Histofisiologi 1. Ligamen suspensori lensa menghubungkan kapsula lensa ke mana?

Jawab: ligament suspensorium lensa (zonula zinii) menghubungkan lensa ke musculus siliaris yang terletak pada korpus siliaris 2. Muskulus siliaris, terdiri atas sel mioepitel atau sel-sel otot polos? Jawab: korpus siliaris mengandung 3 berkas otot polos yang dikenal sebagai muskulus siliaris 3. Apakah sel-sel tersebut bersifat voluntary? Jawab: sel-sel otot siliaris bersifat involunter dan berkontraksi ketika kita melihat jauh 4. Uraikan proses akomodasi untuk penglihatan dekat!

Jawab: ketika mata melihat suatu benda yang dekat maka otot-otot siliaris akan berkontraksi dan tegangan di ligament suspensorium akan berkurang (mengendur) sehingga lensa menjadi lebih cembung 5. Bandingkan dua lapisan epitel pada permukaan prosesus siliaris dengan dua lapisan pada

permukaan poeterior iris! Jawab:

Korpus siliaris dilapisi oleh 2 lapis epitel kuboid. Lapisan luar kaya akan pigmen dan merupakan lanjutan lapisan epitel pigmen retina. Lapisan dalam yang tidak berpigmen merupakan lanjutan lapisan reseptor retina, tetapi tidak sensitif terhadap cahaya. Selsel di lapisan ini akan mengeluarkan cairan filtrasi plasma yang rendah protein ke dalam bilik mata belakang (kamera okuli posterior) yang dikenal sebagai aqueus humor.

Permukaan posterior iris dilapisi oleh 2 lapisan epitel. Lapisan epitel dalam yang berhubungan dengan bilik posterior penuh dengan granul (pigmen) melanin. Sel-sel epitel luar memiliki juluran-juluran mirip lidah yang tersusun radier di bagian basalnya dan juluran tersebut dipenuhi miofilamen yang tumpang tindih yang

membentuk muskulus dilator pupil di iris. dilator papillae pada diameter berkas cahaya yang akan menimpa retina? Jawab: ketika system saraf simpatis terstimulasi maka mm. Melanosit stroma iris menentukan warna mata. 6. Bagian system saraf autonom mana yang menyebabkan kontraksi pupil dalam cahaya terang? Jawab: dalam keadaan terang otot iris yaitu muskulus kontriktor pupillae (otot sirkuler) yang dipersarafi oleh system saraf parasimpatis akan berkontraksi untuk mengontrol jumlah cahaya yang masuk. Akibat nya pupil mengecil (konstriksi) 7. Banyaknya pigmen mencegah masuknya cahaya ke dalam mata. Hal tersebut menyebabkan diameter berkas cahaya yang masuk akan membesar. Apa dampak stimulasi system saraf simpatis pada mm. . Fungsi sejumlah sel melanosit atau sel pigmen yang berisi melanin di beberapa daerah mata adalah untuk mencegah berkas cahaya yang dapat mengganggu pembentukan bayangan. dilator papillae akan berkontrasi yang mengakibatkan diameter pupil membesar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful