TOPIKAL PAPER GENERAL BUSINESS ENVIRONMENT

(Economic Development)

PERKEMBANGAN BISNIS WARALABA DI INDONESIA
Dosen: Dr. Tri Widodo, M.Ec.Dev

Oleh: Marlina Hidayati 09/288669/PEK/13838 Kelas AP-16A

PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS UNIVERSITAS GADJAH MADA JAKARTA 2010

Pertumbuhan waralaba (franchise) di Indonesia justru dalam beberapa tahun terakhir tumbuh signifikan. animo masyarakat Indonesia terhadap munculnya peluang usaha waralaba sangat signifikan.PERKEMBANGAN BISNIS WARALABA DI INDONESIA GAMBARAN MASALAH Banyak orang berbisnis dengan memakai pinjaman bank tak bertahan lama lalu bangkrut. Resiko kegagalan pembeli waralaba adalah 5%-15%. bisnis ini juga ternyata banyak menyerap tenaga kerja. Tetapi mudah dibangun. mudah pula bisnis ini jatuh. Direct Sales Business (Penjualan Langsung) dan berbagai konsep bisnis lain. Resiko kegagalan bisnis waralaba jauh lebih kecil dibanding bisnis lain seperti Distributor. Pesatnya pertumbuhan waralaba beberapa tahun terakhir dengan beragam produk dan rentang nilai investasi yang juga beragam. Baik dari sisi usaha waralaba maupun omzet yang dihasilkan. Jika tidak dikelola dengan baik dan transparan. sehingga perlahan satu demi satu cabangnya gulung tikar. sedangkan pada bisnis biasa berada di angka lebih dari 60%. 1 . Selain membantu pertumbuhan ekonomi. Tetapi tidak bagi waralaba (franchise).memberikan banyak pilihan kepada calon investor franchise untuk menanamkan modal di bisnis yang cukup menarik ini. PEMBAHASAN Konsep bisnis waralaba (franchise) akhir-akhir ini telah menjadi salah satu trendsetter yang memberi warna baru dalam dinamika perekonomian Indonesia. Setidaknya dalam tiga tahun terakhir. Animo ini terefleksi pada dua cermin yakni: jumlah pembeli waralaba dan jumlah peluang usaha (business opportunity) yang terkonversi menjadi waralaba. maka usaha waralaba akan menjadi jenuh.

Menurut versi pemerintah Indonesia. sistem. para calon pemegang kekuasaan di negeri ini melirik bisnis franchise sebagai program untuk mengatasi pengangguran dan sekaligus penciptaan pengusaha-pengusaha baru. Kata waralaba muncul terinspirasi dari kata franchising dari bahasa Perancis yang berarti kejujuran. dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek. Melalui franchise kita tidak perlu repot-repot berbisnis dari nol. Melalui pola franchise banyak brand lokal dan asing tumbuh menjadi besar.Pelan tetapi pasti franchise sudah menjadi trend besar dalam strategi percepatan pertumbuhan gerai/bisnis. Bahkan banyak sekali merek lokal yang awalnya zero berubah menjadi market leader dalam kategori bisnisnya. Sehingga sudah selayaknya. Pasalnya. nama. karena menggunakan merek yang sudah memiliki reputasi di pasar. prosedur dan 2 . Alhasil setiap tahunnya muncul ribuan pengusaha baru untuk menjadi franchisee atau mitra bisnis franchise. yang dimaksud dengan Waralaba ialah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir. waralaba dapat menjadi jamu yang mujarab untuk persoalan pengangguran di Indonesia karena duplikasi menjadi pengusaha baru (franchisee) relatif lebih mudah dan cepat. yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa. franchise pada hakekatnya merupakan sebuah konsep pemasaran dalam rangka memperluas jaringan usaha secara cepat dan murah. Melihat potensinya yang besar. Keberadaan franchise diyakini sebagai jalan pintas menjadi pengusaha. Franchise juga dikenal sebagai jalur distribusi yang efektif untuk memasarkan produk/jasa ke tangan konsumen melalui franchisee (mitra usaha). Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia.

franchisee (penerima waralaba) untuk menjual produk/jasa sesuai dengan trademark pemilik bisnis didasari dengan perjanjian waralaba. Secara sederhana. salah satunya bagaimana pemerintah dapat memfasilitasi khususnya dengan peraturan yang jelas. franchise dapat diartikan sebagai sistem bisnis yang melibatkan franchisor (pemilik bisnis).000 toko di seluruh Indonesia dan 40%-nya adalah franchise.dibutuhkan sebuah komunikasi yang berkualitas untuk menjaga standardisasi toko.cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu. KESIMPULAN Indonesia merupakan lahan subur untuk mengembangkan bisnis waralaba selain karena potensi penduduknya yang sangat besar dan beragam. Persebaran industri ritel minimarket yang sedemikian ketat ini perlu ada sebuah aturan yang jelas karena pertumbuhan waralaba yang melesat cepat. Franchise pun dapat dikatakan menjual sistem bisnis yang sudah terbukti memberikan keuntungan dan menjualnya pada investor sesuai dengan perjanjian franchise. 3 . Menjamurnya minimarket seperti Indomaret dan penempatan waralaba yang sejenis dalam jarak tertentu seharusnya menjadi perhatian agar masing-masing dapat terus berkembang. sehingga dimana pun lokasi Indomaret berada selalu diikuti oleh pesaing. Pertumbuhan pesat dialami bisnis ritel Indomaret. Oleh karenanya. juga merupakan calon pembeli yang potensial. Bisnis waralaba harus dilindungi agar dapat terus tumbuh untuk mengembangkan perekonomian daerah. Sudah cukup banyak cerita sukses yang diperoleh para waralaba di pentas bisnis Indonesia. Outlet Indomaret tak kurang dari 4. Lokasi yang tepat menjadi kunci kesuksesan bisnis ritel seperti Indomaret.

majalahfranchise.html.blogspot.com/read/2010/06/19/172429/1381948/4/bisniswaralaba-serap-1-juta-tenaga-kerja-tiap-bulan.konsultanwaralaba.REFERENSI http://www.com http://www.com http://www.com. (http://www.com http://www.jokosusilo. (http://www.org/wiki/Waralaba Raharjo.com/2010/12/09/bisnis-franchise-juga-bisa-lewatinternet/.detikfinance. (http://usahafranchise. diakses pada tanggal 8 Februari 2011) 4 . Omset Bisnis Waralaba Indonesia Mencapai Rp.com/2009/02/franchise-indomaret-waralaba.waralabaku. Joko. (http://salamfranchise. diakses pada tanggal 8 Februari 2011) Franchise Indomaret Waralaba.bursafranchise.64 Triliun.com http://id.franchisewaralaba.wikipedia. Ramdhania. Bisnis Franchise Juga Bisa Lewat Internet. diakses pada tanggal 8 Februari 2011) Susilo.114. Tri. diakses pada tanggal 8 Februari 2011) El Hida.com http://www. Bisnis Waralaba Serap 1 Juta Tenaga Kerja Tiap Bulan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful