1.

Pengertian
Body massage adalah teknik pengurutan secara manual dengan menggunakan bantuan tangan, dari satu bagian kebgagian tubauh yang lainnya dimulai dari sisi kanan klien yanfg kemudian bergerak mengitari pelanggan searah jarum jam.

2. Tujuan
Tujuan dari body massage adalah : a) Melancarkan peredaran darah b) Menghaluskan kulit c) Memberikan relaksasi serta menghilangkan ketegangan fisik dan mental

3. Kontra Indikasi
Kontra indikasi dari body massage adalah : a) Dalam masa menstruasi b) Jantung c) Luka memar

4. Perlengkapan yang dibutuhkan
a) Alat No. 1. Nama Alat Bed facial Contoh alat kegunaan Untuk model tempat tidur

2.

Trolly/ nampan

Untuk kosmetik

menempatkan

Mangkuk Untuk tempat scrub dan massage oil 4. waskom Untuk tempat air b) Lenan No. Nama lenan Alas bed facial Contoh alat Kegunaan Untuk penutup bed facial . 1. Kuas Untuk membantu mengoleskan masker 5.3.

Handuk kecil Untuk menutupi bagian dada klien dan sebagai alas kepala klien 6. Jarik Untuk badan klien menutupi 3. Kamisol Untuk badan klien menutupi 5. Jarring hair bando Untuk menutupi rambut klien 4. waslap Untuk membersihkan badan klien .2.

c) Kosmetik No. Massage zaitun oil minyak Untuk membantu dalam pengurutan merelaksasikan serta 3. Lulur Untuk peremajaan kulit 5. 1. Persiapan a) Terapis y y y y y Menggunakan jas kerja Melepaskan perhiasan Mencuci tangan sebelum melakukan perawatan Menggunakan masker mulut bila perlu Melakukan terapis tangan agar terasa luwes ketika dirasakan oleh klien . Nama kosmetik Scrub Contoh alat Kegunaan Untuk mengelupas mati membantu sel kulit 2.

Keselamatan Kerja a) Memeriksa seluruh alat dan kosmetik yang akan digunakan dan pastikan masih dalam kondisi baik da kosmetik masih dalam batas waktu penggunaan b) Menyiapkan tempat dan peralatan serta kosmetik yang akan digunakan agar mudah sewaktu digunakan c) Selalu menjaga kebersihan dan mengikuti petunjuk perawatan saat melakukan perawatan 7.b) Klien y y y y Melepaskan perhiasamenggunakan kamisol Tali BH diselipkan dalam kamisol Bungkus rambut dengan menggunakan jarring/ handuk kecil dan ikat dengan bandana Pasanng handuk pada bagian dada klien c) Alat dan bahan Mensterilkan alat dengan alcohol d) Tempat Bersih dan bebas dari kebisingan untuk membantu pada saat melakukan perawatan/ relaksasi pada klien dan sirkulasi udara dalam ruangan harus lancer e) Kosmetik Menempatkan kosmetik pada troly atauu nampan agar terlihat lebih rapi 6. kemudian tubuh klien diselimuti dengan kain panjang/ jarik b) Bersihkan punggung dengan air hangat menggunakan waslap c) Perawatan punggung      Oleskan scrub pada punggung secara merata dengan telapak tangan Angkat sisa-sisa krim dengan air hangat menggunakan waslap Massage pada punggung dengan menggunakan minyak zaitun Bersihkan sisa minyak zaitun dengan air hangat menggunakan waslap lembab Oleskan lulur pada punggung dengan gerakan effleurage diamkan kurang lebih 10 menit hingga setengah kering  Kemudian lanjutkan dengan membersihkannya/ merontokan lulur dengan mengusap -usap menggunakan bantalan tangan. Langkah Kerja a) Klien dipersilahkan tidur di bed facial dalam sikap telentang atau telungkup sesuai dengan petunjuk metode yang akan diterapkan. angkat dan bersihkan dengan waslap lembab .

kemudian dirontokkan dengan diusap-usap memakai tangan e) Perawatan kaki depan   Bersihkan kaki depan dengan air hangat menggunakan waslap Gerakan massage dengan minyak zaitun pada kaki depan .d) Perawatan Kaki Belakang      Bersihkan kaki belakang dengan air hangat menggunakan waslap Gerakan massage dengan minyak zaitun pada kaki belakang Membersihkan sisa minyak zaitun pada kaki dengan air hangat menggunakan waslap Oleska lulur pada kaki dengan gerakan effleurage Setelah kering.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful