E.

coli dalam air minum
Pertanyaan dan Jawaban tentang E. coli Apa itu E. coli dan dari mana asalnya? E. coli adalah jenis bakteri coliform tinja biasanya ditemukan di usus hewan dan manusia. E. coli adalah singkatan dari Escherichia coli. Bakteri E-coli dalam air berasal dari pencemaran atau kontaminasi dari kotoran hewan dan manusia. Kotoran dapat berisi banyak jenis organisme penyebab penyakit. Apa yang dimaksud coliforms tinja? Coliforms tinja adalah bakteri yang berkaitan dengan limbah manusia atau hewan. Mereka biasanya tinggal di usus manusia atau hewan, dan kehadiran mereka dalam air minum merupakan indikasi yang kuat bahwa air tersebut telah terkontaminasi oleh limbah manusia atau kotoran hewan . Bagaimana cara E. coli atau tinja coliforms masuk ke dalam air? E. coli berasal dari limbah manusia dan hewan. Selama hujan, air membawa limbah dari kotoran hewan dan manusia meresap ke dalam tanah atau mengalir dalam sumber air. E. coli dapat masuk ke dalam anak sungai, danau, atau air tanah. Apabila sumber air tanah dan perairan ini digunakan sebagai sumber air minum dan tidak tidak melalui proses pengolahan air yang baik maka E. coli mungkin sekali berakhir dalam air minum. Apa dampak kesehatan E. coli O157:H7? E. Coli O157: H7 adalah salah satu dari ratusan strain bakteri E. coli. Walaupun kebanyakan strain tidak berbahaya dan tinggal di usus manusia dan hewan sehat, jenis virus ini menghasilkan racun yang kuat dan dapat menyebabkan penyakit parah. Infeksi sering menyebabkan diare parah dan keram perut, Perlu dicatat bahwa gejala-gejala ini umum untuk berbagai penyakit, dan dapat disebabkan oleh sumber-sumber selain air minum yang terkontaminasi. Pada beberapa orang, terutama anak-anak di bawah 5 tahun dan orang tua, infeksi juga dapat menyebabkan komplikasi yang disebut uremic hemolitik sindrom, di mana sel-sel darah merah dihancurkan dan gagal ginjal. Sekitar 2% -7% dari infeksi menyebabkan komplikasi ini. Di Amerika Serikat, uremic hemolitik sindrom adalah penyebab utama gagal ginjal akut pada anak-anak, dan sebagian besar kasus uremic hemolitik sindrom disebabkan oleh E. coli O157:H7. Uremic hemolitik sindrom adalah suatu kondisi mengancam kehidupan, biasanya harus dirawat di unit perawatan intensif. Transfusi darah dan ginjal dialisis sering diharuskan. Dengan perawatan intensif, tingkat kematian untuk uremic hemolitik sindrom adalah 3% -5%.

yang semuanya bertindak untuk membunuh atau menonaktifkan E. Apa yang harus orang-orang yang berada pada risiko lebih besar lakukan? Apakah ada tindakan pencegahan tambahan yang harus mereka ambil? Orang-orang yang berada pada risiko lebih besar harus berkonsultasi dengan dokter atau penyedia perawatan kesehatan dan ikuti petunjuk yang disediakan. coli. . Harus dipastikan bahwa sistem ultra-violet bekerja. jadi penting untuk meminta agar spesimen tinja untuk diuji pada sorbitol-MacConkey (SMAC). Infeksi karena E. orang tua. atau ozon. cahaya ultra-violet. Tidak ada bukti bahwa antibiotik memperbaiki perjalanan penyakit. Bagaimana melindungi air dari bahaya E. coli O157:H7.coli dapat direduse dengan menggunakan klorin. karena ada kalanya lampu ultra-violet yang telah putus tidak terdeteksi.Berapa lama waktu yang diperlukan untuk gejala terjadi uremic hemolitik sindrom karena infeksi E. Anda juga dapat mengetahuinya dengan mengujinya di laboratorium air. Kebanyakan orang bisa sembuh tanpa antibiotik atau perawatan spesifik lainnya dalam 5-10 hari. Apa yang harus saya lakukan jika saya memiliki salah satu dari gejala di atas? Konsultasikan dengan dokter Anda. atau depkes. coli ? Air yang tercemar E. Antidiarrheal agen. Apakah ada kelompok orang yang berada pada risiko lebih besar untuk mendapatkan salah satu gejala? Anak-anak di bawah usia lima tahun. maka anda harus memperoleh informasi yang cukup mengenai air minum tersebut. Hal ini sering terjadi di depot air minum isi ulang karena kurangnya pengetahuan tentang tata cara pengolahan air yang baik. coli O157:H7 ? Gejala biasanya timbul dalam waktu 2 sampai 4 hari. tetapi bisa memakan waktu hingga 8 hari. Kebanyakan laboratorium tidak melakukan tes E. Apakah air tersebut telah memenuhi syarat sebagai air yang dapat di minum langsung. orang-orang yang mempunyai penyakit jangka panjang seperti kanker atau AIDS) berada pada risiko yang lebih besar. dan diperkirakan bahwa pengobatan dengan beberapa antibiotik dapat memicu komplikasi ginjal. seperti loperamide (imodium). Yang paling umum adalah dengan Sistem Ultra-Violet untuk mensterilkan dan memastikan bahwa semua kontaminasi bakteri tidak aktif. dan orang-orang yang kesehatannya melemah (yaitu. Bagaimana saya tahu apakah air minum itu aman? Jika Anda mendapatkan air minum dari pasaran. coli O157:H7adalah didiagnosis dengan mendeteksi bakteri pada tinja. coli O157:H7 jika tidak di minta. juga harus dihindari. Sebaiknya orang yang tiba-tiba diare dengan darah harus mendapatkan pengujian untuk E.

cobalah teliti sebelum mengisi. Bakteri E coli memiliki nama panjang Escherichia coli. di salur dari : http://forums. Bakteri yang ditemukan oleh Theodor Escherich ini biasanya hidup pada tinja. . 29 April 2010 AWAS BAHAYA BAKTERI E-COLI IKA Anda termasuk pelanggan air minum isi ulang. dan dapat menyebabkan masalah kesehatan pada manusia. Ini yang di sebut pencemaran ulang. Namun perlu diketahui bahwa E. EPA merekomendasikan anda merebus air minum anda.com/n/pfx/forum. Masalahnya. muntaber dan masalah pencernaan lainnya.Apakah filter air menjamin E.coli dapat saja masuk kembali ke dalam air minum yang telah melalui proses sistem filtrasi. Sistem Reverse Osmosis (RO) merupakan salah satu sistem yang dapat diandalkan. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 60 persen diduga tercemar bakteri E-coli. coli keluar dari air? Tidak semua sistem pengolahan air di rumah tidak dapat menjamin hal ini. wadah yang tidak steril atau dari kontak dengan tangan atau benda yang telah terkontaminasi kotoran hewan atau manusia. Temuan itu berdasarkan hasil penelitian Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat tahun 2008 terhadap 640 depo air minum isi ulang. misalnya dari udara. jika anda tidak yakin tentang keamanannya. Bakteri ini adalah salah satu spesies utama bakteri gram negatif. seperti diare. yang tersebar di delapan kecamatan wilayah Jakarta Barat.aspx?nav=messages&webtag=abseniorhealth&lgnF=y Kamis.about. di sejumlah depo air minum isi ulang di Jakarta dan sekitarnya diduga tercemar bakteri E-Coli.

Apa bahayanya mengonsumsi air minum yang telah terkontaminasi bakteri E.coli tergolong jenis bakteri ini) yang banyak ditemui di kotoran manusia dan hewan menunjukkan kualitas sanitasi yang rendah dalam proses pengadaan air. Perhatikan juga masa waktu berlakunya. serta klorida. coli? Kehadiran bakteri coliform (E. Intinya. makin tinggi pula risiko kehadiran bakteri patogen. yang aman diminum adalah yang kualitasnya sudah diperiksa oleh Dinas Kesehatan Kabupaten atau Kotamadya Setempat. Bisakah air minum mengandung bakteri dapat dilihat secara kasat mata? Tidak bisa. sebaiknya minta diperlihatkan sertifikat tersebut sebelum membelinya. besi. rasa. Untuk mengetahui apakah ada bakteri dalam air minum memang harus diteliti di laboratorium. Karena telah mendapatkan proses sterilisasi. dari segi mikrobiologi. seperti logam berat (air raksa atau merkuri (Hg). Sedangkan. dan warna (harus jernih). air minum tidak boleh mengandung bakteri-bakteri patogen (bersifat racun sehingga dapat menimbulkan penyakit). Bakteri yang tergolong patogen adalah E. Nah. Jika standar tersebut sudah terpenuhi. Tapi. S. Melalui tes laboratorium dapat diteliti dari segi kimia.coli. air minum isi ulang yang banyak dijual itu layak dikonsumsi. Dari segi fisik. Makin tinggi tingkat kontaminasi bakteri coliform. Air minum harus bebas dari kandungan zat kimia berbahaya. Tiap 6-12 bulan depo harus memeriksakan produknya. . seperti bakteri Shigella (penyebab muntaber). depo tersebut akan diberikan sertifikat izin dari Dinas Kesehatan tersebut. air minum tak boleh memiliki bau. typhii (penyebab tifus). dan mikrobiologi. air yang layak diminum harus melewati 3 persyaratan kelaikan.Apakah air minum isi ulang bisa langsung diminum? Pada prinsipnya. Tapi. Salmonella typhii. kimia. karena izin ini tidak berlaku selamanya. agar tidak ragu. dan sejenisnya. harusnya AMIU dapat langsung dikonsumsi. timbal (Pb) dan Au) aluminium. Anda bisa mendeteksi secara fisik apakah air layak diminum. yaitu dari segi fisik.

lakukan usaha-usaha desinfeksi sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya: • • • Cuci botol kemasan dengan sabun pembersih alat dapur yang tidak beraroma. bagaimana agar tetap aman mengonsumsi air minum isi ulang? Perhatikan sanitasi botol kemasan. Lompat ke: pandu arah. kram perut. air minum harus bebas dari semua jenis bakteri coliform dan bakteri lain yang bersifat patogen yang dapat menyebabkan diare. dan disentri. Selain itu. dan rasa mual. gelintar . Jadi. tepat sebelum botol diisi air minum isi ulang. ensiklopedia bebas. sehingga debu tidak mudah masuk. Lalu. bilas botol dengan air panas (suhu 80 derajat Celcius). • Kalium Daripada Wikipedia. tutup botol dengan rapat dengan plastik bersih. Setelah bersih dari air sabun. Tujuannya agar tidak mempengaruhi rasa air yang akan diisi nanti. Oleh karena itu. misalnya rebus air minum isi ulang tersebut di atas api hingga mendidih selama minimum 2 menit. Buka tutup tersebut. diare berdarah.kolera.

s putih keperakan Rupa Isi kandungan [sorok] • • • • • • • • • • Jisim atom Konfigurasi elektron 39. Simbol.19 arg on ← Kalium adalah unsur kimia dalam jadual berkala. 1398 °F) Titik genting Haba pelakuran Haba pengewapan Muatan haba (tentu luar) 2223 K. Ia mempunyai simbol K (Bahasa Latin: "Kalium" daripada bahasa Arab: "alqali") dan nombor atom 19. 19 Logam Alkali 1. Kala. terutamanya dalam air. iaitu abu tumbuh-tumbuhan yang dibakar. 8. 4.08 °F) 10 Pautan luar 1032 K Takat didih (759 °C. Blok kalium. Nombor Siri kimia Kumpulan.53 K Takat lebur (63. kal iu m → kals ium Na ↑ K ↓ Rb Jadual berkala Umum Nama.90 kJ/mol (25 °C) 29. Perkataan kalium kemungkinannya berasal dari perkataan Arab yang bermaksud memanggang.38 °C. Ia teroksida cepat dalam udara. sangat reaktif. dan menyerupai natrium secara kimia. 8. 16 MPa 2.0983(1) g/mol [Ar] 4s1 1 Ciri-ciri utama Bilangan elektron per petala 2.600 J/(mol·K) [sunting] Ciriciri utama Dengan ketumpatan lebih rendah daripada air. 1 2 Penggunaan Sifat fizikal 3 Sejarah 4 Ragam kewujudan Keadaan pepejal 5 Isotop Ketumpatan (sekitar suhu bilik) 0. K.89 g/cm³ 6 Langkah pengawasan 7 Kalium dalam gizi Ketumpatan cecair pada takat 0. Kalium adalah logam alkali putih keperakan lembut yang wujud secara semulajadi terikat dengan lain-lain unsur dalam air laut atau kebanyakan mineral.828 g/cm³ 8 Lihat juga lebur 9 Rujukan 336. kalium Tekanan wap .321 kJ/mol 76. 146.

Garamnya memancarkan warna ungu apabila didedahkan kepada nyala api. kalium nitrat. kalium bertindak dengan cergas dengan air menghasilkan hidrogen. Dalam sel haiwan. kalium sulfat. Kalium hidroksida adalah bahan kimia penting sebagai bes kuat. kalium dikromat. digunakan sebagai medium pemindahan haba. dan namanya bukan Latin klasik. [sunting] Penggunaan • • • • • • • • • • Kalium oksida digunakan terutamanya dalam baja. [sunting] Sejarah Kalium ditemui pada tahun 1807 oleh Sir Humphrey Davy. NaK. Kalium adalam juzuk penting dalam pertumbuhan tumbuhan dan dijumpai dalam kebanyakan jenis tanah. Seperti juga logam-logam alkali lain. kalium kromat. Kalium nitrat KNO3 digunakan sebagai ubat bedil. Kaca yang dirawat dengan kalium cair adalah lebih kuat daripada kaca biasa. Kalium karbonat.adalah logam kedua ringan selepas litium. superoksida KO2 digunakan sebagai sumber oksigen mudah alih dan penyerap karbon dioksida. Ia teroksida dengan cepat dalam udara dan haruslah disimpan dalam minyak mineral atau kerosin untuk penyimpanan. Ia adalah pepejal lembut yang mudah dikerat dengan pisau dan mempunyai warna keperakan pada permukaan yang baru dipotong. tetapi adalah neo-Latin. contohnya dalam pembedahan jantung dan pelaksanaan hukuman mati melalui suntikan maut. Apabila berada dalam air. kalium sianida. juga dikenali sebagai potasy. ion kalium adalah sangat penting untuk memastikan sel hidup (lihat pam Na-K) Kalium klorida digunakan sebagai pengganti garam biasa dan digunakan juga untuk memberhentikan jantung. kalium klorat. Kalium merupakan logam pertama yang diasingkan melalui elektrolisis. digunakan dalam pembuatan kaca. yang menghasilkannya daripada potasy kaustik (KOH). [sunting] Ragam kewujudan . • Nama kalium diambil daripada perkataan "alkali". Ia amat berguna dalam sistem pernafasan mudah alih. sejenis aloi natrium dan kalium. termasuklah kalium bromida. Kebanyakan garam kalium sangat berguna. kalium iodida. Kalium tidak diketahui semasa zamat Rom. ia mungkin akan terbakar serta-merta. yang berasal daripada Bahasa Arab al qalīy = "abu terkalsin".

dan terdapat beberapa lombong besar sudah beroperasi semenjak 1960-an. Saskatchewan menjadi perintis kepada penggunaan pembekuan pasir basah (pembentukan Blairmore) untuk memandu syaf lombong menerusinya. potasy. 40K (0.8%) melalui reputan beta.012%) dan 41K (6. [sunting] Isotop Kalium dalam feldspar Terdapat tujuh belas isotop kalium yang diketahui. 40K yang wujud secara semula jadi merebut menjadi 40Ar (11. 40K mempunyai separuh hayat selama 1. dan lain-lain tempat di dunia. Utah. dan silvit dijumpai pada tasik purbakala dan dasar laut. Pentarikhan K-Ar lazim bergantung kepada andaian bahawa batuan . Kalium boleh diasingkan melalui elektrolisis hidroksida dalam sejenis proses yang berubah sangat sedikit semenjak zaman Davy. Kalium tidak pernah dijumpai dalam bentuk unsur bebas dalam alam semula jadi.250×109 tahun. dilombong di California. polihalit. dan merebut menjadi 40Ca stabil (88. membuatkan penyarian kalium dan garam-garamnya lebih berdaya maju. Reputan 40K kepada 40Ar membolehkan penggunaan kaedah pentarikhan batuan yang biasa digunakan.2%) stabil melalui tawanan elektron dan melalui pancara positron. Oleh kerana ia amatlah elektropositif. New Mexico.7%). Kaedah terma juga digunakan dalam penghasilan kalium.3%). Lautan merupakan satu lagi sumber kalium. tetapi kuantiti yang hadir pada isipadu tertentu air laut adalah kurang berbanding dengan natrium. Lihat juga Mineral kalium.4% berat kerak Bumi dan merupakan unsur ketujuh paling berlimpah di dalamnya. langbeinit. Jerman. unsur kalium sukar diperoleh daripada mineral nya. Tiga isotop wujud secara semula jadi: 39 K (93.Kalium merangkumi 2. Garam kalium seperti kalanit. 3000 kaki di bawah permukaan Saskatchewan terdapt longgokan besar potasy yang merupakan sumber penting unsur ini dan garam-garamnya. Lihat Syarikat Potasy Saskatchewan. menggunakan kalium klorida. Mineral ini membentuk longgokan besar-besaran pada persekitaran-persekitaran ini. Sumber utama kalium.

kekejangan (spasma) otot. biasanya lanjutan daripada cirit-birit. Dalam haiwan dan manusia yang sihat. [1] [sunting] Langkah pengawasan Pepejal kalium bertindak cergas dengan air. 40Ar) dikekalkan secara kuantitatif. oleh itu ia harus disimpan dalam minyak mineral seperti kerosin dan dikendalikan dengan berhati-hati. seram sejuk. lebih besar daripada 14C. JANGAN SEKALI-KALI menyimpan kalium. Mineral yang sesuai digunakan untuk pentarikhan termasuklah biotit. intolerans glukosa. Jika disimpan lebih lama dari 6 bulan ke setahun.000 nuklei 40K mereput sesaat. sampel baruan keseluruhan daripada aliran gunung berapi dan terobosan cetek juga boleh ditarikhkan jika ia tidak mengalami perubahan. Dalam tubuh badan manusia berjisim 70. diuresis berterusan dan muntah-muntah. Kalium juga penting dalam penghantaran impuls saraf serta pembebasan tenaga daripada protein. Kekurangan kalium boleh mengakibatkan keadaan yang boleh membawa maut yang dikenali sebagai hypokalemia. dan feldspar gunung berapi. peroksida berbahaya yang peka hentakan boleh terbentuk pada logam dan di bawah penutup bekas. kolestrol. kalium tidak dapat disimpan dalam minyak selama-lamanya. hornblende plutonik/metamorfik gred tinggi. rubidium dan sesium lebih lama dari setahun kecuali apabila disimpan dalam atmosfera lengai (argon) atau dalam vakum (hampagas). dan rendah tekanan darah. fungsi kognitif terganggu. tindak balas refleks yang berkurangan. jerawat. 40 K wujud dalam kalium semula jadi (oleh itu dalam sesetengah pengganti garam biasa komersil) pada kuantiti mencukupi menyebabkan karung besar pengganti-pengganti ini boleh digunakan sebagai sumber radioaktif untuk tunjuk cara dalam kelas. isotop kalium digunakan secara meluas sebagai penyurih dalam kajian luluhawa. kira-kira 4. Ia juga digunakan dalam kajian kitaran nutrien kerana kalium merupakan makronutrien {zat makro) yang diperlukan untuk kehidupan. dan karbohidrat semasa metabolisme. Simptom kekurangan termasuklah kulit kering. rasa dahaga. aritmia. muskovit. Mineral ditarikhkan menggunakan pengukuran kepekatan kalium dan bilangan 40Ar radiogenik yang terkumpul. [sunting] Kalium dalam gizi Kalium merupakan mineral zat mikro penting dalam gizi manusia.tidak mengandungi argon semasa masa pembentukan dan kesemua argon radiogenik terkemudian (iaitu. lemak. 40K merupakan sumber terbesar keradioaktifan. . perencatan pertumbuhan. insomnia. dan peroksida dapat meletup apabila bekas dibuka. Selain pentarikhan. Belainan dengan litium dan natrium. ia membantu dalam pengecutan otot dan pengekalan keseimbaingan bendalir dan elektrolit dalam sel tubuh.

sayur-sayuran dan daging lain juga mengandungi kalium. Makanan yang mengandungi sumber kalium yang tinggi termasuklah pisang. Kajian menunjukkan gizi yang mengandungi kandungan kalium yang tinggi boleh merendahkan risiko menghidapi tekanan darah tinggi. dan kebanyakan buah-buahan.700 mg kalium. avokado. saderi dan turnip. . Garis panduan 2004 oleh Institut Perubatan menetapkan RDA sebanyak 4. Sesetengah orang yang menghidap penyakit ginjal dinasihatkan agar mengelakkan pemakanan zat kalium pada kuantiti besar.Memakan bermacam jenis makanan yang mengandungi kalium adalah cara terbaik untuk memperoleh jumlah yang mencukupi. Individu sihat yang memakan gizi yang seimbang jarang sekali memerlukan makanan tambahan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful