MODUL ± ( PM - 02 ) LATIHAN KERJA BANGKU 1. TUJUAN : Peserta dapat : 1.

Peserta dapat mengetahui jenis ± jenis peralatan kerja bangku 2. Peserta dapat menggambarkan peralatan kerja bangku 3. Peserta mampu memilih alat kerja bangku yang dipakai dalam proses kerja bangku PERALATAN : A. Benda kerja : Baja strip B. Peralatan : 1. Mistar baja 2. Gerinda tangan 3. Mesin gerinda 4. Kikir 5. Penggores 6. Kacamata pengaman. LANGKAH PENGERJAAN 1. Pada proses pengikiran benda kerja dijepitkan pada ragum dengan pas, pada praktek ini kami ingin memperhalus hasil penyekrapan pada modul sebelumnya hal ini dilakukan agar benda kerja lebih presisi seuai perhitungan rencana kerja awal. Pada proses ini kami melakukannya dengan menggunakan kikir besar dengan menggesekannya satu arah pada benda kerja yang dijepitkan pada ragum. 2. Pada proses penggerindaan kami mengerjakan dengan dua mata gerinda, yang flat dan yang berprofil lengkung. Sebelum melakukan proses penggerindaan tangan dipakaikan sarung tangan menghindari resiko kecelakaan kerja. Lalu untuk membuat lengkungan kami menggesekan benda kerja pada mata pahat profil lengkung yang berputar pada speed normal, kami melkaukan pelengkungan sesuai dengan gambar rancangan pada diameter dan raidus yang telah ditentukan sebelumnya. 3. Setelah proses penggerindaan maka benda kerja dicelupkan ke air (fluida) untuk menghilangkan panasa akibat gesekan dengan batu.

2.

3.

4.

TEORI DASAR TEORI DASAR GRINDING. Proses pemesinan abrasive adalah proses cutting ( pemisahan material benda kerja ) yang melibatkan kontak butiran abrasive dengan benda kerja pada kecepatan potong yang yang rendah. Proses grinding merupakan salah satu proses pemesinan abrasive dengan mengggunakan roda gerinda untuk keakuratan dimensi sebagai proses finishing.

Roda gerinda sebagaipemotong memiliki beribu-ribu sisi pemotong yang sangat kecil berputarmemotong benda kerja sebagai pengganti sisi potong yang lebar dari pisau-pisaupotong yang berputar.Menggerinda adalah prosespenggesekan material benda kerja dengan batu sehingga terjadi pengikisanmaterial benda kerja dengan sangat halus sehingga butiran± butiran yang terkikishanya berkurang sedikit demi sedikit sehingga terbentuk hasil yang diinginkan.Mesin gerinda dapat juga digunakan untuk membentuk benda kerja menurut bentuk yang diinginkan dengan membentuk roda gerinda seperti cetakan.Di dalam proses penggerindaan terdapat suatu kondisi penggerindaan optimum. bor. tetapi juga harus mengetahui sifat-sifat bahan asah dan roda gerinda.kehalusan tinggi . Disebabkan oleh banyaknya mata potong yang kecil dalam jumlah yang . Jika menggunakan mikroskop maka kita akan bisamelihat batu ± batu yang kecil dan sangat tajam dalam jumlah yang sangat banyakdalam batu gerinda tersebut. Hal ini dapat menghasilkan beberapa hasil sebagai berikut : . Merupakan metode yang umum dari pemotongan bahkan pada baja yang telah dikeraskan. dan lain . seperti berbagai tipe bebatuan. Untuk mendapatkan hasil kerja yang baik. Ada beberapa keuntungan di dalam proses penggerindaan yakni : 1. Prinsip kerja atau proses pengerjaan dalam pengerindaan adalah sama dengan pemotongan yang dilakukan dengan milling. operator tidak hanya sekedar menjalankan mesin. frais. Mesin gerinda adalah mesin asah yang digunakan untuk menajamkan semua mata pahat yang telah mengalami keausan seperti mata pahatbubut.ongkos penggerindaan termurah Sebuah mesin gerinda terdiri dari sebuah roda penggerinda yang digerakkandengan tenaga mesin dan berputar pada kecepatan yang diinginkan ( biasanyatergantung pada diameter roda dan rating sang perancang. atau dengan menggunakan fitur ± fitur dari control NC atau CNC.Menggerinda atau grinding adalah suatupekerjaan yang dilakukanuntuk melakukan pemotongan yang sangat halus denganmenggunakan roda abrasive sebagai sarana pemotong.MESIN GERINDA.Kondisi penggerindaan optimum ini biasanya merupakan hasil gabungan daribeberapa kondisi penggerindaan. ataupun dari material-material inorganic. hanya saja terdapat perbedaan dalam pemotongan bentukanya saja. Pengontrolan kepalapenggerinda yang bagus sangat memungkinkan dengan menggunakan sebuah roda tangan yang di kalibrerasi dengan vernier caliver. 2.permata.tegangan sisa terendah atau berupa sisa tekan .permata berlian. dan juga sifat logam atau material yang akan digerinda( benda kerja yang akan dibentuk ).lain. biasanya denganmenggunakan formula ) dan sebuah sandaran dengan lapisan penahan untukmengarahkan dan menahan benda± benda kerja. sekrap. Roda ini dapat dibuat dalam berbagai macam ukuran serta dari berbagai macam bahan-bahan.kecepatan penghasilan geram/produktivitas tinggi .

di pasaran pada umumnya terdapat warna merahmuda. untuk melakukan penggerindaan alat-alat potong seperti cutter. Karenaproses pemotongan dilakukan oleh batu gerinda ini.banyak. . perlu dilakukan pemilihan terhadaproda gerinda. untuk melakukan penggerindaan profil pada cutter. Biasanya pemilihan roda gerinda dilakukan berdasarkan pada hal dibawah ini : . putih dan hijau. dimana setiap warna yang dimiliki batu mempunyaikarakteristik yang berbeda pula. . .berikut fungsi dari beberapa jenis batu gerinda : . Proses pembuatan roda gerinda adalah denagn mencampur butiran batu asah(abrasive) dengan perekat (bond) kemudian dicetak dan dikeringkan dalamcetakan pada tekanan tinggi dan suhu mencapai 420C hingga 450C.Tekanan pelepasan logam dalam proses ini kecil sehingga memperbolehkan benda untuk pengerjaan terhadap benda yang mudah pecah dan benda kerja yang cenderung untuk melenting menjauhi perkakas. dan sebagainya.Dish grinding wheels. untuk memotong alat potong ataupun material yang sangat keras. 3. Di dalam melakukan proses penggerindaan. Terdapat beberapa fungsi dari roda gerinda ini juga tergantungproses pemakaiannya. juga mempunyai warna batuyang berbeda pula. Batu Gerinda Batu gerinda merupakan suatu komponen utama yang tidak dapat dipisahkandidalam proses penggerindaan yang telah dijelaskan pada bagian atas tadi. material yang sudah mengalami proses heat treatment. dan sebagainya. untuk melakukan penggerindaan alat-alat potong seperti handtap.Jika dilihat dengan mikroskop dapat dilihat seperti pada gambar dibawah diantarabutiran batu asah terdapat bahan perekat dan pori-pori.Cup wheels. seperti HSS.Cylindrical grinding wheels.Shaped grinding wheels. Batu gerinda terdiri daributiran-butiran batu asah yang saling bersambung yang diikat oleh bahan perakat.Flat wheels. Selain fungsi yang berbeda pada setiap jenis batu. mempengaruhi roda-roda gerinda dalampengasahannya. 4. Penggerindaan dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang singkat dan tingkat ketelitian yang tinggi. . countersink. Fungsi dari batu gerinda tersebut juga berbeda-beda dalam pemakaiannya. 5. untuk melakukan penggerindaan diameter dalam suatu jenis produk. mata bor. maka akan menimbulkan permukaan yang halus dan memuaskan sehingga kadang kala proses penggerindaan dapat dijadikan proses finishing terhadap benda kerja. Diantara abrasive dan bond terdapat bagian-bagian kosong atau pori-pori dalamukuran dan jumlah yang beraneka ragam. pahat bubut. Dapat melakukan pembentukan benda kerja dengan bentuk yang sulit sekalipun.

Boron nitride adalah hasil produksi buatan General Electrik Corp. . Gunakan roda gerinda Siliconcarbida. -Besarnya busur singgungan antara roda gerinda dan benda kerja. Faktor pada proses penggerindaan yang dipengaruhi oleh roda gerinda tersebut diantaranya adalah : 1. amril. alluminium oxide. Selain menggunakan batu gerinda. Barang tersebut mempunyai bentuk kristal berbentuk kubus keras seperti silicon carbide. dihancurkan dan digiling menjadi butiran-butiran kecil. busursinggungan besar berarti luasan gesekan juga luas. -Intan adalah bahan asah yang terkeras. Selain itu.Sedangkan roda gerinda berbutir halus digunakan untuk volume sedikit (tipis untuk finishing). Aluminium. termasuk bahan yang liat. diamond dan lain sebagainya.Volume bahan yang digerinda. batu gerinda akan mengalami keausan. -Amril adalah kristal dari alumunium oksida dan besi oksida dengan persentase campuran yang bermacam-macam.sifat dan bentuk roda gerinda tergantung pada bahan roda gerinda yang merupakan faktor yang berpengaruh pada proses penggerindaan. 2. Bahan bahan tersebut mempunyai kekerasan. Kuningan. untuk volume bahan buangan yang besargunakan roda gerinda yang berbutir besar dan kasar. Pekerjaan ini memakan waktu 36 jam pada temperatur 2000°C. granite.Bahan Asah Bahan asah yang dipakai adalah seperti silicon carbide. Didalam proses penggerindaan. sifat dan bentuk yangberlainan antarabahan tersebut.boron nitrid. kerapuhan. -Cor undum adalah alumunium oksida dengan bermacam-macam tingkat kemurniannya. Silicon carbide berwarna hitam kehijau-hijauan. . Batangan-batangan dipatahkan. termasuk bahan yang keras. Untuk itu gunakan roda gerinda lunak dengan butiran yang besar. . Sedangkan truing ditujukan untuk meratakan permukaan roda gerinda.Perunggu.Alumunium oxide yang mula-mula berasal dari bauksit. Setelah itu silicon carbide diambil dalam bentuk kristalkristal yang banyak. dan rodagerinda lunak untuk bahan yang keras. maka roda gerinda cepat aus.Silicon carbide adalah kombinasi kimia dari karbon dan silicon yang dibuat dari dapur tinggi listrik. Carbon yang murni dan sekarang ini dibuat untuk pembuatan proses industry. proses penggerindaan juga diperlukan cairan pendingin (coolent). kerapuhan. Maka diperlukan proses pengasahan. dll. gunakan roda gerinda yang keras dengan butiran halus. Kekerasan.Bahan roda gerinda mempunyai sifat dan bentuk berbeda dengan kekerasan dan kerapuhan yang berbeda pula. Pengasahan (dressing) ditujukan untuk memperbarui permukaan roda gerinda agar ketajaman pemotongannya baik.-Untuk bahan dengan kekuatan tarik rendah. . Bauksit lebur dalam temperatur 2100°C. yaitu Besi kelabu. juga dibuat dalam dapur tinggi listrik. tembaga. Bahan Perekat . Sedangkan untuk busur 14 singgungan kecil atau sedikit.suhunya stabil hingga 1400°C. Amril dan corundum sebagian besar digunakan dalam pembuatan kertas pengasah dan kain pengasah. gunakan roda gerinda keras untuk bahan yang lunak.

Apabila diputar dengan kecepatan tinggi dan dipertemukan dengan benda kerja. .Bagian poros spindel merupakan bagian yang kritis karena harus berputar dengan kecepatan tinggi juga dibebani gaya pemotongan pada batu gerindanya dalam berbagai arah. . Sedangkan roda gerinda keras perekanya memegang butiran pengasah dengan kuat pada pengerjaan berat dan tekanan kuat. Bagian . 4. Biasanya disusun struktur padat. Ada beberapa tipe-tipe dari perekat yang digunakan dan masing-masing tipe mempunyai kegunaan tersendiri 3.struktur terbuka. Ketahanan roda gerinda adalah kemampuan perekat memegang butiran pengasah melawan pelepasan butiran dalam tekanan penggerindaan. Struktur Roda Gerinda Struktur roda gerinda ditentukan oleh perbandingan dan penyusunan dan butiran-butiran pengasah dan perekat. akan memotong beram-beram yang kemudian menjadi merah dan panas karena gesekan yang keras. Kekerasan roda gerinda tergantung komposisi dan jenis perekat. Tingkatan roda gerinda Yang dimaksud tingkatan roda gerinda adalah kekerasan relatif dan roda gerinda. seperti bagian wajah dari percikan api. Power transmission gerinda berupa spindle.Bagian Mesin Gerinda . Roda gerinda lunak memiliki perekat yang mudah melepas butiran pengasah dalam tekanan penggerindaan. struktur pori ± pori. dimana dirancang untuk melindungi bagian atas badan pekerja. -Power transmission gerinda dilindungi oleh pelindung tetap sebagai peredam getaran. Proyeksi dari permukaan roda gerinda akan terlihat beribu-ribu butiran tajam. -Heavy wheel guard bertujuan untuk melindungi gerinda pada saat berputar dan merupakan pelindung tetap -Meja benda bertujuan untuk mengontrol benda pada saat penggerindaan dan mempengaruhi hasil daripenggerindaan.Bagian meja juga merupakan bagian yang dapat mempengaruhi hasil kerja proses gerinda karena diatas meja inilah benda kerja diletakkan melalui suatu ragum ataupun magnetic chuck yang dikencangkan pada meja ini. Jumlah perekat sekitar 10% sampai 30% darivolume total pada gerinda.Perekat harus mengikat butiran-butiran pengasah bersama-sama dan melengkapi roda gerinda dengan kekuatan dan kekerasan. Fungsinya adalah untuk menopang meja kerja dan menopang kepala rumah spindel . -Pelindung yang dapat diatur ini merupakan safety glass. -Sakelar yang digunakan untuk menghidupkan ketika digunakan ataupun untuk mematikan gerinda ketika tidak digunakan -Batu gerinda adalah bagian yang digunakan untuk mengasah mata potong. -Point of operation gerinda ini merupakan bagian mesin yang dirancang untuk mengasah atau mengikis benda kerja.Bagian badan mesin yang biasanya terbuat dari besi tuang yang memiliki sifat sebagai peredam getaran yang baik.

Roda gerinda ini tidak dibuat dalam bentukyang tipis seperti roda gerinda gerinda untuk memotong karena tidak dapatmenerima beban dari samping. asam atau oli. Perekat ini dicampur dalam bermacam-macampersentase yang baik sehingga mendapatkan bermacam- . feldspar dan kwarsadicampur pada suhu kira-kira 1100°-1350°C.Bentuk Batu Gerinda Perekat Perekat harus mengikat butiran-butiran pengasah bersama-sama dan melengkapi Roda gerinda dengan kekuatan dan kekerasan.Vitrified bonds adalah suatu campuran dari tanah liat. Roda gerinda ini sensitif terhadaphentakan dan pukulan tapi tidak berubah karena panas atau dingin dan tidak dapatdipengaruhi oleh air. . Ada beberapa tipe perekat yang digunakan dan masingmasing tipe mempunyai kegunaan tersendiri.Bentuk .

Oksida alumunium. .Rubber bonds (organik bond) untuk membuat roda gerinda ini.Shelac termasuk jenis polimer. . Dengan perekat ini butiranbutiran pengasahlebih mudah lepas dari pada vitrified bond dan roda gerinda ini disebut ³pulderacting´ yang digunakan khusus untuk mengasah alat-alat potong. . .Synthetic resin bond bakelite adalah salah satu perekat yang digunakan untukpembuatan roda gerinda potong yang tipis. .Karet termasuk polimer dengan sifat elastisitas yang melebihi keramik. ikatannya kuat terhadap temperature yang cukup tinggi.Serbuk shellac dicampur dengan butiran-butiran pengasah dandipanaskan sampai shellacnya meleleh dan menyelimuti setiap butiran pengasah. Campuran butiran-butiranpengasah dan perekatnya dipadatkan didalam cetakan besi dan dibakar padatemperatur 260°C selama 2 . biasanya digunakan dalam proses penghalusan beberapajenis produk seperti camshaft.Metal digunakan sebagai pengikat serbuk intan bagi proses penggerindaan khususdimana umur batu gerinda lebih dipentingkan daripada tingginya temperaturpenggerindaan. . karet murnidicampur dengan sulfur sebagai komponen pemanas.Keramik merupakan bahan pengikat yang paling banyak digunakan. tetapi tidak tahan bahan kejut atau fluktuasi temperatur yang besar.Intan. Roda gerinda ini dapatdigunakan juga sebagai pemotong. . ikatan kuat sampai temperatur kerja yang cukup tinggi. dan pisau. papermill rolls. karena serbuknya mudah terlepas. Ada tiga jenis utama bahan pengikat serbuk abrasif yang umum digunakan. . .oksida seng ditambahkan sebagai bahan anti air.Shellac bonds (organik bond) Roda gerinda ³shellac´ dapat dibuat tipis 3 mmatau kurang. Digunakanuntuk menghilangkan kerak-kerak besi tuang dan menggerinda las Serbuk abrasive merupakan bagian yang aktif yang berfungsi sebagai mata potong yang tersebar diseluruh permukaaan batu gerinda.Kepadatan dari roda gerinda dapat dengan mudah ditentukan oleh proses ³vitrified´.Silicate bonds (mineral bond) komponen ini digunakan silicate dari soda (waterglass). Perekat ini elastis dan ulet.Plastik termasuk jenis polimer yang elastis.Silika ikatannya lebih rendah di bandingkan keramik.macam tingkatan.4 hari. . .Karbida silikon. . yaitu : . Terdapat 4 jenis serbuk abrasif yang umum dipakai : . Perekat ini baik untuk pengerjaan halus dan ketahanan terhadap panas rendah. . umumnya digunakan bagi pengikatan serbuk intan.Nitrida boron.Campuran ini diroll menjadi lembaran dan dipotong.

Mesin gerinda khusus .Mesin gerinda berdiri .Mesin gerinda rata .Mesin gerinda asah potong .Mesin gerinda bangku . mengerjakan.Mesin gerinda silindris . Untuk batu gerinda yang baru.Menggerinda berarti menggosok. membentuk suatu benda kerja dengan menggunakan tool atau pahat yang berputar pada sumbu mesin atau poros mesin. a. Roda pemotong teridiri dari banyak butiran kecil yang dilekatkanbersama.Mesin gerinda berdir Ukuran Butiran Besarnya butiran didapat dengan cara menyaring butiran-butiran tersebut pada penyaring dengan jumlah mata jala tertentu tiap 1¶.Mesin gerinda duduk Sesuai bentuk dan kegunaannya mesin gerinda terdiri dari . ditunjukan dengan pelepasan logam oleh suatu roda amplasputar. Kecepatan potong roda gerinda adalah faktor yang berubah-rubah danmempengaruhi dalam pemilihan tingkat kekerasan roda gerinda.Mesin gerinda tangan . mengauskan dengan gesekan atau mengasahdalam manufaktur. Disesuikandengan keterangan-keterangan dari pabrik pembuat ( lihat tablel kecepatan potongterlampir ).Mesin gerinda sabuk . Mesin gerinda adalah suatu mesin perkakas yang digunakan untukmenyelesaikan. Sedangkan gerak makannya yaitu benda kerja dimana benda kerja yang bergerak lurus sepanjang alas mesin (meja mesin) sedangkan gerak potongnnya yaitu pahatberputar pada sumbu mesin (mesin gerinda rata)Gerak roda mirip denganpemotong freis. Konstruksi mesin.Mesin gerinda permukaan horizontal .Mesin gerinda datar . Tingkat Kekerasan (Grade) Yang dimaksud buka kekerasan butirannya melainkan kemampuan perekat untukmengikat butiran pemotong dalam melwan pelepasan butiran akibat adanyatekanan pemotongan. Kecepatan potong mesin gerinda b. sedangkan gerak potongnya pahat berputar pada sumbu mesin danbergerak sepanjang benda kerja Jenis-jenis Mesin Gerinda Secara umum mesin gerinda dibagi atas 13 bagian yaitu : . langkah penyetimbangannya antara lain : . Kecepatan potong benda kerja c. Faktor yang mempengaruhi tingkat kekerasan roda gerinda. masing-masing butiran berlaku sebagai mata potong miniature Sedangkan untuk mesin gerinda selindris gerak makannya yaitu benda kerjaberputar.

1. Pemilihan roda gerinda Syarat utama yang diperhatikan dalam pemilihan roda gerinda ialah : Sifat fisik dari material yang akan digerinda mempengaruhi pemilihan dari bahan asah.Gunakan roda gerinda siliconcarbide untuk material berkekuatan tarik yang rendah. Banyaknya material yang dihilangkan dan hasil akhir yang diminta mempengaruhi Pemilihan dari ukuran butiran. dimana pada mesin gerinda ini kita dapat melengkungkan sudut dan dan memperhalus permukaan .Material lunak kurang cepat penumpulan butiranbutirannya.Gunakan roda gerinda keras untuk material yang lunak dan gunakan rodagerinda lunak untuk material yang keras. alumunium dan tembaga. bajakecepatan tinggi. Kegunaan proses gerinda selain untuk menghaluskan permukaan ±permukaan namun juga sebagai pembentuk benda kerja sesuai keinginan.Pasang batu gerinda pada poros spindle mesin. kulitdll. ANALISIS. Bila menggerinda material keras.Disini kecepatan produksi bukan faktor yang penting. Seperti contoh besikelabu. Lakukan proses dressing dan periksa kembali kesetimbangannya. agar lebih mudah.gunakanroda gerinda elastic untuk penyelesaian yang terbaik 5. maka lunaknya perekatdiperlukan untuk memudahkan butiran-butiran membelah atau meninggalkan roda gerinda dengan tujuan memunculkan butiran-butiran baru sebagaipenggantinya. kuningan dan perunggu. .Gunakan roda gerinda alumunium oksida untuk materialmaterialberkekuatan tarik yang tinggi. sedangkan batu gerinda yang retak tidak akan berbunyi.Gunakan roda gerinda berbutiran halus untuk penyelesaianyang baik. 3. 2.Gunakan roda gerinda yang kasar dan berpori-pori untuk pemkanan banyak. baja campuran. Pemilihan kikir jug aberpengaruh terhadap hasil yang diperoleh. Proses pengikiran dilakukan dengan menjepit benda kerja pada ragum biasa lalu kita kikir permukaan yang diinginkan dengan searah dan dengan gaya selebar mungkin.Seperti contoh baja karbon.butiran-butiran lebih cepat tumpul darimaterial lunak. dengan mata kikir yang halus maka semakin halus juga permukaan yang kita peroleh. tergantung batu gerinda mana yang kita pakai. perunggu dll. Pukul perlahan batu gerinda dengan kayu atau plastik. besiI tempa. granite. Pasang batu gerinda pada pencekam.Gunakanroda gerinda berbutiran kasar untuk material liat dan berbutiran halus untukmaterial keras. Batu gerinda yang baik Akan berbunyi seperti lonceng.Perekat kuat memungkinkan pemegangan butiran-butiran lebih lama. struktur dan tipe perekat. karet.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful