Bab 2 : Otak

1. Otak ?
Otak manusia adalah titik tertinggi yang sampai saat ini telah dicapai oleh evolusi materi. Secara fisik, beratnya sekitar 1,5 kilogram, yang lebih berat dari segala organ manusia yang lain. Permukaannya berkerut seperti kacang walnut dan memiliki warna dan konsistensi seperti bubur dingin. Namun, ia sangat kompleks secara biologis. Ia mengandung sejumlah besar sel (neuron), mungkin berjumlah 100 milyar totalnya. Tapi bahkan ini masih akan terasa sangat kecil ketika kita menemukan bahwa tiap neuron masih tertanam lagi dalam sekumpulan sel yang lebih kecil yang disebut glia, yang berfungsi menyokong kedudukan neuron. Otak sebagian besar terdiri dari cerebrum, yang terbagi dalam dua bagian yang sama besar. Permukaannya dikenal sebagai cortex. Ukuran cortex membedakan manusia dari lain-lain organisme. Cerebrum dibagi lagi menjadi region-region atau lobe, yang secara kasar berhubungan dengan fungsi-fungsi tubuh tertentu dan dalam pengolahan informasi inderawi. Di belakang cerebrum terletaklah cerebellum, yang mengawasi semua pergerakan otot yang kecil-kecil di seluruh tubuh. Di bawah bagian ini adalah sebuah batang tebal yang disebut batang otak, yang merupakan kelanjutan dari syaraf tulang belakang. Batang otak ini membawa serat syaraf dari otak melalui tulang belakang dan sampai ke sistem syaraf di seluruh tubuh, memungkinkan semua bagian tubuh berkomunikasi dengan otak. Ukuran otak yang diperbesar, yang menentukan pemisahkan manusia dari lain-lain hewan, terjadi karena perbesaran dari lapisan luar yang tipis dari sel-sel syaraf yang dikenal sebagai neocortex. Namun, perluasan bagian ini tidak terjadi secara seragam. Frontal lobe, yang dikaitkan dengan perencanaan dan kemampuan menganalisa ke depan, jauh lebih berkembang daripada bagian yang lain. Hal yang sama terjadi pula pada cerebellum, di bagian belakang tengkorak, yang dihubungkan dengan kemampuan refleks, serangkaian tindakan harian yang kita lakukan tanpa berpikir, seperti mengendarai sepeda, memindahkan gigi ketika mengemudi atau mengancingkan baju tidur.
Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 - OTAK -

" tegas Rose." Neuron terdiri dari segala jenis properti (dendrit. suatu pulsa yang mengalir dari sel tubuh menuju ujung urat syaraf.01% dari jumlah yang tersedia dalam cortex manusia. tampilan mikrografik-elektron dari tiap sel individual yang ada di dalamnya." Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . kita tidak boleh melangkah lebih jauh dari sana. neuron adalah satu unit dari sistem otak. yang membawa glukosa dan oksigen yang vital bagi otak." tulis Rose. Tapi otak tidak dapat dipahami sebagai sekedar satu karoseri dari berbagai bagian yang terpisah-pisah.sekalipun satu juta neuron barulah merupakan 0. yang menjalankan pesan berantai ini (pesan sampai pada sinapsis melalui akson). Seperlima bagian penuh dari darah dipompakan oleh jantung ke otak. "Informasi yang mendasari peramalan-peramalan.OTAK - . respon perilaku dari individu manusia yang otaknya sedang diteliti. Ribuan neuron motorik terlibat dalam tiap gerak otot yang terkoordinir. "Terdapat banyak tingkatan di mana kita dapat menggambarkan perilaku otak. konsumsi oksigennya adalah 20% dari total . bukan hanya jumlahnya tapi juga frekuensinya. sinapsis). lingkungan sosial atau keluarga manusia itu. fluktuasi dalam suhu. akson. Sinyal-sinyal mengalir melalui sel syaraf sebagai gelombang-gelombang listrik. Syaraf menghantarkan informasi secara elektrik. sejarah perkembangan atau evolusi dari neuron ini sebagai pola yang berubah dengan waktu. "tergantung pada kedatangan data dari permukaan tubuh dalam bentuk cahaya dan bunyi yang terdiri dari berbagai panjang gelombang dan intensitas.Otak itu sendiri mengandung satu sistem sirkulasi yang sanggup membagikan zat gizi ke bagian-bagian yang jauh dari pembuluh darah. Dua puluh persen dari konsumsi glukosa tubuh terjadi di otak. atau ciri-ciri molekular dari zat-zat kimia yang menyusunnya. konsentrasi dari berbagai zat kimia yang dideteksi oleh hidung atau lidah. Sekalipun otak manusia dewasa hanya merupakan 2% dari seluruh berat tubuhnya. Di dalam tubuh data ini diubah menjadi serangkaian sinyal listrik yang mengalir melalui syaraf tertentu ke wilayah otak sentral di mana sinyal itu berinteraksi satu sama lain untuk menghasilkan satu jenis respon tertentu. "Kita dapat menggambarkan struktur kuantum dari atom-atomnya. perilaku dari neuron-neuronnya sebagai sebuah sistem yang berinteraksi. sel tubuh. tekanan pada titik tertentu dari kulit. Walaupun telaah secara rinci atas apa yang menyusun otak harus kita lakukan. Tindakan-tindakan yang lebih kompleks akan melibatkan jutaan . Ia menerima jatah darah yang besar. Jadi bahasa otak terdiri dari denyut-denyut listrik. dan seterusnya.dan pada bayi jumlah ini adalah 50%. Dengan kata lain.

Dengan munculnya kehidupan multiselular. Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . Pergerakan dalam kerajaan binatang membutuhkan komunikasi yang cepat antar sel-sel di dalam berbagai bagian tubuh yang berbeda. krustasea dan moluska. farmakologi. Sistem sinyal kimiawi (hormon) terdapat dalam organisme multiselular yang paling primitif. Kumpulan sel syaraf ini terjadi pula pada serangga. Evolusi Otak Dalam mitologi kuno.OTAK - . dewi Minerva [Athena] diciptakan dalam keadaan berpakaian tempur lengkap langsung dari kepala Jupiter [Zeus]. 2. biologi molekuler. Organisme yang lebih kompleks. Itu adalah satu langkah menuju satu sistem syaraf. dan seterusnya. di mana neuron telah dikumpulkan menjadi ganglion. sel-sel yang telah terspesialisasi telah dapat ditemukan. pergerakan menuju cahaya atau zat gizi). satu pembedaan yang tajam terjadi antara hewan dan tumbuhan. bahkan juga sibernetika dan matematika. Sel-sel tertentu dapat mengurusi terutama persoalan pencernaan. Organisme-organisme bersel tunggal menunjukkan polapola perilaku tertentu (misal. Jauh dari penciptaan langsung semacam itu. organisme multiselular berbeda secara kualitatif dan memungkinkan terjadinya perkembangan spesialisasi antar sel. seperti cacing pita telah mengembangkan satu sistem syaraf. Sangat perlu untuk menyatukan semua jenis ilmu pengetahuan: ethologi. Organisme yang paling sederhana dapat mencukupi kebutuhannya sendiri. Ia muncul pada tahapan evolusi yang sangat primitif. Otak tidaklah seberuntung itu. evolusi tumbuhan tidak pernah menyentuh evolusi syaraf dan otak. memiliki segala yang dibutuhkannya dalam satu sel saja. Walaupun memiliki alat-alat sinyal internal yang memungkinkan dirinya "berkomunikasi". Di pihak lain. biokimia. Telah ditemukan bahwa ganglion adalah rantai evolusioner antara syaraf dan otak. dan yang lain menyediakan sirkulasi. fisiologi. psikologi. sangat perlu untuk memahami kesalingterhubungan yang kompleks dan dialektik antara bagian-bagiannya. Bahkan pada tingkat yang demikian primitif. yang lain menyediakan lapisan pelindung. Komunikasi antar bagian dalam sel terjadi dengan sangat bersahaja. ia harus ber-evolusi menuju keadaannya sekarang sebagai sebuah sistem yang kompleks selama jutaan tahun.Untuk memahami otak.

proses ini akan terus direplikasi sepanjang evolusinya. ketika kita mengingat bagaimana caranya berenang. jauh lebih kompleks daripada proses yang berjalan dalam sistem syaraf seekor siput. Riset terhadap orang-orang yang mengalami kerusakan otak menunjukkan bahwa bagian otak yang digunakan untuk mengingat fakta dan kebiasaan adalah terpisah. Proses alami cenderung sangat konservatif.Perkembangan kepala dan lokasi mata dan mulut cacing pita memberi satu keuntungan dalam menerima informasi tentang arah pergerakan hewan tersebut. Seseorang dapat kehilangan ingatannya akan fakta-fakta. Setelah ia mencapai satu adaptasi yang terbukti berguna untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu. tapi masih tetap dapat mengendarai sepeda.satu ciri kunci dari otak yang telah berkembang baik. Perbedaannya adalah bahwa. sementara otak manusia memiliki 100 milyar sel syaraf. Ini mencerminkan evolusi dari otak . Lebih dari satu dasawarsa lalu. Cacing pita juga menunjukkan satu proses belajar . Ingatan yang mengisi pikiran manusia. para ilmuwan syaraf Amerika menemukan bahwa mekanisme selular dasar untuk pembentukan ingatan pada manusia juga terdapat pada siput. katakanlah. dengan satu atau lain cara.sekalipun masih dalam bentuk yang sangat primitif. diperbesar dan diperbaiki sampai tingkatan di mana ia akan memberikan satu keuntungan evolusioner tertentu. Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . terutama pada primata tingkat tinggi dan manusia yang memiliki otak berukuran sangat besar. dan menemukan bahwa mereka menunjukkan beberapa ciri dasar yang juga ditemukan pada manusia. yang berbeda dan terpisah sama sekali dari hewan-hewan lain. Ingatan semacam ini terlibat dalam. Aplysia hanya memiliki beberapa ribu saja. Sejalan dengan perkembangan ini. Walaupun Aplysia dapat "mengingat" sesuatu sampai beberapa minggu. Tidak ada campur-tangan ilahi yang diperlukan untuk menjelaskan gejala ini. tentu saja.OTAK - . Fakta bahwa kita memiliki pula mekanisme-mekanisme yang sama dengan seekor siput laut adalah jawaban yang cukup bagi upaya-upaya keras kepala dari kaum idealis untuk menggambarkan manusia sebagai satu ciptaan yang unik. Inilah satu lompatan revolusioner di dalam evolusinya. ingatannya hanya melibatkan satu aktivitas mental yang dikenal sebagai kebiasaan pada manusia. Evolusi telah memasukkan banyak inovasi ke dalam otak hewan-hewan. sekelompok ganglia dikumpulkan dalam kepalanya. Profesor Eric Kandel dari Columbia University menelaah proses belajar dan mengingat dari siput laut yang dikenal sebagai Aplysia californica. Karena hampir setiap fungsi otak tergantung pada ingatan. dan sel itu besar-besar.

Sistem syaraf anthropoda atau moluska tidak dapat berkembang lebih jauh sebagai hasil dari masalah desain dasarnya. Kemunculan amfibi dan reptil di darat mencatat satu perkembangan pesat atas otak bagian depan yang terjadi dengan mengambil alih tempat bagi lobe optikal. Dua puluh tahun lalu Harry Jerison dari University of California mengembangkan satu ide tentang korelasi antara ukuran otak dengan ukuran tubuh. yang menyajikan satu pola optik bagi sistem syaraf. di dalamnya termasuk perbandingan pada dinosaurus. dan melacak perkembangan evolusionernya. Grafik yang dibuatnya untuk menggambarkan perbandingan ukuran otak dengan ukuran tubuh reptil menghasilkan satu garis lurus. Serangga tidak dapat tumbuh lebih besar dari ukuran tertentu karena struktur tubuh mereka akan pecah oleh berat tubuh mereka sendiri. Namun. Ini terutama disebabkan oleh perkembangan korteks serebral. Lalu.batasan ini dengan jelas terlihat pada laba-laba. Hewan-hewan malam yang kecil ini memiliki perbandingan ukuran otak yang empat sampai lima kali lebih besar daripada rata-rata reptil. Ukuran ini berada dalam tingkat yang relatif tetap untuk sekitar 100 juta tahun.OTAK - . Rongga otak dapat menampung satu otak yang diperbesar dan syaraf dapat menjulur melalui tulang belakang. Sel-sel syaraf tersusun dalam sebuah cincin di sekitar perut. Kemunculan ikan bertulang belakang menyediakan model bagi perkembangan tulang belakang dan otak yang kemudian menyusul pemisahan itu. dengan peningkatan terbesar berlangsung bersamaan Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . di mana perut demikian tertekannya oleh cincin syaraf sehingga ia hanya dapat mencerna makanan yang berupa cairan. Perkembangan lebih lanjut dari otak menuntut satu pemisahan syaraf dari perut. sekitar 65 juta tahun lalu. Menurut Roger Lewin. dan jika diperbesar akan dengan cepat menekan isi perut . Serangga raksasa dalam film tidak akan pernah dapat melompat keluar dari dunia fiksi ilmiah. Ia menemukan bahwa reptil berotak kecil 300 juta tahun lalu dan tetap demikian sampai saat ini.Perbesaran terus-menerus atas otak membutuhkan perubahan drastis dalam evolusi hewan tersebut. evolusi dari mamalia pertama 200 juta tahun lalu menandai satu lompatan dalam ukuran relatif otak. Ukuran otak mereka telah mencapai batasan fisiknya. selama 30 juta tahun perkembangan otak "telah meningkat empat sampai lima kali. ukuran itu berkembang dengan cepat. yang hanya terjadi pada mamalia. Dari rongga mata berkembanglah satu mata yang sanggup membuat citra dari cahaya.

Sejalan dengan evolusi monyet. Pendorong utama untuk proses ini adalah bagian depan korteks. "Ini mungkin hal yang penting bagi evolusi bahasa.6 juta tahun lalu.dengan evolusi ungulata (mamalia berkuku belah). "Sekalipun gambaran garis besar ini tidak dapat memasukkan rincian-rincian kecilnya. menggeser koneksi-koneksi yang berasal dari lain-lain bagian otak.satu kemajuan kualitatif. "menunjukkan bahwa ekspansi otak dimulai sekitar 2. 5 Desember 1992). Otak manusia sanggup membuat abstraksi dan generalisasi di luar apa yang dapat dilakukan oleh simpanse. satu ekspansi yang cepat terjadi dengan kemunculan genus Homo. ukuran otak bertambah semakin besar. Kerena ukuran ini." ujar Terrence Deacon dari Harvard University.satu lompatan evolusioner . yang kira-kira berukuran enam kali lebih besar dari milik kera. datanglah perbesaran otak dan perkembangan kemampuan bicara. ukuran otak mereka relatif kecil. pesan yang disampaikan cukup jelas. zona ini dapat menonjolkan banyak urat syaraf ke dalam otak bagian tengah. Dengan peningkatan ukuran otak datang pula peningkatan dalam kompleksitas dan penataan ulang atas sirkuit-sirkuit syaraf." Dalam waktu kurang dari tiga juta tahun .otak berlipat tiga dalam ukuran relatifnya." ujar geolog Mark Maslin dari Kiel University. Hal ini tentunya tergantung pada perkembangan pita suara. sementara otak manusia adalah sekitar enam kali dari itu.OTAK - . Spesies hominid bipedal yang pertama berkembang antara 10-7 juta tahun lalu. Namun." paparnya. kekejangan dan lompatan. zona prefrontal. menghasilkan satu korteks yang sekarang merupakan 70-80% dari seluruh volume otak." kata Roger Lewin. "Yang nampak jelas di sini. otak monyet adalah dua sampai tiga kali lebih besar dari rata-rata mamalia modern. sekitar 2. Lalu. "sejarah otak melibatkan masa-masa panjang konsistensi yang diputus-putus oleh ledakan perubahan. kera dan manusia. jika dibandingkan dengan kera. Komunikasi hewani yang primitif menyerahkan tahtanya pada bahasa . Perkembangan otak bukanlah satu perkembangan yang bertahap dan sinambung tapi penuh kejutan. Bila memperhitungkan ukuran tubuh. yang mencatat bahwa zona prefrontal adalah rumah bagi berbagai Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . karnivora dan primata. seperti yang dijelaskan oleh Engels. satu masa yang bertepatan dengan kemunculan pertama dari alat-alat batu." Dengan kerja.5 juta tahun lalu. "Satu lompatan dalam evolusi dari nenek moyang manusia modern terjadi. spesies yang berkerabat sangat erat dengan mereka." (New Scientist.

nampak pula satu tingkat kompleksitas.sangatlah berbeda dan demikian pula kesadaran kita .OTAK - . Otak Tengah . Tapi karena kita telah mendefinisikan kesadaran bukan sebagai satu bentuk yang statis tapi sebagai satu proses yang melibatkan interaksi antara individual dan lingkungannya. "Dengan kemunculan kesadaran. tapi lingkungan kita . dan Otak Belakang. Walaupun setiap bagian dari otak mempunyai peranan dan tugas masing-masing akan tetapi antara satu bagian dengan bagian saling berhubungan. Brain Stem ( Batang Otak ) Batang otak berada di dalam tulang tengkorak atau rongga kepala bagian dasar. Dibawah ini akan dirincikan satu per satu anatomi dari otak manusia: 1. muncul Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . bersamanya. satu tingkat organisasi hirarkis yang lebih tinggi. Kapasitas kranial atau jumlah sel kita mungkin tidak terlalu berbeda dari Homo sapiens yang awal. Anatomi Otak Manusia Otak manusia secara umumnya dibagi atas 3 bagian yaitu Otak Depan .pusat bahasa manusia. Bagi manusia. sehingga manusia telah menjadi sangat bervariasi dan lebih tunduk pada interaksi kompleks daripada yang dimungkinkan pada organisme lainnya. membuat satu pembedaan kritis antara manusia dan spesies lainnya. Kemunculan kesadaran telah mengubah secara kualitatif cara mengada manusia.bentuk masyarakat kita . realitas kesadaran ini diwujudkan dalam kesadaran diri dan pikiran. sejalan dengan diubahnya hubungan antara manusia selama evolusi masyarakat.yang juga berarti bahwa demikian pula yang terjadi pada keadaan otak kita." papar Steven Rose. demikian pula kesadaran manusia telah diubah. Setiap bagian dari otak mempunyai peranan dan tugas masing-masing. "satu lompatan evolusioner kualitatif telah terjadi." 3. kita dapat melihat bagaimana.

dari tulang punggung. Contohnya anda akan merasa tidak nyaman.OTAK - . Bagian otak ini mengatur fungsi dasar manusia termasuk pernapasan. menyimpan ingatan. dan posisi tubuh. Cerebrum ( Otak Besar ) / Telencephalon Otak besar mempunyai fungsi dalam pengaturan semua aktivitas mental. keseimbangan. terancam dan bahkan marah ketika seseorang terlalu dekat dengan anda. Otak seperti ini dijumpai juga pada hewan seperti kadal dan buaya sehingga sering juga disebut dengan otak reptil. ingatan (memori). 2. Bila ada rangsangan yang merugikan atau berbahaya maka gerakan sadar yang normal tidak mungkin dilaksanakan. dan pertimbangan. Otak kecil ini juga menerima informasi dari sumsum tulang belakang dan bagian lain dari otak. kesadaran. walaupun ada juga beberapa gerakan refleks otak. membuat Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . Selain itu terdapat area asosiasi yang menghubungkan area motor dan sensorik. Otak besar merupakan sumber dari semua kegiatan/gerakan sadar atau sesuai dengan kehendak. yaitu yang berkaitan dengan kepandaian (intelegensi). Area ini berperan dalam proses belajar. denyut jantung dan insting lain seperti respons fight or flight saat bahaya mengancam. Cerebellum ( Otak Kecil ) Serebelum mempunyai fungsi utama dalam koordinasi gerakan otot yang terjadi secara sadar. 3. Otak reptil mengatur “perasaan teritorial” sebagai insting primitif. Pada bagian korteks otak besar yang berwarna kelabu terdapat bagian penerima rangsang (area sensor) yang terletak di sebelah belakang area motor yang berfungsi mengatur gerakan sadar atau merespon rangsangan.

cahaya. Frontal Lobes ( Lobus Frontal ) Kedua lobus frontal.kesimpulan. emosi. dan belajar berbagai bahasa. Occipital Lobes ( Lobus Oksipital ) Lobus oksipital di bagian belakang otak menafsirkan informasi visual seperti warna. belajar. bertanggung jawab untuk proses mental yang kompleks seperti berbicara. analisis. pada gilirannya. terletak di belakang dahi. Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . berpikir. dan bagian ini. bentuk. berbicara. Sebagai contoh. dan gerakan. Beberapa aspek memori juga ditangani di sini. Misalnya bagian depan merupakan pusat proses berfikir (yaitu mengingat. melihat objek dalam (kanan) berlawanan bagian dari bidang visual. 4. Kedua lobus dihubungkan. sehingga informasi yang dikombinasikan untuk menghasilkan satu gambar. lobus oksipital kiri menerima sinyal visual dari setengah kiri retina baik di kanan dan mata kiri.OTAK - . kreativitas) dan emosi. Di sekitar kedua area tersebut dalah bagian yang mengatur kegiatan psikologi yang lebih tinggi. 5. Pusat penglihatan terdapat di bagian belakang. dan gerakan. Lobus oksipital kiri dan kanan menafsirkan pesan dari bagian kebalikan dari setiap mata.

6. tekanan. perhatian. mengidentifikasi objek. dan beberapa kemampuan matematika. nyeri. temperatur. Hal ini juga mengontrol fungsi di sisi kanan tubuh kita. Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . terlibat dalam mendengar. 8. bahasa. dan menyimpan kenangan.OTAK - . pemahaman bahasa. analitis dan bahasa. Temporal Lobes ( Lobus Temporal ) Lobus temporal posisinya di atas telinga. 7. Left Hemisphere ( Otak Kiri ) Sisi kiri otak biasanya dimana otak memproses informasi yang berorientasi matematika. Mereka juga memainkan peran dalam emosi. dan kesadaran spasial. Mereka juga terkait dengan gerakan sukarela. Parietal lobes ( Lobus Parietal ) Lobus Parietal di bagian atas kepala indra yang mana memproses seperti sentuhan.

10.9. dan spontan. Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . Hal ini juga mengontrol fungsi di sisi kiri tubuh kita. artistik. Right Hemisphere ( Otak Kanan ) Sisi kanan otak umumnya bertanggung jawab atas pikiran kita yang kreatif. Hal ini memungkinkan dua belahan untuk berkomunikasi.OTAK - . Corpus Callosum Corpus callosum adalah bundel tebal serabut saraf yang menghubungkan dua belahan otak. yang mana penting untuk mengkoordinasikan kiri dan fungsi otak kanan.

Limbic System ( Sistem Limbik ) Sistem limbik adalah kelompok cincin berbentuk struktur yang mana terlibat dalam emosi. emosi. kaki. Ini juga proses informasi sensorik untuk penglihatan. dan pembentukan memori. mengelola fungsiPage UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . pendengaran. perhitungan. dan kemampuan untuk berinteraksi secara tepat dengan orang lain. berpikir dan perencanaan. Hampir semua yang kita lakukan secara sadar tergantung pada korteks. Dia mengontrol kemampuan kita untuk menggerakkan lengan. lidah-bagian tubuh kita bisa bergerak dengan sengaja. penalaran. Hal ini juga terlibat dalam fungsi sadar seperti empati. musik. dan imajinasi. 12. dan pengucapan. Ini menentukan kecerdasan kita.11. kepala.OTAK - . imajinasi. seperti perencanaan. Hal ini bertanggung jawab untuk bahasa. Cerebral Cortex Korteks serebral adalah jaringan abu-abu dilipat yang menutupi permukaan setiap belahan otak. dan kepribadian. mata. Prefrontal Cortex Korteks prefrontal di bagian depan dari lobus frontal membantu mengontrol tingkat tertinggi berpikir. Ini bagian dari otak terutama berkembang dengan baik pada manusia. SimakBaca secara fon 13. Bersama dengan batang otak. persepsi diri. naluri.

16. lapar. Struktur berbentuk almond mengintegrasikan indra Anda dan menghubungkan mereka dengan emosi Anda. Hypothalamus Hipotalamus adalah struktur kecil di bawah thalamus yang mengatur kondisi tubuh seperti suhu tubuh. yang menghubungkan sistem saraf ke sistem endokrin. haus. Hal ini juga mempengaruhi perilaku dasar seperti makan.Thalamus Talamus ini mempunyai 2 fungsi yaitu masuknya informasi dan keluarnya informasi dari otak. 14.fungsi penting kelangsungan hidup seperti suhu. dan tekanan darah. dan gula darah. gairah Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . Talamus menyaring dan mengarahkan informasi sensorik dari luar tubuh ke bagian yang tepat dari otak. tekanan darah.OTAK - .SimakBaca secara fonetik 15. Amygdala Amigdala memainkan peran penting dalam emosi dan membentuk kenangan emosional. Ini juga mengontrol pelepasan hormon dari kelenjar pituitari. denyut jantung. Struktur berukuran kenari juga memainkan peran dalam menyimpan dan mengambil kenangan.

dan aktivitas organ endokrin lain di dalam tubuh.Pituitary Gland ( Kelenjar Hipofisis ) Kelenjar hipofisis berukuran seperti kacang merupakan salah satu struktur penting dalam sistem endokrin. ia bekerja erat dengan hipotalamus. 17. dan fight atau flight reaksi terhadap stres. Ia membentuk kenangan baru dan mengatur mereka dengan kenangan terkait dan emosi.Pineal Gland ( Kelenjar Pineal ) Kelenjar pineal mengatur jam internal tubuh.seksual. Hippocampus Hippocampus adalah struktur otak berbentuk kuda laut yang terlibat dalam memori. yang mempengaruhi siklus tidur-bangun Anda. Ini memonitor jumlah cahaya yang masuk dan menghasilkan hormon melatonin. Ditemukan di tengah tengkorak. 18.OTAK - . Kelenjar ini. perkembangan seksual. Ia melepaskan hormon yang mengatur pertumbuhan. kecil berbentuk kerucut adalah bagian dari sistem endokrin. pembelajaran. Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . 19. dan emosi.

seperti tabung . Pesan perjalanan dari tubuh sel sepanjang akson sebagai sinyal listrik. melalui akson. tetapi dilewatkan ke sel target. atau soma. Tidak seperti sel-sel lain dalam tubuh. 21. atau impuls saraf. Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . akson panjang dan tipis.Dendrit Dendrit adalah perpanjangan dari neuron yang menerima pesan dari neuron lain. Axon Akson adalah neuron yang panjang. ke neuron berikutnya. unit dasar dari sistem saraf pusat. neuron yang khusus untuk mengirimkan pesan listrik. Informasi perjalanan melalui neuron dari dendrit ke sel tubuh." proyeksi cabang ini seperti pesan penghubung untuk sel tubuh sebelum mereka lulus menuruni akson dan ke neuron lain. sebagai zat kimia yang disebut neurotransmitter. dari satu bagian otak lain atau dari otak ke bagian-bagian berbeda dari tubuh Anda. atau sinaps. Serat ini bisa mencapai tiga atau lebih kaki panjangnya. 22.OTAK - .20. dan menggunakan neurotransmiter melintasi rintangan-rintangan. di seberang celah. Fungsinya adalah mengirimkan informasi ke neuron berikutnya. Seperti kabel. Neuron Neuron adalah sel syaraf. Dinamakan dari Yunani yang berarti "pohon.

25. Myelin Sheath ( Selubung Mielin ) Selubung mielin adalah lapisan lemak isolasi yang mengelilingi banyak akson. pikiran. yang memungkinkan komunikasi lebih cepat. Perubahan ini terjadi dalam jaringan kompleks neuron yang membentuk otak Anda. mencari peran baru. atau kenangan membuat sambungan baru atau lebih kuat di antara neuron. hubungan saraf dan neuron yang tidak digunakan atau tidak efektif layu dan mati.23. mereka memperpanjang ke jarijari dan jari kaki.OTAK - . 24. Bahkan di otak orang dewasa. Ini membantu kecepatan transmisi sinyal listrik bawah akson. beberapa neuron baru lahir dan bermigrasi keluar ke korteks. 25. Banyak pengalaman. Pada saat yang sama. Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . Saraf ini bisa sampai beberapa kaki panjang. Selubung Myelin sangat penting dalam akson dari saraf perifer. 26.Neuroplasticity Neuroplastisitas mengacu pada kemampuan alami otak untuk mengubah atau beradaptasi. Fornix 26.

OTAK - . pendengaran dan gerakan tubuh 2. Medulla oblongata Medula oblongata membentuk bagian bawah batang otak dan mengontrol secara spontan proses-proses tubuh seperti pernafasan . 28. otak tengah diproses memberikan informasi yang terkait dengan pandangan. detak jantung dan tekanan darah. 1. Forniks adalah bundel wishbone berbentuk serat saraf yang menghubungkan bagian-bagian tertentu dari dalam otak atau sistem limbikSimak Baca secara fonetik . Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 .27. Mid Brain Terletak di bagian atas batang otak. 29.

Pons Posisinya berdekatan dengan batang otak ( brain stem ) .3.Diencephalon Daerah ini berisi thalamus dan hypothalamus.OTAK - . 4. Page UNPRI – PSIKOLOGI 2010 . pons berperan sebagai stasiun penghubung untuk sensor-sensor informasi dan gerakan. Selain itu fungsinya juga untuk mengatur kondisi tidur. dan fungsi sebagai sistem penghubung untuk input sensorik serta situs interaktif untuk sistem saraf dan endokrin pusat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful