Alat dan Mesin pengolahan tepung

TEKNOLOGI PEMBUATAN TEPUNG PISANG DAN PRODUK OLAHANNYA

Ketergantungan terhadap salah satu pangan pokok khususnya terigu, menuntut masyarakat untuk menggali potensi pangan local yang ada disetiap daerah. Pisang (Musa paradisiaca) sebagai salah satu tanaman buah-buahan mempunyai potensi besar diolah menjadi tepung sebagai substitusi tepung terigu. Tepung pisang merupakan produk antara yang cukup prospektif dalam pengembangan sumber pangan local. Buah pisang cukup sesuai untuk diproses menjadi tepung mengingat bahwa komponen utama penyusunnya adalah karbohidrat (17,2-38%). Manfaat pengolahan pisang menjadi tepung antara lain : − Lebih tahan disimpan − Lebih mudah dalam pengemasan dan pengangkutan − Lebih praktis untuk diversifikasi produk olahan − Mampu memberikan nilai tambah buah pisang − Mampu meningkatkan nilai gizi buah melalaui proses fortifikasi selama pengolahan − Menciptakan peluang usaha untuk pengembangan agroindustri pedesaan Proses pembuatan tepung pisang Tepung pisang dibuat dari buah pisang yang masih mentah namun yang sudah cukup tua. Tepung pisang banyak dimanfaatkan sebagai campuran pada pembuatan roti, cake, kue kering, campuran tepung terigu, dan campuran makanan bayi. Pada dasarnya semua jenis buah pisang mentah dapat diolah menjadi tepung, tapi warna tepung yang dihasilkan bervariasi, karena dipengaruhi oleh tingkat ketuaan buah, jenis buah dan cara pengolahan. Buah pisang kepok mempunyai warna tepung yang paling baik, yaitu putih. Oleh sebab itu pemilihan buah pisang kepok manurun yang merupakan pisang varietas unggul Kalimantan Selatan sangat tepat dalam pembuatan tepung pisang. Teknologi pengolahan tepung pisang yang diintroduksikan adalah penggunaan alat pengiris, mesin pengering, dan mesin penepung yang terbuat dari bahan yang aman untuk pengolahan makanan. Selain itu juga diperkenalkan teknologi perendaman irisan buah pisang dalam larutan asam sitrat sebelum pengeringan yang mampu mencegah reaksi pencoklatan pada irisan buah, sehingga dapat memperbaiki warna tepung pisang yang dihasilkan. Aneka produk olahan tepung pisang Berbagai produk olahan dapat dibuat dari tepung pisang, diantaranya adalah : ♣ Bubur balita Pembuatan bubur balita, ada 3 macam yaitu tepung pisang yang dicampur dengan tepung beras (PIRAS), tepung terigu (PIGU) atau tepung kacang ijo (PIJO). Adapun komposisi bubur bayi ini adalah 40% tepung pisang, 30% tepung beras/tepung terigu/tepung kacang ijo, 30% tepung susu, kemudian ditambah dengan gula sebanyak 10% dari total berat tepung. Pembuatan bubur balita dilakukan dengan cara mencampur tepung, susu dan gula. Tambahkan air dan campur hingga merata. Masak diatas api kecil sambil diaduk terus hingga matang/mengental. ♣ Cheese stick asin Bahan baku kue kering cheese stick asin, dibuat dari campuran 25% tepung pisang + 58% tepung

hal ini disebabkan karena tekstur mie yang harus bersifat kenyal. setelah itu digoreng. kismis. telur. ♣ Mie Pembuatan mie. Kue cake dari tepung pisang mempunyai tekstur agak remah. selai kacang tanah. Semua bahan dibuat adonan. Semua bahan dibuat adonan. telur. kue putri salju. Proses pengadonan dilakukan dengan mixer. kemudian dicampur dengan tambahan bahan lain yaitu margarine. dan buah cherry). dipotong bentuk mie. dan air. bumbu dan air. ♣ Aneka kue kering Kue kastengels. cake black forest. . dan direbus. cake keju dapat dibuat dari bahan baku tepung pisang dan tepung terigu dengan perbandingan 50%:50%. gula aren. dengan komposisi 20% tepung pisang dan 80% tepung terigu. coklat bubuk. kemudian dibuat lembaran tipis dan dipotong kecil panjang seperti stick. telur. madu. ♣ Kue cake Pembuatan kue cake dari bahan baku 100% tepung pisang. dengan bahan tambahan lain yaitu garam.terigu + 17% tepung tapioka. oleh karena itu dapat pula dicampur dengan tepung terigu. soda abu. Tepung pisang dicampur dengan bahan tambahan lain (margarine. dibentuk lembaran menggunakan alat pembuat mie. sedang proses pemasakan menggunakan oven. kue janhagel. Penggunaan tepung pisang pada pembuatan mie hanya sebanyak 20%.

Mesin-Mesin untuk Membuat Bakso Ada beberapa mesin atau alat bakso yang bisa digunakan dalam pengolahan bakso. . hingga halus tercampur rata. Mesin bakso tersebut antara lain : • Mesin giling daging Baso (Harga mulai Rp 775.2 juta ) Mesin meat mincer adalah mesin yang berfungsi untuk mencampur daging dengan adonan bakso.000) Mesin giling daging berfungsi untuk menggiling .menghaluskan daging sebagai bahan dasar bakso. • Mesin meat mincer untuk bakso (Harga Mulai Rp 3.

• Mesin pengemas bakso Mesin pengemas bakso ini berfungsi untuk mengemas (packing) bakso. dengan tujuan pengemasan dan agar bakso lebih tahan lama.• Mesin Pencetak bakso OTOMATIS Mesin pencetak bakso adalah mesin untuk cetak adonan bakso dalam bentuk bulat. dengan diameter bakso yang bisa diatur. .

Supply voltage : 220V/380V. butiran .Material pengemas : AL+PE. L=50-140 mm .Tipe seal : sistem renteng 4 side seal . OPP+PE.Produk yang dikemas : bubuk.Ukuran mesin : WxLxT=670×900x1770 mm . NY+PE.Tipe : AW 6035 4ss .Power requirement : 1.Kecepatan mengemas : 50-80 pack/min .Dimensi seal : W=50-100 mm.Kapasitas pengemas : Up to 100 gr .Tipe mesin : vertical sachet .ANEKA MESIN INDUSTRI Mesin Pengemas Otomatis Fungsi : mesin untuk pengemasan produk otomatis dengan sistem vertikal Spesifikasi : .4 kVA/18 amp . dan bahan kertas pengemas lain yang dapat direkatkan dengan panas . biji-bijian. 1ph/3ph Neutral 50Hz .

ranting. sabut kelapa. halus dan cenderung bertepung sehingga mudah dihancurkan dengan proses fermentasi untuk pupuk organik > Mampu mencacah daun.6 kg Panjang Drum : 720 mm Diameter Drum : 450 mm Jumlah Baris Pisau : 6 Baris Jumlah Pisau : 36 Pisau Daya Mesin Penggerak : 8 HP atau 11 HP Putaran silinder penghancur : 1480 – 1700 rpm Kapasitas : 800 – 1200 kg/jam Konsumsi Bahan Bakar : 1.8 L/jam Efisiensi penghancuran : 90 – 95 % Keunggulan : > Bentuk yang ringkas dan sederhana > Sangat mudah dioperasikan > Getaran mesin yang kecil > Hasil cacahan maksimum dengan potongan < 70 mm. .Mesin Pencacah Sampah Organik Spesifikasi : Type : APO 1200 Cara Penghancuran : Pemotongan Sistem Pengeluaran : 3 Buah Besi Plat Pelontar Transmisi : Puli Diameter 177 mm dan V-Belt B 50 ( 2 buah ) Jenis Kerangka : Besi Siku 50 x 50 mm Jenis Pisau Pencacah : Baja Karbon dengan sistem Knock Down Sistem Transportasi : 4 buah roda besi dengan handle kemudi Panjang : 1210 – 1570 mm Lebar : 710 mm Tinggi : 1170 mm Bobot tanpa penggerak : 154.9 – 2. dan jerami dari berbagai jenis sampah pertanian yang dapat digunakan untuk pupuk organik > Pisau mempunyai ketajaman dan kekerasan tinggi sehingga lebih awet walaupun digunakan mencacah bahan organik agak keras dan berumur teknis panjang.

Kapasitas . Spesifikasi Mesin Tipe Kapasitas Dimensi Pengerak : BPK-1 : 50 – 100 kg/jam : 84 x 60 x 135 : Engine 5.5 HP Roda Penghancur : 40 mm x 140 mm Speed Reducer : Type 80 Mesin CHOPPER (Perajang Rumput) Fungsi mesin : untuk memotong rumput. ranting untuk konsumsi hewan ternak Spesifikasi : . Plat Ms : 100 – 200 Kg/jam : Elektromotor 3 Hp / Diesel 6 Hp .Mesin Pemecah Kemiri Mesin pemecah kemiri ini sangat cocok untuk usaha pengolahan kemiri. jerami.Penggerak : UNP.Rangka .

Material : Rangka.Jumlah Pisau : 16 Buah .Kapasitas : 250– 400 kg/jam .Mesin Pengiris SLICER Fungsi : untuk mengiris singkong. Spesifikasi : . Dudukan Pisau = Besi Tuang . Pisau = Mild Steel.Penggerak : Elektro Motor 1PK/1Phase. Manual . ubi jalar dll. kentang. T=1000mm .Dimensi : P=1000mm. L=630mm.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful