Tugas Tapis Analog dan Digital

Di Susun Oleh :

RIZKA YUSMIATI USMAN WINNY NATAL B RATNAWATY HENY

D411 10 959 D411 10 964 D411 10 966 D411 10 967

PROGRAM STUDI TEKNIK TELEKOMUNIKASI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HASANUDDIN

y Filter pasif : 1. dan lebih fleksibel dalam perancangannya.HIGH PASS FILTER Filter adalah sebuah rangkaian yang dirancang agar melewatkan suatu pita frekuensi tertentu sekaligus memperlemah semua isyarat di luar pita dan dalam system komunikasi radio sangat penting perannya. filter analog dibagi menjadi : y LPF (Low Pass Filter) y BPF (Band Pass Filter) y HPF (High Pass Filter) y BSF/BRF (Band Stop Filter/Band Reject Filter)  Berdasarkan bentuk respon frekuensi terhadap gain: y Filter Bessel (Maximally Flat Time Delay) y Filter Cauer (Eliptic) y Filter Butterworth (Maximally Flat) y Filter Chepyshev (Tchebycheff) . Kekurangan : dimensi lebih besar daripada filter aktif. 3. Filter terbagi atas beberapa macam yakni :  Berdasarkan sifat penguatannya. Komponen penyusunnya : ohm-Amp.kapasitor.dan frekuensi kerja yang sangat dipengaruhi oleh karakteristik komponen aktifnya. ringan. 2. Keuntungannya : ukurannya yang lebih kecil. filter bisa diklasifikasikan: y Filter aktif : 1.dan resistor. 3. Kelebihan : dapat dipergunakan untuk frekuensi tinggi. lebih murah. Kekurangan : kebutuhan catu daya eksternal. 2. Komponen penyusunnya : induktor.  Berdasarkan daerah frekuensi yang dilewatkan.lebih sensitif terhadap perubahan lingkungan.kapasitor.dan resistor.

Memisahkan komponen arus searah dengan arus bolak-balik. Memisahkan frekuensi rendah dengan frekuensi tinggi 3. Simbol Filter Daerah passband sebuah filter di definisikan sebagai daerah pita frekuensi yang dibatasi oleh penurunan daya -3 dB. .Adapun fungsi dari filter antara lain : 1. Simbol-simbol dari filter antara lain : Gambar 1. Melewatkan frekuensi dalam rentang tertentu (disebut pita lolos atau passband). dan meredam sinyal masukan diluar daerah frekuensi pita lolosnya (disebut stopband) 2. Frekuensi dimana terjadi penurunan daya -3 dB (daya turun ½ dari daya maksimumnya) disebut frekuensi ³Cutoff´.

adalah salah satu filter yang sangat banyak digunakan dalam system telekomunikasi radio. Filter BPF. BSF umumnya digunakan secara khusus sebagai duplexer atau hybrid. Dengan BSF. Umumnya digunakan pada bagian oenerima seperti filter IF (Intermedite Filter) atau pada bagian pemancar sebagai Tune Amplifier. HPF. Frekuensi di atas fc besar tegangan keluarannya tetap. Pada HPF pasif . Band Stop Filter (BSF). High Pass Filter (HPF). High Pass Filter (HPF) merupakan kebalikan dari Low Pass Filter (LPF) yaitu tegangan keluarannya diperlemah untuk semua frekuensi di bawah frekuensi cut off fc. BSF. komunikasi ³full duplex´ seperti HP atau radio telephone dapat memancar dan menerima pada frekuensi yang berbeda dengan menggunakan satu antenna secara bersamaan tanpa saling ganggu. Sedang HPF digunakan untuk menekan frekuensi-frekuensi rendah yang dibangkitkan dari pengapian kendaraan bermotor (buzi) atau frekuensi jala-jala PLN dan lainnya. Filter LPF umumnya digunakan pada bagian akhir dari sebuah pemancar yang berfungsi untuk menekan frekuensi harmonisa yang ada sehingga tidak ikut ditransmisi ke antenna dan mengganggu station pemancar lain. dan BPF Gambar 2 memperlihatkan respon frekuensi dari filter Low Pass Filter (LPF). Grafik respon frekuensi filter LPF. dan Band Pass Filter (BPF).Gambar 2.

sedangkan pada HPF aktif ternormalisasi terjadi perubahan dari resistor menjadi kapasitor dan juga sebaliknya. High pass filter (HPF) berfungsi meneruskan sinyal di atas frekuensi cut off sedangkan yang berada dibawah frekuensi cut off diredam (FcoH) High Pass . . sedangkan frekuensi rendah tidak dapat membangkitkan tegangan yang cukup pada beban. Filter digunakan untuk mengeliminasi getaran frekuensi rendah Gambar 3 di bawah ini merupakan gambar untuk filter-filter high pass yang ideal dan praktis. Gambar 3.ternormalisasi akan terjadi perubahan dari induktor menjadi kapasitor dan sebaliknya. Respon Frekuensi Keluaran High Pass Filter Pasif Seperti yang diilustrasikan dalam gambar 4 di bawah ini. HPF melewatkan ke beban frekuensi-frekuensi yang lebih tinggi dari frekuensi cutoff.

L menggunakan induktansi untuk peredam reaktansi tinggi pada saluran. . frekuensi audio yang lebih tinggi dalam passband dapat menghasilkan tegangan pada resistansi beban. cutoff 50Hz (b) Rangkaian kopling RC (c) Tipe L terbalik (d) Tipe T (e) Tipe Grafik dalam gambar 4 (a) menunjukkan respon HPF dengan stopband 050 Hz. yang mengizinkan sebagian besar tegangan dibangkitkan pada RL. Di atas frekuensi 50 Hz. Untuk frekuensi-frekuensi rendah. RL secara efektif dihubung singkat oleh reaktansi induktif yang rendah pada saluran. Induktansi pada saluran mempunyai reaktansi yang lebih tinggi dengan kenaikan frekuensi. Rangkaian High Pass Filter (a) kurva respon dengan frek. Filterisasi HPF dihasilkan dari penggunaan CC sebagai kapasitor kopling yang terhubung seri dengan beban seperti dalam gambar 4 (b).Gambar 4. Tipe . T. yang mengizinkan impedansi shunt tidak lebih rendah dari nilai RL. Dalam cara ini komponen frekuensi yang lebih tinggi dari tegangan masukan dapat membangkitkan tegangan yang sangat kecil pada kapasitor seri. Demikian juga CC mempunyai reaktansi yang tinggi dan membangkitkan tegangan pada beban.

di mana reistansi dikali dengan kapasitor (RXC) adalah time constant ( ). dan C dalam farad. . High Pass Filter yang paling simple terdiri dari kapasitor yang terhubung secara paralel dengan resistor. Ketika filter seperti dibangun menjadi loudspeaker kabinet itu biasanya filter pasif yang juga mencakup low pass filter untuk woofer dan sering menggunakan kedua kapasitor dan induktor (meski sangat sederhana high pass filter untuk tweeter dapat terdiri dari kapasitor seri dan tidak ada yang lain . dalam sekon. R dalam ohm.Filt i i ti i i t ti ii i i ilt i i l t l l i t l ti i li i HPF di sebagai bagian dari crossover audio untuk mengarahkan frekuensi tinggi ke t eeter sementara pelemahan sinyal bass yang dapat mengganggu atau kerusakan pembicara. Sehingga frekuensi cutoff dapat dirumuskan. Dimana f dalam satuan hert .

01 µF = 0.1) Contoh : Jawab : Diketahui : R = 10 kŸ = 1 x 10 4 C = 0.01 x 10 -6 Ditanyakan : fc = « ?? Penyelesaian : .

Sebuah aplikasi yang sangat umum dari high pass filter pasif. menormalkan persyaratan redaman sehingga kurva low pass atenuasi dapat digunakan : f/fc = 30 MHz / 60 MHz KESIMPULAN High Pass Filter adalah berlawanan dengan low pass filter. dalam amplifier audio sebagai kapasitor coupling antara dua tahap penguat audio dan dalam sistem speaker untuk mengarahkan sinyal frekuensi yang lebih tinggi ke "tweeter" tipe speaker yang lebih kecil sementara memblokir sinyal bass yang lebih rendah atau juga digunakan sebagai filter untuk mengurangi noise frekuensi rendah atau "gemuruh" tipe distorsi. Asumsikan bahwa 0. c = 1 / (2 RC).5 dB ripple passband. sampai dengan cut off frekuensi tertentu ( c). dapat ditemukan dengan menggunakan rumus. Bila digunakan seperti ini di aplikasi audio penyaring bernilai tinggi kadang-kadang disebut "low-cut". Rentang frekuensi "di bawah" titik cut-off c umumnya dikenal sebagai Band Stop Filter sementara rentang frekuensi "di atas" titik cut-off umumnya dikenal sebagai Band Pass Filter.2) Desain sebuah LC High Pass Filter dengan fc = 60MHz dan redaman minimum = 40 dB pada 30 MHz.5 dB Ditanyakan : Desain HPF ?? Penyelesaian : Pertama. atau "bass-cut" filter. . Filter ini tidak memiliki tegangan output dari DC (0Hz). Frekuensi cut-off -3dB. Jawab : Diketahui : fc = 60 MHz redaman minimum = 40 dB pada 300 Ÿ ripple passband = 0.

http://mujurrose. ST.wordpress.DAFTAR PUSTAKA 1.Christian Lumembang. MT 2. MT 4. Bahan ajar Rangkaian Listrik II Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG oleh Ir. MT dan Ir.com/3.orgfree.h tm 6. Buku Penuntun Praktikum Laboratorium Frekuensi Tinggi-1 Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG oleh Sulwan Dase.Christian Lumembang.smkn3jambi. Job Praktikum Perancangan dan Fabrikasi Elektronika Program Studi Teknik Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG oleh Ir. http://kursusaudio.ppt 7.id/materi/rangkaian_filter/macam_filter.com/tag/highpass-filter/ . Yappa Baru.edukasi. http://www.sch. Catatan buku mata kuliah Rangkaian Listrik II 5. MT 3.

id/internal/131645339/material/03_FilterPasif.ac.ws/filter/filter_2. http://staff.electronicstutorials.html&ei=mG7bTPLWAcrQcayc8MMG&sa=X&oi= translate&ct=result&resnum=4&ved=0CC8Q7gEwAw&prev=/search%3Fq% 3Dhigh%2Bpass%2Bfilter%2Bpasif%26hl%3Did%26client%3Dfirefoxa%26hs%3Dth4%26sa%3DG%26rls%3Dorg.mozilla:enUS:official%26channel%3Ds 9.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www. http://translate.8.pdf .co.google.ui.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful