By : Afif Tribawono H.

SMANSA CIANJUR

.1. Sosialisasi berdasar tipenya terbagi atas : a) Sosialisasi formal. yaitu sosialisasi yang bersifat kekeluargaan. pertemanan atau sifatnya tidak resmi. b) Sosialisasi informal. yaitu sosialisasi yang dilakukan melalui lembaga-lembaga berwenang menurut ketentuan negara atau melalui lembaga-lembaga yang dibentuk menurut undang-undang dan peraturan pemerintah yang berlaku.

nenek.2. Sosialisasi berdasar bentuknya terbagi atas : a) Sosialisasi primer. merupakan sosialisasi lanjutan untuk memperkenalkan individu ke lingkungan di luar keluarga. ibu. kakak. bapak-bapak dan ibu-ibu tetangga tempat tinggal. Agen sosialisasi bisa teman sekolah. b) Sosialisasi sekunder. Umumnya agen sosialisasi adalah anggota keluarga . Misalnya lingkungan sekolah dan warga masyarakat lingkungan sekitar tempat tinggal. misalnya dari ayah. yaitu sosialisasi paling awal yang diterima individu dari lingkungan sosial terdekatnya. paman atau pun paman dan bibi. guru. . teman bermain. kakek.

yaitu sosialisasi yang menekankan penggunaan hukuman terhadap kesalahan yang dilakukan individu dalam rangka menjalani kehidupan di masyarakatnya. yaitu sosialisasi di mana anak diberi hadiah ketika berperilaku baik. b) Sosialisasi partisipasif. menekankan pada keikutsertaan individu dalam proses sosial. . Sosialisasi berdasarkan polanya terbagi atas : a) Sosialisasi represif.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful