MARAKNYA GENG MOTOR

Makalah ini dibuat untuk memenuhi Tugas Bahasa Indonesia

Disusun Oleh : 

    

Siti R Putri A Kania Y Rima M Yudi M Toni R

KELAS : IX J

SMP Negeri 1 Pangalengan
Jl. Pasir Mulya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung (40378) TAHUN PELAJARAN 2010 2011

Halaman Pengesahan Judul : Maraknya Geng Motor Hari / Tanggal : Ketua Siti R Anggota Putri P Kania Y Rima M Yudi N Toni R Di setujui : Usep Taryo. S. 131 776 736 .Pd NIP.

semoga bermanfaat bagi penyusun khususnya dan pembaca pada umumnya. Makalah ini kami buat berdasarkan tugas akhir tahun. Kami sadar Makalah ini masih banyak kekurangan. kami menunggu kritik dan saran. Oleh karena itu. Pangalengan. Makalah ini kami buat dengan sederhana agar yang mempelajari makalah ini dapat lebih cepat memahami apa yang dimaksud dengan Maraknya Geng Motor.Kata Pengantar Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena dengan rahmat-Nya kami telah menyelesaikan Makalah Bahasa Indonesia dengan materi Maraknya Geng Motor. Makalah ini kami buat. namun semoga pembaca dapat memahami dan memberikan penambahan terhadap kekurangan tersebut. Februari 2011 Penyusun .

Tulisan-tulisan dengan cat semprot menunjukkan nama kelompok geng motor masing-masing seolah berlomba memenuhi tembok-tembok rumah. bahkan muak. Deklarasi pembubaran dan penolakan geng motor yang melibatkan berbagai elemen masyarakat digelar di sejumlah tempat. keberadaan geng motor ini paling kentara dalam aksi vandalism di dinding-dinding permukiman warga. tanpa membedakan jenis motor yang dikendarai. selama ini. di wilayah Bandung dan sekitarnya. warga Cingcin. Bayangkan saja. Tak ada lagi kedamaian di keheningan malam karena selalu pecah oleh raungan motor dan suara ribut tawuran. dengan perilaku destruktif yang dipertontonkan anggota geng motor. sejumlah daerah menyatakan "perang" terhadap geng motor. Masyarakat sudah jenuh. Selain aksi tawuran dan perusakan terhadap rumah warga. Soreang. menyatakan aktivitas geng motor haram hukumnya berada di Garut. Surat kesepakatan bersama (SKB) pun diteken berbagai pihak yang menentang keberadaan geng motor. Pengertian Geng motor adalah kumpulan orang-orang pecinta motor yang doyan kebutkebutan.Maraknya Geng Motor 1 . merusak harta benda orang lain. Ini adalah sebuah reaksi yang luar biasa dari masyarakat terhadap fenomena sosial di kalangan anak muda. Bahkan Bupati Garut. tak pernah berani keluar malam hari karena di lingkungan sekitar mereka marak aktivitas geng motor. sejatinya merupakan musibah bagi masyarakat. Tentu semua pernyataan itu bukan tanpa alasan. Aksi geng motor kerap meresahkan masyarakat. saat deklarasi di Alun-alun Garut. pernyataan menolak keberadaan geng motor dinyatakan secara terbuka. Kebanggaan bagi anggota geng motor yang mampu merobohkan lawan. Selasa (21/1). Dimotori Polres dan pemerintah daerah setempat. Semuanya bersatu menjadi sebuah keresahan sosial. . HM Aceng Fikri.

dalam cara mendidik anak. Pelarangan aktivitas geng motor di sejumlah tempat ini harus diimbangi dengan pembinaan terhadap pelajar dan anak-anak muda di daerah masing-masing. bagaimana sesungguhnya pola pendidikan dan pengasuhan terhadap remaja yang serba ingin tahu dan tengah mencari jati diri itu. tak mau lagi seumur hidup disebut geng motor.Tapi begitu SKB diteken. teman berbagi? Atau hanya berperan sebagai orang tua semata. para anggota geng motor itu pun balik pikir dan jera. Mengapa anak-anak remaja itu lebih menyukai bergabung dengan geng motor dan rela mengikuti inisiasi yang jauh lebih keras dari ospek mahasiswa itu? Ada baiknya para orang tua bertanya dan berkaca. aparat kepolisian didukung pemerintahan daerah dan elemen masyarakat menyatakan perang terhadap geng motor. Mengapa? Karena pelajar dan anak mudalah pasar paling besar dan potensial dari rekrutmen anggota geng motor. Mudah-mudahan. Contohnya saja. Kriminalisasi terhadap tindakan anarkis dan destruktif dari anggota geng motor juga seharusnya menjadi cara efektif membuat mereka jera. Jangan-jangan ada kesalahan kolektif. Warga tak takut lagi dengan geng motor. di daerah Bandung misalnya sampai membuat deklara si janji damai yang isinya : . teman curhat. sudah berperan menjadi teman mereka. pemerintah melalui dinas pendidikan atau instansi lainnya bisa ikut memfasilitasi terbentuknya wadah untuk menampung kegiatan pelajar yang doyan ngebut di jalan ini. lima terdakwa anggota geng motor yang diadili di Pengadilan Negeri Garut. tidak ada lagi keresahan di tengah masyarakat. Di sinilah perlu sebuah kecermatan untuk melihat sisi lain dari keberadaan anggota geng motor. semuanya berusia di bawah 19 tahun. Apakah kita. Kita berharap. yang memiliki kewenangan untuk melarang apa pun tanpa kecuali? Tak hanya peran keluarga. Setelah masyarakat menyatakan perang terhadap geng motor. dengan kian sempitnya ruang gerak bagi berandalan bermotor itu. banyak geng motor yang membubarkan diri. yang menyebabkan mereka justru jauh lebih nyaman berada di dalam kelompok mereka ketimbang keluarga sendiri. warga pun kembali menemukan ruang mereka di malam hari. Selasa (21/12). para orang tua.

7. Ciri-ciri Geng Motor Ciri-ciri geng motor adalah sebagai berikut : 1. Kalau pelantikan anak baru biasanya bermain fisik. keamanan. badik hingga bom Molotov. Visi dan misi mereka jelas. Menolak segala bentuk kegiatan bermotor yang menjurus kepada ugal -ugalan dan tindak kriminal yang menganggu ketertiban. penjudi dan hobi membunuh. tukang mabok. sein. 9. sepatu dan jaket. Menyatakan membubarkan diri dari seluruh kegiatan bermotor yang selama ini dilakukan. . yang penting buat mereka adalah kencang dan mampu melibas orang yang lewat. Anggotanya lebih banyak kepada kaum lelaki yang sangar. tidak ada spion. Membawa senjata tajam yang dibuat sendiri atau udah dari pabriknya seperti samurai. hanya membuat kekacauan dan ingin menjadi geng terseram diantara geng motor lainnya hingga sering terjadi tawuran di atas motor. Kebanyakan anggota geng motor tidak memakai perangkat safety seperti helm. disuruh berantem dan menenggak minuman keras sampai jackpot (muntah-muntah). gelap dan bau busuk. 2. Motor yang mereka gunakan tidak lengkap. Jauh dari kegiatan sosial. lebih suka di tempat yang jauh dari kata terang. mereka lebih suka membuat acara membunuh masal. 10. dan kenyaman masyarakat 2. hingga lampu utama. 4.1. 2. 8. 3. 5. Kalau nongkrong . tidak pernah membuat acara-acara sosial seperti sunatan masal atau kawin masal. 6. Biasanya hanya muncul malam hari dan tidak menggunakan lampu penerang serta berisik. Lebih memilih tempat sepi. sekalipun tidak menutup kemungkinan ada kaum hawa yang ikut geng motor biasanya hanya dijadikan budak nafsu. Tidak terdaftar di kepolisian atau masyarakat setempat.

2005). Pendidikan formal juga faktor penting yang harus didapatkan. 1. yaitu: (1) Behavioural methods. Behavioural methods akan lebih terlihat hasilnya ketika diiringi dengan multimodal interventions (Henggeler dalam Herbert. . Behavioural Methods Penanganan geng motor dengan menggunakan metode ini adalah dengan mencoba untuk mengubah perilaku tersebut. Penanganannya termasuk:            Training komunikasi Feedback Positive interruption Problem-solving Membentuk pemikran rasional Happy talk Positive request Non-blaming communication Training keahlian negosiasi Meningkatkan dialog Permainan-permainan dalam keluarga Anggota geng motor perlu memahami untuk berinteraksi sosial yang seharusnya. Metode Penanganan Geng Motor Dalam pendekatan psikologi penanganan fenomena komunitas geng motor kita memfokuskan menggunakan 2 metode. (2) Cognitivebehavioral (CBT) methods.3. Selain itu. mengontrol emosi atau kemarahan adalah aspek penting yang harus dilakukan anggota geng tersebut karena biasanya gejolak emosi yang berlebihan itulah yang menyebabkan seorang anggota geng motor menyalurkan dalam bentuk juvenile deliquency.

1. dengan adanya contoh dan penguatan baik itu reward atau punishment akan memberi arahan bagi anggota geng motor tersebut.  Menumbuhkan lebih banyak pikiran-pikiran positif (kognisi) dan atribusi diri untuk alter maladaptive beliefs. self monitoring). Sehingga para komunitas geng motor tersebut dapat berpikir bahwa tindakan mereka itu tidak benar. yaitu anggota geng motor tersebut perlu mengikuti training relaksasi ataupun menggunakan teknik-teknik atau cara-cara yang dapat membuat mereka tenang dan nyaman. hypothesizing. desentization. Hal ini disebabkan dengan hati yang panik dan penuh gejolak akan menyebabkan seseorang salah dan tidak awas untuk mengambil suatu tindakan. . debate. behaviour rehearsal. social skills training. cognitive restructuring. Cognitive-behavioural (CBT) Methods Pendekatan CBT sebagai intervensi untuk kenakalan remaja biasanya terdiri dari beberapa teknik yang mana merupakan akar dari terapi kognitif (persuasion. Selain itu. role play. atau pertandingan balap motor F1. yaitu dengan memberi sugesti-sugesti positif apa yang seharusnya dilakukan.  Self-appraisal  Pengalaman kegiatan yang menyenangkan. relaxation exercise. atau dengan kegiatan-kegiatan yang lain. Hal ini penting karena biasanya anggota geng motor yang terjebak oleh kenakalannya tidak dapat membedakan apakah tindakan mereka itu baik atau buruk. Program penanganan didesain seperti urutan dibawah ini:  Training relaksasi. yaitu dengan memberikan mereka model dan penguatan yang dapat mereka tiru. yaitu mengganti tindakan mereka yang tidak mematuhi norma-norma sosial dengan kegiatan lain yang menyenangkan namun itu tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada seperti permainan balapan motor.  Modelling dan reinforcement tingkahlaku . dalam keadaan tenang dan nyaman akan mempermudah seseorang dimana dalam konteks ini anggota geng motor untuk menerima perlakuan-perlakuan lainnya. challenging. and internal debate ) yang digabungkan dengan terapi prilaku (operant procedure. modelling. Oleh karena itu.

. yaitu menggunakan reinforcement untuk menimbulkan perilaku yang dapat diterima sosial. Menggunakan operant conditioning untuk mengembangkan perila ku prososial dan mengembangkan keahlian sosial.

Pengertian Geng Motor 2. Metode Penanganan Geng Motor .Daftar Isi 1. Ciri-ciri Geng Motor 3.

Pd.Penutup Demikian Makalah tentang Maraknya Geng Motor. semoga dapat menambah wawasan penulis khusunya dan pembaca pada umumnya. Kami persembahkan Makalah ini untuk Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bapak Usep Taryo. S. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful