TENAGA EKSOGEN

Tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi. Sifat umum tenaga eksogen adalah merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen. Bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin, sehingga dapat mengubah bentuk permukaan bumi. Secara umum tenaga eksogen berasal dari 3 sumber, yaitu: 
 

Atmosfer, yaitu perubahan suhu dan angin. Air yaitu bisa berupa aliran air, siraman hujan, hempasan gelombang laut, gletser, dan sebagainya. Organisme yaitu berupa jasad renik, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan manusia.

Di permukaan laut, bagian litosfer yang muncul akan mengalami penggerusan oleh tenaga eksogen yaitu dengan jalan pelapukan, pengikisan dan pengangkutan, serta sedimentasi. Misalnya di permukaan laut muncul bukit hasil aktivitas tektonisme atau vulkanisme. Mula-mula bukit dihancurkannya melalui tenaga pelapukan, kemudian puing-puing yang telah hancur diangkut oleh tenaga air, angin, gletser atau dengan hanya grafitasi bumi. Hasil pengangkutan itu kemudian diendapkan, ditimbun di bagian lain yang akhirnya membentuk timbunan atau hamparan bantuan hancur dari yang kasar sampai yang halus. Tenaga Eksogen mengubah atau merusak bentuk-bentuk lapisan kulit bumi yang telah dibangun oleh tenaga endogen. Pembentukan relief muka bumi oleh tenaga eksogen akan melalui tiga tahap : 1. Pelapukan Pelapukan adalah proses penghancuran masa batuan (bed rock) yang dipengaruhi oleh keadaan , struktur batuan , iklim , topografi , dan faktor biologis (tumbuhan , hewan , dan manusia). Klasifikasi pelapukan : a. Pelapukan Mekanik (phisis) : Pelapukan yang terjadi karena pengaruh suhu/sinar matahari dan curah hujan yang berlangsung berulang-ulang dan dalam kurun waktu tertentu . b. Pelapukan Biologi (organik) : Pelapukan yang disebabkan oleh tumbuhan , hewan , dan manusia. c. Pelapukan Kimiawi (chemis) : Pelapuka yang terjadi karena proses kimiawi. Di daerah kapurnditemukan berbagai bentuk pelapukan sebagai akibat zat-zat kimia yang disebut gejala karst .

Pengikisan (Erosion) a. Masyarakat menyebutnya proses pengikisan. # Tahap pengangkutan oleh media yang erosif seperti aliran air dan angin disebut transportation. erosi dapat dibedakan sebagai berikut : # Erosi percikan # Erosi aliran permukaan # Erosi alur # Erosi parit/selokan # Erosi tebing # Erosi internal # Tanah longsor c. Bentuk-bentuk erosi : Berdasarkan bentuk. # Abrasi Erosi oleh air laut atau ombak. Mekanisme terjadinya erosi : Erosi tanah melalui tiga tahap : # Tahap pelepasan pertikel tunggal dari masa tanah (batuan induknya) yang disebut detachment. . Contoh: Meander sungai. maka akan terjadi tahap yang ketiga yaitu pengendapan (sedimentation) b. # Pada kondisi dimana energi yang tersedia tidak lagi cukup untuk mengangkut partikel.2. Berdasarkan tenaga-tenaga pengikis : Erosi dibedakan sebagai berikut : # Ablasi Erosi oleh air mengalir mengikis pegunungan dan pengangkutan barang yang telah dihancurkan tadi diendapkan kembali di tempat lain.

danau. yaitu sejenis tanah mengalir tetapi kadar air yang dikandungnya lebih tinggi. Sedimen fluvial Proses pengendapan di dasar sungai.Pengendapan (Sedimentation) Proses terakhir dalam aktivitas tenaga eksogen yang meliputi pelapukan. Tanah amblas/ambruk (subsidence) Tanah nendat (slumping). masswati disebabkan karena adanya pengaruh gravitasi.# Eksarasi Erosi oleh es atau gletser terjadi di daerah kutub dan pegunungan tinggi # Deflasi Erosi oleh angin terjadi di daerah kering atau gurun (korasi) 3. Rayapan tanah (soil creep).Bentukan alam hasil sedimentasi fluvial sering kita liihat .Proses ini dapat terjadi di daratan. Perbedaan masswasting dengan erosi terletak pada tenaga yang menyebabkan proses pemindahan massa batuan atau tanah yang terlepas dari bahan induk. Masswasting Masswating adalalah pemindahan massa batuan atau tanah besar(secara besar-besaran) ke tempat yang lebih rendah. Proses terjadinya hampir sama dengan proses erosi.dan masswating adalah proses pengendapan massa batuan atau tanah.Pengendapan batuan atau tanah terjadi jika zat yang mengangkatnya mengalami penurunan kecepatan gerak atau bahkan berhenti sama sekali. yaitu gerakan tanah yang sangat lambat pada lereng yang landai. atau di muara sungai. contoh masswasting diantaranya adalah: y y y y y y Tanah longsor (land slide). Lumpur mengalir (mud flow).erosi. 4.sekitar sungai ataupun di pantai. Tanah mengalir (earth flow).danau. yaitu proses longsoran tanah yang gerakannya terputus-putus sehingga hasilnya memperlihatkan bentukan seperti teras. gerakan tanah yang jenuh dengan air pada lereng-lereng yang landai.Jadi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful