MATERI JARKOM-2 Pertemuan-7 STMIK Pranata Indonesia Dosen : aa Gatot

Materi Teori

VOIP
VoIP, Apa itu ? Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon. Terminal akan berkomunikasi dengan gateway melalui telefoni lokal. Hubungan antar gateway dilakukan melalui network IP. Network IP dapat berupa network paket apapun, termasuk ATM, FR, Internet, Intranet, atau line E1. VoIP menawarkan transportasi sinyal yang lebih murah, feature tambahan, dan transparansi terhadap data komputer. Hambatan VoIP saat ini adalah kehandalannya yang di bawah telefoni biasa, dan soal standarisasi yang akan menyangkut masalah interoperabilitas. Dengan bertelepon menggunakan VoIP, banyak keuntungan yang dapat diambil. Diantaranya adalah dari segi biaya, jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat ditambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena VoIP dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX. Hal yang menarik tentang VoIP adalah banyaknya cara untuk melakukan panggilan. Saat ini ada 3 jenis metode yg berbeda yang paling sering digunakan untuk melakukan layalan VoIP, yaitu : 1. ATA (Analog Telephone Adaptor) Cara yang paling sederhana dan paling umum adalah dengan menggunakan suatu alat yang disebut ATA. ATA memungkinkan kita untuk menghubungkan pesawat telepon biasa ke komputer atau disambungkan ke internet untuk dipakai VoIP. ATA adalah alat pengubah sinyal dari analog menjadi digital. Cara kerjanya adalah mengubah sinyal analog dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk di transmisikan melalui internet. Provider seperti VONAGE dan AT&T Callvantage membuat alat ATA dan memberikannya secara gratis kepada pelanggannya sebagai bagian dari service mereka. Mereka tinggal membuka ATA, memasang kabel telepon ke alat, dan VoIP sudah bisa digunakan. Beberapa jenis ATA dipaket dan dibundel
Created By: aaGatot / Gatscomp.tk / STMIK Pranata Indonesia

Cisco IP Phones 3. Computer-to-Computer Cara ini jelas merupakan cara paling mudah untuk melakukan panggilan VoIP. Tidak lama lagi. dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan panggilan VoIP dari hotspot yang tersedia. IP Phones juga mempunyai konektor RJ-45.tk / STMIK Pranata Indonesia . tetapi pada umumnya itu hanya setting yang sangat gampang. Anda bahkan Created By: aaGatot / Gatscomp. dan didalam IP Phones sudah ada semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang didalamnya yang menunjang melakukan pemanggilan IP. 2. IP Phone nirkabel (wireless) akan tersedia. Tapi selain mempunyai konektor RJ-11 standar. IP Phones menghubungkan langsung dari telepon ke router.beserta software tambahan yang harus diinstalkan pada komputer untuk melakukan konfigurasi ATA. IP Phones Pesawat telepon khusus ini kelihatannya sama dengan telepon biasa.

atau telepon ke telepon. High Speed Internet Untuk menggunakan VoIP. tetapi jika Anda membuat panggilan VOIP dari telepon. 2. lebih diutamakan koneksi internet yang relatif cepat seperti koneksi Kabel atau DSL. Anda membutuhkan koneksi broadband. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan program yang harganya murah bahkan gratis yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan VoIP. Modem broadband biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer ke Internet. speaker. mikrofon. biasanya tidak ada lagi biaya untuk panggilan Computer-to-Computer. Membuat Panggilan Selanjutnya. Komputer ke Komputer Bentuk paling sederhana dari VOIP adalah sambungan suara komputer-ke-komputer.tk / STMIK Pranata Indonesia . Ini berarti koneksi internet kecepatan tinggi biasanya diberikan oleh kabel atau modem DSL. Selain biaya bulanan ISP. Yang harus anda sediakan hanya program (software). menentukan jenis panggilan Anda ingin membuat: komputer ke komputer. mereka membutuhkan koneksi broadband juga. Jika orang yang Anda panggil akan menerima panggilan pada komputer. headset yang terdiri dari earphone dan Created By: aaGatot / Gatscomp. komputer ke telepon. komputer tidak diperlukan. seberapa jauh pun jaraknya. Semua yang dibutuhkan adalah komputer dengan kartu suara.tidak usah membayar satu sen pun untuk melakukan panggilan SLJJ. Telepon broadband menghubungkan baik secara langsung ke ponsel VOIP atau ke telepon biasa melalui Analog Terminal Adaptor (lihat Langkah 2 di bawah). Persiapan menggunakan VOIP 1. soundcard dan koneksi internet.

Tidak ada biaya untuk jenis koneksi dan panggilan dapat dibuat ke mana saja di dunia. Anda juga memerlukan perangkat lunak VOIP. yang pada gilirannya colokan ke modem broadband. Sebagian besar paket perangkat lunak bebas dan memungkinkan Anda untuk koneksi ke komputer yang menjalankan software yang sama. headset.mikrofon. Pihak yang menerima tanah-line atau panggilan selular tidak perlu peralatan tambahan atau perangkat lunak. dan beberapa perangkat lunak VOIP.. Skype. Telepon ke Telepon Untuk membuat telepon ke sambungan telepon. Anda. Jenis panggilan tidak biasanya gratis tetapi biaya cukup sedikit lebih rendah dari biaya yang perusahaan Anda telepon. Komputer ke Telepon Untuk membuat sebuah komputer untuk koneksi telepon..com adalah sebuah perusahaan telepon Internet populer yang menyediakan layanan semacam ini. Satu-satunya waktu yang kedua belah pihak membutuhkan paket VoIP software tertentu adalah ketika mereka membuat panggilan komputer-ke-komputer. adalah contoh dari perangkat lunak bebas VOIP. earphone dan mikrofon. tetapi partai di ujung lain dapat menggunakan lahan-line telepon biasa dan kadang-kadang ponsel-dengan kata lain. Created By: aaGatot / Gatscomp. ada dua pilihan.tk / STMIK Pranata Indonesia . Gunakan telepon biasa dipasang ke adaptor ATA. Voip. Gunakan IP telepon (juga disebut telepon SIP atau telepon VOIP) yang dihubungkan langsung ke koneksi broadband. telepon tidak terhubung langsung ke Internet.

Jika Anda menggunakan komputer untuk membuat panggilan. Namun. semua Anda benar-benar membayar adalah biaya panggilan lokal dari gateway VOIP kepada pihak penerima. akan menyediakan ATA atau telepon VOIP kepada Anda sebagai bagian dari paket VOIP mereka. Seluruh percakapan tidak pernah meninggalkan dunia IP Internet. Ini adalah alasan mengapa tingkat jarak jauh menggunakan VOIP bisa begitu murah. Jumlah paket yang dijatuhkan tergantung pada kecepatan koneksi internet Anda dalam jarak antara kedua pihak. ATA bisa menjadi kotak terpisah yang dipasang ke ponsel Anda dan kemudian ke modem broadband Anda. Sekarang suara Anda telah dikonversi ke digital dan terkompresi. beberapa paket yang dapat dihapus. Jadi. selain berisi data suara.tk / STMIK Pranata Indonesia . 5. protokol berisi informasi tentang urutan dari paket data sehingga mereka dapat kembali dalam urutan yang benar di tempat tujuan mereka. atau dapat dibangun ke telepon IP khusus (kadang-kadang disebut VOIP telepon atau telepon SIP). Jika Anda menelepon seseorang di darat. Ketika Anda menelepon seseorang di satu kota. Transmisi paket suara melalui internet ditangani oleh berbagai protokol. Dalam perjalanan dari A ke B. Jika Anda membuat sebuah komputer untuk panggilan komputer. dapat dikirim melalui Internet. Gateway biasanya terletak di kota atau wilayah dimana pihak penerima berada. mereka harus memasang kembali dalam urutan yang benar dan dikonversi kembali ke analog. 4.3-Turn Suara ke Data VOIP didasarkan pada transmisi data digital. suara arus data yang dipasang kembali di komputer pihak penerima oleh software VOIP. suara arus data melompat dari internet dan ke saluran telepon biasa di gateway VOIP. Ini suarauntuk konversi data dilakukan dengan Adaptor Analog-Terminal (ATA). Kompresi suara ditangani oleh CODEC (Coder / Decoder). Antara lain. penyedia layanan VOIP pada dasarnya memiliki gateway VOIP mereka didirikan di pusat-pusat besar di seluruh dunia.com . Turn Data Kembali ke suara Sebelum paket data suara dapat diterima oleh pendengar. seperti Voip. ada informasi yang biasanya cukup untuk membuat percakapan terbaca. juga memiliki informasi mengenai tujuan dan urutan mereka dalam aliran data. Langkah 5-Talk! Created By: aaGatot / Gatscomp. ATA membagi sinyal suara analog menjadi potongan-atau paket-dan kemudian memampatkan potongan yang secara signifikan mengurangi jumlah data digital yang akan dikirimkan. ketika Anda membuat panggilan VOIP hal pertama yang terjadi adalah sinyal analog suara Anda dikonversi menjadi data digital. Aliran data harus dibagi menjadi paket-paket yang. fungsi ATA dibangun ke dalam perangkat lunak VOIP. Penyedia layanan.

-Carrier sistem E. The line data rate for E1 is 2. standar di seluruh dunia telah diciptakan dan disebarkan. jika terlalu banyak paket suara dijatuhkan di sepanjang jalan. Kanada dan Jepang. Masing-masing frame mempunyai alamat yang digunakan oleh jaringan untuk menentukan tujuan.tk / STMIK Pranata Indonesia . Namun. Baris data rate untuk E1 adalah 2. dan mungkin didorong melalui gateway VOIP ke PSTN. Canada and Japan. masing-masing dialokasikan 8 bit pada gilirannya. It is a ideal for voice traffic because voice is sampled at the same 8khz rate so E1 line can carry 32 simultaneous voice conversions. atau koneksi internet lambat atau miskin. Line E1 Dalam telekomunikasi. dan telah berhasil sampai ke pihak penerima (semua dalam hitungan detik). Ini adalah ideal untuk lalu lintas suara karena suara diambil pada tingkat yang sama 8khz line sehingga E1 dapat membawa 32 konversi suara simultan.048 Mbit/s (full duplex) which is split into 32 time slots . Now it is widely used in almost all countries outside USA. FR = Frame Relay Frame relay adalah cara mengirimkan informasi melalui wide area network (WAN) yang membagi informasi menjadi frame atau paket.Sekarang panggilan telepon Anda telah dikirim melalui internet. dan suara echo (masalah saluran telepon tradisional jika panggilan telah terintegrasi dengan PSTN) Keterangan Tambahan: ATM = A synchronous T ransfer M ode sebuah teknologi jaringan untuk mentransfer data dalam sel atau paket dengan ukuran yang tetap. Sekarang banyak digunakan di hampir semua negara di luar Amerika Serikat.048 Mbit / s (dupleks penuh) yang dibagi menjadi 32 slot waktu. atau kata-kata tampaknya putus (packet loss) Penundaan waktu antara berbicara dan mendengar (paket keterlambatan atau lag) Noisy baris atau kebisingan latar belakang. Materi Praktek berkomunikasi antar host atau alamat IP termasuk antar PC dalam LAN maupun WAN dengan perangkat headset atau microphone dan speaker. each being allocated 8 bits in turn. yang direvisi dan ditingkatkan versi pembawa teknologi Amerika T-sebelumnya. Frameframe akan melewati switch dalam jaringan frame relay dan dikirimkan melalui “virtual circuit” sampai tujuan. di mana kawat fisik tunggal dapat digunakan untuk membawa banyak suara percakapan simultan. Created By: aaGatot / Gatscomp. Anda bisa mendapatkan bicara! Dalam banyak kasus orang yang Anda panggil tidak akan tahu bahwa ini adalah panggilan VOIP dan kualitas suara akan sama seperti pada panggilan darat biasa. Anda mungkin melihat salah satu dari berikut: • • • Suara Anda atau pihak lainnya adalah putus.

Created By: aaGatot / Gatscomp.tk / STMIK Pranata Indonesia .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful