BAB I PENDAHULUAN

A.

LATAR BELAKANG
Dewasa ini, kejadian pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal

dari eksploitasi seksual pada media yang ada di sekeliling kita. Eksploitasi seksual dalam video klip, majalah, televisi dan film-film ternyata mendorong para remaja untuk melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda. Dengan melihat tampilan atau tayangan seks di media, para remaja itu beranggapan bahwa seks adalah sesuatu yang bebas dilakukan oleh siapa saja, dimana saja. Oleh karena itu, kami memilih tema Pergaulan Bebas Remaja untuk dikaji lebih lanjut sebagai informasi bagi kaum remaja yang sangat berkaitan erat dengan tema di atas. B. PERMASALAHAN Adapun masalah yang ditinjau dan dianalisis adalah antar lain: a. Pengertian pergaulan bebas b. Faktor pergaulan bebas c. Penyebab pergaulan bebas d. Solusi menyelesaikan masalah pergaulan bebas e. Cara mengatasi pergaulan bebas

C.

TUJUAN Makalah ini kami buat berdasarkan sumber-sumber yang jelas, akurat, dan asli dari

sumbernya masing-masing dengan tujuan agar para remaja dapat mengatasi libidonya sehingga para remaja dapat terhindar dari akibat-akibat negatif dari pergaulannya seperti pergaulan bebas. Dan menghimbau kepada para remaja untuk tidak salah langkah dalam mengambil keputusan oleh karena perubahan seks akibat pergaulan bebas yang terjadi pada dirinya.

tayangan-tayangan film atau sinetron yang bercerita tentang pergaulan . bacaan. Pergaulan bebas adalah pergaulan atas dasar free. mencoba sesuatu yang baru dalam dirinya. yang mana ³bebas´ yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Selain free sex. Masa remaja adalah masa ketika remaja sedang dalam proses mencari identitas. kekecewaan. Salah satunya adalah free sex atau melakukan hubungan suami istri di luar pernikahan. Pengertian Pergaulan Bebas Kita tentu tahu bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang. Banyak faktor pergaulan bebas yang membuat seseorang terjerumus. remaja cenderung terjerumus pada hal "terlarang" lain. Remaja adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar. Itulah sebabnya mengapa remaja dapat dengan mudah masuk ke dalam pergaulan bebas. melalui tontonan. B.BAB II ANALISIS DAN PEMBAHASAN A. Media massa memiliki andil besar dalam pembentukan karakter remaja. dan ajakan teman-teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda Indonesia dalam kemajuan bangsa. Problem Kontemporer Penyebab pergaulan bebas karena masuknya budaya luar. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media massa. pengetahuan yang minim. Remaja cenderung bersikap anti kritik dan membangkang. Faktor Pergaulan Bebas Remaja adalah usia transisi ketika seseorang mulai memasuki masa puber. yaitu mengonsumsi minuman memabukkan dan obat-obatan. Misalnya. dan internet. Masalah keluarga.

Kawan Pergaulan bebas bisa karena terbawa arus pergaulan kawan-kawan dekatnya. Faktor Lingkungan Lingkungan adalah tempat individu tinggal dan melakukan aktivitas. Apabila kawan-kawan dekatnya melakukan pergaulan bebas.metropolitan. Selain keluarga. teman dekat. dan terbukanya akses internet. Rasa ingin tahu remaja sangat besar terhadap apapun. Keluarga (Orang Tua) Faktor yang mempengaruhi remaja memilih pergaulan bebas bisa diakibatkan oleh orang tua atau terjadi konflik di dalam keluarga. anak akan melakukan hal serupa karena biasanya anak ingin menjadi bagian dari kawan-kawannya. Tak sedikit orang tua yang sibuk bekerja dan melupakan waktu bersama anak. akhirnya kebiasaan. 1. terdapat lingkungan sekolah. C. dan lingkungan masyarakat. Faktor Masyarakat Lingkungan akan mempengaruhi anak untuk melakukan hubungan bebas. terciptalah budaya malu yang penting untuk diterapkan. Hubungan yang kaku antara orang tua dan anak. Penyebab Pergaulan Bebas Ada banyak sebab remaja melakukan pergaulan bebas. anak akan malu melakukan hal negatif karena terdapat hukum atau norma yang tidak tertulis di lingkungan tersebut. Maka. mudahnya mendapat VCD atau DVD porno. Apabila lingkungannya sehat. Penyebab tiap remaja mungkin berbeda tetapi semuanya berakar dari penyebab utama yaitu kurangnya pegangan hidup remaja dalam hal keyakinan/agama dan ketidakstabilan emosi remaja. membuat anak bertanya-tanya dan tak sedikit di antara mereka mencari perhatian dengan melakukan hal-hal yang dilarang. Hal tersebut . 2. Awalnya coba-coba. Lingkungan yang tidak sehat akan mendukung anak untuk melakukan hal-hal yang negatif.

menghukum. lingkungan masyarakat yang memberikan masalah dalam sosialisasi. y Kegagalan remaja menyerap norma Hal ini disebabkan karena norma-norma yang ada sudah tergeser oleh modernisasi yang sebenarnya adalah westernisasi. sehingga menjadikan remaja sangat labil dalam mengatur emosi. seperti pergaulan bebas & penggunaan narkoba yang berujung kepada penyakit seperti HIV & AIDS ataupun kematian. dan mengajarkan yang salah tanpa dibekali dasar keimanan yang kuat bagi anak. tetapi mereka tidak memahami karena daya pemahaman yang lemah. D. sekolah yang memberikan tekanan terus menerus(baik dari segi prestasi untuk remaja yang sering gagal maupun dikarenakan peraturan yang terlalu mengikat). contohnya dengan adanya pergaulan bebas. mengolok-olok. terutama pergaulan bebas dikarenakan rasa tidak nyaman dalam lingkungan hidupnya. Solusi Untuk Menyelesaikan Masalah Pergaulan Bebas . acuh tak acuh. yang nantinya akan membuat mereka merasa tidak nyaman dengan hidup yang mereka biasa jalani sehingga pelarian dari hal tersebut adalah hal berdampak negatif. memaksakan kehendak. Berikut ini di antara penyebab maraknya pergaulan bebas di Indonesia: y Sikap mental yang tidak sehat Sikap mental yang tidak sehat membuat banyaknya remaja merasa bangga terhadap pergaulan yang sebenarnya merupakan pergaulan yang tidak sepantasnya.menyebabkan perilaku yang tidak terkendali. dan mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif di sekelilingnya. y Pelampiasan rasa kecewa Yaitu ketika seorang remaja mengalami tekanan dikarenakan kekecewaannya terhadap orang tua yang bersifat otoriter ataupun terlalu membebaskan. Dimana ketidakstabilan emosi yang dipacu dengan penganiayaan emosi seperti pembentukan kepribadian yang tidak sewajarnya dikarenakan tindakan keluarga ataupun orang tua yang menolak.

Dengan itu maka remaja-remaja akan berpikir panjang untuk melakukan hal-hal menyimpang dan akan berkurangnya jumlah remaja yang terkena HIV & AIDS nantinya. Memperbaiki cara berkomunikasi dengan orang lain sehingga terbina hubungan baik dengan masyarakat. 5. Memperbaiki cara pandang dengan mencoba bersikap optimis dan hidup dalam ³kenyataan´. energi serta pikiran dengan baik dan bermanfaat. Solusi-solusi tersebut adalah sebagai berikut: 1.Kita semua mengetahui peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME. Jadi dengan ini remaja tidak menganiaya emosi dan diri mereka sendiri. E. misalnya mengatur waktu dalam kegiatan sehari-hari serta mengisi waktu luang dengan kegiatan positif 3. Seandainya tiap remaja mampu menanamkan pertanyaan ³Apa yang akan terjadi pada diri saya nanti jika saya lalai dalam menyusun langkah untuk menjadi individu yang lebih baik?´ kemudian hal itu diiringi dengan tindakan-tindakan positif untuk kemajuan diri para remaja. Menjaga keseimbangan pola hidup. Selain daripada solusi di atas masih banyak solusi lainnya. Yaitu perlunya remaja belajar disiplin dengan mengelola waktu. emosi. Jujur pada diri sendiri. 4. Perlunya remaja berpikir untuk masa depan. Jarangnya remaja memikirkan masa depan. penyaluran minat dan bakat secara positif merupakan hal-hal yang dapat membuat setiap orang mampu mencapai kesuksesan hidup nantinya. Cara Mengatasi Pergaulan Bebas . untuk memberikan batas diri terhadap kegiatan yang berdampak negatif dapat kita mulai dengan komunikasi yang baik dengan orangorang di sekeliling kita. maksudnya sebaiknya remaja dididik dari kecil agar tidak memiliki angan-angan yang tidak sesuai dengan kemampuannya sehingga apabila remaja mendapatkan kekecewaan mereka akan mampu menanggapinya dengan positif. Tetapi walaupun kata-kata tersebut sering µdidengungkan¶ tetap saja masih banyak remaja yang melakukan hal-hal yang tidak sepatutnya dilakukan. 2. Yaitu menyadari pada dasarnya tiap-tiap individu ingin yang terbaik untuk diri masing-masing. Sehingga pergaulan bebas tersebut dapat dihindari.

sayangnya. Begitu juga tak sedikit. tergantikan dengan kiblat kebudayaan barat yang terus menerus dijadikan patokan untuk diikuti oleh remaja kita. Nah. harapannya mereka khususnya kalangan muda akan berpikir seribu kali untuk terjun ke dunia pergaulan bebas. Melalui media tersebut nilai-nilai ketimuran sudah hilang. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan. Di sisi lain bahkan ada fenomena yang lebih parah lagi. Tentu saja nilai ketimuran ini selalu berkaitan dengan nilai Keislaman yang juga membentuk akar budaya ketimuran. bukannya malah menurun. mengedarkan dan pelakunya malah senyam-senyum seolah merasa bangga. misalnya dalam kasus video mesum Ariel para pendukung atau fansnya mereka seolah bangga menjadi pendukungnya. Dan lagi-lagi mereka dari kalangan remaja. tetapi justru ada kecenderungan meningkat. Sejauh ini.Ada banyak cara mengatasi pergaulan bebas. Berikut cara mengatasi bergaulan bebas ini: Menanamkan Nilai Ketimuran Kalangan remaja kita kebanyakan sudah tak mengindahkan lagi akan pentingnya nilainilai ketimuran. Banyak orang menilai. Pergaulan bebas. Namun. Dengan dipegangnya nilainilai ini. memang telah banyak diupayakan bagaimana mengatasi pergaulan bebas khususnya di kalangan remaja atau kawula muda. Merekam adegan mesum. Nilai yang bersumberkan pada ajaran spiritualitas agama ini perlu dipegang. Termasuk meningkatkan derajat keimanan dan moralitas pemeluknya. bagaimana nasib bangsa ke depan kalau budaya ketimuran sudah hilang. ada beberapa upaya serius yang bisa dilakukan untuk menanggulangi hal tersebut. salah satu sebab munculnya pergaulan bebas ini dikarenakan efek industri televisi dan film. khususnya sampai kepada level hubungan badan bahkan kerap dipertontonkan dengan berani. .

Banyak Beraktivitas Secara Positif Cara ini menurut berbagai penelitian sangat efektif dijalankan. kisah pergaulan bebas bukan menjadi hal yang tabu lagi. tak ada langkah yang lebih manjur selain mengurangi menonton televisi ini karena lambat laun otak akan teracuni oleh nilai-nilai yang sebenarnya sangat negatif. Begitu juga beragam tayangan infotainment yang kadang menayangkan acara perselingkuhan. majalah maupun buku-buku. Untuk mendapatkan informasi. menekuni hobinya dan mengembangkannya menjadi lahan bisnis yang menghasilkan. hedonis. maupun mengikuti acara-acara kreatifitas anak-anak muda.Mengurangi Menonton Televisi Televisi idealnya bisa menjadi sarana mendapatkan informasi yang mendidik dan bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. biasanya dilakukan oleh kalangan muda yang banyak waktu longgar. mereka lebih banyak menampilkan acara hiburan. sex bebas di kalangan artis. Dengan demikian. Misalnya dengan melibatkan anak muda dalam organisasi-organisasi sosial. waktu mudanya akan tercurahkan untuk hal-hal positif dan sedikit waktu untuk memikirkan hal-hal negatif seperti pergaulan bebas tersebut. maupun sinetron-sinetron yang menawarkan nilai-nilai gaya hidup bebas. Makanya. Dengan demikian. untuk mengantisipasi hal tersebut. bermalam minggu. Televisi kita terutama stasiun televisi swasta. saat ini harapan itu sangat jauh. Namun. kenyataannya. Pergaulan bebas. . Pekerjaan yang agak berat memang. Nah. banyak waktu bermain. tapi jauh lebih produktif daripada kebanyakan menonton televisi yang tidak jelas dan cenderung merusak akal sehat pikiran. kalangan muda bisa mengalihkan perhatian dengan membaca koran. mengalihkan waktu untuk kegiatan lewat hal-hal positif perlu terus dikembangkan.

Langkah ini sebagai benteng terakhir untuk menyelamatkan anak-anak muda dari amoralitas karena perilaku pergaulan bebas yang lambat laun otomatis akan merusak bangsa ini. kalau informasi sudah didapatkan tapi mereka tetap nekad melakukan itu persoalan lain lagi. tak ada hal lain yang bisa menghentikan selain adanya perangkat hukum dan aturan hukum yang bisa menjeratnya. Yang demikian harus dirumuskan dan dilaksanakan melalui hukum yang berlaku di negara kita. cara lain adalah dengan berpuasa. pergaulan bebas sering dilakukan karena bisa jadi mereka tidak tahu akibat yang ditimbulkannya. Usaha-usaha untuk pencegahan sudah semestinya terus dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda kita. Nah. Sepertinya perlu ada penanganan khusus. Cara ini efektif sekali. Jika informasi tersebut belum didapatkan ada kemungkinan mereka akan terus melakukan pergaulan bebas semau mereka. Inilah yang ditawarkan oleh Islam sebagai salah satu solusi atas pergaulan bebas. Kalau masih belum bisa. . Setidaknya sebagai efek jera. Harapannya. apalagi yang sudah terang-terangan bangga melakukan pergaulan bebas. Munakahat Munakahat atau menikah. Tapi. Agar lebih bermoral. Seperti misalnya penyakit kelamin yang mematikan. mereka juga punya informasi sebagai bahan pertimbangan akal sehatnya. sosialisasi hal ini.Sosialisasi Bahaya Pergaulan Bebas Di kalangan muda. Informasi-informasi mengenai bahaya yang ditimbulkan akibat pergaulan bebas ini perlu terus disebarkan di kalangan muda. agar lebih bisa diandalkan untuk kebaikan negara ke depan. Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi adanya pergaulan bebas khususnya di kalangan remaja. Menegakkan Aturan Hukum Bagi yang bangga tersebut.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful