Kelompok

:
-Bela.P -M.Azmi_F -Gumilar_M.P -Hilman -Ade Hendra -Robby_F

Kelas : 9B

SMPN 42 BANDUNG

Uraian dalam portopolio ini sengaja dibuat dalam bentuk teks sederhana dengan maksud agar pembaca yang membaca portopolio ini secara aktif dan mandiri menjadi mudah membacanya. 1 .Kata Pengantar Puji dan syukur penulis haturkan ke hadapan tuhan yang maha esa atas izin-nya Portopolio seni rupa ini selesai di susun. Urutan dan isi dalam portopolio ini sesuai dengan apa yang penulis amati dari sumber internet.penulis menunggu kritik membangun dari bapak/ibu guru yang membaca portopolio ini.oleh karena itu.serta kemajuan pendidikan di Indonesia. Penulis tugas ini menyadari bahwa tugas ini masih banyak kekurangannya. Portopolio ini berisi=Karya karya seni rupa murni daerah jawa barat.

.............2 Pengertian seni murni...3 Seni lukis...........15 2 ...................................................................10 Seni keramik...4 Seni patung.........................14 Seni grafis............................1 Daftar isi.........................................................................Daftar isi : Kata pengantar.......

Seni murni dapat disebut juga Fine art atau Free art. Sebagai contoh adalah lukisan. seni murni tidak untuk dimanfaatkan sebagai alat bantu lain.Pengertian seni murni Seni murni adalah seni yang dikembangkan untuk dinikmati keindahannya.tetapi dalam perkembangan selanjutnya ada jenis seni terapan yang berubah fungsi atau kehilangan kegunaan praktisnya. Berbeda dengan seni terapan.seni keramik dan seni grafis.seni patung. dan patung. kaligrafi. Lingkup seni murni pada awalnya adalah seni lukis dan seni patung. 3 . Yang dimanfaatkan pada seni ini adalah nilai keindahannya. Seni murni mengutamakan sifat estetikanya dibandingkan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.Sehingga muncul jenis seni murni adalah seni lukis.

 ¦¤¦ £ §  ¦ ¦ §  ¦§¦ ¤ £© © ©     ¡      ¡ ¦ ¦¤   ¦¥  ©¦¦ ¥ ¦ §  ¦ ¦! ¦ ¦      ¡  ¡   ¡ ¡ ¦¥  ¦£ ¦¤¦ £ §  ¦ ©¦¢  ¦¥ ¤£¢ ¦ §  ¦¦ ¥ ¦ ¦ §   ¡     ¡   ¡  ¡   ¡ ¡ ¦¥  ¦© ¦¢ ¦§ § ¢ ¦¤ ¦ ¦§  ¦ ¦  ¥¦© ¤  ¥¦ ¦¤         ¡ ¡ ¡ ¡   ¨ © ¥  ¦ ¦¥ ¦ ¦ ¤£©   ¦¥  ¦¥ ¤£¢ £ §  £© ©  ©      ¡    ¡   ¡ ¡ ¦¥ ¤ ©¦ ¦§  ¤£© £ ¥  § ¦ © ¤  ¦§ ¦¦¤£     ¡   ¡        ¡ ¡ £¦©¦ ¡ ¥  ¡ § ¦£§ £¡ §  ¨¦¢     ¦©¦¡  ¤ ¨¦¢ ¦§¦ ¥¡ ¤£¢ e c e e e e e Me e e e e c y e y e e e e e y e y e e e A e e e y e e e e e e e e e y e e e e y Salah satu te te e al gambar prase arah yang dilakukan orang-orang gua adalah dengan menempelkan tangan di dinding gua. lalu menyemburnya dengan kunyahan dedaunan 0 3# 3% 03 8 " 00% "1 B 0"$"7 2"'" ) #2A"3 ) 40"#" % '# A & "0"$# 5 & 40" % # '" 6 0"3"02440 0"40 5 " 0"$ '"27% 5 "&% 7 #"7 "4 2"'" 0"&% 321 6 6 $"27 8 0"A25% $ 3 % #"5 40% '0 A 0"% 4"7@ 0"% 4"7 0"3"#'% 0 6 32'02 "24 40% 50% 5@ 40% 50% 5 "5"A #"7 "4 '"27 % "1 2 6 6 6 6 $"1 ' "% &20" 40" ( 3 0 0 ) 21 "1 40" 02$"' 0"27% # 3" & 6 6 B "C$"7 0"3'"$%1 # A $"#" &"#A 0"1 "440% 0 A@ 0"1 "440% 0 9 6 6 B 8 #"7 "4 0"40 5 '% "3# ' '"40"& &% 321 % 0 & ) &% #('&% $ "#" 6 e c e e e y e e e e e y e y e e e e e Se e ¥ ©  ¥ ¤£¢ ¡ ¡   ¨   e  ¦¦   ¡ ¦§ ¨£©£ ¨¡  ¢  ¦  ¦ ¦    ¦  ¥ ¦¢ ¦§¦ ¥ ¤£¢ ¥  ¦¦¥  ¦ ¦ ©  ¦¥¦§         ¡ ¡ ¡  ¨ £ ¨ ¥ ¦§  ¦¦ £©¦¥ ¦¢ ¦¥ ¦¢ ¦§¦ ¥ ¤£¢ ¦   ¦ £        ¡  ¡ ¡ ¡  ¨ ¨ Sec e e Zaman prasejarah C Me e e e v Se Seni L kis c e e 4 .

lukisan kebanyakan dibuat di atas bidang datar seperti dinding. dimensi datar). ereka mulai menemukan semacam cita-rasa keindahan dalam kegiatannya dan terus melakukan hal itu sehingga mereka menjadi semakin ahli. dan laut. Pada satu titik. Bentuk dari objek yang digambar tidak selalu serupa dengan aslinya. isalnya. Kemudahan ini memungkinkan gambar (dan selanjutnya lukisan) untuk berkembang lebih cepat daripada cabang seni rupa lain seperti seni patung dan seni keramik. kertas. bila diatur sedemikian rupa. ereka adalah seniman-seniman yang pertama di muka bumi dan pada saat itulah kegiatan menggambar dan melukis mulai condong menjadi kegiatan seni. Seperti gambar. akan nampak lebih menarik untuk dilihat daripada biasanya. Ini disebut citra dan itu sangat dipengaruhi oleh pemahaman si pelukis terhadap objeknya. Objek yang sering muncul dalam karya-karya purbakala adalah manusia. gambar seekor banteng dibuat dengan proporsi tanduk yang luar biasa besar dibandingkan dengan ukuran tanduk asli. Hasilnya adalah jiplakan tangan berwana-warni di dinding-dinding gua yang masih bisa dilihat hingga saat ini. ada orang -orang tertentu dalam satu kelompok masyarakat prasejarah yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggambar daripada mencari makanan.atau batu mineral berwarna. lantai. atau kan as. Dalam pendidikan seni rupa modern di Indonesia. Seni lukis zaman klasik Seni lukis zaman klasik kebanyakan dimaksudkan untuk tujuan: 5 E E D E E . citra mengenai satu macam objek menjadi berbeda-beda tergantung dari pemahaman budaya masyarakat di daerahnya. bukit. dan objek-objek alam lain seperti pohon. Karena itu. binatang. sungai. ereka mulai mahir membuat gambar dan mulai menemukan bahwa bentuk dan susunan rupa tertentu. gunung. Pencitraan ini dipengaruhi oleh pemahaman si pelukis yang menganggap tanduk adalah bagian paling mengesankan dari seekor banteng. sifat ini disebut juga dengan dwi-matra (dua dimensi.

Seni rupa menemukan jiwa barunya dalam kelahiran kembali seni zaman klasik. Seni lukis zaman Renaissance Berawal dari kota Firenze. Ilmu pengetahuan dianggap sebagai sihir yang bisa menjauhkan manusia dari pengabdian kepada Tuhan. Kebanyakan lukisan di zaman ini lebih berupa simbolisme. namun sebagai alat baru untuk merebut kembali kekuasaan yang dirampas oleh Turk i. seni lukis mengalami penjauhan dari ilmu pengetahuan.y y Mistisme (sebagai akibat belum berkembangnya agama) Propaganda (sebagai contoh grafiti di reruntuhan kota Pompeii). Sehingga sulit sekali untuk menemukan lukisan yang bisa dikategorikan "bagus". Sains di kota ini tidak lagi dianggap sihir. seni lukis pun tidak lagi bisa sejalan dengan realitas. Lukisan pada masa ini digunakan untuk alat propaganda dan religi. Setelah kekalahan dari Turki. Di zaman ini lukisan dimaksudkan untuk meniru semirip mungkin bentuk-bentuk yang ada di alam. Seni lukis zaman pertengahan Sebagai akibat terlalu kuatnya pengaruh agama di zaman pertengahan. Beberapa agama yang melarang penggambaran hewan dan manusia mendorong perkembangan abstrakisme (pemisa han unsur bentuk yang "benar" dari benda). kibatnya. 6 F . bukan realisme. Hal ini sebagai akibat berkembangnya ilmu pengetahuan dan dimulainya kesadaran bahwa seni lukis mampu berkomunikasi lebih baik daripada kata-kata dalam banyak hal. Dukungan dari keluarga deMedici yang menguasai kota Firenze terhadap ilmu pengetahuan modern dan seni membuat sinergi keduanya menghasilkan banyak sumbangan terhadap kebudayaan baru Eropa. banyak sekali ilmuwan dan budayawan (termasuk pelukis) yang menyingkir dari Bizantium menuju daerah semenanjung Italia sekarang.

dan kriya diarahkan kepada kur a-kur a halus yang kebanyakan terinspirasi dari keindahan garis-garis tumbuhan di alam. akan biaya pembuatannya menjadi sangat mahal). sehingga perkembangannya pun tidak melalui 7 H H H H G . Sejarah seni lukis di Indonesia Seni lukis modern Indonesia dimulai dengan masuknya penjajahan Belanda di Indonesia. Raden Saleh kemudian melanjutkan belajar melukis ke Belanda. Tokoh yang banyak dikenal dari masa ini adalah: y y y y y Tomassi Donatello Leonardo da Vinci Michaelangelo Raphael rt nou eau Re olusi Industri di Inggris telah menyebabkan mekanisasi di dalam banyak hal. Raden Saleh Syarif Bustaman adalah salah seorang asisten yang cukup beruntung bisa mempelajari melukis gaya Eropa yang dipraktekkan pelukis Belanda. pengaruh seni di kota Firenze menyebar ke seluruh Eropa hingga Eropa Timur. karyakarya seni rupa. Sebagai dampaknya. Kecenderungan seni rupa Eropa Barat pada zaman itu ke aliran romantisme membuat banyak pelukis Indonesia ikut mengembangkan aliran ini. Namun seni lukis Indonesia tidak melalui perkembangan yang sama seperti zaman renaisans Eropa. seniman beralih ke bentuk-bentuk yang tidak mungkin dicapai oleh produksi massal (atau jika bisa. Lukisan. Barang-barang dibuat dengan sistem produksi massal dengan ketelitian tinggi.Pada akhirnya. Sebagai jawabannya. keahlian tangan seorang seniman tidak lagi begitu dihargai karena telah digantikan kehalusan buatan mesin. sehingga berhasil menjadi seorang pelukis Indonesia yang disegani dan menjadi pelukis istana di beberapa negera Eropa.

liran seni lukis Surrealisme Lukisan dengan aliran ini kebanyakan menyerupai bentuk-bentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Saleh sampai awal abad XXI ini. Objek yang berhubungan dengan keindahan alam Indonesia dianggap sebagai tema yang mengkhianati bangsa. Lukisan tidak lagi dianggap sebagai penyampai pesan dan alat propaganda. dengan munculnya seni konsep (conceptual art): ´Installation rtµ.tahapan yang sama.Gerakan Manifesto Kebudayaan yang bertujuan untuk melawan pemaksaan ideologi komunisme membuat pelukis pada masa 1950an lebih memilih membebaskan karya seni mereka dari kepentingan politik tertentu. yang bukan lagi sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat. sebab dianggap menjilat kepada kaum kapitalis yang menjadi musuh ideologi komunisme yang populer pada masa itu. Bersama itu pula seni lukis kon ensional dengan berbagai gaya menghiasi galeri galeri. tetapi merupakan bisnis alternatif in estasi. sehingga era ekspresionisme dimulai. Kemapanan seni lukis Indonesia yang belum mencapai tataran keberhasilan sudah diporak-porandakan oleh gagasan modernisme yang membuahkan seni alternatif atau seni kontemporer. sehingga melahirkan abstraksi. Selain itu. yang pernah menjamur di pelosok kampus perguruan tinggi seni sekitar 1993-1996. terasa masih terombang-ambing oleh berbagai benturan konsepsi. Kemudian muncul berbagai alternatif semacam ´kolaborasiµ sebagai mode 1996/1997. Era re olusi di Indonesia membuat banyak pelukis Indonesia beralih dari tema-tema romantisme menjadi cenderung ke arah "kerakyatan". dan ´Performance rtµ. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untu k menghasilkan sensasi 8 I I P I P I P . Perjalanan seni lukis Indonesia sejak perintisan R. alat lukis seperti cat dan kan as yang semakin sulit didapat membuat lukisan Indonesia cenderung ke bentuk-bentuk yang lebih sederhana.

dimana lukisan tersebut menggunakan daun tumbuh-tumbuhan. Kubisme dalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu. multi-teknik. untuk menampilkan idiom-idiom agar relatif bisa mencapai kete patan dengan apa yang telah tertangkap oleh intuisi mempergunakan idiom-idiom yang bersifat: multi-etnis. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Seni lukis daun dalah aliran seni lukis kontemporer. atau multi-style. Bahasa isual yang digunakan berpijak pada konsep PLUR L P INTING. senidaun. 9 R Q R Q Q Q R Q Q . yang diberi warna atau tanpa pewarna. Plural painting dalah sebuah proses berakti itas seni melalui semacam meditasi atau pengembaraan intuisi untuk menangkap dan menterjemahkan gerak hidup dari naluri kehidupan ke dalam bahasa isual. Seni lukis ini memanfaatkan sampah daun tumbuh-tumbuhan. dimana daun memiliki warna khas dan tidak busuk jika ditangani dengan benar. rtinya. Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial. Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Pablo Picasso. Romantisme Merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan.tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya.

Sejarah Asia Berbagai macam jenis patung terdapat di banyak wilayah yang berbeda di Asia. Lihat juga Angkor Wat. biasanya dipengaruhi oleh agama Hindu dan Buddha. Contoh seni patung. Di Indonesia. patungpatung yang dipengaruhi agama Hindu banyak ditemui di situs 10 . Di Thailand. Biasanya diciptakan dengan cara memahat. akan tetapi penjarahan terorganisir yang terjadi berdampak besar pada banyak situs peninggalan di negara itu. kebanyakan patung dikhususkan pada bentuk Buddha. Sejumlah besar patung Hindu di Kamboja dijaga kelestariannya di Angkor.Seni ng Seni patung adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan).

patung patung figur dekoratif dibuat dalam jumlah banyak dan diekspor untuk dana peperangan. batu mulia. Di Jepang. lebih banyak berupa perhiasan. Jain dan Buddha. Buddhisme dan Jainisme berkembang lebih jauh. rtifak-artifak yang ditemukan di Republik Rakyat Cina berasal dari sekitar tahun 10. Kemudian setelah akhir Dinasti Ming (akhir abad 17) hampir tidak ada patung yang dikoleksi museum. Sedangkan pengaruh agama Buddha ditemui di situs Candi Borobudur. karya patung dan lukisan yang tak terhitung banyaknya. Ini adalah salah satu contoh awal karya patung di dunia. para pengrajin Tiongkok mulai mendominasi genre karya patung komersial (patung figur miniatur.000 SM. Kemudian. India menciptakan patung-patung tembaga serta pahatan batu dengan tingkat kerumitan yang besar. Dinasti Zhou (1066-221 SM) menghasilkan bermacam-macam jenis bejana perunggu cetak dengan hiasan yang rumit. Kebanyakan patung di Jepang dikaitkan dengan agama. setelah Hinduisme. seringkali di bawah sponsor pemerintah. dan pada pergantian abad. seperti yan g terdapat pada hiasan-hiasan kuil Hindu. Kebanyakan karya patung Tiongkok yang dipajang di museum berasal dari beberapa periode sejarah.Candi Prambanan dan berbagai tempat di pulau Bali. Patung Buddha pertama ditemui pada periode Tiga Kerajaan (abad ketiga). meskipun saat itu terdapat sekolah patung yang bercorak sosial realis pengaruh So iet di awal dekade rezim komunis. pada saat perang saudara. atau gerabah--dan pada abad 20 yang gegap gempita sama sekali tidak ada karya yang dikenali sebagai karya patung.220 D) dengan patungpatung figur yang mengesankan kekuatan. Dinasti Han (206 SM . Dinasti Qin (221-206 SM) yang terkenal dengan patung barisan tentara yang dibuat dari terracota. Di India. mainan dsb) dan seniman garda depan Tiongkok mulai berpartisipasi dalam seni kontemporer Eropa merika. karya patung pertama kali ditemukan di peradaban Lembah Indus (3300-1700) SM. Yang dianggap sebagai zaman keemasan Tiongkok adalah periode Dinasti Tang. dan 11 S S T S .

jenis penggunaan bahannya juga berkurang. bentuk bersudut. Di dalam Kondo yang berada di Horyu-ji terdapat Trinitas Shaka (623). dan tampilan wajah yang lebih merepresentasi bentuk ideal daripada indi idual. dengan tubuh berat. Berlawanan dengan ini adalah patung yang diciptakan oleh penduduk frika V V U V V U V V V V V 12 . dibalut lipatan draperi tebal yang dipahat dengan gaya hompa-shiki (ombak bergulung). Patung kayu (abad 9) mengambarkan Shakyamuni. Sekolah seni patung Kei. Patung diciptakan dan disimbolkan mencerminkan tempat asal di mana patung tersebut dibuat. patung Buddha yang berupa dua bodhisatt a serta patung yang disebut dengan Para Raja Pengawal Empat rah. Berdasarkan bahan dan teknik yang digunakan serta fungsinya. karya patung berlainan dari satu daerah ke daerah lain. Meskipun para antropolog berpendapat bahwa patung yang mula-mula dikenal di frika berasal dari kebudayaan Nok di Nigeria sekitar tahun 500 SM. patung tanah liat yang disebut haniwa didirikan di luar makam. Selama periode Kofun (abad ketiga). kurun waktunya lebih awal daripada periode Nok. yang menghiasi bangunan sekunder di Muro-ji. Patung logam yang berasal dari bagian timur frika barat. seperti Benin. adalah ciri khas dari patung awal periode Heian. salah satu bentuk Buddha. Para seniman frika cenderung lebih menyukai karya tiga dimensi dibandingkan dengan dua dimensi. karya-karya seni frika Pharaonic (berkaitan dengan zaman Mesir kuno). frika Seni rupa di frika memiliki penekanan pada seni patung. dianggap sebagai yang terbaik yang pernah dihasilkan. menciptakan gaya patung baru dan lebih realistik.seiring dengan berkurangnya peran tradisi Buddhisme. Di frika Barat figur patung memiliki tubuh memanjang. serta ekspresi wajah yang terkesan serius dan menarik diri. Figur-figur tersebut dipakai dalam ritual keagamaan dan seringkali permukaannya dilapisi bahan lewat upacara sesaji.

Swedia dan Rusia diadakan festival patung es yang diselenggarakan secara berkala. Selain patung tanah liat ada juga sandaran kepala dari kayu yang dikuburkan bersama pemiliknya dalam makam. Kawasan A rika Tengah memiliki gaya patung yang menyolok yang dengan mudah dapat diidentifikasi dari mana asal patung itu dibuat. Patung karya mereka terbuat dari kayu memiliki permukaan melebar dan rata sementara lengan dan kakinya berbentuk seperti silinder. tulang. Meskipun beberapa kelompok lebih menyukai penciptaan wajah dengan bentuk geometris dan bersudut. Seni Patung Kontemporer Patung domba Di zaman sekarang dimana seni kontemporer mulai berkembang pesat. yang paling banyak digunakan. binatang atau objekobjek lain. 13 W W . Misalnya di beberapa tempat seperti Tiongkok. George Rickey dan Andy Warhol. Tiang ini ditaruh di dekat makam dan diasosiasikan dengan kematian. tanah liat serta logam.Barat yang berbahasa Mande. Figur dari tanah liat ini memiliki tampilan berupa gabungan antara manusia dan binatang. patung bisa menjadi semacam 'seni pertunjukan'. Satu jenis karya tiga dimensi yang dibuat di kawasan Afrika Timur adalah patung tiang. Alexander Calder. Di A rika Tengah ciri khasnya termasuk wajah yang berbentuk seperti hati yang melengkung ke dalam serta pola lingkaran dan titik. Istilah patung kinetik dipakai untuk patung yang dirancang untuk bisa bergerak. Jepang. juga gading. Beberapa seniman yang membuat karya patung kinetik adalah: Marcel Duchamp. Patung figur dari tanah liat tertua yang dikenal di Afrika Selatan berasal dari tahun 400 sampai 600 AD dan memiliki kepala berbentuk silindris. Tiang dipahat berbentuk manusia dan dihias dengan bentuk-bentuk geometris. Kanada. sementara bagian puncaknya dipahat dengan figur orang. batu. Bahan yang digunakan adalah kayu. Sandaran kepala ini berupa bentuk geometris atau figur binatang.

Selain itu dibedakan pula kegiatan kriya keramik berdasarkan prinsip fungsionalitas dan produksinya.Seni eramik Seni Keramik adalah cabang seni rupa yang mengolah material keramik untuk membuat karya seni dari yang bersifat tradisional sampai kontemporer. Dicatat pula bahwa produksi massal dimulai pada abad 17 di Nove and Bassano del Grappa. Hal ini bisa diketahui daripeninggalan Republik Venisia pada tahun 400an. Ceramics di Nove and Bassano Keramik dari awal sangat populer dengan fungsinya sebagai benda dekoratif. Contoh seni keramik. Venus of Dolni Vestonice adalah karya keramik tertua yang pernah ditemukan. Ashura adalah perusahan terpenting di daerah tersebut. 14 .

termasuk tinta ber15 .Seni Grafis Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak. papan kayu untuk woodcut/cukil kayu. Media Seniman grafis berkarya menggunakan berbagai macam media dari yang tradisional sampai kontemporer. ini yang disebut dengan proses cetak. Lukisan atau drawing. menciptakan karya seni orisinil yang unik. batu digunakan untuk litografi. biasanya di atas kertas. Cetakan diciptakan dari permukaan sebuah bahan . biasanya tembaga atau seng untuk engraving atau etsa. Masih banyak lagi bahan lain yang digunakan dalam karya seni ini. secara teknis disebut dengan matrix. Karya-karya yang dicetak dari sebuah plat menciptakan sebuah edisi. Tiap salinan karya dikenal sebagai 'impression'. Matrix yang umum digunakan adalah: plat logam. Kecuali pada teknik Monotype. di sisi lain. di masa seni rupa modern masing-masing karya ditandatangani dan diberi nomor untuk menandai bahwa karya tersebut adalah edisi terbatas. Tiap-tiap hasil cetakan biasanya dianggap sebagai karya seni orisinil. bukan sebuah salinan. prosesnya mampu menciptakan salinan karya yang sama dalam jumlah banyak.

Kemudian seniman mencukilnya lebih lanjut. Biasanya warna yang paling terang diterapkan lebih dulu kemudian ke warna yang lebih gelap. Teknik lain yang disebut dengan serigrafi atau cetak saring (screen-printing) menggunakan lembaran kain berpori yang direntangkan pada sebuah kerangka. Rata -rata digunakan 3 sampai 4 plat. terdapat sejumlah plat.basis air. memberi warna lain dan mencetaknya lagi. Seringkali pewarnaannya -.diterapkan dengan menggunakan plat. Dalam teknik pewarnaan multi-plat. Cetakan kecil bahkan bisa dibuat dengan menggunakan permukaan kentang atau ketela. cat air. dan pigmen padat yang larut dalam air seperti crayon Caran D' che. papan atau screen yang terpisah atau dengan menggunakan pendekatan reduksionis. yang masing-masing menghasilkan warna yang berbeda. lembaran kaca akrilik. Teknik dengan menggunakan metode digital menjadi semakin populer saat ini. jadi sebelumnya perlu dipikirkan pemisahan warna. screen atau papan yang terpisah akan diberi tinta dengan warna berbeda kemudian diterapkan pada tahap tertentu untuk menghasilkan keseluruhan gambar. screen atau papan. Bagian lino atau kayu yang dicukil akan mengekspos (tidak menimpa) warna yang telah tercetak sebelumnya. Tiap penerapan warna akan berinteraksi dengan warna lain yang telah diterapkan pada kertas. 16 X . Tiap plat. tapi adakalanya seorang seniman grafis menggunakan sampai dengan tujuh plat. Karya seni grafis diciptakan di atas permukaan yang disebut dengan plat. cetak saring. cukil kayu serta linocut -. disebut dengan screen. tinta ber -basis minyak. Pendekatan reduksionis untuk menghasilkan warna dimulai dengan papan kayu atau lino yang kosong atau dengan goresan sederhana. plat logam. Permukaan atau matrix yang dipakai dalam menciptakan karya grafis meliputi papan kayu. lembaran linoleum atau batu litografi. pastel minyak.dalam etsa. Warna Pembuat karya grafis memberi warna pada cetakan mereka dengan banyak cara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful