BAB II TINJAUAN PUSTAKA

II.1 Dasar Teori Definisi pompa Pompa merupakan pesawat angkut yang bertujuan untuk memindahkan zat cair melalui saluran tertutup. Pompa menghasilkan suatu tekanan yang sifatnya hanya mengalir dari suatu tempat ke tempat yang bertekanan lebih rendah. Atas dasar kenyataan tersebut maka pompa harus mampu membangkitkan tekanan fluida sehingga dapat mengalir atau berpindah. Fluida yang dipindahkan adalah fluida inkompresibel atau fluida yang tidak dapat dimampatkan. Dalam kondisi tertentu pompa dapat digunakan untuk memindahkan zat padat yang berbentuk bubukan atau tepung. Prinsip kerja pompa adalah menghisap dan melakukan penekanan terhadap fluida. Pada sisi hisap (suction) elemen pompa akan menurunkan tekanan dalam ruang pompa sehingga akan terjadi perbedaan tekanan antara ruang pompa dengan permukaan fluida yang dihisap. Akibatnya fluida akan mengalir ke ruang pompa. Oleh elemen pompa fluida ini akan didorong atau diberikan tekanan sehingga fluida akan mengalir ke dalam saluran tekan (discharge) melalui lubang tekan. Proses kerja ini akan berlangsung terus selama pompa beroperasi. Pompa yang dipergunakan sebelumnya harus diketahui karakteristik pada kondisi kerja yang berbeda, dengan demikian dapat ditentukan batas-batas kondisi kerja dimana pompa tersebut bisa mencapai efisiensi maksimum. Hal ini perlu dilakukan karena pada kenyataannya sangat sulit memastikan performansi pompa pada kondisi kerja yang sebenarnya
(Literatur:http://eprints.undip.ac.id/20198/1/Karakteristik_Pompa_S usunan_Paralel_Spek_Sama.pdf).

II-1

Pompa elektromagnetik (Literatur : Peter. Disamping itu head pompa juga dipengaruhi oleh tekanan atmosfer dimana pompa dioperasikan. p. putaran. semakin besar berat jenisnya maka head yang dapat dibangkitkan akan semakin kecil. maka kemampuan pompa untuk mengangkat fluida akan semakin rendah. Pompa perpindahan positif 3. Head pompa selain digunakan untuk memindahkan fluida ke arah vertikal juga digunakan untuk melawan hambatan yang terjadi. Untuk pompa resiprokating kapasitas yang dapat dicapai bergantung pada kecepatan aliran fluida. Spesifikasi Pompa Head adalah energi per satuan berat fluida.dan berat jenis fluida yang dipompakan. meter kubik per jam atau dalam berat fluida yang dapat dipindahkan per satuan waktu seperti kg/menit. yang mana ini dipengaruhi oleh bentuk impeler. Pompa sentrifugal (termasuk turbin dan pompa aksial) 2. 1991. Sehingga kapasitas pompa displacement sangat ditentukan oleh ukuran ruang pompa dan jumlah langkah atau putaran per satuan waktu. Head pompa biasanya dinyatakan dalam satuan meter. putaran. Sedangkan untuk volume satuan yang sering digunakan adalah liter per menit. Kapasitas pompa jenis displacement sebanding dengan perubahan volume ruang pompa. Pompa jet 4. bentuk rumah LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA . Klaus D. Max.508). Timmerhaus. Semakin dekat dengan permukaan laut maka tekanan atmosfer semakin tinggi sehingga tekanan antara permukaan fluida yang dipompa dan ruang pompa akan semakin besar yang berarti head pompa akan semakin besar. Head yang dapat dibangkitkan oleh suatu pompa dipengaruhi oleh jenis pompa. bentuk impeler.II-2 BAB II TINJAUAN PUSTAKA Macam-Macam Pompa Berbagai jenis pompa biasa digunakan dalam operasi industri dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 1.S.dkk.

Untuk mendapatkan aliran fluida yang lebih kontiyu maka pompa perlu dibuat kerja ganda.II-3 BAB II TINJAUAN PUSTAKA pompa dan bentuk saluaran yang digunakan (Literatur: www. perubahan volume ruang pompa dilakukan oleh element gerak pompa yang bergerak translasi atau bolak-balik dalam ruang pompa. maka pompa dilengkapi katup relief valve untuk mencegah aliran balik ke rumah pompa. Pompa jenis ini dapat menghasilkan head yang tinggi. akan mengalir melalui saluran tekan. jumlah kerja dan arah aliran fluida. yaitu pompa dinamik dan pompa displacement.com). sehingga fluida yang memiliki tekanan lebih tinggi akan mengalir atau terhisap ke dalam rumah pompa melalui saluran hisap. Pompa Displacement Pompa Displacement adalah pompa yang bekerja dengan perubahan volume ruang pompa. Masing-masing jenis diatas masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis menurut jumlah tingkat. maupun yang bergerak rotasi.okasatrianovyanto. tetapi aliran fluida yang dihasilkan tidak kontinyu tetapi periodik. Pada saat terjadi pengecilan volume rumah pompa maka fluida dalam rumah pompa akan mengalami penekanan sehingga fluida yang memiliki tekanan yang lebih tinggi dari tekanan di luar rumah pompa. sehingga pada awal operasi pompa ini memerlukan perlakuan priming yaitu mengisi saluran hisap atau rumah pompa dengan zat cair atau fluida yang sama dengan dipompa. Pompa LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA . Klasifikasi pompa Pompa diklasifikasikan menjadi dua jenis menurut prinsip kerjanya. Salah satu kelebihan pompa displacement dibanding jenis dinamik adalah pompa jenis displacement dapat memompa udara dengan cukup baik. bentuk element pompa.blogspot. Ketika terjadi pembesaran volume rumah pompa maka akan terjadi penurunan tekanan di dalam rumah pompa. Untuk mencegah aliran balik ke saluran hisap.

Pompa rotari berguna untuk mengangkat fluida dan zat cair. maka fluida dalam saluran hisap akan mengalir ke pusat impeler.com). Fluida yang berputar dalam rumah pompa oleh gaya sentrifugal akan terlempar ke dinding rumah pompa sehingga pada daerah pusat impeler akan terjadi kehampaan. Pompa Rotari Pompa rotari adalah pompa perpindahan positip yang mana aksi pemompaan utamanya disebabkan oleh pergerakan relatif antar elemen rotasi pemompaan dan elemen stasioner pompa.okasatrianovyanto. Impeler ini menerima energi mekanis dari pengerak pompa melalui poros impeler. Energi kinetik yang dimiliki fluida yang berputar dalam rumah pompa oleh rumah pompa akan diubah menjadi energi tekanan sehingga fluida akan mengalir ke saluran tekan (Literatur:www. gas.okasatrianovyanto.blogspot. uap dan campuran antara mereka dan kadang-kadang meliputi zat padat yaitu berupa tepung atau bubuk. Ciri khusus dari pompa rotari bahwa cairan dipindahkan oleh selain perputaran dari pompa adalah tidak tergantung pada kecepatan aliran fluida. Juga bahwa sewaktu-waktu selalu mengunci bermacam-macam cairan antara sisi masuk dan keluar pompa oleh aksi dan posisi dari elemen-elemen pompa dan clearance LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA . Head yang dibangkitkan merupakan perubahan energi kinetik fluida yang bergerak karena dorongan oleh sudu-sudu impeler yang berputar dalam rumah pompa. namun kebanyakan fluida yang digunakan adalah zat cair. Pompa Sentrifugal Pompa dinamik adalah pompa yang bekerja dengan volume ruang yang tetap.blogspot. Karena pusat impeler mempunyai tekanan lebih rendah dari saluaran hisap.II-4 BAB II TINJAUAN PUSTAKA perpindahan positif cocok untuk melayani kebutuhan head yang besar dengan kapasitas perpipaan yangn berdiameter (Literatur:www. dimana fluida adalah istilah umum yang meliputi zat cair.com).

yang juga disebut ³head´.II-5 BAB II TINJAUAN PUSTAKA yang rapat dari pompa. Untuk aksi pemompaan yang baik volume Inlet membuka / Open To Inlet (OTI) akan timbul volume yang rat dan seterusnya dengan putran pompa. outlet tertutup inlet tertutup. Dalam pompa rotasi aksi dari pemompaan elemen volume harus ada tiga kondisi. volume yang membuka ke outlet adalah oleh aksi bersama bagian yang bergerak dan stasioner pompa.okasatrianovyanto. maka seal ke bagian outlet ruang pompa dibuka. volume outlet tertutup Inlet tertutup / Close To Inlet and Outlet (CTIO) akan konstan dalam volume perputaran pompa dan volume outlet membuka / Open To Outlet (OTO) akan menimbulkan volume yang maksimal pada sisi keluar (Literatur:www. Ketika volume ini tidak membuka bagian inlet ataupun outlet ruang pompa. Tekanan ini harus cukup tinggi untuk mengatasi tahanan sistim.com). yang mana timbul sebagai perputaran elemen rotasi pompa.  Karakteristik sistim pemompaan y Tahanan sistim: head Tekanan diperlukan untuk memompa cairan melewati sistim pada laju tertentu. outlet membuka inlet tertutup. Head statik pada tekanan tertentu tergantung pada berat cairan dan dapat dihitung dengan persamaan perikut: LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA .blogspot. Head total merupakan jumlah dari head statik dan head gesekan/ friksi: a) Head statik Head statik merupakan perbedaan tinggi antara sumber dan tujuan dari cairan yang dipompakan (lihat Gambar 2a). yaitu : outlet tertutup Inlet membuka. Bagian rotasi dan stasioner bertindak untuk membatasi volume. Semua basis pemompaan dalam pompa rotari terdiri atas tiga aksi dasar. dikunci dari outlet pompa dan membuka inlet pompa. Head statik merupakan aliran yang independen (lihat Gambar 2b).

dan sifat dari cairan. Loop tertutup sistim sirkulasi hanya menampilkan head gesekan/ friksi (bukan head statik) (Literatur: www.energyefficiencyasia. debit aliran. b) Head gesekan/ friksi (hf) Ini merupakan kehilangan yang diperlukan untuk mengatasi tahanan untuk mengalir dalam pipa dan sambungansambungan.energyefficiencyasia.II-6 BAB II TINJAUAN PUSTAKA Head ! Px2. Head ini tergantung pada ukuran. Sp. Head statik terdiri dari: y Head hisapan statis (hS): dihasilkan dari pengangkatan cairan relatif terhadap garis pusat pompa. P = Tekanan (Psi).org).G. kondisi dan jenis pipa. LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA .G = Specifik Gravity. (1) Keterangan : Head = Tahanan system (ft). jumlah dan jenis sambungan. Head gesekan/ friksi sebanding dengan kwadrat debit aliran seperti diperlihatkan dalam gambar 3.31 Sp. hS nilainya positif jika ketinggian cairan diatas garis pusat pompa.org). dan negative jika ketinggian cairan berada dibawah garis pusat pompa (juga disebut ³pengangkat hhisapan´) y Head pembuangan statis (hd): jarak vertikal antara garis pusat pompa dan permukaan cairan dalam tangki tujuan (Literatur: www.

-.-.99 ) Keterangan : v = Kecepatan (m/s).J.II-7 BAB II TINJAUAN PUSTAKA Gambar II. p. C.J. Head Gesekan/ friksi versus Aliran  Menghitung laju alir Q= V t (2) (Geankoplis.1. 1978. V = Volume (m3).99 ) Keterangan : Q = Debit (m3/s). C. Q = Debit (m3/s). p. 1978. A = Luas (m2) LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA . t = waktu (s)  Menentukan kecepatan laju alir v= Q A (3) (Geankoplis.

¨L = Panjang pipa (m). f = Faktor friksi. = Densitas (kg/m3).99 ) Keterangan : Ff = Friksi (J/Kg).J.-. = Viskositas (kg/m.J.s)  Friksi pada pipa Lurus Ff = 4 f L v2 D 2 (5) (Geankoplis. p. v = Kecepatan (m/s). C. 1978. D = Diameter (m). p. D = Diameter (m)  Friksi pada valve dan elbow v2 hf = Kf 2 LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA (6) . 1978.99 ) Keterangan : Nre = Bilangan reynold.II-8 BAB II TINJAUAN PUSTAKA  Menghitung NRe NRe = Dv (4) (Geankoplis. v = Kecepatan (m/s). C.-.

J. C.99 )  Perbedaan pipa dari pipa besar ke kecil ´sudden contraction losses´ hc = 0. A1 = Luas pipa besar (m2). C. Kf = Konstanta friksi. A2 = Luas pipa kecil (m2).II-9 BAB II TINJAUAN PUSTAKA Keterangan : hf = Friksi pada elbow dan valve (J/Kg). p. v = Kecepatan (m/s).-. LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA . A3 = Luas pipa kecil (m2).99 ) Keterangan : hc = Friksi pipa diameter kecil ke pipa diameter besar (J/Kg). A2 = Luas pipa besar (m2). = 1 (turbulen). ½ (laminer)  Perbedaan pipa dari pipa kecil ke besar ´sudden enlargement losses´ 2 ¨ A2 ¸ v hex = ©1  ¹ ª A3 º 2 2 (8) (Geankoplis.-.J. 1978. p.-. C. 1978.J.99 ) Keterangan : hc = Friksi pipa diameter besar ke pipa diameter kecil (J/Kg). 1978.55 ©1  ¨ ª A2 ¸ v 2 ¹ A1 º 2 (7) (Geankoplis. v = Kecepatan (m/s). (Geankoplis. p.

¨ P¸ 1 © ¹  . = 1 (turbulen). ½ (laminer)  Menghitung Head Head adalah jarak vertikal antara garis pusat pompa dan permukaan cairan dalam tangki tujuan.II-10 BAB II TINJAUAN PUSTAKA v = Kecepatan (m/s).

g z  .

Water Horse Power (WHP) adalah liquid horse power yang disampaikan oleh pompa. g = gravitasi (m/s). LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA . p.99 ) (9) Keterangan : Head = Head (J/Kg). ¨P = Penurunan tekanan (N/m2). Pompa masukan atau daya kuda rem (BHP) adalah daya sebenarnya yang dikirimkan ke pompa. 1978. C. v = Kecepatan (m/s).-.v 2  F © ¹ 2 ª º Head = g (Geankoplis. = densiti (kg/m3). ¨z = Jarak permukaan air dalam tanki dengan pipa (m).J. ™F = Total friksi (J/kg)  Menghitung WHP (Water Horse Power) dan BHP (Brake Horse Power) Daya yang diperlukan oleh sebuah pompa merupakan fungsi dari total kepala dan berat cair dipompa dalam jangka waktu tertentu.

Wp = Effisiensi sementara (J/kg) (10)  Menghitung efisiensi Efisiensi dinyatakan sebagai persentase yang mewakili sebuah unit ukuran yang menggambarkan perubahan gaya sentrifugal dan dinyatakan sebagai perubahan kecepatan menjadi energi tekanan. WHP= BHP motor (11) Keterangan : WHP = Water Horse Power (Hp). BHP = Brake Horse Power (Hp). LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA .II-11 BAB II TINJAUAN PUSTAKA BHP ! m x Wp ! Q x x Wp Keterangan : BHP = Brake Horse Power (W). = Densiti (kg/m3). Q = Debit (m3/s).

II-12 BAB II TINJAUAN PUSTAKA LABORATORIUM OPERASI TEKNIK KIMIA 1 PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA FTI-ITS SURABAYA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful