Indikator Asam-Basa

I. TUJUAN y Mempelajari berbagai bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa. y Membedakan larutan asam basa menggunakan indikator buatan maupun indikator alam. II. LANDASAN TEORI

III. ALAT DAN BAHAN 1. INDIKATOR ALAM y Alat : 1. Mortar dan alu 2. Pipet. 3. Tabung reaksi kecil y Bahan : 1. Larutan Asam Cuka (CHO3COOH) 2. Larutan Basa (larutan NaOH) 3. Bunga Bougenvill 4. Bunga Sepatu 5. Kunyit 6. Bunga mawar merah 2. INDIKATOR BUATAN y Alat : 1. Pipet 2. Pelat tetes y Bahan : 1. Kertas lakmus (merah dan biru) 2. Metil Orange 3. Metil Red 4. Phenol Phtalein (PP) 5. Bromtimol Blue (BTB) 6. Larutan Asam Cuka (CH3 COOH) 7. Larutan Basa (HaOH) IV. CARA KERJA 1) INDIKATOR ALAM a. Ambil beberapa lembar mahkota bunga, kemudian tumbuklah dengan menggunakan mortar dan alu. b. Beri beberapa tetes air untuk melarutkan zat warna pada bunga (untuk memperoleh ekstrak bunga) dan cacat warnanya.

ruas kedua lakmus merah. PP dan BTB masing-masing satu tetes. Ulangi langkah di atas untuk semua mahkota bunga dan kunyit kemudian catat perubahan warnanya. Masukan pada ruas pertama dari deret yang berisi larutan CH3COOH 0.c. Siapkan indikator buatan. kemudian teteskan ekstrak bunga pada langkah b) pada masing-masing tabung dan catat warnanya d. PP. metil orange.1 M dan satu deret (6 ruas) masingmasing dengan larutan NaOH 0. DATA HASIL PENGAMATAN VI. metil red. V. misalnya: kertas lakmus. c. dan BTB. Siapkan 2 tabung reaksi dan isilah tabung pertama dengan 1 mL larutan CH3COOH 0.1 M. PEMBAHASAN VII.1 M kertas lakmus biru. Siapkan pelat tetes dan isilah satu deret (6 ruas) masing-masing dengan beberapa tetes larutan CH3COOH 0. Amati dan catat perubahan warna yang terjadi. ketiga sampai keenam matil merah. KESIMPULAN VIII. Ulangi langkah c) untuk deret yang berisi larutan NaOH. b. 2) INDIKATOR BUATAN a. d. DAFTAR PUSTAKA .1 M.1 M dan pada tabung kedua isilah dengan 1 mL NaOH 0. metil orange.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful