D I S U S U N Oleh

:

Nama : Stien Tjiangdiono Kelas : XII IPA

SMA NEGERI 1 AMBON

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa , karena berkat dan kasihNya, sehingga tugas ini dapat dikerjakan dengan baik. Tak lupa juga, penulis ucapkan terima kasih kepada : 1.Orang tua yang selalu memberikan dorongan dan motivasi 2.Pak Muskita selaku guru mata pelajaran. 3.Teman-teman . Penulis juga menyadari adanya kurangnya kesempurnaan dari karya tulis ini, untuk itu saya selaku sebagai penulis meminta bantuan berupa saran, kritik, yang mennbangun akan kesempurnaan tugas ini di hari-hari kedepan. Demikian dari saya, atas perhatian diucapkan terima kasih

Ambon

Penulis

........ DAFTAR GAMBAR ................................................. Penggunaan Musik Suling Bambu ««««««««.1................1.................................. KATA PENGANTAR ............... ..................................DAFTAR ISI Halaman HALAMAN JUDUL ........................... Fungsi Musik Suling Bambu Dalam Masyarakat .............................. Latar Belakang Maslah ...1. Pembatasan Masalah .1................................................ Posisi Awal Musik Suling bambu 2.. BAB I PENDAHULUAN 1...1.... 1...2..........................................2..... i ii iii iv BAB II PEMBAHASAN 2... DAFTAR ISI .. 2.....................

............1. 2.1... 2...2..2.. Perkembangan Yang Terjadi 2. Pengaruh Musik Barat Terhadap Musik Suling Bambu ...«..4. Pandangan Masyarakat Terhadap Suling Bambu ««.....4..... 2. Pandangan Anak Muda Terhadap Musik Suling Bambu««..2....2. Penggunaan Musik Suling Bambu Oleh Anak Muda «... Masuknya Musik Barat 2.....3.3..3...«...2.......2... 2.«« .2. 2... Sejarah Masuknya Musik Barat ..4..1..1...... Fungsi Musik Suling Bambu Bagi Anak Muda .4. Pengaruh Musik Barat Bagi Masyarakat «.3..... Perkembangan Musik Suling Bambu . Perkembangan Musik Barat Di Masyarakat .. 2....3. 2...««««.. Posisi Musik Suling Bambu Bagi Anak Muda 2....3... 2..2..

......... Saran ............. DAFTAR PUSTAKA ...........1 Kesimpulan ...BAB III PENUTUP 3.................................. 3..................... ...................2.........................

Musik tradisional hanya digunakan pada acara-acara daerah tertentu . Di Maluku kita mengenal beberapa jenis musik tradisional . Dari perangkat-perangkat tersebut dapat diketahui musik asli Maluku dan budaya dari luar. Masing-masing memiliki perangkat musik khas yang unik.seni rupa. supaya kalangan masyarakat .BAB 1 PENDAHULUAN 1. sawat.tifa. Musik tradisional adalah musik yang merupakan suatu tradisi yang diturunkan dari leluhur kita untuk diwariskan kepada anak cucu. Tapi kenyataan yang dilihat musik tradisional kurang diminati oleh kalangan masyarakat khususnya untuk anak-anak muda.seni lukis dll. Music adalah suatu kebutuhan yang sangat dinikmati oleh setiap orang di belahan dunia.1. penerimaan tamu. tari-tarian. seperti : seperti hawaian. Salah satu budaya yang terkenal yaitu musik. Salah satu contohnya musik tradisional dan musik modern. seperti upacar adat. Hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk membuat karya tulis tentang musik tradisional khususnya musik suling bambu .dll.latar belakang Indonesia adalah Negara yang memilki banyak sekali budaya yang sangat indah dan menarik baik dalam negeri maupun luar negeri. Setiap orang menyukai music sesuai dengan ragam dan jenis dari music tersebut. dan tentu saja musik suling bambu. totobuang. Budaya Indonesia yang beragam seperti : music.

Tak hanya itu saja makalah ini juga bukan sekadar memberikan informasi tentang suling bambu . tetapi juga mengajak kita untuk tetap melstarikan musik tradisional khususnya musik suling bambu .dapat mengetahui dan melestarikan kebudayaan tradisional khususnya musik suling bambu. Perlu kita ketahui bahwa musik suling adalah musik tradisional yang berasal dari Maluku yang patut dilestraikan baik untuk anak muda sebagai generasi bangsa. . penulis akan membahas tentang musik suling bambu yang berasal dari Maluku.2. salah satu yang membuat musik suling bambu begitu khas dan merakyat adalah karena faktor alam di mana begitu banyak pohon bambu mendominasi hutan di Maluku. Pembatasan masalah Pada makalah ini . 1.

Hingga era 1970-an musik suling bamboo masih tenar di Maluku.The beatles. sebelum berbagai alat musik modern bermunculan. . sudah terkikis sedikit demi sedikit ketika demam Elvis Presley. Posisi awal musik suling bamboo Musik tradisional suling bamboo sebenarnya merupakan salah satu alat musik tradisional yang sudah dikenal luas masyarakat Maluku sejak dahulu. termasuk suling bambu yang khas di Maluku.1. Sesunguhnya musik tradisional di tanah air . Bahkan alat musik tiup ini dikenal sebagai musik pengiring berbagai acara resmi saat penyambutan tamu maupun pada hari-hari besar. Alat musik ini pun mengilhami masyarakat setempat untuk belajar mengenal dan meniupnya.BAB II PEMBAHASAN 2.Rolling stones melanda dunia.

e. Secara umum .gagasan. Jika ada pertunjukan musik didaerah mereka akan berbondong-bondong untuk menonton pertunjukan tersebut c. bunyi-bunyi itu menjadi tanda akan adanya suatu kegiatan. fungsi musik suling bambu bagi masyarakat adalah sarana atau media upacara ritual. Umunya masyarakat lebih suka menonton pagelaran musik. oleh sebab itu kebanyakkan tarian daerah di Maluku banyak diiringi oleh musik daerah contohnya musik suling bambu .kelahiran.serta upacara keagamaan dan kenegaraan b.media komunikasi.2.1. a.media hiburan. musik merupakan sesuatu yang dapat menghilangkan jenuh.1 Fungsi musik suling bambu dalam masyarakat. Sarana ekspresi diri Bagi para pemain musik khususnya musik suling bamboo .pengiring tari dan sarana ekonomi.pikiran. Penggiring tari . dengan memainkan musik suling bambu mereka dapat mengungkapkan perasaan. Sarana komunikasi Di Maluku .dan cita-cita tentang diri masyarakat melalui musik suling bambu tersebut d.perkawinan. umunya. Sarana upacara budaya (ritual) Musik suling biasa digunakan untuk upacara-upacara kematian. bunyi suling bambu memiliki arti tertentu bagi anggota masyarakat .media ekspresi diri. Salah satu kegunaan musik suling bambu juga adalah digunakan untuk mengiringi tari-tarian daerah . . Sarana hiburan Dalam hal ini .

alat musik suling bamboo mulai dikenal orang Maluku dan menjadi musik tradisional sejak tahun1815. Kata itu alat musik suling bamboo dibawa dan diperkenalkan oleh seorang penginjil dari belanda yakni joseph Kam. Paduan suling bambu di gereja kian memudar seiring dengan masuknya alat musik modern. musik suling bamboo masih tetap eksis dan dimainkan masyarakat hingga awal 1990-an. serta para penginjil gerakan baru seperti Gereja Bethel Indonesia (GBI) mulai merambah dan memasukkan unsur band ke dalam ibadah.3. musik suling digunakan untuk hal-hal seperti upacara-upacara adat.media ekspresi diri. Gereja Protestan Maluku (GPM) yang dulunya menjadi wadah pengembangan musik suling bambu pun tidak dapat berbuat banyak.N.media komunikasi. Semakin meluasnya gerakan yang juga disebut aliran kharismatik itu tak pelak . Awal 1990-an suling bambu yang mulanya eksis di gereja pun mulai termarjinalisasi. Paling tidak masih bersenandung di gereja-gereja ketika perayaan natal tiba.1. Menurut dia .pengiring tari dan sarana ekonomi. Pandangan masyarakat terhadap musik suling bambu Menurut pengamat musik Maluku. media hiburan. Pengunaan musik suling bambu Seperti yang sudah dijelaskan diatas.Alfons. 2.2.1. Mayrand R.2.

Contoh nyata dari musik era Yunani adalah musik rakyat yang terbagi menjadi lagu acritik dan lagu klephtic. Sejarah masuknya musik barat Salah satu musik barat yaitu musik barat era yunani : Sejarah musik dipercaya dimulai dari masa lalu dan dipelopori oleh musik Asia. alat musik yang dimainkan oleh masyarakat Yunani sangatlah menarik untuk ukuran jaman tersebut. musik yahudi. musik adalah sebuah mata pelajaran wajib dimana para pria Yunani kuno sudah diajarkan tentang musik sejak usia 6 tahun. musik digunakan untuk hiburan. Alat-alat musik dari era Yunani kuno. musik juga berkembang dengan baik. Musik sangatlah penting untuk peradaban masyarakat Yunani. Musik akritic berasal dari Akrites. Bahkan. Di masa setelah Yunani kuno. pada masa Yunani kuno. musik Mesopotamia. musik india. Di Yunani pada masa lampau.2.2. 2. Masuknya musik barat 2. Namun juga ada jenis khusus dan special dari lyre yang dinamakan kithara. dari semua musik tersebut. kedepannya menjadi cikal bakal dari alat musik modern. dan juga kegiatan kegamaan. teori musik dari Yunani mempelopori adanya musik keagamaan di dunia barat dan juga musikmusik klasik. musik romawi. seorang penjaga . musik era yunani adalah musik yang terbaik dan yang paling terkenal diantara yang lain. musik islam. Lyre kedepannya menjadi cikal bakal dari kecapi. Salah satu contohnya. musik Persia.1. Literasi musik dari Yunani sangatlah mempengaruhi perkembangan musik di seluruh dunia. Namun. dan hanya dimainkan segelintir orang di kampung atau desa tertentu saja. Seperti sejarah Yunani yang penuh dengan kejayaan dibidang penemuan dan juga peradaban rakyatnya.membuat musik suling bambu terus terbenam sampai sekarang. Lalu juga ada alat musik petik yang dinamakan lyre. Salah satu alat musik yang sangat terkenal adalah aulos yang terbuat dari dua buah alang-alang. musik mesir. Di musik era Yunani kuno. perayaan rakyat. dan juga musik yunani.

jazz. muncullah berbagai musisi Indonesia yang beraliran pop. Sebut saja palea dhimotika yang dimainkan dengan kleftiko. Pada masa ini para musisi Indonesia menciptakan sajian musik berupa perpaduan musik barat dengan musik Indonesia. Masuknya bangsa barat ke Indonesia juga membawa pengaruh besar dalam perkembangan musik Indonesia. Para pendatang ini juga memperkenalkan berbagai alat musik dari negeri mereka. Seiring dengan masuknya media elektronik ke Indonesia. Musik ini dikembangkan oleh Kleftes. Sajian musik itu kemudian dikenal sebagai musik keroncong. rock. Musik klephtic berkembang sesaat sebelum revolusi Yunani. Salah satu lagu terkenal dari Kreta adalah tabachaniotika yang merupakan cikal bakal dari rebetiko. dan R&B. Lalu juga ada musik dari Pulau Kreta yang masih termasuk wilayah Yunani.perbatasan dari kerajaan byzantine. dan Kostas Moundakis. Lalu ada nisiotika yang merupakan lagu rakyat dari Pulau Aegean. Salah satu lagu terkenal dari Nisiotika adalah ikariotiko traghoudhi atau lebih terkenal dengan nama lagu dari Ikaria. seruling (flute). Sebut saja Nokos Xylouris. Seperti biola. rock. musik klephtic bersifat monophonic dan tidak menggunakan harmoni sama sekali. Banyak sekali pemain lyra berbakat dari Kreta. Maka. Antoniss Xylouris. Berkembang pula jenis musik yang memadukan unsur kedaerahan . pasukan yang bertarung melawan kerajaan ottoman. jazz. Pada dasarnya.masuk pula berbagai jenis music barat. seperti pop. Dari perkembangan ini. cello (selo). gitar. R&B dan music-musik negeri India yang banyak diperkenalakan melalui film-filmnya. blues. Masih banyak lagi musik dari era Yunani yang sangat terkenal.musik India juga berpadu dengan musik melayu yang kemudian menghasilkan jenis musik dangdut. Mereka pun membawa sistem solmisasi dalam berbagai karya lagu. Sedangkan perkembangan dari musik klephtic dimulai setelah berakhirnya era kerajaan byzantine. Hal ini berkat beberapa warga Kreta yang berasal dari kawasan Asia. Thanassis Skordalos. musik dari caféaman yang merupakan musik gabungan dari Yunani dan musik timur. blues. terjadilah perpaduan musik asing dengan musik Indonesia. dan ukulele.Pada masa inilah Indonesia mengalami perkembangan musik modern.

karena dibawah pada masa penjajahan bangsa Eropa. adalah aliran musik campuran Maluku dan kawasan Pasifik.2. Pengaruh musik barat bagi masyarakat. Untuk saat ini dikota-kota besar bermunculan beberapa kursus yang menyediakan latihan untuk melatih agar masyarakat dapat memainkan alat musik modern tersebut. yaitu. pengaruh musik barat bagi masyarakat Ada kenyataan yang sangat ironis dari pengaruh music barat bagi masyarakat terutama anak muda. musik ini memiliki warna yang sama dengan musik hawai. Itu semua terjadi karena masyarakat Indonesia tidak mau ketinggalan ³kereta´ dengan Negara yang lain. seperti gitar. dan lain sebagainya. biola. bisa ada yang positif dan Negatif. Dan hal inilah yang membuat banyak kalangan muda lari dan meninggalkan musik tradisional karena dianggap sebagai seuatu hal yang kuno dibandingkan dengan musik barat yang cenderung modern. hal ini sangat terasa pada awal kemerdekaan. Sesuai dengan kemiripan namanya.2. Dan masih sedikit anak-anak muda yang peduli dengan eksistensi alat musik tradisional. tidak bisa memainkan alat musik tradisional dari asal mereka. piano. drum. keyboard. Yang positif dapat dilihat pada salah satu musik daerah Maluku yaitu musik hawaian misalnya. Dan yang justru melestarikan adalah orang-orang yang berada di daerah pedesaan ataupun pegunungan yang sangat terpencil. anak muda yang ada di daerah kota. Dan hal itulah yang membuat alat musik Tradisional di masyarakat semakin tergeser kedudukannya. karena yang lebih asyik adalah memainkan alat musik modern.3. dan mereka juga mengaku kalau memainkan alat musik tradisional adalah tidak penting.2. terbukti masuknya beberapa alat musik band. . 2.2 Perkembangan musik barat di Indonesia Perkembangan musik barat di masyarakat d Perkembangan musik barat di Masyarakat dapat dikatakan sangat maju sekali dengan kemajuan teknologi yangsangat modern.

orang pasti menyukai musik.itu semua terjadi karena musik adalah bahasa universial yang menjadi kebutuhan setiap orang. Dibelahan dunia manapun. terhadap adanya musik barat yang bisa saja membawa dampak positif bagi tradisional. karena kita tidak bisa begitu saja tidak menutup mata. sebagai ciri identitas mereka. Yang positif. dapat kita gunakan agar musik tradisional tidak terengar bosan dan masih bisa eksis di Masyarakat. Dan dampak positif bagi perkembangan musik daerah Barat dapat terjadi asalkan kita sebagai masyarakat. walaupun dengan warna yang berbeda-beda. . pintar memilah mana yang baik dan mana yang buruk bagi eksistensi musik tradisional.

3.serta meningkatkan peradaban.terikat didalam berbagai unsur kesenian yang ada.1.tetapi juga digunakan untuk sebuah upacara adat.sebagai upay penyebarluasan dan pendalaman serta peningkatan . Perkembangan yang terjadi 2.dan juga perkembangan musik sulingmemiliki tujuan yang terarah.3.dan persyaratan antar daerah dalam hal ini.musik suling bambu tidak hanya digunakan untuk mengiringi lagu-lagu dalam sebuah peribadatan. 2.yaitu: 1.berwawasan lingkungan dan mampu mencerdaskan kehidupan bangsa.yaitu: y Melindungi jenis atau bentuk kesenian sebagai upaya yang menimbulkan kerusakan atau kepunahan.2.persatuan.Secara Umum: Terlindungnya perkembangan dan pemanfaatannya kesenian tradisi daerah dalam rangka mewujudkan kehidupanyang dinamis.dan musik suling bambu digunakan juga untuk mengiringi lagu-lagu pop atau jenis lagu lainnya.dan tujuannya di bagi atas dua bagian. y Mengembangkan jenis atau bentuk kesenian .musik suling bambu khususnya yang dapat dijadikan icon bagi musik didaerah Maluku (kota ambon) tentunya. Perkembangan musik suling bambu Seiring dengan bertambahnya waktu.Secara Khusus : Tersedianya pedoman atau petunjuk dalam pengembangan musik tradisional umumnya dan terlebih khusus musik suling bambu untuk dijadikan pedoman yang terarah bagi masyarakat pengguna dalam berbagai bidang.

y Memanfaatkan jenis dan bentuk kesenian daerah untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat setempat secara lahir dan batin(kepentingan ibadah). seperti yang beliau tampilkan dengan orchestranya.pendidikan. karena saya melihat kegigihannya dalam membangkitkan musik suling bambu sangat besar.2.yang kadangkala lahir berbagai yang positif maupun yang negatif dari masyarakat itu sendiri. Dengan ini berarti musik barat tidak terlalu membawa pengaruh besar terhadap eksistensi musik suling bambu. Alfons.mutu budaya bangsa. Pengaruh musik barat terhadap musik suling bambu itu sangat besar karena dengan kedatangan musik barat sehingga hampir membuat musik suling bambu tergeser.Pengaruh masuknya musik barat terhadap musik suling bambu.sebagai puncak-puncak kebudayaan daerah. Pengaruh musik barat terhadap musik suling bambu Dalam topic ini saya lebih khusus condong kepada pengamat musik Maluku.karena salah satu faktornya yaitu masyarakat ingin mencoba sesuatu yang baru.Dalam hal ini membuat sebuah kesimpulan perlu adanya. 2.3. justru musik modern ini memperkaya alunan music dalam setiap permainan musik suling bambu. beliau justru dengan kreatifnya mencampurkan musik suling bambu ke dalam musik modern. terlebih beliau menganggap masuknya music barat ke Maluku sebagai hal yang biasa saja.kesamaan pikir pandang terhadap norma-norma seni yang ada .ilmu pengetahuan dan ekonomi. N. Maynard R.kadangkala merupakan tantangan dalam perkembangan musik suling bambu terhadap penggunaannya dimasyarakat.

y Donatur: Merupakan figur perorangan yang mampu ditempatkan sebagai penyumbang dalam kegiatan kegiatan seniman.secara ilmiah.melalui SDM yang ada yaitu.: y Pakar Seni: Yang mempunyai keahlian dalam dunia seni.membutuhkan kehadiran berbagai pihak untuk perlindungan dan pemanfaatan dan kualifikasi seni itu sendiri.klrifikasi bagi terciptanya apresiasi seni di masyarakat dan merupakan kilas balik bagi kebijakan penggelolahan kesenian itu sendiri. . y Kritikus dan Insan Media massa: Merupakan kolumis atau jurnalistikyang mampu melakukuan justifikasi. y Pamong Budaya:Orang yang bertugas untuk mengarahkan. y Industriyawan: Merupakan pelaku-pelaku industri yang telah memiliki komitmem untuk memajukan keseniann daerah itu sendiri dan dapat dijadikan bapak angkat seniman itu sendiri. y Masyarakat Pendukung: Merupakan kelompok pencipta atau pemberhak yang dapat dijadikan narasunber dalam penggeluhan kesenian di masyarakat. y Seniman dan Budayaan: Merupakan pelaku itu sendiri.

seperti orgen.yaitu kemajuan teknologi sehingga diciptakan alat-alat musik modern. .gitar.mereka memandangt bahwa musik suling bambu sangat berguna bagi kehidupan mereka.4.4. Posisi musik suling bambu bagi anak muda 2. Pandangan anak muda zaman dahulu terhadap musik suling bambu yaitu.2.contohnya dalam kegiatan peribadatan.disini saya membagi pandangan anak muda zaman dahulu dan pandangan anak muda zaman sekarang.berbeda dengan anak muda pada zaman dahulu yaitu karena salah satu faktornya. Pandangan anak muda zaman sekarang terhadap musik suling bambu yaitu.dan alat alat musik modern lainnya.1 Pandangan anak muda terhadap musik suling bambu Pandangan anak muda terhadap musik bambu yaitu.

sebagai alat yang dipakai untuk membuat suatu karya tulis.yaitu fungsi musik suling bambu terhadap anak muda zaman dahulu dan musik suling suling terhadap anak muda zaman sekarang.musik suling bambu hanya dilakukan atau berfungsi untuk sebuah acara upacara.alat untuk mencipta sebuah lagu. Fungsi musik suling bambu bagi anak muda Fungsi musik suling bambu juga saya membedakannya menjadi dua.2. Fungsi musik suling bambu bagi anak muda zaman dahulu.2.4. Fungsi musik suling bambu bagi anak zaman sekarang.alat penghibur. .sebagai alat pengiring lagu.tidak seperti dengan anak zaman dahulu.

dan juga mereka sering memakainya untuk sebuah objek dalam melakukan sebuah karya tulis.3.´GUNUNG SIRIMAU´.yaitu penggunaan musik suling bambu oleh anak muda zaman dahulu dan penggunaan musik suling bambu oleh anak muda zaman sekarang. .yaitu mereka jarang memakainya dalam kegiatan sehari-hari.penggunaan musik bambu oleh anak muda Penggunaan musik suling bambu juga saya membedakannya menjadi dua. Penggunaan musik suling bambu oleh anak muda zaman sekarang.contohnya seperti hari Pattimura. Penggunaan musik suling bambu oleh anak muda zaman dahulu.contohnya lagu.dan juga mereka sering memakai musik bambu untuk menciptakan sebuah lagu.baik itu lagu rohani maupun lagu pop.biasanya hanya dipakai dalam acara upacara adat maupun upacara hari-hari besar pada suatu daerah.alat untuk menghibur dirinya apabila ada dalam suatu masalah.2.yaitu digunakan untuk pengiringan lagu.4.

dan mempunyai banyak kegunaan yang dapat digunakan pada acara-acara daerah. semoga dengan adanya karya tulus ini. khususnya kalangan anak muda untuk tetap melestarikan dan terus mengembagkan tradisi musik tradisional khususnya musik suling bambu KESIMPULAN Suling bambu merupakan alat musik tradisional dari Maluku.BAB III PENUTUP Demikianlah karya tulis ini dibuat.dll. Tetapi walaupun kebudayaan ini lama-lama kelamaan tergeser/hampir punah tetapi perlu dilestarikan bukan hanya buat kalangan orang tua. . bisa dijadikan sebagai inspirasi buat kalangan masyarakat.

SARAN Saran penulis untuk para pembaca. seharusnya lebih perduli akan kebudayaan musik tradisional di Masyarakat. Dan terus dilestarikan dan tetap dilanjutkan dan jangan pernah takut dianggap kuno karena semua itu merupakan budaya kita. . adalah kita sebagai anak muda hendaknya melestarikan kebudayaan daerah kita karena itu merupakan aset yang berhaga bagi bangsa kita. Untuk pemerintah. karena mungkin saja itu bisa dijadikan aset yang berharga untuk membuat Indonesia dikenal ke kancah yang lebih luas dan tetap dijaga dan dilestarikan.

.

DAFTAR PUSTAKA http://www.antaramaluku.com/ .wikipedia.org/wiki/Maluku http://www.malukuprov.go.com/artikel/menakar-eksistensimusik-suling-bambu-maluku http://id.id/ http://www.google.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful