjelaskan metode perawatan, kegiataan service, reparasi, modivikasi, dan solusi pemecahan masalah (trouble shoting) yang diterapkan sesuai SOP dan unsurunsur manajemen yang ada. 4. menjelaskan kode etik kerja, dan disiplin. , para

1.4

Waktu Pelaksanaan Sesuai dengan hasil persetujuan antara panitia KKL dengan obyek kunjungan yang dituju, maka KKL dilaksanakan pada hari Rabu 22 September 2010 di PT TRAKINDO UTAMA Cabang Surabaya.

3 1.5 Sistematika Penyusunan Laporan Sistematika penyusunan laporan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang dilaksanakan di PT TRAKINDO UTAMA Cabang Surabaya adalah sebagai berikut : Bab I Pendahuluan Berisikan tentang penyusunan laporan yang meliputi latar belakang, tujuan pembuatan laporan, dasar pelaksanaan, waktu dan tempat dan sistematika penyusunan laporan. Bab II Hasil Kuliah Kerja Lapangan Berisikan hasil kuliah kerja lapangan meliputi profil perusahaan, visi dan misi, struktur organisasi, kegiatan operasional. Bab III Pembahasan Berisi pembahasan tentang seluruh data-data yang diperoleh pada saat pelaksanaan KKL. Bab IV Penutup Berisi kesimpulan dan saran. 1.6 Batasan Masalah Melihat begitu banyak hal tentang Alat berat, disini penyusun memberikan batasan tentang pembahasan alat berat dan salah satu alat yang ada di dalam PT. TRAKINDO UTAMA yaitu CATERPILAR D5K LGP

4 BAB II PROFIL PERUSAHAAN 2.1. Tentang Trakindo Trakindo berniat untuk menjadi “The Customer Services Company.” Untuk

mencapai tujuan tersebut, Trakindo senantiasa bekerja keras untuk menjadi mitra terpercaya yang mampu memberikan manfaat nyata bagi usaha pelanggan Trakindo. Tujuan utama Trakindo adalah untuk mencapai pertumbuhan dan profitabilitas usaha yang konsisten. Untuk itu Trakindo berupaya mewujudkannya dengan meningkatkan kemitraan berkelanjutan dengan para pemasok Trakindo, memanfaatkan kemajuan teknologi, dan menjadi warga komunitas dunia usaha yang baik. PT. Trakindo Utama adalah perusahaan penyalur (dealer) resmi di Indonesia untuk produk Caterpillar, produsen alat-alat berat terbesar di dunia yang meliputi industri pertambangan, minyak dan gas bumi, konstruksi, perhutanan, pertanian, dan power system. Di samping sebagai dealer Caterpillar satu-satunya di Indonesia, PT. Trakindo Utama juga menyediakan jasa service yang komprehensif baik maintenance, layanan purna jual, jaminan ketersediaan komponen dan penjualan komponen original Caterpillar. Produknya meliputi dozers, excavators, wheel/track loader, off-highway trucks, articulated trucks, graders, scrapers, compactors, industrial engine, marine engine dan generator sets. PT. Trakindo Utama didirikan pada tanggal 23 Desember 1970 oleh Ahmad Hadiat Kismet Hamami, Nugroho SH dan Drs. Utomo Josodirdjo, dengan salah satu branch office yang berkedudukan di Jl Rungkut Industri Raya 2, Surabaya 60292 Jawa Timur. Selanjutnya pada bulan April tanggal 13 tahun 1971, secara resmi PT Trakindo Utama ditunjuk sebagai dealer Caterpillar di Indonesia. Dalam perjalanan bisnisnya, kini PT Trakindo Utama berkembang pesat dengan dukungan lebih dari 54 cabang dan ± 4500 karyawan, yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia.

5 2.2. Visi Dan Misi

a. Visi Menjadi penyedia jasa peralatan Caterpillar dengan kualitas kelas dunia b. Misi Membangun perusahaan yang mampu menciptakan lapangan kerja berkualitas bagi sebanyak mungkin rakyat Indonesia, dengan mengusung nilai-nilai berikut ini:  Pengembangan kompetensi karyawan secara berkelanjutan  Mengupayakan pertumbuhan finansial, intelektual dan citra perusahaan yang konsisten serta melakukan investasi kembali ke dalam bisnis yang dijalankan, dan  Mempertahankan standar kode etik yang tinggi dalam aktivitas bisnis. 2.3. Nilai – nilai Inti  Berpegang pada Etika – Selalu berpegang teguh pada standar etika bisnis yang tinggi dalam setiap aktivitas.  Bertaraf Internasional – Konsisten dalam mencapai standar kelas dunia, serta memperkenalkan dan membawa standar praktek dan talenta internasional terbaik ke Indonesia.  Gigih – Terus-menerus menerapkan standar internal yang tinggi dalam setiap aktivitas usaha sehingga memotivasi karyawan untuk berupaya keras dalam memberikan kepuasan kepada stakeholder utama.  Proaktif – Senantiasa mengupayakan peningkatan operasional sesempurna mungkin melalui penerapan filosofi dan metodologi 6Sigma.  Saling Menghormati – Membangun hubungan berdasarkan prinsip saling menghormati diantara sesama rekan kerja, pelanggan, prinsipal dan masyarakat industri.  Pengembangan Karyawan – Senantiasa mencari peluang bagi peningkatan keterampilan dan kemajuan karir karyawan.

kami tetap teguh memegang komitmen dan dedikasi kepada seluruh mitra kami di sektor pertambangan. Trakindo adalah mitra terpercaya dalam menyediakan produk dan layanan yang dibutuhkan. Dengan terus berinovasi dalam melayani. kami tidak akan berhenti dan berpuas diri dalam memberikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan. pertanian.H. A. kehutanan. serta minyak dan gas. Sebagai ‘The Customer Services Company’ dan penyedia jasa peralatan Caterpillar dengan kualitas kelas dunia. Pendiri Perusahaan Pesan pendiri Lebih dari 35 tahun sudah Trakindo merupakan bagian dari upaya pembangunan nasional di Indonesia.5.4. kami berupaya untuk selalu selangkah lebih maju dalam mengantisipasi kebutuhan pelanggan kami.K Hamami Founder . Di era yang menjanjikan harapan baru ini. Strategic Thrust  Meningkatkan menguntungkan  Memimpin di segmen-segmen pasar strategis  Memposisikan diri sebagai The Customer Services Company di mata pelanggan pengembalian atas modal dan menumbuhkan usaha yang dengan memberikan nilai tambah bagi bisnis pelanggan  Membangun hubungan langgeng dengan prinsipal – dimana Trakindo merupakan pilihan pertama dan satu-satunya  Mengembangkan seoptimal mungkin organisasi dan sumber daya manusia  Mendaya-gunakan teknologi  Menjadi warga komunitas dunia usaha yang bertanggung jawab 2.6 2. konstruksi. Di tengah prestasi yang telah berhasil dicapai. Melewati pasang surut perkembangan yang terjadi di negeri ini. Kami memandang berbagai peluang dan kemungkinan di masa yang akan datang dengan penuh optimisme. Trakindo akan terus berkiprah memberikan produk dan layanan yang dibutuhkan bagi pembangunan dan pertumbuhan Indonesia.

Trakindo Utama memiliki pola organisasi serupa dengan kebanyakan cabang yang lain. departemen personnel. Dengan dipimpim oleh seorang Branch Manager. serta lebih dari 50 kantor cabang. departemen Service Operation.7. Struktur Organisasi PT. dan departemen Part Operation. departement account.7 2. 2. Trakindo Utama Cabang Surabaya sebagai salah satu cabang dari PT. cabang ini mengembangkan bisnisnya melalui lima (5) departemen yaitu: departemen customer service. Kantor dan wilayah Trakindo Gambar 2. Kalimantan dan Indonesia Timur. Divisi Mining dan Power Systems Trakindo juga mampu memberikan layanan komprehensif yang fokus pada pelanggan di kedua sektor utama tersebut. Trakindo senantiasa berada di dekat para pelanggan. Kantor dan wilayah Trakindo Dari Kantor Pusat di Jakarta.1. . Dengan organisasi berbasis-wilayah yang mencakup divisi Sumatera. Trakindo beroperasi melayani pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu.6. Jawa.

Workshop Merupakan bangunan tunggal yang terdiri dari 1 tingkat. griders. starting motor. tool store. Trakindo Utama Cabang Surabaya terdiri dari beberapa gedung dan area dengan peruntukan sebagai berikut : a. jajaran direksi dan para tamu. 2. industrial engine dan generator sets. Bangunan Kantor / Adminitrasi Utama Merupakan bangunan yang digunakan ruang pertemuan.8 Disamping itu PT Trakindo Utama Surabaya mengendalikan anak cabang yang dipimpin oleh supervisor cabang di Bojonegoro. c) Penjualan langsung suku cadang alat berat. b) Pelayanan purna jual dilakukan di lokasi workshop PT Trakindo Utama atau lokasi pelanggan. Lokasi PT. scrapers. Workshop secara umum dibagi menjadi dua area utama : 1) Engine Bay dimana terdiri dari area assembling dan disassembling. ruang stasionary. Proses service dimulai dengan membersihkan komponen di area pencucian dengan menggunakan steam . Kegiatan Operasional PT Trakindo Utama Cabang Surabaya PT Trakindo Utama Cabang Surabaya menyediakan service berikut ini untuk pelanggan yang menggunakan produk Caterpillar: a) Menjual merk baru alat buatan Caterpillar seperti dozers. Corporate Comunication. Hydraulic Cylinder Section dan Welding Section. dimana tergabung dengan gudang suku cadang. turbocharger. cylinder head dan dynotest. dan ruang dyno test berlikasi di bangunan ini. b. d) Penjualan langsung komponen yang telah direkondisi seperti cylinder block.8. excavator. Secara umum komponen yang akan diperbaiki dikirim ke lokasi workshop baik dalam bentuk suku cadangnya atau sebagai unit secara utuh. 2) Machine Bay dimana terdiri dari transmission GP section. Undercarriage Section. dll. Workshop. ruang data. compactors. governor.

Hampir seluruh kegiatan pengelasan dilakukan disini. sedang dan besar. assemby line. Unit yang telah selesai diservice akan disimpan sementara. Untuk membantu penanganan material. adhesive spray atau paint sprays. transformer. maka workshop PT Trakindo Utama Cabang Surabaya dilengkapi dengan OHC. lalu dilanjutkan dengan pembongkaran (disassemble) unit. sampai pelanggan mengambilnya. Stock Consumable material seperti zat anti karat. Bagian yang telah dibongkar kemudian dikirimkan ke masing-masing service section di workshop. ruang panel listrik juga berlokasi dibangunan ini. perbaikan radiator. diantaranya : 1) Fasilitas pembuangan limbah oli terdiri dari kolam penyaring dan pemisah oli/minyak. . langkah berikutnya adalah pencucian kembali menggunakan steam cleaner dan cat ulang sesuai kebutuhan. track press dan shoes rebuild section. Terdapat sebuah bangunan yang digunakan sebagai area perbaikan dan perawatan undercarriage termasuk pencucian dan pengecatan. 2) Fasilitas pompa pemadam kebakaran yaitu jockey. c. Setelah komponen di service/repair. unit jip crane dan unit mobile crane.9 cleaner. lalu mereka akan disusun kembali dan diuji kemudian ditest bench dalam ruang pengujian dynotest.sebagai alat transportasi dan angkut material lainnya disediakan forklift dari kapasitas kecil. Setelah komponen diuji. Tool store terletak di workshop dan digunakan untuk penyimpanan berbagai macam alat kerja. Fasilitas Terdapat beberapa fasilitas penunjang. Dan terdapat juga ruang genset. listrik dan diesel.

. konstruksi. alat konstruksi dan pertambangan. mesin industri maupun pembangkit listrik untuk berbagai keperluan.2. Motor Grader dan Road Reclaimer. Mesin Caterpilar Mesin Caterpillar dikenal tangguh. Wheel Dozer dan Backhoe Loader. Dengan berbagai produk mulai dari Track-Type Tractor. Machines Gambar 2. yang dikenal luas di seluruh dunia sebagai yang paling tangguh. baik untuk mesin kendaraan darat dan laut.10 2. b. kehutanan.Produk a. Trakindo menyediakan alat berat Caterpillar guna mendukung pembangunan Indonesia. Trakindo mampu menyediakan mesin bertenaga yang dibutuhkan untuk mendorong aktivitas perekonomian di Indonesia. kelautan serta migas.3. Dengan menawarkan rangkaian lengkap mesin Caterpillar dari berbagai kapasitas.9. DT Caterpilar 797B Trakindo menawarkan rangkaian produk lengkap alat berat Caterpillar. Engines Gambar 2. hingga Off-Highway Truck. paling kuat dan paling handal untuk kebutuhan industri pertambangan.

Untuk menjamin kualitasnya. setiap produk di Trakindo CAT ® Rental Store telah melalui pemeriksaan bersertifi kasi oleh mekanik berpengalaman sebelum disewakan. Trakindo CAT® Rental Store menyediakan berbagai peralatan Caterpillar maupun produk non-Caterpillar yang lengkap.11 c. d. Dari rangka bawah sampai sistem transmisi dan alat attachment. Forklift dan Genset CAT Tanpa biaya perawatan. sehingga menjamin peralatan dan mesin pelanggan dapat terus bekerja dan beroperasi sebagaimana diperlukan. sehingga memberikan kinerja yang andal dalam mendukung bisnis pelanggan. Popularitas CAT® Rental Store diantara pelanggan terlihat dari perkembangan pesat jaringan outlet CAT® Rental Store Trakindo di Indonesia. seluruh suku cadang Caterpillar diproduksi sesuai spesifi kasi alat standar. serta memperoleh jaminan layanan purna jual berkualitas dari Trakindo. Parts Trakindo menyediakan rangkaian lengkap suku cadang asli untuk setiap produk Caterpillar yang ada. konstruksi yang kokoh serta garansi . CAT® Rental Store Gambar 2. penyimpanan atau investasi barang modal. menyewa peralatan dapat menjadi pilihan yang sangat masuk akal bagi berbagai keperluan usaha. CAT® Batteries dan CAT® Oil merupakan produk populer yang disediakan oleh Trakindo.4. Dengan rancangan teknologi tinggi. pada saat dibutuhkan. sehingga pelanggan dapat memperoleh peralatan yang tepat.

Trakindo dapat menyediakan apapun kebutuhan pelanggan untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan hasil yang memuaskan. . Suku cadang dan peralatan bekas Caterpillar yang asli dari Trakindo memberikan ketangguhan dan kehandalan yang sama dengan semua produk Caterpillar sehingga memberikan nilai tambah yang lebih hemat bagi pelanggan. Non-CAT Products Trakindo juga menyediakan berbagai produk primer maupun suku cadang nonCaterpillar dari produsen terkemuka di dunia. Program penyediaan suku cadang dan peralatan bekas ini merupakan salah satu cara Trakindo dalam ikut membantu peningkatan usaha para pelanggan Trakindo. Dengan berbagai pilihan produk ternama di dunia. Seluruh produk yang ditawarkan telah melalui pengawasan kualitas yang ketat oleh para mekanik berpengalaman. Baldwin® fi lters. CAT® Batteries banyak dipakai untuk alat berat.12 produk terbaik di kelasnya. mesin pembangkit listrik. f. kendaraan komersial. Sullair® compressors. Untuk pelanggan yang masih mengoperasikan alat berat Caterpillar model lama yang sudah tidak lagi diproduksi. Allison® transmissions dan Lako ® harvesting heads. Trakindo menyediakan CAT® Classic Parts untuk menjaga agar peralatan tersebut dapat tetap bekerja dan berproduksi bagi bisnis pelanggan. Used Equipment & Used Parts Trakindo juga menyediakan peralatan dan suku cadang bekas yang lengkap dan terjamin keasliannya sebagai solusi efektif untuk kebutuhan peralatan dan suku cadang yang hemat biaya. dan dilengkapi dukungan penuh untuk purna jual dari Trakindo. Drilltech® drills. e. Olympian® gensets. mulai dari oli hidrolik dan transmisi sampai oli diesel multigrade dan mesin gas alam. Sedangkan CAT® Oil yang berkualitas tinggi adalah produk pilihan yang tepat untuk berbagai keperluan. truk dan kapal. diantaranya Sykes® pumps. Nexus® undercarriages.

Planned Component Replacement. Trakindo memiliki laboratorium berfasilitas lengkap di Jakarta. Fasilitas a.S Fluid Analysis Kondisi cairan pelumas penting diperhatikan untuk menjaga kinerja mesin dan peralatan. sehingga dapat dilakukan langkah-langkah pencegahannya. sekaligus memungkinkan peralatan pelanggan terus bekerja pada kondisi yang prima. Didukung oleh teknisi dan mekanik yang terlatih baik. Specialized Workshops Trakindo mengoperasikan jaringan specialized workshop yang tersebar di seluruh Indonesia. berapapun jumlah peralatan yang dioperasikan. sampai dengan layanan Field Service dan CAT Care meetings. Maintenance Program Trakindo menawarkan rangkaian lengkap program pemeliharaan dan pemeriksaan teknis yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pelanggan.O. Mulai dari Preventive Maintenance Kits yang sederhana sampai Total Cost Performance Guarantee yang lebih kompleks serta layanan terpopuler saat ini yaitu Maintenance and Repair Contract (MARC).5. Produk Non CAT 2. Custom Track Service dan Custom Hydraulic Service. Pelayanan a. Balikpapan. Hasil pemeriksaan yang cepat. CSA tersedia bagi peralatan Caterpillar baru maupun purna pakai. dan dapat juga disesuaikan dengan kebutuhan ataupun situasi khusus pelanggan. b. 2.10. S.O. Mulai dari program Parts Exchange Service. program-program pemeliharaan tersebut membantu pelanggan Trakindo menekan biaya perbaikan dan kerusakan peralatan. Customer Support Agreement Kontrak Customer Support Agreement (CSA) dengan Trakindo dapat membantu meningkatkan produktivitas peralatan dan sekaligus menekan biaya operasional bagi pelanggan. dimana para teknisi yang terampil dan dilengkapi dengan perlengkapan .11. akurat dan cermat dapat menghemat waktu dan biaya bagi peralatan pelanggan.S Fluid Analysis memeriksa minyak pelumas dan cairan pendingin terhadap degradasi maupun kontaminasi yang dapat menunjukkan indikasi adanya suatu masalah. dan di beberapa lokasi lain di Indonesia. Program S. c. Trakindo dapat membantu memastikan kesiapan peralatan pelanggan pada saat dibutuhkan.13 Gambar 2.

Di sini. Parts Distribution Trakindo telah mengembangkan sistem jaringan distribusi yang dapat melayani pengadaan suku cadang secara cepat dan efi sien bagi pelanggan dimanapun di seluruh Indonesia. c. Dengan fasilitas Rebuild Center yang dimiliki. Trakindo membantu pelanggan mengoperasikan peralatan dan mesin Caterpillar mereka secara optimum. dilengkapi dengan satusatunya fasilitas pelatihan mesin bertenaga gas yang ada di kawasan tersebut. dan mengikuti berbagai perkembangan terakhir yang terjadi di bidangnya. Training Center Training Center Trakindo yang terletak di perbatasan kota Jakarta merupakan salah satu fasilitas pelatihan tercanggih di kawasan Asia-Pasifik. dilengkapi fasilitas PartStore. para teknisi Trakindo maupun mereka yang dikirim oleh para pelanggan Trakindo. serta satu fasilitas Engine Rebuild Center di Jakarta.14 khusus yang canggih dapat melakukan pekerjaan perbaikan pada peralatan pelanggan. . d. b. para teknisi terlatih Trakindo mengoperasikan berbagai peralatan canggih dengan standar keamanan serta prosedur pengendalian mutu dan kontaminasi yang ketat sesuai standar Caterpillar USA. perangkat pencatat inventarisasi dan pelacakan suku cadang terkomputerisasi yang terintegrasi dengan jaringan global Caterpillar. mempelajari keterampilan baru.Keberadaan specialized workshop Trakindo menghemat waktu dan biaya karena pelanggan tidak perlu lagi mengirimkan peralatan mereka ke pabrik untuk diperbaiki. Rebuild Centers Trakindo mengoperasikan fasilitas Component Rebuild Center di Samarinda dan Kuala Kencana – Tembagapura. Disini. termasuk jaringan kantor cabang dan depo suku cadang yang tersebar luas di seluruh Indonesia. sebuah aplikasi e-business yang memberikan kemudahan pemesanan suku cadang secara on-line bagi pelanggan. Jaringan distribusi fisik tersebut didukung oleh Dealer Business System (DBS). memperoleh kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan.

dengan menggunakan indikator standar seperti Accident Frequency Rate dan Accident Severity Rate untuk mengukur efektivitas upaya tersebut. emisi maupun material buangan lainnya di seluruh kegiatan operasionalnya. keselamatan kerja dan lingkungan melalui saluran komunikasi internal perusahaan. pengukuran kinerja. Trakindo juga memiliki komitmen untuk mencegah pencemaran lingkungan akibat limbah. . Trakindo juga memastikan bahwa kebijakan dan prosedur K3L senantiasa selaras dengan undang-undang maupun peraturan pemerintah lain yang terkait. Selain itu. pelanggan serta mitra kerja. Health & Environment Conducting Our Operations Safely and Responsibly Masalah Keselamatan. Seluruh karyawan Trakindo wajib menjalani pelatihan keselamatan kerja dan prosedur keadaan darurat. dan disusun untuk memastikan tersedianya lingkungan kerja dan operasional yang mampu menjamin keselamatan dan kesehatan dari para karyawan. Safety.12. Penerapan K3L di Trakindo telah diatur dalam suatu kerangka formal yang mencakup aspek kebijakan perusahaan. dan senantiasa memperoleh informasi terkini mengenai perkembangan aspek kesehatan.15 2. serta evaluasi dan penyempurnaan secara berkelanjutan. Kesehatan Kerja & Lingkungan (K3L) senantiasa merupakan aspek penting dalam aktivitas bisnis dan operasional Trakindo. serta senantiasa memelihara kualitas lingkungan di daerah operasi Trakindo. mencegah kerusakan dan cedera pada benda maupun personil. Sistem Manajemen K3L Trakindo didasarkan pada standar OHSAS 18001 dan ISO 14001. implementasi. Trakindo berupaya menciptakan dan memelihara lingkungan kerja yang bebas cedera dan kecelakaan dengan menerapkan berbagai peraturan dan prosedur keselamatan kerja. perencanaan.

1. dsb. dll TRAKTOR DIBEDAKAN MENJADI : A. 2. sehingga alat tersebut betul-betul efektif. cocok digunakan di rawa. Sebagai tenaga penggerak blade (bulldozer) 4. Sebagai tenaga penggerak front-end bucket loader Tipe Traktor Roda Rantai a. Sebagai tenaga penggerak untuk winch dan alat angkut 3. Alat – Alat Berat 3. Kondisi tempat bekerja 4. Standard: rantai biasa b. . Traksi yang tersedia pada traktor 5. Macam pekerjaan yang akan dikerjakan: menarik scrapper. Pekerjaan lanjutan setelah pekerjaan pertama selesai. Faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam memilih traktor: 1. Traktor merupakan prime mover (penggerak utama) dari sebagian alat-alat besar. tanah lempung. Ukuran yang diperlukan untuk pekerjaan tertentu. Pengangkutan ke tempat kerja 7. Traktor Alat untuk mengubah energi mesin menjadi energi mekanik. Haul distance 6. Swampy: Mempunyai tekanan pada tanah rendah sekali (Low Ground Pressure).1. mengerjakan ripping dan lain-lain. 3.1. Crawler Tractor (Traktor Roda Kelabang) Penting dan banyak digunakan dalam dunia konstruksi. Sebagai tenaga penggerak untuk mendorong dan menarik beban 2.16 BAB III PEMBAHASAN HASIL KKL 3. Penggunaannya antara lain: 1.

karena jumlah roda lebih sedikit d. Wheel Tractor (Traktor Roda Karet) Penggunakan Wheel Tractor dimaksudkan untuk mendapatkan kecepatan yang lebih besar. Kemungkinan menggunakan kecepatan yang lebih besar . konsekuensinya tenaga tariknya menjadi lebih kecil Tipe-tipe Wheel Tractor 1. Traksi lebih besar. Pada jalan lebih buruk lebih stabil c. Jenis Traktor dengan roda rantai B. Kemungkinan gear yang lebih besar b. Rolling Resistance (tahanan gelinding) lebih becil. Pemeliharaan ban lebih sedikit 2. karena seluruh berat yang ada dilimpahkan kepada dua roda c.1. Traktor Dua Roda a. Traktor Empat Roda a.17 Gambar 3. Lebih confortable untuk dikemudikan b.

Pembersihan sites/medan 8. dalam hal ini attachmentnya adalah blade.Memindahkan tanah yang jauhnya hingga 300 feet atau ± 90 m 4.Pemeliharaan jalan kerja 9.Membuka jalan kerja di pegunungan maupun di daerah bebatuan 3.2.2. selain ada juga jenis dozer yang dapat mendorong ke samping (biasanya sudut serongnya 25°) Fungsi dari Bulldozer antara lain: 1.Menarik scrapper 5. tonggak-tonggak pohon dan batu-batuan 2. Bulldozer adalah merupakan salah satu jenis dozer untuk mendorong lurus ke depan. Disebut Bulldozer karena traktor dilengkapi dengan dozer attachment.Menimbun kembali trencher 7. Bulldozer Pada dasarnya merupakan alat yang menggunakan traktor sebagai penggerak utama. Jenis Traktor dengan roda karet 3.1.Menghampar tanah isian/urugan 6.Menyiapkan material-material dari soil borrow pit dan quarry pit .Membersihkan medan dari kayu-kayu.18 Gambar 3.

Wheel Tractor Dozer (dengan roda baret) Gambar 3. misalnya clearing ringan.Crawler Tractor Dozer (dengan roda rantai/belabang) Gambar 3.3. menggali fondasi . Grader. Crawler Dozer 2. di samping dapat juga berfungsi untuk pekeriaan awal.1. Wheel Dozer 3. menggusur tonggak kayu kecil.19 JENIS-JENIS DOZER Berdasarkan alat geraknya dibedakan: 1. Loader Loader adalah alat pemuat material hasil galian/gusuran alat lain yang tidak dapat langsung dimuatkan ke alat angkut. Pada prinsipnya Loader adalah alat pembantu untuk memuatkan dari stockpile ke kendaraan angkut atau alat-alat lain. misalnya Bulldozer. menggusur bongkaran.3.4. dll.

Apabila material harus dimuatkan ke alat angkut. Wheel Loader CARA KERJA LOADER Loader bekerja dengan gerakan dasar pada bucket dan cara membawa muatan untuk dimuatkan ke alat angkut atau alat yang lain.Loader dengan roda karet (wheel loader) Gambar 3. Macam Loader ditinjau dari alat untuk bergeraknya dibedakan dua macam: 1.5. misalnya truk. mendorong ke depan (memuat /menggusur).6. ada beberapa cara pemuatan ialah : . mengangkat bucket. dan lain-lain. Crawler Mounted 2.Loader dengan roda rantai (crawler mounted) Gambar 3. Gerakan bucket yang penting ialah menurunkan bucket diatas permukaan tanah. sedang pada Loader material tidak ada yang tercecer. membawa dan membuang muatan.20 basement. karena pada Bulldozer ada material yang tercecer. Sebagai pengangkut material dalam jarak pendek juga lebih baik dari pada Bulldozer.

Dengan membedakan arah muatan ditumpahkan dump truck dibedakan dalam 3 macam ialah : . Beberapa hal yang membedakan macam truk adalah : a. misalnya rear dump. truk di belakang Loader. misalnya dua. empat dan enam. Penumpahan muatan (dumping) dilakukan dengan cara hidrolis yang menyebabkan bak terangkat pada satu sisi. ukuran dan bahan bakar yang digunakan. V loading. side dump dan bottom dump. misalnya dapat bergerak cepat. ialah cara pemuatan dengan lintasan seperti bentuk huruf V. cara pemuatan dengan truk juga ikut aktif. kemampuan angkut. cross loading. PERALATAN PENGANGKUT (TRUK) Truk adalah alat yang khusus digunakan sebagai alat angkut karena kemampuannya. Khusus untuk jalan angkut yang kurang baik dapat menggunakan truk yang disebut dengan cross country ability yang harga dan biaya operasinya lebih tinggi dan pada truk biasa. d. banyaknya roda gerak. b. L loading. Salah satu syarat yang perlu dipenuhi agar truk dapat digunakan dengan baik dan efektif adalah adanya jalan angkut yang rata dan cukup kuat atau keras. c. Untuk pekerjaan konstruksi sipil umumnya digunakan truk yang dapat membuang muatan dari bak secara otomatis.21 a. Alasan lain penggunaan truk sebagai alat angkut ialah karena kebutuhan truk mudah diatur dengan produksi alat-alat gali. e. banyaknya gigi perseneling (gear). c. kapasitas besar dan biaya operasinya relatif murah. Hal ini sangat bermanfaat bagi penghematan biaya operasi pelaksanaan proyek. Truk semacam ini disebut dengan dump truck atau tipping truck. susunan roda-roda dan banyaknya sumbu (gandar). overhead loading. bucket dapat digerakkan melintasi di atas kabin opeator. cara membuang muatan. dengan Loader khusus. sehingga truk sangat luwes dalam pengorganisasian dengan alat-alat yang lain. d. b. kemudian lintasan seperti membuat garis tegak lurus. f. sedang sisi lain yang berhadapan berputar sebagai engsel. dalam ton atau m3.

rear dump truck yang membuang muatan ke belakang. Kapasitas munjung sangat dipengaruhi oleh keadaan jalan angkut yang dilewati. Kemampuan truk untuk memuat dinyatakan dalam berat muatan. Dump truck yang ada terdiri dari berbagai ukuran dengan kapasitas angkut 3 ton sampai 20 ton. Klasifikasi roller yang banyak dikenal antara lain: . misalnya ton. Gambar 3. Berbagai cara dilakukan dalam usaha pemampatan tanah secara mekanis yaitu dengan cara penggilasan menggunakan roller (penggilas). Dump Truk ALAT PAMPAT TANAH (COMPACTOR) Untuk pekerjaan-pekerjaan landasan pesawat terbang. 3. bottom dump truck yang membuang muatan melalm bawah bak. sehingga kapasitas munjung akan menjadi lain.22 1. 2. Untuk menyatakan kapasitas dibedakan dalam kapasitas peres (struck) atau kapasitas munjung (heaped). side dump truck yang membuang muatan ke samping.7. misalnya m3. karena bahan yang diangkut akan mudah tercecer jika jalan angkut kurang baik. tanggul-tanggul stabilitas tanah mutlak diperlukan. jalan raya. yang pemilihannya dapat disesuaikan dengan kondisi pekerjaannya. atau dalam kapasitas bak.

sheepfoot (kaki domba) dan lain-lain. Berdasar cara bergeraknya.23 1. Konstruksi dari three axle tandem apabila ditambah satu roda depan (guide roll) yang dipasang pada perpanjangan overhead frame disebut walking beam. Berdasar bahan roda-roda penggilasnya. misalnya vibrating roller bekerja menggunakan getaran sebagai unsur utama dalam usaha pemampatan tanah. Tandem Roller Three axle tandem roller digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang berat seperti mengerjakan landasan pesawat terbang dan lain-lainnya. Dilihat dari susunan roda-roda gilas. Dilihat dari bentuk permukaan roda. sehingga dapat bergerak ke atas saja apabila permukaan jalan tidak rata. misalnya untuk pembuatan jalan macadam (sering disebut sebagai macadam roller). ada yang terbuat dari baja (steel wheel) dan ada yang terbuat dari karet (pneumatic). 3. Walking beam dapat juga dikunci. tandem roller (roda dua) dan three axle tandem roller. yang dapat bergerak bebas naik turun mengikuti ketidakrataaan permukaan jalan. sehingga satuan tekanan per satuan lebar rol dapat dipertahankan besamya. Alat penggilas khusus. Penggilas Roda Tiga Penggilas roda tiga (three sheet roller) merupakan alat penggilas yang tertua dan sampai sekarang masih digunakan dalam pekerjaan-pekerjaan pemampatan. ada yang bentuk permukaannya halus (plain). segment. ada yang bergerak sendiri (self propelled) dan ada yang ditarik traktor (towed). 2. Jenis-Jenis Compactor 1. ada yang beroda tiga (three wheel). . grid. Pemampatan adalah usaha untuk mengurangi rongga-rongga udara dan air yang semula ada di antara butir-butir sehingga dihilangkan atau dibatasi pada proporsi dan syaratsyarat yang ditentukan dalam percobaan-percobaan laboratorium tanah. 4. 5. Three wheel roller ini digunakan untuk usaha-usaha pemampatan lapisan yang terdiri dari bahan-bahan yang berbutir kasar. 2.

Jika tebal lapisan vang harus dipampatkan besar. Meshgrid Roller Pengaruh plain wheel roller. terutama tanah yang basah. yang cara pemampatannya menggunakan efek getaran. karena adanya gaya dinamis terhadap tanah. yang artinya bagian atas akan mencapai kemampatan terlebih dahulu dan pada bagian bawah. amplitude dan gaya sentrifugal. Butir-butir tanah cenderung akan mengisi bagianbagian yang kosong yang terdapat di antara butir-butimya.24 Gambar 3. terhadap kemampatan yang dihasilkan adalah dan atas ke bawah. Tandem Roller 3. karena tanah akan tertinggal di antara batang-batang besi anyaman roda. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses pemampatan dengan vibration roller ialah frekwensi getaran. dan sangat cocok digunakan pada jenis tanah pasir atau kerildl berpasir. Hal ini karena penampang melintang pengaruh tekanan roda gilas ke dalam lapisan tanah berbentuk trapesium (gambar di bawah). sehingga tekanan per satuan luas di bagian atas lebih besar dari pada bagian bawah. Vibration Roller Vibration roller adalah termasuk tandem roller. 4. maka tekanan per satuan luas ini untuk bagian bawah sudah tidak cukup besar untuk mencapai kepampatan yang diharapkan 5. Segment Roller Untuk tanah yang banyak mengandung lempung (tanah liat).8. Efisiensi pemampatan yang dihasilkan sangat baik. Untuk menghindari hal tersebut dapat . grid roller kurang memberi hasil yang baik.

dan bahan tanah yang cocok untuk sheepfoot roller ini adalah tanah yang banyak mengandung lempung. Segment Roller 6. Bagian utama roller ini berupa drum yang sekelilingnya diberi kaki-kaki. Gambar 3. sehingga tekanan roller dapat terpusat pada kepala kaki yang merupakan bidang-bidang kecil dan memberikan tekanan per satuan luas yang besar. yang akan memberi tekanan per satuan luas cukup besar dan dapat masuk ke dalam tanah. sehingga terjadi pemampatan langsung dari bawah. dan pada waktu ditarik kaki-kaki domba akan masuk ke dalam lapisan tanah. Sheepfoot roller ini merupakan alat pampat yang ditarik. Sehingga tebal lapisan yang efektif untuk pemampatan dengan sheepfoot roller ini antara 20 -25 sentimeter. . dan dinding drum yang ada pada permukaan lapisan akan memberikan kemampatan sementara.25 digunakan segment roller yang rodanya tersusun dari lempengan-lempengan baja kecil-kecil. Sheepfoot Roller Sheepfoot roller ini termasuk adalah alat pampat yang melindas dari bawah.9.

dipper shovel. dan 3. Bagian atas yang dapat berputar (revolving unit). backhoe. pada kedudukan arah kerja attachment tidak searah dengan sumbu memanjang sistem roda- .1. Umumnya excavator mempunyai tiga pasang mesin pengerak pokok yaitu : 1. Bagian bawah untuk berpindah tempat (travelling unit). dragline dan clamshell. Sheepfoot 3. 2. Bagian-bagian tambahan (attachment) yang dapat diganti sesuai pekerjaan yang akan dilaksanakan. sehingga excavator yang beroda ban (truck mounted).4. Excavator Alat-alat gali sering disebut sebagai excavator. yang mempunvai bagian-bagian utama antara lain: 1. Penggerak untuk menjalankan excavator pindah dan satu tempat ke tempat lain Excavator adalah alat yang bekerjanya berputar bagian atasnya pada sumbu vertikal di antara sistem roda-rodanya.26 Gambar 3. 2. Penggerak untuk mengendalikan attachment. Attachment yang penting kita ketahui adalah crane. misalnya untuk gerakan menggali mengangkat dan sebagainya.10. Penggerak untuk memutar revolving unit berikut attachment yang dipasang 3. Bagian bawah excavator ini ada yang digunakan roda rantai (track/crawler) dan ada yang dipasang di atas truk (truck mounted).

5. Galian di bawah permukaan ini misalnya parit.11.1. Beberapa contoh jenis Excavataor 3. Backhoe Backhoe sering juga disebut pull shovel. adalah alat dari golongan shovel yang khusus dibuat untuk menggali material di bawah pennukaan tanah atau di bawah tempat kedudukan alatnya. lubang untuk fondasi . Gambar 3. sehingga dapat menyebabkan alat berat tergulmg.27 roda. Untuk mengurangi kemungkinan terguling ini diberikan alat yang disebut out-triggers. sering terjadi proyeksi pusat berat alat yang dimuati berada di luar pusat berat dari sistem kendaraan.

Tipe backhoe dibedakan dalam beberapa hal antara lain dari alat kendali dan undercarriage nya. Dengan kendali hidrolis (hydraulic controlled) Menurut undercarriage nya: 1. . roda karet (wheel mounted) Cara Kerja Backhoe Sebelum mulai bekerja dengan backhoe sebaiknya kita pelajari lebih dahulu kemampuan alat seperti yang diberikan oleh pabrik pembuatnya. backhoe ini lebih menguntungkan untuk penggalian dengan jarak dekat dan memuatkan hasil galian ke truk. bila bucket sudah pada posisi yang diinginkan lalu bucket diayun ke bawah seperti dicangkulkan. Karena kekauan konstruksinya. Roda rantai (crawler mounted) 2. lubang galian pipa dan sebagainya. Untuk mulai menggali dengan backhoe bucket dijulurkan ke depan ke tempat galian. Setelah bucket terisi penuh lalu diangkat dari tempat penggalian dan dilakukan swing. Dengan kendali kabel (cable controlled) 2. Menurut alat kendali: 1. karena kemampuan angkat alat ini tidak banyak berpengaruh terhadap kemampuan standar alatnya. tinggi maksimal pembuangan dan dalamnya galian yang mampu dicapai. kemudian lengan bucket diputar ke arah alatnya sehingga lintasannya seperti terlihat pada gambar di bawah.28 bangunan. Keuntungan backhoe ini jika dibandingkan dragline dan clamshell ialah karena backhoe dapat menggali sambil mengatur dalamnya galian yang lebih baik. terutama mengenai jarak jangkauan. dan pembuangan material hasil galian dapat dilakukan ke truk atau tempat yang lain.

Alat ini baik untuk pekerjaan menggali tanah tanpa bantuan alat lain. Power Shovel Dengan memberikan shovel attachment pada excavator.1. Macam shovel dibedakan dalam dua hal. maka didapatkan alat yang disebut dengan power shovel. Pada umumnya power shovel ini dipasang di atas crawler mounted. Crawler Backhoe 3.12. karena diperoleh keuntungan yang besar antara lain stabilitas dan kemampuan floatingnya.29 Gambar 3.6. Wheel Backhoe Gambar 3. Power shovel di lapangan digunakan terutama untuk menggali tebing yang letaknya lebih tinggi dari tempat kedudukan alat.13. ialah shovel dengan . dan sekaligus memuatkan ke dalam truk atau alat angkut lainnya. Alat ini juga dapat untuk membuat timbunan bahan persediaan (stock pilling).

Pada umumnya power shovel sampai dengan kapasitas 2.5 cu-yd dapat diubah menjadi dragline. dragline dapat bekerja dengan ditempatkan pada lantai kerja yang baik.14. 3. maju untuk menggerakkaa dipper menusuk tebing. berpindah jika sudah jauh dan tebing galian. kemudian menggali pada tempat yang penuh air atau berlumpur Jika hasil galian terus dimuat ke dalam truk. Dragline Dragline adalah alat untuk menggali tanah dan memuatkan pada alat-alat angkut. swing (memutar) untuk membuang (dump). .1. 4. mundur untuk melepaskan dari tanah/tebing. Cara Kerja/Power Shovel Pada dasarnya gerakan-gerakan selama bekerja dengan shovel ialah: 1.30 kendali kabel (cable controlled). maka truk tidak periu masuk ke dalam lubang galian yang kotor dan berlumpur yang menyebabkan teriebaknya truk . dan shovel dengan kendali hidrolis (hydraulic controlled). 5. Dragline biasanya tidak perlu masuk ke dalam tempat galian untuk melaksanakan pekerjaannya. Power Shovel 3. menaikkan/menurunkan sudut boom jika diperlukan Gambar 3.mengangkat dipper/bucket untuk mengisi. tetapi dalam beberapa hal. power shovel atau dragline digunakan untuk menggali. dan 6. dragline mempunyai keuntungan yang umumnya disebabkan oleh keadaan medan dan bahan yang perlu digali. dengan melepas boom shovel diganti boom dan bucket dragline. misalnya truk atau ke tempat penimbunan yang dekat dengan tempat galian. 2. Untuk beberapa proyek.7.

Sesudah sampai di tanah maka drag cable ditarik.80% dibandingkan dengan power shovel untuk ukuran yang sama. Satu kerugian dalam menggunakan dragline untuk menggali ialah produksinya yang rendah. sementara hoist cable digerakgerakkan agar bucket dapat mengikuti permukaan tebing galian sehingga dalamnya lapisan tanah yang terkikis dalam satu pass dapat teratur. Keuntungan cara ini ialah bahwa tekanan gigi bucket ke dalam tanah adalah maksimal. Setelah bucket terisi penuh. wheel mounted dan truck mounted. sehingga bucket jatuh tegak lurus ke bawah. hoist cable dikunci sehingga bucket terangkat lepas dari pennukaan tanah. sehingga kendaraan angkut tidak periu masuk ke lokasi penggalian. juga dijaga posisi dump cable tetap tegang dan tidak berubah kedudukannya. antara 70% . . Hal ini untuk menjaga agar muatan tidak tumpah. Crawler mounted digunakan pada tanah-tanah yang mempunyai daya dukung kecil sehingga floating-nya besar. Dragline sangat baik untuk penggalian pada parit-parit. Macam dragline ada tiga tipe ialah crawler mounted. dan terkumpul dalam bucket.31 tersebut. Jika bucket sudah ada di atas badan truk. pada saat yang sama drag cable dan hoist cable dikendorkan. Kadang-kadang hoist cable dikunci pada saat penggalian. Kemudian dilakukan swing menuju tempat (dump)nya material dari bucket. bucket bergerak mengikuti lingkaran yang berpusat pada ujung boom bagian atas. tetapl kecepatan geraknya rendah dan biasanya diperlukan bantuan alat angkut untuk membawa alat sampai ke lokasi pekerjaan. Cara Kerja Dragline Penggalian dimulai dengan swing pada keadaan bucket kosong menuju ke posisi menggali. sungai yang tebingnya curam. drag cable dikendrokan bucket akan terjungkir ke bawah dan muatan tertuang. sementara drag cable masih ditarik. Sebaiknya truk ditempatkan sedemikian rupa sehingga swing tidak melewati kabin truk. berarti pada saat drag cable ditarik.

Clamshell terutama digunakan untuk mengerjakan bahan-bahan lepas. Heavy duty bucket. kerikil. tanpa dilengkapi oleh gigigigi. Bucket Clamshell Bucket clamshell yang digunakan terdapat dalam berbagai ukuran. untuk mengangkat bahan ringan. Kapasitas bucket dihitung dalam 3 macam ukuran yaitu:' 1. maka clamshell cocok untuk pekerjaan pengisian pada hopper yang lebih tinggi letaknya. yang dilengkapi dengan gigi yang dapat dilepas. Clamshell Clamshell adalah alat gali yang mirip dengan dragline yang hanya tinggal mengganti bucketnya saja.1. digunakan untuk penggalian 2.32 Gambar 3. lumpur dan lain-lainnya. kemudian gerakan swing dan mengangkutnya ke tempat yang dikehendaki di sekelilingnya untuk kemudian ditumpahkan ke dalam truk. seperti pasir. mempunyai dua macam bucket yakni : 1. Dragline 3. Water level capasity adalah kapasitas bucket dimana bucket terendam air (digantungkan setinggi permukaan air) . mengangkat secara vertikal ke atas. atau hanya menimbun saja.8. Light duty bucket. Karena cara mengangkat dan membuang muatan vertikal. Clamshell bekerja dengan mengisi bucket.15. atau alat-alat angkut lain. Batu pecah dan batubara dapat juga diangkut secara massa oleh clamshell.

33 2. Plate line capacity. adalah kapasitas bucket munjung Gambar 3. adaleh kepasitas. dimana bucket terisi rata mengikuti! garis sepanjang puncak clamshell 3. Calmshell .16. Heaped capacity.

Cat® D5K 3.2.2.34 3. ukuran Cat D5K .17.1. dimensi D5K Table 3. Dimensi D5K Gambar 3.1.

Gambar 3. Stasiun operator dirancang untuk menjaga operator nyaman. kabin dilengkapi dengan pemantik api. tempat literatur. dan sistem kontrolo panel. tempat botol minuman. kabin D5K . santai dan produktif di seluruh shift kerja yang panjang.18. Perkembangan alat dapat dilihat dari monitor.2. Kabin merupakan tempat bagi operator untuk mengoprasikan alat. Superior kenyamanan membuat lebih produktif. meteran servis.2. untuk meningkatkan kenyamanan serta produktivitas operator. gantungan mantel.35 3.didalam kabin terdapat monitor yang akan memudahakan operator untuk mengoprasikan Bulldozer. Kabin Kabin dan kursi suspensi udara tetap nyaman sepanjang hari.

lingkungan kerja yang tenang . gerakan untuk memudahkan pengendalian materi dari blade. baik itu di bawah maupun di sudut Tingkat suara operator telah diturunkan di dalam Cabin 4 dB (A) . Monitoring Paket yang mudah dibaca dan menampilkan sistem informasi penting. System control dipasang pada bangku pengendali. respon kemudi dan pedal decel modus operasi. Kontrol kecepatan roda . pelapis pergelangan tangan dan lengan kursi dapat disesuaikan untuk kenyamanan. Sebuah roller thumb mengendalikan sudut blade dan membutuhkan usaha yang lebih sedikit dari mesin kompetitif lain. Ruang lebih luas dan udara kursi untuk daerah beriklim dingin. Kecepatan dan Kontrol Arah. mengurangi kelelahan operator dan meningkatkan produktivitas. Tombol di bawah display memungkinkan operator untuk memilih parameter untuk maju / mundur kecepatan. D5k dengan fitur ergonomis dipasang kontrol joystick pada seat. Dengan sistem pengatur yang baru di disain dengan bentuk sesuai tangan operator untuk blade dan kontrol kemiringan sehingga dapat mengurangi kelelahan. Dengan mengontrol arah joystick yang memiliki tiga posisi yang mudah untuk perjalanan . respon blade. Sebuah blade tilt kocok tombol di bagian atas pegangan memungkinkan blade bergerak miring dengan cepat . Pedal mode juga dapat diubah untuk mengontrol kecepatan transmisi dengan tombol pilihan pada layar panel. Seat . arah dan kemudi semua dikontrol dengan satu tuasdan hanya menggunakan joystick usaha yang lebih sedikit dan hasil yang lebih baik.mount kontrol mengurangi getaran dan dipasang kursi independen dengan penyesuain kontrol. Decel pedal gabungan berfungsi sebagai kontrol kecepatan mesin dan rem. Ini menjadikan nyaman. Hanya dengan menggunkan joystick operator dapat menyesuaikan arah dan mengarahkan mesin lebih ke kanan atau ke kiri.maju. Pintu masuk lebih lebar Lebih mudah dan jelas dalam penglitan terhadap Blade. Sehingga dengan menekan pedal melalui bawah difungsikan sebai rem. berputar dari kondisi tanah yang ada dengan sistem kemudi yang konsisten. Seat Dipasang Kontrol Joystick untuk kenyamanan yang lebih optimal dan kontrol yang tepat.36 D5K fitur: Stoperatorr AC dengan opsi cabin. mundur dan netral. sehingga memmudahkan operator untuk mengoprasikan alat dan meningkatkan kinerja dan mengurangi kelelahan operator. ke industri terkemuka 80 dB (A) -ANSI/SAE J1166 Oktober 98. Kontrol intuitif membuat operasi traktor mudah untuk semua operator. Dozer Blade Kontrol joystick ergonomis mudah digunakan dan mengurangi kelelahan operator.

Hal ini juga menghilangkan gangguan daya ketika mengubah kecepatan. memudahkan operator memilih kecepatan yang optimal untuk kondisi tanah dan pekerjaan.2. VPAT Blade VPAT Blade secara khusus dirancang untuk grading. . Terutama ketika bekerja cepat dan menyesuaikan struktur pondasi. ini arah blade 6 memungkinkan untuk disesuaikan sudut kemiringan. Dengan panduan otomatis visual operator Vertikal dan horizontal untuk tingkatan yang diinginkan fitur ini memungkinkan sistem hidrolik untuk secara otomatis mengontrol penyesuaian dan pergerakan blade. pembukaan lahan menengah dan pekerjaan berat.19. yang memungkinkan straight operator untuk melihat sistem informasi dengan tetap lurus ke sudut blade. Gambar 3. windrowing. blade posisi pada permukaan desain dan tampilan grafis dari desain rencana dengan lokasi mesin AccuGrade GPS menempatkan semua kebutuhan untuk menyelesaikan pekerjaan di dalam Cabin untuk tingkat kontrol yang lebih besar. dan visibilitas ke sudut blade yang canggih. AccuGrade GPS menghitung informasi posisi mesin dan membandingkan posisi blade relatif terhadap rencana desain. perataan. AccuGrade GPS paling baik digunakan untuk dan kontur pekerjaan cepat. Monitor AccuGrade ini berlokasi. pemotongan VPAT V. System GPS AccuGrade Monitor Caterpillar adalah yang pertama untuk mengintegrasikan sistem pantau ke dalam mesin melalui dasbor untuk memudahkan dilihat selama oppengoprasian. Dibangun untuk kekuatan besar dan daya tahan. Dan harus diingat tombol pada joystick digunakan untuk memilih yang sudah ditentukan Pengaturan kecepatan. Informasi diberikan kepada operator-Cabin melalui tampilan yang menunjukkan elevasi blade. 3. Operator hanya menggunakan bar cahaya untuk memandu mesin untuk konsistensi yang akurat sehingga meningkatkan produktivitas dengan mengurangi kelelahan. penimbunan parit.3.37 dipasang pada joystick digunakan untuk meningkatkan dan mengurangi kecepatan. potong diperlukan / mengisi untuk mencapai kelas.

4 L (269 dalam 3) perpindahan. Cat ® C4. Teknologi ACERT menyempurnakan evolusioner yang menghasilkan terobosan dalam teknologi mesin.3.4 adalah 4.38 Gambar 3. manajemen udara dan kontrol elektronik. Mesin Gambar 3.21. . dikonfigurasi inline mesin dilengkapi dengan Caterpillar ACERT ™. tupuan utama teknologi ACERT adalah penghematan bahan bakar. meningkatkan kinerja.20. empat silinder. teknologi ACERT mengoptimalakan kinerja mesin serta memenuhi regulasi emisi rendah di seluruh dunia.4. Engine D5K ACERT teknologi ™ mengurangi emisi. Blade 3.

5. Cat D5K memiliki kelebihan berupa kontrol elektronik yang mengatur sistem injeksi bahan bakar.2. Pada saat beroperasi buldozer sering berada pada tempat yang kotor dengan beradanya pada tempat demikian maka komponen-komponen undercarriage terkena kotoran.dan mengoptimalkan pembakaran bahan bakar. sistem ini mengamati konmdisi mesin dan alat berat serta menjaga pengoprasian mesin pada efisiensi puncak. sehingga membentuk siklus pembakaran secara presisi akan menurunkan temperatur ruang bakar.sensor di sistem bahan bakar.ubah. Disatukan sepenuhnya dengan sensor . 3. menghasilkan lebih sedikit emisi. dan informasi diagnostik. hal ini menghasilkan output kerja yang lebih besar terhadap biaya bahan bakar.kondisi ini. Untuk menjaga terlepasnya track dan juga menjaga kelurusan dari track tersebut pada undercarriage dilengkapi dengan komponen yaitu guard. . cairan pendingin dan gas buang. ECM menyimpan dan mengirim kembali informasi dari kondisi . Electronic Control Module (ECM) bekerja sebagai otak dari sistem kontrol mesin. track shoe tersebut harus tetap lurus dalam putaranya sebab bila tidak lurus kemungkinan lekas cukup besar. konsumsi bahan bakar. udara. Modul konterol elektronik ADEM A4 mengatur pasokan bahan bakar untuk mendapatkan kinerja terbaik dari setiap liter bahan bakar yang digunakan. mesin ini dapat memberikan tenaga mulai dihidupkan dan tetap bekerja secara produktif sepanjang waktu. komponen .komponen yang kuat dan proses pembuatan yang presisi. seperti rpm rendah. pengaturan bahan bakar dengan sistem multi-hole membutuhkan tingkat presisi yang tinggi. memberi respon cepat terhadap berbagai perubahan pengoprasian guna memaksimalkan efisiensi mesin. Undercarriage Track shoe yang selalu berputar selagi buldozer beroperasi. Sistem manajemen mesin memberikan respon yang cepat terhadap kebutuhan aplikasi yang berubah .39 dengan teknologinya.

22 Guard Dengan demikian adanya guard hal tersebut diatas dapat diatasi dengan baik sehingga dalam beroperasi pada tempat yang kotor sekalipun buldozer dapat berjalan dengan sempurna. Gambaran mengenai undercarriage secara keseluruhan yang terdapat pada buldozer adalah sebagai berikut : .40 Gambar 3.

SystemOne Undercarriage sistem ini dapat meminimalisir biaya dan waktu perawatan dan mempermudah pengamatan operator. Undercarriage 1. Jadi tanpa adanya pompa injeksi bahan bakar tidak mungkin mengalir dengan baik. sistem inovatif ini menggunakan disain bushing bergantian. Bushing berputar di kombinasikan dengan umur sesuai keausan sprocket dan pusat tapak yang mampu meningkatkan umur pakai dan ketergantungan dari sistem. disamping itu mempergunakan injector sebagai penyemprot bahan bakar yang terlah dialirkan oleh pompa injeksi bahan bakar. Tracks Roller Guard Sebagaimana kita ketahui bahwa sistem bahan bakar motor bensin agak berbeda dengan sistem bahan bakar motor diesel. Idler 2. Sedangkan pada Cummins Engine pompa injeksi bahan bakar agak berbeda dengan pompa injeksi bahan bakar seperti motor diesel lainnya. . Sprocket 5. Dimana motor diesel mempergunakan pompa injeksi bahan bakar untuk menghasilkan dan memberikan tekanan pada bahan bakar.41 Gambar 3. Tracks Frame 7. Carrier Roller 3.23. Tracks Roller 8. Pada kali ini akan diterangkan mengenai pompa injeksi bahan bakar yang digunakan pada mesin alat-alat berat yang biasanya mempergunakan Cummins Engine. Tracks 6. Diagonal Brace 4. Pada engine cummins mempergunakan PT Pump sebagai pompa injeksi bahan bakar yang mana fungsinya sama dengan pompa injeksi motor diesel lainya.

Gambar 3.6.24. Hydrostatic Winch Kontrol kecepatan dengan variable yang tak tebetas dengan hidrostatik winch memberikan peredaran kendali beban dengan tak terbatas variabel kecepatan modulasi dan menarik Kekuatan mekanik pengerek operator untuk memilih gear ratio dari Cat winch hydrostatic menghilangkan kesulitan dengan menyediakan kecepatan dari stoperatorr winch dan kecepatan rendah. semua dalam satu paket. Winch System .2. SystemOne Undercarriage 3.25. Gambar 3.42 SystemOne Undercarriage ini ideal untuk semua aplikasi atau kondisi permukaan tanah yang juga kondisi daratan yang membuat mesin menjadi lebih bergetar.

. untuk perlindungan tambahan Cabin.2. Pilihan Kehutanan Melihat fitur yang dihadirkan oleh Caterpillar dengan D5K.43 Hasilnya adalah: • • • • Penarikan yang sempurna dengan kecepatan yang terkendali Variable kecepatan yang tak terbatas Memperudahkan kerja operator kontrol beban tak tertandingi 3. yang menampilkan garis yang sangat baik menarik dengan kecepatan apapun dan tak terbatas variabel drum kecepatan. maka medan yang cocok untuk alat ini adalah medan kehutanan atau pekerjaan pembukaan lahan baru untuk volume kerja sedang. Cara yang lebih mudah untuk bekerja di hutan D5K ini tersedia dengan fitur berikut untuk membantu dalam pekerjaan kehutanan: • • • Blade menampilkan pelindung tambahan untuk melindungi traktor dari puing-puing Cat winch hidrostatik.7. Guard 360 derajat.

2. Spesifikasi D5K .44 Table 3.

45 Gambar 3.26. Digram Drawbar Pull .

46 Tabel 3.3. D5K Track-Type Tractor Specifications .

4. D5K Standard Equipment .47 Tabel 3.

layanan purna jual. Disebut Bulldozer karena traktor dilengkapi dengan dozer attachment. Pada prinsipnya. graders. produsen alat-alat berat terbesar di dunia yang meliputi industri pertambangan. selain ada juga jenis dozer yang dapat mendorong ke samping (biasanya sudut serongnya 25°) 5. marine engine dan generator sets. 4. maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Kesimpulan Berdasarkan hasil kunjungan industri ke PT TRAKINDO UTAMA Surabaya. serta menyediakan jasa service yang komprehensif baik maintenance. Produk yang ditawarkan meliputi dozers. PT. dalam hal ini attachmentnya adalah blade. Bulldozer adalah merupakan salah satu jenis dozer untuk mendorong lurus ke depan.1. wheel/track loader. Alat – alat berat memiliki macam dan jenis dan kegunaan yang berbeda beda disesuaikan dengan medan dan lokasi kerja yang akan di kerjakan. D5K adalah Buldozer yang dirancang untuk bidang kehutanan. articulated trucks. konstruksi. pertanian. off-highway trucks. compactors. industrial engine. excavators. Pada dasarnya merupakan alat yang menggunakan traktor sebagai penggerak utama. perhutanan. dan power system. 2.48 BAB IV PENUTUP 4. jaminan ketersediaan komponen dan penjualan komponen original Caterpillar. scrapers. Trakindo Utama adalah perusahaan penyalur (dealer) resmi diIndonesia untuk produk Caterpillar. . 3. minyak dan gas bumi.

mungkin dikarenakan kurangnya waktu kunjungan yang hanya satu hari. Pengetahuan yang telah didapatkan pada kunjungan industri ke PT TRAKINDO UTAMA Surabaya kami rasakan kurang.2. 2. Perlunya pemantauan atau pengamatan pada sebuah trouble shoting yang ada pada mesin alat berat untuk mengasah kemampuan pengamatan dan pengatahuan mahasiswa.49 4. alangkah baiknya apabila kunjungan industri di tahun-tahun berikutnya dapat dilakukan penambahan dua atau tiga hari. . Saran Berdasarkan apa yang penulis kemukakan maka saran penulis adalah sebagai berikut : 1.

co. F. Merawat dan Memperbaiki Mobil Diesel.50 DAFTAR PUSTAKA Daryanto. Jakarta : Swara Soenarta. Danu. Jakarta : Paramita http://www. 1985.trakindo. Bahasan Praktis Mesin Diesel Untuk Alat Berat.id/ Tarsito Puspa Pradya . Motor Serba Guna. 2002. 2003. Bandung : Permana. Nakoela & Shoichi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful