BANTUAN HIDUP DASAR

OLEH : Ns. HENDI, S.KEP

. kemudian kembali sesegera mungkin dan selalu menilai kondisi korban. tinggalkan korban segera mencari bantuan atau menelepon ambulance.Periksa Kesadaran Setelah penolong yakin bahwa lingkungan telah aman  Pemeriksa kesadaran korban Tepuk atau goyangkan korban pada bahunya sambil berkata " Apakah Anda baik-baik saja?" Jika korban ternyata bereaksi tetapi dalam keadaan terluka atau perlu pertolongan medis.

. Bila ada 2 atau lebih penolong satu orang melakukan RJP dan yang lain meminta bantuan dan mengambil AED.Mengaktifkan Sistem Gawat Darurat    Minta bantuan Ambil AED Lakukan RJP dan gunakan AED bila perlu.

Periksa Pernapasan    Lihat pengembangan dada Dengar suara napas Rasakan hembusan napas Lihat gambar .

AIRWAY Buka jalan napas  Membuka jalan napas dengan manuver Tengadah Kepala Topang Dagu (head tilt-chin lift maneuver) Lihat gambar .

Mengenali sumbatan jalan napas  Sumbatan total  Tidak ada aliran udara  Sumbatan parsial  Bunyi napas .

Breathing Berikan Bantuan Pernapasan  Berikan 2 kali bantuan pernapasan. dengan volume yang cukup untuk dapat mengembangkan dada.     Mulut ke mulut Mulut ke hidung Bagging sungkup Ventilasi advance airway . setiap 1 detik.

dan mulut penolong mencakup seluruh mulut korban. tutup cuping hidung korban. .Bantuan pernapasan dari Mulut ke Mulut Buka jalan napas korban.

Bantuan pernapasan dari Mulut ke Hidung   Direkomendasikan jika pemberian ventilasi melalui mulut korban tidak dapat dilakukan (misalnya luka yang sangat berat pada mulut). Lihat gambar . mulut tidak dapat dibuka. Pada beberapa kasus tindakan bantuan pernapasan Mulut-ke-Hidung pada orang dewasa mudah dilakukan. aman. dan efektif. atau mencakup mulut korban tidak dapat dilakukan (kelas IIa). korban berada di dalam air.

Keduanya harus memperhatikan pengembangan dada korban. Penolong harus dapat melihat dengan jelas pergerakan dada korban pada setiap pernapasan. Selama korban belum di pasang Endotracheal tube. penolong harus melakukan 30 kompresi dada dan 2 ventilasi.Ventilasi Bagging-Sungkup    Penolong seorang diri Penolong harus dapat mempertahankan terbukanya jalan napas. Lihat Gambar . 2 penolong Salah seorang penolong membuka jalan napas dan menempelkan sungkup ke wajah korban sambil penolong lain memeras bagging.

Ventilasi dengan advanced airway    Penolong tidak lagi menggunakan siklus. Penolong ke-2 memberikan ventilasi 8-10 kali/menit Lihat Gambar . Sebagai penggantinya kompresi dilakukan dengan kecepatan 100 kali/menit tanpa berhenti untuk memberikan ventilasi.

Jika dalam 10 detik tidak juga dapat menentukan ada tidaknya denyut nadi.5 -2 inch (4-5 cm). lakukan kompresi dada.Circulation Cek Nadi dan Kompresi    Petugas kesehatan tidak boleh melebihi waktu 10 detik dalam menilai ada tidaknya denyut nadi. Kompresi dada pada orang dewasa kecepatannya adalah 100 kali/menit. . dengan kedalaman kompresi 1.

Telapak tangan pertama diatas tulang sternum dan letakan telapak tangan kedua diatas telapak tangan pertama sehingga telapak tangan saling bertumpuk dan paralel. Penolong menekan setengah bawah dari tulang sternum korban di tengah dada. diantara kedua puting susu.Cara melakukan kompresi dada    Korban harus dalam posisi terlentang diatas alas yang keras. Lihat Gambar .

lakukan rotasi kompresi dada setiap 2 menit. 2 orang penolong tidak lagi menggunakan siklus Penolong memberikan ventilasi 8-10 kali/menit. Jika penolong dalam jumlah banyak.Ratio kompresi-ventilasi     Ratio kompresi-ventilasi yang direkomendasikan adalah 30 : 2. . Ketika korban selama RJP telah terpasang Advanced airway .

Korban diletakkan pada posisi miring pada salah satu sisi badan dengan tangan yang dibawah berada didepan badan. Lihat gambar .Posisi Mantap   Posisi ini dibuat untuk menjaga agar jalan napas tetap terbuka dan mengurangi risiko sumbatan jalan napas dan aspirasi.

Penolong menekan kearah perut dengan hentakan yang cepat kearah atas. Lihat gambar .Manuver Heimlich     Korban harus diletakkan pada posisi terlentang dengan muka keatas. tangan kedua diletakkan diatas tangan pertama. Penolong berlutut disisi paha korban Letakkan salah satu tangan pada perut korban di garis tengah sedikit di atas pusat dan jauh dibawah ujung tulang sternum.

TERIMA KASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful