Senam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari Senam merupakan suatu cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah : Palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. Bentuk-bentuk tersebut konon berkembang dari latihan yang digunakan oleh bangsa Yunani kuno untuk menaiki dan menuruni seekor kuda dan pertunjukan sirkus. Senam biasa digunakan orang untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran, biasanya ada yang melakukannya di rumah, di tempat fitness, di gymnasium maupun di sekolah. Sekarang, sejak kecil banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tua, maupun oleh pengajar olahraga di sekolah. Senam sangat penting untuk pembentukan kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia. Senam ada berbagai macam, diantaranya senam lantai, senam hamil, senam aerobik, senam pramuka, Senam Kesegaran Jasmani (SKJ), dll. Biasanya di sekolah dasar, guruguru mengajarkan senam-senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti SKJ dan senam pramuka. Namun ketika beranjak remaja, banyak orang melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri.

2.1 Sejarah Senam
Senam pertama kali diperkenalkan pada zaman Yunani kuno. Senam berasal dari kata Gymnastics, Gymnas berarti telanjang, sebab pada waktu itu orang-orang berlatih tanpa memakai pakaian. Sedangkan Gymnasium adalah suatu tempat yang dipergunakan untuk mengadakan latihan senam. Pada zaman itu Gymnastik dilakukan dalam rangka upacara-upacara kepercayaan yaitu guna menyembah dewa Zeus. Pada awal permulaaan abad ke-20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah-sekolah Amerika. Hal ini berkat usaha dari Dr.J.F.Williams, Dr.Dubly sorgen dan Thomas D.Wood.

Frederik Jahn adalah bapak Gymnastik, dia memkombinasikan latihanlatihan gimnastik dengan pertunjukan-pertunjukan patriotik. Dia juga menemukan beberapa perelatan senam, diantaranya adalah palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang, dan bak lompat. Senam di Negara Indonesia sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda. Pada waktu itu namanya “Gymnastiek”, zaman jepang dinamakan “Taiso”. Pemakaian istilah “senam” sendiri kemungkinkan bersamaan dengan pemakaian kata olahraga sebagai pengganti kata sport.

2.2 Pengertian Senam
Senam adalah aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya. Berlainan dengan cabang olahraga lain umumnya yang mengukur hasil aktivitasnya pada obyek tertentu, senam mengacu pada bentuk gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuh dari komponen-komponen kemampuan motorik seperti : kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, agilitas dan ketepatan. Dengan koordinasi yang sesuai dan tata urutan gerak yang selaras akan terbentuk rangkaian gerak artistik yang menarik. Untuk mengetahui pengertian senam, kita harus mengetahui cirri-ciri senam antara lain: 1. Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau diciptakan dengan sengaja 2. Gerakan-gerakannya harus selalu berguna untuk mencapai tujuan tertentu (meningkatkan kelentukan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah ketrampilan, meningkatkan keindahan gerak, meningkatkan kesehatan tubuh) 3. Gerakannya harus selalu tesusun dan sistematis

dibantu orang lain. dan palang bertingkat. Selain itu dinilai pula faktor kesulitan gerak dan penampilan estetikanya. palang tunggal. Hukuman-hukuman diberikan dengan pengurangan nilai pada pelaksanaan yang salah. Sedang bagi wanita ada 4 (empat) nomor : senam lantai.Berdasarkan cirri-ciri diatas. satu rangkaian wajib (yang telah ditentukan terlebih dahulu) dan satu rangkaian pilihan atau bebas masing-masing. Peraturan penilaian direvisi setiap 2 (dua) tahun. Pertandingan tingkat Nasional dan Internasional bagi pria terdiri dari 6 (enam) nomor yakni : senam lantai. Pesenam dengan nilai akumulasi tertinggi menjadi juara ke I dalam kategori serba bisa. tertinggi kedua menjadi juara ke II dan seterusnya. kuda-kuda pelana. Penilaian diberikan oleh 4 (empat) orang wasit yang dipimpin oelh seorang wasit kepala. Pada tingkat sekolah atau yunior pertandingan dapat dibatasi pada nomornomor tertentu. Para wasit memberikan nilai pada waktu bersamaan. biasanya senam lantai dan kuda-kuda lompat. Nilai maksimum adalah : 10. Setiap peserta pertandingan harus melakukan 2 (dua) macam rangkaian pada setiap nomor atau alat. palang sejajar. penguasaan yang kurang baik. Semua gerakan mempunyai faktor kesulitan yaitu : A. Nilai seseorang adalah rata-rata dari dua nilai tengah dengan membuang nilai tertinggi dan nilai terendah dari 4 (empat) orang wasit. kuda-kuda lompat. dan gelanggelang. Besar pengurangan nilai adalah persepuluhan. balok keseimbangan. jatuh dari alat atau melampaui batas waktu. Rangkaian latihan biasaya terdiri atas sikap- . disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis. batasan senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana. Nilai ini menentukan urutan pemenang tiap alat. 6 (enam) peserta terbaik dari semua atlet turut dalam pertandingan final pada tiap-tiap atlet dan nilai akhir yaitu rata-rata dari rangkaian bebas/pilihan dan wajib terdahulu disatukan dengan nilai rangkaian bebas/pilihan dalam final. kuda-kuda lompat. B dan yang tersukar adalah C. Juara regu ditentukan dengan penjumlahan 5 (lima) nilai terbaik dari 6 (enam) anggota regu dan setiap alat.000.

serta mengandung gerakan ketangkasan. melompat. dan keseimbangan. Sementara sejumlah berntuk gerak memerlukan kekuatan yang lain memerlukan mobilitas atau keterampilan. Jenis senam ini juga disebut latihan bebas karena pada waktu melakukan gerakan pesenam tidak mempergunakan suatu peralatan khusus. berputar di udara. Pesenam pria tanpil dalam waktu 70 detik dan wanita tampil diiringi music dalam waktu 90 detik. 2.3 Macam-macam Senam 2. meloncat. keseimbangan.sikap statis yang memerlukan tenaga yang besar disambung dengan gerakan-gerakan berirama y agn sesuai.1 Senam Lantai Senam lantai pada umumnya disebut floor exercise. berat. Senam lantai dilakukan di atas area seluas 12×12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam. pita. Guling ke depan 2. tetapi ada juga yang menamakan tumbling. sedang. itu hanyalah alat untuk meningkatkan fungsi gerakan kelentukan. dll. ketrampilan. pelemasan.3. kekuatan. Bila pesenam membawa alat berupa bola. Gerakan-gerakan salto harus dikerjakan setinggi bahu. atau alat lain. keluwesan. Lompat harimau . Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras. Gerkan-gerakan yang menekankan tenaga harus dilakukan secara lambat dan sikap statis sekurang-kurangnya 2 detik. menumpu dengan tangan. Macam-macam bentuk gerakan senam lantai antara lain: 1. dan akrobatik. atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada saat meloncat ke depan atau belakang. unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling. Rangkaian gerakan senam harus dimulai dari komposisi gerakan ringan. Guling ke belakang 3.

Kegiatan selanjutnya adalah mengikut sertakan tim senam dalam rangka Konferensi Asia Afrika I dan dalam Ganefo Asia. yang mana setiap artistik merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Wadah inilah kemudian telah membina dan menghasilkan atlet-atlet senam yang dapat ditampilkan dalam Ganefo I dan untuk pertama kalinya pula pesenam-pesenam Indonesia menghadapi pertandingan Internasional. Keseimbangan kepala 5. Jawa Timur. Stut 10. Meroda 9. Salto 18.4. Sikap kayang 17. Jawa Barat. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 14 Juli 1963 dengan nama PERSANI (Persatuan Senam Indonesia). Kep 12. Neck kip 13. Back handspring 8. dll 2.2 Senam Artistik Lahirnya senam artistik di Indonesia yaitu pada saat menjelang pesta olahraga Ganefo I di Jakarta pada tahun 1963. Handspring 7. dimana untuk mempersiapkan atlet-atlet Indonesia ini dipanggil . Sumatera Utara. Promotornya dapat diketengahkan tokoh-tokoh dari daerah seperti : Jakarta. untuk ini perlu dibentuk suatu organisasi yang berfungsi menyiapkan para pesenamnya. Head kip 14.3. Kayang 15. atas prakarsa dari tokoh-tokoh olahraga seIndonesia yang menangani dan mempunyai keahlian pada cabang olahraga senam. Sikap lilin 16. Keseimbangan tangan 6. Jawa Tengah. Round off 11.

horse vault (kuda-kuda lompat) . tinggi palang atas 2.60 m dan tinggi 1. maka dengan demikian Indonesia mengalami kemajuan dalam prestasi olahraga senam. tinggi palang bawah 1.horse vault (kuda-kuda lompat) : panjang 1.60 dan tinggi 1. Untuk putra ada 6 alat . Peralatan Senam Artistik Ukuran alat 1.pommel horse (kuda-kuda pelana) .floor exercise (lantai) : ukuran 12×12 m . Untuk putrid ada 4 alat .55 m 2.30 m . Tetapi sangat disayangkan bahwa harapan yang mulai tumbuh harus berhenti sementara oleh karena suasana politik yaitu saat meletusnya G 30 S/PKI.rings (gelang-gelang) : tinggi 2.55 m dan jarak 0.parallelbar (palang sejajar) : panjang 3.20 m . sehingga pelatih-pelatih dari RRC harus dikembalikan ke negaranya.35 m .52 m.pelatih-pelatih senam dari RRC. jarak 0.horizontal bar (palang tunggal) : panjang 2. panjang 1. tinggi 1.40 m dan tinggi 2. panjang 1.75 m . dan kemudian untuk seterusnya dimasukkan dalam setiap penyelenggaraan PON. Kemudian sebagai titik tolak yang kedua adalah dimasukkannya cabang olahraga senam artistik yang pertama kalinya dalam Pekan Olahraga Nasional (PON VII/1969) di Surabaya.50 m.50 m. Usaha untuk mengejar ketinggalan ini maka pada tahun 1967 dikirim seorang pelatih Indonesia yaitu : Sdr. J.40 m.60 m dan tinggi 1.50 m . Purba ke Jerman Timur untuk sekolah khusus pelatih senam artistik selama 26 bulan. T.univen bars (palang bertingkat) : panjang 2.10 m .48 s/d 0.

60 nomor pertandingan x 50 = 300 (pilihan) Nilai maksimum untuk putri adalah: 8 nomor pertandingan x 50 = 400 (wajib dan pilihan). Juara beregu (kompetisi I) adalah regu dengan jumlah nilai terbanyak dari jumlah 5 pesenam terbaik pada masing-masing alat untuk rangkaian wajib dan rangkaian pilihan. Juara perorangan serba bisa (kompetisi II) adalah pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari nilai rata-rata pada kompetisi I (wajib dan pilihan). Setiap regu terdiri dari 6 pesenam putra/putri 2.00 m dan tinggi 1. Hanya melakukan rangkaian pilihan untuk putra 6 alat dan putrid 4 alat 4. ditambah dengan nilai kompetisi II pada seluruh alat Nilai maksimum untuk putra = 120 Nilai maksimum untuk putri = 80 1.floor exercise (lantai) : ukuran 12×12 m Peraturan Umum Senam Artistik 1. Kejuaraan Beregu (kompetisi I) 1. Nilai maksimum untuk putra adalah: 12 nomor pertandingan x 50 = 600 (wajib dan pilihan).20 m . 4 nomor pertandingan x 50 = 200 (pilihan) 1. Terdiri dari rangkaian wajib dan rangkaian pilihan. putrid 4 alat 3. Peserta finalis diambil dari 36 pesenam terbaik dari hasil kompetisi I. pada putra 6 alat.balance beam (balok keseimbangan) : panjang 5. Kejuaraan perorangan serba bias (kompetisi II) 1.. Kejuaraan perorangan per alat (kompetisi III) . atau 1/3 dari jumlah peserta 2. Dibatasi 3 pesenam dari tiap Negara/daerah 3.

akan tetapi olahraga preventif yang dapat dilakukan secara masal. Low impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan ringan) 3.3. Juara perorangan per alat (kompetisi III) adalah pesenam dengan jumlah nilai terbanyak dari nilai rata-rata pada kompetisi I (wajib dan pilihan) ditambah dengan nilai kompetisi III pada masing-masing alat Nilai maksimum putri =20 2. Rockrobic (kombinasi gerakan-gerakan aerobik dan ringan serta gerakan-gerakan rock n’roll) 5. Peserta finalis diambil dari 8 pesenam terbaik dari hasil kompetisi I pada alat tersebut 2. Pemanasan selama 10 menit .1. Hanya melakukan rangkaian pilihan untuk putra 6 alat dan putrid 4 alat 4. Aerobic sport (kombinasi gerakan-gerakan keras dan ringan serta gerakangerakan kalestetik/kelentukan) Tahap-tahap melakukan senam aerobik adalah sebagai berikut: 1. Senam Aerobik adalah olahraga untuk peningkatan kesegaran jasmani bukan olahraga prestasi. High impact aerobics (senam aerobik aliran gerakan keras) 2. Dibatasi 2 pesenam dari tiap Negara/daerah dan hanya 3 alat yang boleh diikuti oleh seorang pesenam 3. yaitu: 1. Pembagian senam Aerobik menurut cara melakukan dan musik pengiring. Discorobic (kombinasi antara gerakan-gerakan aerobik aliran keras dan ringan disko) 4.3 Senam Aerobik Aerobik adalah suatu cara latihan untuk memperoleh oksigen sebanyakbanyaknya.

sesak dan batuk. latihan Inti Latihan inti A:Bertujuan untuk melatih cara bernafas yang efektif bagi penderita asma. Melenturkan dan memperkuat otot pernafasan. . Dengan cara menarik nafas dan mengeluarkan nafas. Senam asma tidak boleh dilakukan sembarangan. sehingga mempermudah pernafasan dan ekspektorasi. Latihan inti selama 15 – 20 menit 3. Pemanasan Dimulai dengan pemanasan 2. Proses pengeluaran nafas lebih lama 2 hitungan. Senam asma bertujuan untuk: Melatih cara bernafas yang benar. Senam asma tidak berbeda dengan senam pada umumnya. Dan disesuaikan dengan kondisi dan usia peserta senam asma 4. Dengan irama yang ritmis. Melatih ekspektorasi yang efektif. olah raga diperlukan untuk memperkuat otot-otot pernapasan. Berikut rangkaian senam Asma: 1.Latihan inti B:Bertujuan untuk melepaskan otot-otot pernafasan. Meningkatkan sirkulasi. alam pendinginan. Senam asma sebaiknya dilakukan rutin 3-4 kali seminggu dan setiap kali senam ± 30 menit. Aerobik Aerobik dilakukan supaya tubuh dapat menghasilkan pembakaran O2 tinggi untuk meningkatkan hembusan napas. dilakukan gerakan-gerakan lambat agar otototot kembali seperti keadaan semula yaitu dengan menggerakkan tangan sambil menarik napas pelan-pelan. otot-otot akan menjadi santai. namun juga faktor gizi dan olah raga. 3. Mempercepat asma yang terkontrol. Senam asma akan memberikan hasil bila dilakukan selama 6-8 minggu. Pendinginan Diakhiri pendinginan. Bagi penderita asma. Kualitas hidup lebih baik. Ada syarat-syarat bagi mereka yang akan melakukan senam asma. tidak dalam serangan jantung. Pendinginan/pelemasan selama 5 menit Manfaat dan Tujuan Senam Asma Senam asma juga merupakan salah satu penunjang pengobatan asma karena keberhasilan pengobatan asma tidak hanya ditentukan oleh obat asma yang dikonsumsi. yaitu: tidak dalam serangan asma. Rangkaian dan Frekwensi Senam Asma Rangkaian senam asma pada prinsipnya untuk melatih memperkuat otot-otot pernafasan agar penderita asma lebih mudah melakukan pernafasan dan ekspektorasi. dan tidak dalam keadaan stamina menurun akibat flu atau kurang tidur dan baru sembuh. Mempertahankan asma yang terkontrol.2.

Dengan cara menarik nafas dan mengeluarkan nafas. Mempercepat asma yang terkontrol. yaitu: tidak dalam serangan asma. olah raga diperlukan untuk memperkuat otot-otot pernapasan.Manfaat dan Tujuan Senam Asma Senam asma juga merupakan salah satu penunjang pengobatan asma karena keberhasilan pengobatan asma tidak hanya ditentukan oleh obat asma yang dikonsumsi. Mempertahankan asma yang terkontrol.Latihan inti B:Bertujuan untuk melepaskan otot-otot pernafasan. Proses pengeluaran nafas lebih lama 2 hitungan. Berikut rangkaian senam Asma: 1. otot-otot akan menjadi santai. 3. Pemanasan Dimulai dengan pemanasan 2. namun juga faktor gizi dan olah raga. alam pendinginan. Senam asma tidak boleh dilakukan sembarangan. latihan Inti Latihan inti A:Bertujuan untuk melatih cara bernafas yang efektif bagi penderita asma. Aerobik Aerobik dilakukan supaya tubuh dapat menghasilkan pembakaran O2 tinggi untuk meningkatkan hembusan napas. Senam asma tidak berbeda dengan senam pada umumnya. Manfaat dan Tujuan Senam Asma Senam asma juga merupakan salah satu penunjang pengobatan asma karena keberhasilan pengobatan asma tidak hanya ditentukan oleh obat asma yang dikonsumsi. Melenturkan dan memperkuat otot pernafasan. Senam asma akan memberikan hasil bila dilakukan selama 6-8 minggu. sehingga mempermudah pernafasan dan ekspektorasi. Ada syarat-syarat bagi mereka yang akan melakukan senam asma. Dan disesuaikan dengan kondisi dan usia peserta senam asma 4. dilakukan gerakan-gerakan lambat agar otototot kembali seperti keadaan semula yaitu dengan menggerakkan tangan sambil menarik napas pelan-pelan. Rangkaian dan Frekwensi Senam Asma Rangkaian senam asma pada prinsipnya untuk melatih memperkuat otot-otot pernafasan agar penderita asma lebih mudah melakukan pernafasan dan ekspektorasi. Pendinginan Diakhiri pendinginan. Melatih ekspektorasi yang efektif. Dengan irama yang ritmis. Senam asma sebaiknya dilakukan rutin 3-4 kali seminggu dan setiap kali senam ± 30 menit. tidak dalam serangan jantung. Kualitas hidup lebih baik. Meningkatkan sirkulasi. Bagi penderita asma. Senam asma bertujuan untuk: Melatih cara bernafas yang benar. sesak dan batuk. namun juga . dan tidak dalam keadaan stamina menurun akibat flu atau kurang tidur dan baru sembuh.

faktor gizi dan olah raga. memperbaiki kelenturan dan kekuatan diafragma (sekat . olah raga diperlukan untuk memperkuat otot-otot pernapasan. juga bertujuan melatih penderita untuk mengatur pernapasan jika terasa akan datang serangan. Senam asma sebaiknya dilakukan rutin 3-4 kali seminggu dan setiap kali senam ± 30 menit. Senam asma akan memberikan hasil bila dilakukan selama 6-8 minggu. Pemanasan Dimulai dengan pemanasan 2. Dengan irama yang ritmis.Dibawah ini adalah beberapa latihan untuk penderita asma :Pertama. ataupun sewaktu serangan asama. sesak dan batuk. Dengan cara menarik nafas dan mengeluarkan nafas. Kualitas hidup lebih baik. dan tidak dalam keadaan stamina menurun akibat flu atau kurang tidur dan baru sembuh. Mempertahankan asma yang terkontrol. Bagi penderita asma.Latihan inti B:Bertujuan untuk melepaskan otot-otot pernafasan. Dan disesuaikan dengan kondisi dan usia peserta senam asma 4. sehingga dapat mengembangmengempis secara optimal. Senam asma bertujuan untuk: Melatih cara bernafas yang benar. Berikut rangkaian senam Asma: 1. latihan Inti Latihan inti A:Bertujuan untuk melatih cara bernafas yang efektif bagi penderita asma. Mempercepat asma yang terkontrol. Aerobik Aerobik dilakukan supaya tubuh dapat menghasilkan pembakaran O2 tinggi untuk meningkatkan hembusan napas. Pendinginan Diakhiri pendinginan. Senam asma tidak berbeda dengan senam pada umumnya. Melatih ekspektorasi yang efektif. Senam asma tidak boleh dilakukan sembarangan. Tujuan untuk memperbaiki kelenturan (fleksibilitas) rongga dada. sehingga mempermudah pernafasan dan ekspektorasi. Rangkaian dan Frekwensi Senam Asma Rangkaian senam asma pada prinsipnya untuk melatih memperkuat otot-otot pernafasan agar penderita asma lebih mudah melakukan pernafasan dan ekspektorasi. alam pendinginan. gimnastik respirasi atau senam pernapasan. Ada syarat-syarat bagi mereka yang akan melakukan senam asma. dilakukan gerakan-gerakan lambat agar otototot kembali seperti keadaan semula yaitu dengan menggerakkan tangan sambil menarik napas pelan-pelan. Proses pengeluaran nafas lebih lama 2 hitungan. Meningkatkan sirkulasi. otot-otot akan menjadi santai. Hindari Asma Dengan Cara tepat Pada penderita asma. Melenturkan dan memperkuat otot pernafasan. yaitu: tidak dalam serangan asma. latihan pernapasan selain ditujukan untuk memperbaiki fungsi alat pernapasan. tidak dalam serangan jantung. 3.

dinding perut relaks (pasif) dan udara masuk ke paruparu melalui hidung. Mengeluarkan nafas melalui mulut yang mencucu seperti sewaktu meniup lilin atau bersiul. dengan mengkempiskan dinding perut. juga bertujuan melatih penderita untuk mengatur pernapasan jika terasa akan datang serangan. Selain memperbaiki kelenturan rongga dada juga menghilangkan kondisi yang selalu menegang (memendek dan kaku) otot-otot tersebut. sehingga dapat mengembangmengempis secara optimal. pada saat serangan terasa akan datang atau sedang dalam serangan.Latihan memperbaiki postur tubuh. dengan mengkempiskan dinding perut.Latihan memperbaiki postur tubuh. Sewaktu inspirasi. pelan-pelan.Latihan relaksasi pada penderita asma bertujuan mencapai kondisi relaks baik sewaktu ada serangan maupun diluar serangan. Tujuan utamanya pada penderita asma adalah untuk melakukan pernapasan yang benar (efisien). Gymnastik-Respirasi untuk penderita asma. Latihan pernapasan (Breathing Exercise) berbeda dengan gimnastik respirasi.Dibawah ini adalah beberapa latihan untuk penderita asma :Pertama.Latihan relaksasi pada penderita asma bertujuan mencapai kondisi relaks baik sewaktu ada serangan maupun diluar serangan. baik pada otot-otot pernapasannya maupun mentalnya.Kedua. pada penderita asma berat yang kronis. pelan-pelan. memendek dan kaku. Mengeluarkan nafas melalui mulut yang mencucu seperti sewaktu meniup lilin atau bersiul. lebih banyak secara pasif. dinding perut relaks (pasif) dan udara masuk ke paruparu melalui hidung. sehingga memudahkan pernapasan yang benar dan memperbaiki postur rubuh. Tujuan untuk memperbaiki kelenturan (fleksibilitas) rongga dada. penderita secara spontan dapat relaksasi. lebih banyak secara pasif. Sedangkan sewaktu menarik napas. memperbaiki kelenturan dan kekuatan diafragma (sekat rongga badan) sehingga pernapasan perut dan diafragma optimal. ataupun sewaktu serangan asama. serta pernapasan yang paradoksal. meskipun didalamnya terdapat latihan-latihan yang bertujuan memperbaiki kelenturan rongga dada serta diafragma. meskipun didalamnya terdapat latihan-latihan yang bertujuan memperbaiki kelenturan rongga dada serta diafragma. latihan pernapasan selain ditujukan untuk memperbaiki fungsi alat pernapasan. Yang ingin dicapai. program terapi latihan atau fisioterapi yang umum.Pada penderita asma. pada saat serangan terasa akan datang atau sedang dalam serangan. biasanya telah memasukkan unsur perbaikan postur tubuh ini di dalamnya. Terdapat saling keterkaitan antara postur tubuh otot-otot tubuh yang membesar dan kaku. Meregangkan otot-otot pernapasan. Sewaktu inspirasi. postur tubuh menjadi agak bungkuk . Sedangkan sewaktu menarik napas. gimnastik respirasi atau senam pernapasan. penderita secara spontan dapat relaksasi. postur tubuh menjadi agak bungkuk dengan kedua bahu agak terangkat. Latihan pernapasan (Breathing Exercise) berbeda dengan gimnastik respirasi.Latihan pernapasan utama bagi penderita asama adalah latihan nafas perut atau diafragma.Kedua. Meregangkan otot-otot pernapasan. Tujuan utamanya pada penderita asma adalah untuk melakukan pernapasan yang benar (efisien). Kekhususan di dalam latihan wyakni waktu mengeluarkan nafas dikerjakan secara aktif. program terapi latihan atau fisioterapi yang umum.rongga badan) sehingga pernapasan perut dan diafragma optimal. Selain memperbaiki kelenturan rongga dada juga menghilangkan kondisi yang selalu menegang (memendek dan kaku) otot-otot tersebut. sehingga memudahkan pernapasan yang benar dan memperbaiki postur rubuh. Yang ingin dicapai.Latihan pernapasan utama bagi penderita asama adalah latihan nafas perut atau diafragma. pada penderita asma berat yang kronis. Kekhususan di dalam latihan wyakni waktu mengeluarkan nafas dikerjakan secara aktif. nampak otot-otot pernapasan menonjol. baik pada otot-otot pernapasannya maupun mentalnya.

tidak dalam serangan jantung. Manfaat dan Tujuan Senam Asma Senam asma juga merupakan salah satu penunjang pengobatan asma karena keberhasilan pengobatan asma tidak hanya ditentukan oleh obat asma yang dikonsumsi. yaitu: tidak dalam serangan asma. Dan disesuaikan dengan kondisi dan usia peserta senam asma 4. Dengan cara menarik nafas dan mengeluarkan nafas. Berikut rangkaian senam Asma: 1. Gymnastik-Respirasi untuk penderita asma. Terdapat saling keterkaitan antara postur tubuh otot-otot tubuh yang membesar dan kaku. dilakukan gerakan-gerakan lambat agar otototot kembali seperti keadaan semula yaitu dengan menggerakkan tangan sambil menarik napas pelan-pelan. dan tidak dalam keadaan stamina menurun akibat flu atau kurang tidur dan baru sembuh. otot-otot akan menjadi santai. latihan Inti Latihan inti A:Bertujuan untuk melatih cara bernafas yang efektif bagi penderita asma. Kualitas hidup lebih baik. Proses pengeluaran nafas lebih lama 2 hitungan. serta pernapasan yang paradoksal. Aerobik Aerobik dilakukan supaya tubuh dapat menghasilkan pembakaran O2 tinggi untuk meningkatkan hembusan napas. sehingga mempermudah pernafasan dan ekspektorasi. nampak otot-otot pernapasan menonjol. biasanya telah memasukkan unsur perbaikan postur tubuh ini di dalamnya. Mempertahankan asma yang terkontrol. alam pendinginan. Senam asma bertujuan untuk: Melatih cara bernafas yang benar. Mempercepat asma yang terkontrol. Ada syarat-syarat bagi mereka yang akan melakukan senam asma. Melenturkan dan memperkuat otot pernafasan. Pemanasan Dimulai dengan pemanasan 2. namun juga faktor gizi dan olah raga. . memendek dan kaku. Meningkatkan sirkulasi. Senam asma akan memberikan hasil bila dilakukan selama 6-8 minggu. olah raga diperlukan untuk memperkuat otot-otot pernapasan. 3. Pendinginan Diakhiri pendinginan. Bagi penderita asma. Rangkaian dan Frekwensi Senam Asma Rangkaian senam asma pada prinsipnya untuk melatih memperkuat otot-otot pernafasan agar penderita asma lebih mudah melakukan pernafasan dan ekspektorasi. Melatih ekspektorasi yang efektif. sesak dan batuk. Senam asma tidak berbeda dengan senam pada umumnya. Senam asma tidak boleh dilakukan sembarangan. Dengan irama yang ritmis. Senam asma sebaiknya dilakukan rutin 3-4 kali seminggu dan setiap kali senam ± 30 menit.Latihan inti B:Bertujuan untuk melepaskan otot-otot pernafasan.dengan kedua bahu agak terangkat.

olah raga diperlukan untuk memperkuat otot-otot pernapasan. Berikut rangkaian senam Asma: 1. sehingga mempermudah pernafasan dan ekspektorasi. Rangkaian dan Frekwensi Senam Asma Rangkaian senam asma pada prinsipnya untuk melatih memperkuat otot-otot pernafasan agar penderita asma lebih mudah melakukan pernafasan dan ekspektorasi. Senam asma tidak boleh dilakukan sembarangan. Senam asma akan memberikan hasil bila dilakukan selama 6-8 minggu. Ada syarat-syarat bagi mereka yang akan melakukan senam asma. latihan Inti Latihan inti A:Bertujuan untuk melatih cara bernafas yang efektif bagi penderita asma. Aerobik Aerobik dilakukan supaya tubuh dapat menghasilkan pembakaran O2 tinggi untuk meningkatkan hembusan napas. Proses pengeluaran nafas lebih lama 2 hitungan. dilakukan gerakan-gerakan lambat agar otototot kembali seperti keadaan semula yaitu dengan menggerakkan tangan sambil menarik napas pelan-pelan. Meningkatkan sirkulasi. Mempercepat asma yang terkontrol. Melenturkan dan memperkuat otot pernafasan. Bagi penderita asma. Pemanasan Dimulai dengan pemanasan 2. Pendinginan Diakhiri pendinginan. alam pendinginan. Senam asma bertujuan untuk: Melatih cara bernafas yang benar. Senam asma tidak berbeda dengan senam pada umumnya. otot-otot akan menjadi santai. 3. Dengan cara menarik nafas dan mengeluarkan nafas. Manfaat dan Tujuan Senam Asma Senam asma juga merupakan salah satu penunjang pengobatan asma karena keberhasilan . Senam asma sebaiknya dilakukan rutin 3-4 kali seminggu dan setiap kali senam ± 30 menit. Dan disesuaikan dengan kondisi dan usia peserta senam asma 4. sesak dan batuk. tidak dalam serangan jantung. yaitu: tidak dalam serangan asma.Latihan inti B:Bertujuan untuk melepaskan otot-otot pernafasan. Mempertahankan asma yang terkontrol.Manfaat dan Tujuan Senam Asma Senam asma juga merupakan salah satu penunjang pengobatan asma karena keberhasilan pengobatan asma tidak hanya ditentukan oleh obat asma yang dikonsumsi. Melatih ekspektorasi yang efektif. Kualitas hidup lebih baik. namun juga faktor gizi dan olah raga. Dengan irama yang ritmis. dan tidak dalam keadaan stamina menurun akibat flu atau kurang tidur dan baru sembuh.

Dan disesuaikan dengan kondisi dan usia peserta senam asma 4. Proses pengeluaran nafas lebih lama 2 hitungan. namun juga faktor gizi dan olah raga.pengobatan asma tidak hanya ditentukan oleh obat asma yang dikonsumsi. Senam asma akan memberikan hasil bila dilakukan selama 6-8 minggu. gimnastik respirasi atau senam pernapasan. juga bertujuan melatih penderita untuk mengatur pernapasan jika terasa akan datang serangan. Senam asma tidak boleh dilakukan sembarangan. dan tidak dalam keadaan stamina menurun akibat flu atau kurang tidur dan baru sembuh. 3. Rangkaian dan Frekwensi Senam Asma Rangkaian senam asma pada prinsipnya untuk melatih memperkuat otot-otot pernafasan agar penderita asma lebih mudah melakukan pernafasan dan ekspektorasi. Senam asma bertujuan untuk: Melatih cara bernafas yang benar. latihan Inti Latihan inti A:Bertujuan untuk melatih cara bernafas yang efektif bagi penderita asma. Berikut rangkaian senam Asma: 1. Tujuan untuk memperbaiki kelenturan (fleksibilitas) rongga dada.Latihan inti B:Bertujuan untuk melepaskan otot-otot pernafasan. Dengan cara menarik nafas dan mengeluarkan nafas. latihan pernapasan selain ditujukan untuk memperbaiki fungsi alat pernapasan. Dengan irama yang ritmis. Senam asma tidak berbeda dengan senam pada umumnya. Hindari Asma Dengan Cara tepat Pada penderita asma. Mempercepat asma yang terkontrol. Pendinginan Diakhiri pendinginan. Melatih ekspektorasi yang efektif. Kualitas hidup lebih baik. Meningkatkan sirkulasi. sehingga dapat mengembang- .Dibawah ini adalah beberapa latihan untuk penderita asma :Pertama. Ada syarat-syarat bagi mereka yang akan melakukan senam asma. Melenturkan dan memperkuat otot pernafasan. Aerobik Aerobik dilakukan supaya tubuh dapat menghasilkan pembakaran O2 tinggi untuk meningkatkan hembusan napas. tidak dalam serangan jantung. otot-otot akan menjadi santai. olah raga diperlukan untuk memperkuat otot-otot pernapasan. yaitu: tidak dalam serangan asma. sesak dan batuk. sehingga mempermudah pernafasan dan ekspektorasi. Senam asma sebaiknya dilakukan rutin 3-4 kali seminggu dan setiap kali senam ± 30 menit. alam pendinginan. Mempertahankan asma yang terkontrol. Pemanasan Dimulai dengan pemanasan 2. Bagi penderita asma. ataupun sewaktu serangan asama. dilakukan gerakan-gerakan lambat agar otototot kembali seperti keadaan semula yaitu dengan menggerakkan tangan sambil menarik napas pelan-pelan.

Latihan memperbaiki postur tubuh. baik pada otot-otot pernapasannya maupun mentalnya. Sedangkan sewaktu menarik napas. Tujuan utamanya pada penderita asma adalah untuk melakukan pernapasan yang benar (efisien). Yang ingin dicapai. pelan-pelan. Sewaktu inspirasi. pada penderita asma berat yang kronis. dengan mengkempiskan dinding perut. pelan-pelan.Latihan pernapasan utama bagi penderita asama adalah latihan nafas perut atau diafragma.Latihan memperbaiki .Pada penderita asma. Sedangkan sewaktu menarik napas. Kekhususan di dalam latihan wyakni waktu mengeluarkan nafas dikerjakan secara aktif. ataupun sewaktu serangan asama. Tujuan untuk memperbaiki kelenturan (fleksibilitas) rongga dada. memendek dan kaku. Tujuan utamanya pada penderita asma adalah untuk melakukan pernapasan yang benar (efisien). Mengeluarkan nafas melalui mulut yang mencucu seperti sewaktu meniup lilin atau bersiul. dengan mengkempiskan dinding perut. memperbaiki kelenturan dan kekuatan diafragma (sekat rongga badan) sehingga pernapasan perut dan diafragma optimal. Meregangkan otot-otot pernapasan. penderita secara spontan dapat relaksasi. Selain memperbaiki kelenturan rongga dada juga menghilangkan kondisi yang selalu menegang (memendek dan kaku) otot-otot tersebut. memperbaiki kelenturan dan kekuatan diafragma (sekat rongga badan) sehingga pernapasan perut dan diafragma optimal. Sewaktu inspirasi. Latihan pernapasan (Breathing Exercise) berbeda dengan gimnastik respirasi. serta pernapasan yang paradoksal. baik pada otot-otot pernapasannya maupun mentalnya.Dibawah ini adalah beberapa latihan untuk penderita asma :Pertama. pada saat serangan terasa akan datang atau sedang dalam serangan. biasanya telah memasukkan unsur perbaikan postur tubuh ini di dalamnya. nampak otot-otot pernapasan menonjol. program terapi latihan atau fisioterapi yang umum. sehingga dapat mengembangmengempis secara optimal. meskipun didalamnya terdapat latihan-latihan yang bertujuan memperbaiki kelenturan rongga dada serta diafragma. meskipun didalamnya terdapat latihan-latihan yang bertujuan memperbaiki kelenturan rongga dada serta diafragma.Latihan relaksasi pada penderita asma bertujuan mencapai kondisi relaks baik sewaktu ada serangan maupun diluar serangan. lebih banyak secara pasif. dinding perut relaks (pasif) dan udara masuk ke paruparu melalui hidung. sehingga memudahkan pernapasan yang benar dan memperbaiki postur rubuh.Latihan relaksasi pada penderita asma bertujuan mencapai kondisi relaks baik sewaktu ada serangan maupun diluar serangan. Yang ingin dicapai. postur tubuh menjadi agak bungkuk dengan kedua bahu agak terangkat.Kedua. pada saat serangan terasa akan datang atau sedang dalam serangan. program terapi latihan atau fisioterapi yang umum. Gymnastik-Respirasi untuk penderita asma.Latihan pernapasan utama bagi penderita asama adalah latihan nafas perut atau diafragma. Latihan pernapasan (Breathing Exercise) berbeda dengan gimnastik respirasi. Selain memperbaiki kelenturan rongga dada juga menghilangkan kondisi yang selalu menegang (memendek dan kaku) otot-otot tersebut. lebih banyak secara pasif. latihan pernapasan selain ditujukan untuk memperbaiki fungsi alat pernapasan. Mengeluarkan nafas melalui mulut yang mencucu seperti sewaktu meniup lilin atau bersiul. Meregangkan otot-otot pernapasan. Kekhususan di dalam latihan wyakni waktu mengeluarkan nafas dikerjakan secara aktif. Terdapat saling keterkaitan antara postur tubuh otot-otot tubuh yang membesar dan kaku. gimnastik respirasi atau senam pernapasan.Kedua. sehingga memudahkan pernapasan yang benar dan memperbaiki postur rubuh. penderita secara spontan dapat relaksasi. dinding perut relaks (pasif) dan udara masuk ke paruparu melalui hidung. juga bertujuan melatih penderita untuk mengatur pernapasan jika terasa akan datang serangan.mengempis secara optimal.

Contoh makalah pengertian tujuan senam dalam Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kedokteran .Artikel Kesehatan Artikel mengenai tujuan senam olahraga di fkunhas.com.com. fkunhas. memendek dan kaku..Artikel Kesehatan Artikel mengenai tujuan senam lantai di fkunhas.com 0.com .2/2011 Tujuan Senam Lantai .com 0.html dicuplik dari Google . fkunhas.com fkunhas.html dicuplik dari Google .html dicuplik dari Google . Contoh makalah tujuan senam secara umum dalam Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kedokteran .com fkunhas.com/l/tujuan+senam.2/2011 Tujuan Senam Olahraga .html dicuplik dari Google . fkunhas.com 0. fkunhas.com fkunhas.com/l/tujuan+senam+secara+umum.2/2011 Tujuan Senam Aerobik .com. fkunhas. Pengertian Tujuan Senam .com 0.com fkunhas. Contoh makalah tujuan senam olahraga dalam Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kedokteran fkunhas. pada penderita asma berat yang kronis.. Gymnastik-Respirasi untuk penderita asma.2/2011 Tujuan Senam Aerobic . fkunhas.Artikel Kesehatan Artikel mengenai tujuan senam secara umum di fkunhas. Contoh makalah tujuan senam dalam Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kedokteran fkunhas. serta pernapasan yang paradoksal..html dicuplik dari Google .com 0.2/2011 Tujuan Senam Secara Umum . biasanya telah memasukkan unsur perbaikan postur tubuh ini di dalamnya.com/l/tujuan+senam+aerobic. Contoh makalah tujuan senam lantai dalam Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kedokteran fkunhas. nampak otot-otot pernapasan menonjol.html dicuplik dari Google .com fkunhas.. Contoh makalah tujuan senam aerobik dalam Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kedokteran fkunhas. Terdapat saling keterkaitan antara postur tubuh otot-otot tubuh yang membesar dan kaku.com fkunhas.postur tubuh. fkunhas.com 0. postur tubuh menjadi agak bungkuk dengan kedua bahu agak terangkat.com.2/2011 Tujuan Senam .com 0.com/l/pengertian+tujuan+senam.com.com/l/tujuan+senam+aerobik.com/l/tujuan+senam+olahraga.Artikel Kesehatan Artikel mengenai tujuan senam aerobik di fkunhas.Artikel Kesehatan Artikel mengenai tujuan senam aerobic di fkunhas. Contoh makalah tujuan senam aerobic dalam Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kedokteran fkunhas.Artikel Kesehatan Artikel mengenai tujuan senam di fkunhas.Artikel Kesehatan Artikel mengenai pengertian tujuan senam di fkunhas.

dan mineral yang kemudian dimetabolisme oleh enzim. Pendidikan dan konseling merupakan bagian dari asuhan 4. fkunhas.html dicuplik dari Google .com 0. kanker-kanker tersebut tampaknya meningkalkan persentase kasus dini dan harapan hidup secara keseluruhan.2/2011 Tujuan Senam Lantai Kayang . yang mungkin tidak akan pernah tampak secara klinis.fkunhas..com/l/tujuan+senam+lantai. Keluarga sebagai pusat asuhan 3.html dicuplik dari Google . karbohidrat.com fkunhas.2/2011 1 2 3 4 5 6 7 8 Artikel Kesehatan Lainnya Patofisiologi Gangguan Metabolisme Bawaan Bayi yang lahir dengan gangguan metabolisme bawaan mengalami kekurangan enzim yang esensial dalam reaksi biokimia tubule atau defisiensi jumlah enzim tersebut..Artikel Kesehatan Artikel mengenai tujuan senam lantai kayang di fkunhas. Semua makanan yang diingesti dipecah menjadi lemak. Uji skrining kanker payudara Skrining kanker payudara mungkin hanya meningkatkan deteksi kanker-kanker yang lebih indolen. Contoh makalah tujuan senam lantai kayang dalam Kumpulan Artikel Kesehatan dan Kedokteran . Tidak ada intervensi dalam asuhan 5. protein. Asuhan yang berkesinambungan 2. Fleksibitas dalam asuhan 6. vitamin. Apabila dimasukkan ke dalam kanker yang memiliki kaitan klinis. yaitu: 1. Konsep pelayanan antenatal menurut Ela Joy Lehrman Lehrman mengemukakan 8 konsep yang penting dalam pelayanan antenatal.com/l/tujuan+senam+lantai+kayang. Keterlibatan dalam asuhan .

wordpress.com/2008/09/26/senam-hamil-2/ senam lantai senam lantai Tujuan latihan push up adalah melatih kekuatan otot . Adapun penyempitan pembuluh arteri ke otak dapat menimbulkan stroke. tangan b. Dahulu kala gout dianggap akibat adanya tetesan jahat yang masuk ke dalam sendi. berarti tetesan. • Peradangan sendi kronik berulang (disebut arthritis gout). lengan dan bahu 19. atau jaringan lunak. . Artikel PDF Terkait Situs Lainnya Powered by Senam Hamil « Referensi Kesehatan senam hamil referensi kesehatan Mochtar (1998) membatasi tujuan senam hamil menjadi tujuan secara umum dan khusus. Sumber: http://creasoft. Advokasi dari klien 8. • Terganggunya fungsi ginjal (nefropati gout). Sumber: http://www. kecuali . • Terbentuknya batu asam urat di ginjal.7.scribd. Bilamana penyempitan ini menjadi parah maka dapat terjadi serangan jantung. Otot jantung diberi oksigen dan nutrisi yang diangkut oleh darah melalui arteri-arteri koroner utama yang bercabang menjadi sebuah jaringan pembuluh lebih kecil yang efisien.com/doc/23737510/senam-lantai . a. Penyakit Gout dan Artritis Gout Arti/istilah Gout berasal dari kata gutta. akibat akumulasi kristal MSU di persen-dian. Sedangkan arteri ke otak yang mengangkut substansi yang sama.. tulang rawan. . • Timbulnya tofi.. tujuan tersebut dijabarkan sebagai berikut : Tujuan umum senam hamil adalah melalui latihan . . Waktu Penyakit Jantung Koroner (PJK): Sebab. Mekanisme dan Gejala Penyakit jantung koroner (PJK) adalah suatu kelainan disebabkan oleh penyempitan atau penghambatan pembuluh arteri yang mengalirkan darah ke otot jantung. Endapan kristal MSU di jaringan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti: • Peradangan sendi akut. lengan c. . Dibawah ini merupakan gerakan pada senam lantai.

Sumber: http://www. Tutorial Flu H1N1 (Flu Babi) Video interaktif tentang Flu H1N1/Swine Flu/Flu Babi. Sumber: http://pojokpenjas.Sejarah Dan perkembangan olahraga Senam sejarah dan perkembangan olahraga senam Pendahuluan Dengan adanya cabang olah raga senam yang ada di Indonesia...blogspot. Maka pada mata kuliah sejarah ini perlu adanya pembahasan tentang apakah olah raga Dayung itu.. Apakah senam itu? Untuk menjawab pertanyaan demikian alangkah baiknya diberi . Tujuan . sistematika latihan maupun tujuan-tujuannya. Social Media .scribd.com/2008/08/senam.html Disclaimer: Ringkasan artikel tentang tujuan senam di atas bersumber dari mesin pencari.com/doc/20054116/Sejarah-Dan-perkembangan-olahraga-Senam PENDIDIKAN JASMANI: SENAM pendidikan jasmani senam Perkembangan itu terlihat dalam bentuk-bentuk gerakan. • Tool Kesehatan Online Kalkulator Body Mass Index (BMI) Tool Kesehatan untuk mengkukur Body Mass Index.. Silahkan menuju source/sumber situs yang tertera untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tujuan senam.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful