Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi

)

Rangkuman MPK Islam 2010
Pokok Bahasan: Dimensi Sosial Ajaran Agama Islam 1. Pengertian dan Karakteristik Keluarga Islami # Keluarga sakinnah mawaddah wa rahmah Dalam bahasa Arab, kata sakinah di dalamnya terkandung arti tenang, terhormat, aman, merasa dilindungi, penuh kasih sayang, mantap dan memperoleh pembelaan. Kata mawaddah berarti saling mencintai Kata Rahmah berarti saling kasih sayang. # Karakteristik keluarga Islami Semua anggota keluarganya seperti anak-anaknya, istri dan suaminya beriman dan bertaqwa kepada Allah dan rasul-Nya (shaleh-shalehah) Suami istri secara tulus menjalankan masing-masing kewajibannya dengan didasari keyakinan bahwa menjalankan kewajiban itu merupakan perintah Allah SWT yang dalam menjalankannya harus tulus ikhlas. Rezkinya selalu bersih dari yang diharamkan Allah SWT Anggota keluarga selalu ridha terhadap anugrah Allah SWT yang diberikan kepada mereka. Jika diberi lebih mereka bersyukur dan berbagi dengan fakir miskin. Jika kekurangan mereka sabar dan terus berikhtiar. Memiliki hubungan sosial atau muamalah yang baik dengan sesama manusia.

2. Fungsi dan Tujuan Keluarga Islami Menurut bang Efendi fungsi keluarga dapat dibagi kedalam berapa bagian : 1). Fungsi biologis a) Untuk meneruskan keturunan. b) Memelihara dan membesarkan anak . c) Memenuhi kebutuhan gizi keluarga. d) Memelihara dan merawat anggota keluarga . 2). Fungsi psikologis a) Memberikan kasih sayang dan rasa aman . b) Memberikan perhatian diantara anggota keluarga . c) Membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga . d) Memberikan identitas keluarga.

Permadani: Bersahabat, Bermanfaat, Bersemangat

Menggapai mardhatillâh (ridha Allah) dan masuk sorga bersama (az-Zukhruf:70). c) Menabung untuk memenuhi kebutuhan -kebutuhan keluarga dimasa yang akan datang.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) 3). b) Pengaturan penggunaan penghasilan keluarga untuk memenuhi kebutuhan keluarga. 2. Bersemangat . Fungsi ekonomi a) Mencari sumber-sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. c) Mendidik anak sesuai dengan tingkat -tingkat perkembangannya. 4). misalnya pendidikan anak-anak. Sebagai sarana dakwah (Lihat surat At Tahrîm[66]:6). ketrampilan . b) Mempersiapkan anak untuk kehidupan dewasa yang akan datang dalam memenuhi peranannya sebagai orang dewasa. dan membentuk perilaku anak sesuai dengan bakat dan minat yang dimilikinya. c) Meneruskan nilai-nilai budaya. Melanjutkan keturunan dan menghindari dosa(zina) (Lihat hadits riwayat Ahmad dan Ibnu Hibban). Mewujudkan mawaddah wa rahmah. Bermanfaat. Permadani: Bersahabat. Mempererat silaturahim. 4. 5. Tujuan keluarga : 1. b) Membentuk norma-norma tingkah laku sesuai dengan tingkat perkembangan anak. 3. Fungsi sosialisasi a) Membina sosialisi pada anak. yakni terjalinnya cinta kasih dan tergapainya ketentraman hati (Lihat surat Ar Rûm[30]:21). 5) Fungsi pendidikan a) Menyekolahkan anak untuk memberikan pengetahuan. jaminan hari tua dan sebagainya.

memberi keamanan. saling keterbukaan dengan merajut komunikasi yang intens. papan yang halal. memelihara harta suaminya. merasa saling membutuhkan dan melengkapi. mendidik putra-putrinya tentan agama islam dan ilmu pengetahuan. Berkomitmen menempuh perjalanan rumah tangga untuk selalu bersama dalam mengarungi badai dan gelombang kehidupan. saling menghargai. memberikan sandang pangan. menuntut ilmu bersama. Wallahu A‟lamu. 6. Saat menghadapi musibah dan kesusahan. bertamasya untuk melihat keagungan ciptaan Allah SWT. mendidik mereka dengan akhlak yang mulia. Memilih pasangan yang taat menjalankan perintah Allah dan sunnah Rasulullah. 5. Suami berusaha menjalankan kewajibannya sebagai seorang suami dengan dorongan iman. Seperti memberi nafkah. dan ibadah. 8. cinta. dan membahagiakan suaminya. menjaga kehormatan keluarga. dengan tujuan suami mendidik anaknya agar gemar bersedekah. Istri berusaha menjalankan kewajibann ya sebagai istri dengan dorongan ibadah dan berharap ridha Allah semata. mengajak anak istri membaca al-qur‟an. Bersemangat . 7. Seperti melayani suami. Niatkan saat menikah untuk beribadah kepada Allah SWT 3. Suami istri saling mengenali kekurangan dan kelebihan pasangannya. maka anggota keluarga cepat-cepat memohon perlindungan kepada Allah dari keburukan nafsu amarahnya. mencintai. mendidik istrinya agar lebih banyak bersukur kepada Allah SWT. menjadi pemimpin keluarga yang mampu mengajak anggota keluaganya menuju ridha Allah dan surga -Nya serta dapat menyelamatkan anggota keluarganya dario siksa api neraka. Dan lain-lain. berasal dari keturunan keluarga yang terjaga kehormatan dan nasabnya 2. menghormati. Suami mengajak anak dan istrinya untuk shalat berjamaah atau ibadah bersama-sama. Dan ketika terjadi perselisihan. 4. 9. berziarah qubur. memberikan didikan islami pada anak istrinya. Suami istri selalu meomoh kepada Allah agar diberikan keluarga yang sakinah mawaddah wa rohmah. saling mempercai kesetiaan masing-masing. Bermanfaat. seperti suami mengajak anak istrinya bersedekah pada fakir miskin. selalu mengadakan musyawarah keluarga. berzikir bersama-sama.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) Upaya pembentukan keluarga Islami: 1. Permadani: Bersahabat.

Tidak berkata kasar atau keras. Pusat keuangan dan perbendaharaan Negara(baitul mal) Permadani: Bersahabat. oleh karena itu kata Nabi. Dengan terbentuknya keluarga yang berkarakter Islami maka mampu membentuk masyarakat yang berkarakter Islami juga. 4. 2. Tuhan menjadikan bumi ini sebagai masjid. Berpedoman kepada al-Qur‟an dan al-Sunah B. Waspada Terhadap Issu D.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) Masyarakat Islami Karakteristik masyarakat islami Ada beberapa karakteristik masyarakat Islam yang dijelaskan dalam surah al-Hujurat. Sebagai tempat menjalankan ibadah shalat. ayat 1-10.Sabar Menunggu) C. Menghargai Sesamanya secara Profesional(Tidak lebih tinggi bersuara. Bersemangat . Sebagai tempat pengaduan masyarakat dalam menuntut keadilan (seperti kantor pengadilan). Sebagai tempat musyawarah (seperti gedung parlemen). Mesjid dan fungsinnya bagi masyarakat: Masjid berasal dari kata sajada yang artinya tempat sujud. Masjid dalam arti umum adalah semua tempat yang digunakan untuk sujud dinamakan masjid. Tempat membuat dan mengatur strategi militer 6. 3. Bermanfaat. terutama salat berjamaah Fungsi mesjid Secara konsepsional dapat dilihat dalam sejarah bahwa masjid pada zaman Rasul memiliki banyak fungsi : 1. Pusat pendidikan 5. antara lain : A. Kantor sekaligus pusat pemerintahan 7. Sedangkan masjid dalam pengertian khusus adalah tempat atau bangunan yang dibangun khusus untuk menjalankan ibadah. Secara teknis sujud (sujudun) adalah meletakkan kening ke tanah. Ishlah dengan adil Peran keluarga dalam membentuk masyarkar Islami Yang jelas untk membentuk keluarga yang Islami itu harus di mulai dari intitusi yang terkcil yaitu keluarga.

Bersemangat . Zakat fitrah wajib hukumnya bagi setiap pribadi muslim. dan wakaf serta peranannya dalam mensejahterakan Umat Baitul mal Baitul mal adalah sebuah lembaga ekonomi Islam yang didirikan sejak zaman Rasulullah. usyuur. ghanimah/anfal. Bermanfaat. menyuburkan. kharaj. Baitul mal memiliki sumber pendanaan.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) 8. serta harta zakat. tempat penampungan orang yang tidak mampu. Lembaga ekonomi keumatan. zakat. jizyah. pemasukan dari harta milik negara. khumus dari rikaz. tambang. sedangkan untuk zakat mal biasanya tergantung nisab dan jangka waktunya Sejarah membuktikan zakat mampu menjadi solusi dalam mengentaskan kemiskinan Lembaga2 sosial Islam Madrasah -lembaga pendidikan berbasis agama dan memiliki akar budaya yang kokoh di masyarakat disertai adanya integrasi ilmu umum dan ilmu agama Peran dan Fungsi madrasah menciptakan kader-kader bangsa yang berwawasan keislaman dan berjiwa nasionalisme yang tinggi menghasilkan output-output generasi penerus bangsa menawarkan keseimbangan hidup: iman-taqwa (Imtaq) dan ilmu pengetahuanteknologi (Iptek ) Permadani: Bersahabat. sebagai berikut : fai'. pemasukan dari harta milik umum. Zakat sebagai solusi masalah kemiskinan Zakat berarti mensucikan. Sekarang lebih di kenal dengan nama baitul mal wa tamwil(BMT) Bank Syariah Memiliki fungsi seperti bank biasa namun sumber pendanaan dan pengelolaannya berdasarkan syariat Islam.

Bersemangat . M. Permadani: Bersahabat. Quraish Shihab. Lembaga Pemberi Pendidikan Moral 2. bangsa. Edukatif 3. Progresif Peran dan Fungsi Pesantren 1. Bermanfaat. Ukhuwah insaniyah yaitu suatu sikap kebersamaan dan persaudaraan antar semua umat manusia tanpa memndang ras. Ukhuwah Insaniyah. Nilai-Nilai yang Diajarkan 1. M. jenis kelamin. ukhuwah wathaniyah: Menurut Dr. yaitu persaudaraan atas nama bangsa dan negara yang satu. Namun ada juga yang mengartikan sikap persaudaraan dan kebersamaan antara sesama umat Islam. agama. Sebagai Alternatif Pendidikan 3. Sikap ini akan terbentuk sebagai sikap solidaritas senasib sependeritaan sesama umat Islam. Sebagai Pusat Studi Agama Islam Ukhuwah Islamiyah.A. Ukhuwah wathoniyah sering disebut juga sebagai nasionalisme. Normatif 2.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) Pesantren Lembaga Informal sederhana Yang mengajarkan Pemahaman Keagamaan (Islam). Ukhuwah islamiyah adalah persaudaraan yang bersifat Islami atau yang diajarkan oleh Islam. negara.

adat istiadat kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan batin ( akal budi ) manusia. Anjuran Islam untuk berinisiatif dan inovatif 5. seperti kesenian dan adat istiadat. menyusun rumah tangga dan lain-lain. dan ilmu-ilmu lain di samping ilmu agama. Al-Khawarizmi. Ada sejumlah prinsip dasar yang terkandung di dalam Alquran dan hadis. Jadi. Matematika. Penekanan pentingnya keseimbangan antara kehidupan dunia dan kehidupan akhirat Pengertian dan hakikat seni dalam Islam Seni merupakan ekspresi keindahan. arsitektur. Budaya. sehingga umat Islam dapat mengembangkan kebudayaan secara maksimal. Islam mendorong berkebudayaan dalam berfikir. Astronomi. seperti Medis. Manusia dianugerahi Allah potensi untuk menikmati dan mengekspresikan keindahan. Bersemangat . Al-Farabi. Fisika. Al-Kindi (Filosof).Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) Pokok Bahasan: Agama Islam. 149. Al-Biruni (Fisika). bermasyarakat. Ilmuwan-ilmuwan yang sangat berjasa dalam pengembangan ilmu tersebut di antaranya adalah Ibn Rusyd. Budaya adalah adalah pikiran. agama Islam itu bukan kebudayaan. Larangan untuk taklid 4. Permadani: Bersahabat. berekonomi. bergaul. Prinsip-prinsip tersebut antara lain: 1. Al-Mawardi (tata negara). berpendidikan. Seni merupakan fitrah dan naluri alami manusia. dan lain-lain. Bermanfaat. Anjuran menuntut ilmu 3. dan Iptek Pengertian dan Ruang Lingkup Budaya Islam Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia hal. Kebudayaan Islam yaitu kebudayaan-kebudayaan yang berlandaskan nilai-nilai Islami. Ibn Sina (kedokteran). Umar Khayyam (matematika). Ruang Lingkup Budaya Islam Agama islam itu bukan kebudayaan tetapi ia sangat mendorong penganutnya berkebudayaan. Pengembangan budaya Islam Kebudayaan yang dikembangkan oleh umat Islam tersebut meliputi berbagai bidang keilmuwan. akal budi. berpolitik. tapi mendorong manusia berkebudayaan. Seni. sekali lagi dikatakan. Penghargaan terhadap akal fikiran 2.

1986). peran Islam dalam perkembangan Iptek adalah menjadikan Aqidah Islam sebagai paradigma ilmu pengetahuan. pengetahuan menghidupi akalnya. ilmu yang diperoleh karena usaha manusia dinamai „ilm kasbi Perspektif Al-Quran dan As Sunnah tentang Iptek Banyak sekali ayat2 Alquran yang brhubungan dengan agama. „Seni yang Islami adalah seni yang dapat menggambarkan wujud ini. Pandangan dan Motivasi Islam Mengembangkan Iptek Ilmu pengetahuan (sains) adalah pengetahuan tentang gejala alam yang diperoleh melalui proses yang disebut metode ilmiah (Suriasumantri. Jika nutrisi menghidupi badan. Kedua. 1992). teknologi adalah pengetahuan dan ketrampilan yang merupakan penerapan ilmu pengetahuan dalam kehidupan manusia sehari-hari (Suriasumantri. dan manusia yang mengantar menuju pertemuan sempurna antara kebenaran dan keindahan. hidup. atau anjuran berbuat kebajikan. Seni Islam adalah ekspresi tentang keindahan wujud dari sisi pandangan Islam tentang alam. asalkan seni tersebut tidak bertentangan dengan nilai2 Islam Pengembangan Seni Islam Seni yang sahih adalah seni yang bisa mempertemukan secara sempurna antara keindahan dan al haq. Ia tidak harus berupa nasihat langsung.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) Islam berinteraksi dengan manusia secara total. ilmu terdiri dari dua macam. Muhammad Quthb menulis Kesenian Islam tidak harus berbicara tentang Islam. ilmu yang diperoleh tanpa upaya manusia dinamai „ilm ladunni. jiwa dan raganya. bukan juga penampilan abstrak tentang akidah. Pertama. akal dan nuraninya. dengan bahasa yang indah serta sesuai dengan cetusan fitrah . Bersemangat . Menurut pandangan Al Quran seperti diisyaratkan oleh wahyu pertama. maka seni (al fann) yang menghidupi nuraninya. Bermanfaat. Jadi pada hakikatnya tidak ada larangan dalam berseni di dalam Islam. diantaranya: tentang gejala Ledakan Besar atau Teori Big Bang dalam surat Al-Anbiya:30 Tentang pergantian siang da malam dalam QS Al Baqarah : 164) Permadani: Bersahabat.

bergaul. Agama Islam adalah wahyu dari Allah SWT yang disampaikan kepada Rasulullah SAW yang mengandung peraturan-peraturan untuk jadi panduan hidup manusia agar selamat di dunia dan akhirat. Islam mendorong berkebudayaan dalam berfikir. hendaklah kita berhati-hati. tetapi agama-agama diluar Islam memang kebudayaan. sebab agama-agama tersebut adalah hasil ciptaan manusia daripada daya pemikiran mereka. Namun begitu walaupun agama islam itu bukan kebudayaan tetapi ia sangant mendorong (bahkan turut mengatur) penganutnya berkebudayaan. SENI Dari segi makna literal. Islam bukan kebudayaan tapi mendorong manusia berkebudayaan. Dengan bakat seni yang ada. Bersemangat . tapi mendorong manusia berkebudayaan. Islam mendorong umatnya berkemajuan. Agama islam adalah bukan kebudayaan. Oleh karena itu. berpolitik.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) Di dalam Al Quran ada isyarat ilmu pengetahuan yang perlu digali oleh manusia. Agama Islam adalah sesuatu yang diwahyukan oleh Allah SWT. para seniman muslim ternyata mampu menggunakan berbagai teknik. sekali lagi dikatakan. daripada khayalan dan angan-angan. agama Islam itu bukan kebudayaan. ia membawa nilai halus. Isyarat ilmu pengetahuan itu masih bersifat global sehingga memerlukan kesungguhan manusia untuk meneliti atau melakukan eksperimen untuk dapat menyingkap isi kandungannya RUANG LINGKUP DAN NILAI – NILAI BUDAYA ISLAM Sebaliknya agama Islam tidak bisa dianggap kebudayaan sebab ia bukan hasil daripada pemikiran dan ciptaan manusia. Oleh karena itu seluruh kemajuan lahir dan batin itu adalah kebudayaan maka dengan kata-kata lain. Bermanfaat. indah. Dari segi istilah. bukan hasil budi dan daya (tenaga lahir) manusia. Seni dijadikan sebagai alat menyebarkan agama dan memperkukuhkan amal kebajikan dan kebaikan dikalangan ummah. Hasil seni boleh menjadi faktor pendorong yang intensif bagi mengingati dan memuji Allah. berpendidikan. menyusun rumah tangga dan lain-lain. seni ialah segala yang halus dan indah lagi menyenangkan hati serta perasaan manusia. Jadi. begitu banyak sekali ahli kebudayaan pada masa ini menyuarakan dengan lantang bahwa Islam adalah kebudayaan dengan alasan bahwa ia adalah cara hidup atau 'way of life' . indah atau permai. karena dia telah mengatakan satu perkara mungkar. baik dan suci : berguna dan bermanfaat serta mempunyai fungsi dan nilai sosial. bermasyarakat. seni ialah halus. sebab ia bukan hasil daripada tenaga fikiran dan tenaga lahir manusia. bentuk seni yang terbuka di tempat yang beragam di dalam daerah seni dan budaya Islam. yang tidak seyogyanya disebut. Permadani: Bersahabat. berekonomi. Daya seni yang dikurniakan oleh Allah adalah bertujuan untuk menimbulkan keikhlasan dan kesadaran dalam diri manusia. Oleh sebab itu siapa yang mengatakan bahwa agama Islam itu kebudayaan maka dia telah melakukan satu kesalahan yang besar dan bisa jatuh murtad. Dalam pengertian yang lebih padu.

syahdu dan lunak. Oleh karena itu. ia tidak bermakna kita mencampuradukkan seni ciptaan manusia dengan seni ciptaan Allah. lagu-lagu yang dapat merusakkan budi pekerti muda mudi serta melalaikan mereka dari beribadat kepada Allah. melagukan azan.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) Selain itu. dan lain-lain. menyanyikan lagu-lagu jihad.  Seni juga menunjukkan seni kesatuan atau kesepaduan. ditanggapi dan dihayati.  Kesenian Islam tidak berkisar di sekitar manusia individu. lagu-lagu joget dan tarian yang bercampur antara lelaki dan perempuan yang bukan mahram. Islam dari segi falsafahnya menyatakan nyanyian dan musik haruslah bertujuan kea rah pembentukan peribadi dan sebagai tali penghubung ke arah taqwa kepada Allah. Seni suara yang buruk pula merangkumi nyanyian nyanyian yang sering menimbulkan nafsu berahi. seni boleh dibagi 2 : a) Seni ciptaan Allah b) Seni ciptaan manusia Dengan memperakukan bahwa seni juga termasuk apa yang dicipta oleh Allah . Ia dapat dirasa. seni suara dibagi menjadi 2 kriteria yaitu seni suara yang baik dan seni suara yang buruk. Bermanfaat. pilu. JENIS-JENIS SENI SENI SUARA Menurut pandangan Islam. berzikir. Allah adalah sumber daya dan sumber pemikiran manusia saat imaginasi dan upaya menciptakan apa yang ada pada manusia adalah percikan dari daya kreatif Allah. Ciri-Ciri Kesenian Islam:  Seni dijadikan sebagai alat menyebarkan agama dan memperkukuhkan amal kebajikan dan kebaikan dikalangan ummah. Oleh itu. NYANYIAN DAN SENI MUSIK Nyanyian dan musik boleh mengubah sikap ke arah pencapaian peradaban yang bererti di samping mempunyai kekuasaan tersendiri hingga boleh menukar emosi menjadi terharu. sedih. Seni suara yang baik merangkumi bacaan al-Quran dengan suara yang merdu. Islam Permadani: Bersahabat. Bersemangat . keindahan adalah sesuatu yang wujud di luar diri manusia yang menikmati keindahan itu. menyanyikan selamat jalan dan selamat kembali kepada para jemaah haji. ia perlu dikawal dan diberi perhatian supaya tidak merusakkan jiwa dan moral manusia. ia mempunyai orientasi sosial dan berpaksikan kepada keperluan bersama manusia.  Kesenian Islam menyahut seruan sebilangan keperluan asas masyarakatnya. menangis bahkan gila. Ini menunjukkan bahwa nyanyian dan musik sangat rapat hubungannya dengan jiwa manusia. mendendangkan nyanyian hari-hari raya.

memuji serta mentahmidkan kebesarannya b) Pandangan Imam Shafi‟i .Menyatakan bahwa nyanyian itu adalah makruh dan melalaikan didalam kitabnya. Mengingatkan diri terhadap hakikat hidup yang benar.mendengar lagu itu ada 5 hukum yaitu harus.sebagian instrumen musik yang mempunyai bunyi yang baik tidak dilarang . PANDANGAN ULAMA‟ DAN FATWA MENGENAI SENI MUSIK a) Pandangan Imam al-Ghazali .seni musik yang dilarang ialah seni musik yang berada di dalam keadaan yang bersekongkol dengan kumpulan pemabuk.Mendengar nyanyian dari wanita yang bukan mahram tidaklah disarankan Permadani: Bersahabat. Adab alQada‟ . Seni yang merusakkan adalah seni sesat yang hukumnya haram dan patut dijauhi. • Lagu yang menyifatkan keadaan ketika rela dan sukacita untuknmenghargai suasana tersebutn dan menikmati kenangannya selama yang mungkin • Lagu bercorak ghazal yang sopan : memperihalkan kisah cinta dan membayangkan harapan untuk bertemu dan pertautan yang lebih erat di masa yang akan dating • Lagu yang memperihalkan keagungan sifat-sifat tuhan. makruh dan haram . Bersemangat . sunat.Ia menyamai kebatilan dan sesiapa yang mendengarnya maka diaadalah seorang safih dan penyaksiannya ditolak . perzinaan dan perbuatan dosa yang lain . Bermanfaat. wajib.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) tidak mengizinkan nyanyian dan musik yang melalaikan manusia dari kewajiban terhadap Allah.tidak terdapat keterangan yang jelas dari sunnah Rasulullah yang melarang penggunaan alat-alat musik .Imam al-Ghazali mengklasifikasikan lagu-lagu kepada 7 jenis yaitu : • Lagu-lagu yang membangkitkan kerinduan untuk menziarahitempat-tempat suci seperti Mekah dan Madinah • Lagu yang mengobarkan semangat untuk berjuangmempertahankan aqidah dan negara • Lagu mengenai pertarungan dan sikap kelelakian yang pantang mengalah di saat-saat genting • Lagu yang mengenang peristiwa lampau yang menimbulkan kesedihan yang positif.

Kadangkala tajuk lagunya tidak menjadi masalah tetapi cara penyampaian penyanyinya itu yang boleh menyebabkan hukumnya haram.Quran c) Pandangan Imam Malik .Jika tuan kepada hamba abdi wanita mengumpulkan orang ramai agar mendengar nyanyian abdinya itu. • Hendaklah nyanyian itu tidak diiringi dengan perkara yang haram seperti meminum arak. Ini termasuklah cara nyanyian yang memberangsangkan ghairah seks para pendengar melalui terutama cinta berahi. taghut dan fasiq adalah bertentangan dengan ajaran Islam karena Islam melaknat para pelaku kezaliman dan para pengampunya.Diharuskan mereka mendengar apa yang disyariatkan kepada para hamba Allah yaitu mendengar ayat-ayat Allah : dapat memperbaiki hati dan menyucikan jiwa e) Pandangan Dr. nyanyian hendaklahtidak dilebih-lebihkan terutama nyanyian yang menyentuh perasaan dan kerinduan yang berlebihan. syubhah atau makruh.Memakruhkan penggunaan seruling karena menurutnya itu adalah perbuatan kaum Zindik untuk memesongkan orang dari mendengar al. • Cara persembahannya juga mesti dipertimbangkan. dan antara pendengaran muqarrabin dan pendengaran orang-orang biasa . yang akan mengabaikan hak akal. Bersemangat . maka dia juga seorang safih dan penyaksiannya ditolak . • Seperti perkara-perkara harus yang lain. maka janganlah dibeli wanita tersebut d) Pandangan Ibn Taimiyyah .Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) . Bermanfaat. Nyanyiannyanyian yang menyanjung pemerintah yang zalim.Yusuf al-Qaradawi . rohani dan kehendak seseorang. Permadani: Bersahabat. masyarakat dan agama. Isi kandungannya hendaklah bertepatan dengan kesopanan Islam serta ajarannya.Melarang mendengar nyanyian .Menyatakan bahwa barangsiapa ingin membeli seorang abdi wanita dan diketahuinya wanita tersebut seorang penyanyi.Membedakan antara mendengar nyanyian dan musik yang bermanfaat pada agama dan antara apa yang diberi pengecualian untuk mengelakkan dosa. Sekiranya unsur-unsur yang berlebihan ini tidak dikawal. mendedahkan aurat atau bercampur diantara lelaki dan perempuan tanpa batas dan hijab.Membuktikan mengenai hukum seni musik yang pada asalnya bersifat harus tetapi boleh berubah kepada hukum-hukum lain berdasarkan beberapa syarat yaitu : • Bukan semua lagu itu harus.

Manusia yang berangkat dari niat yang benar. Jadi. menghidu bau yang harum. unsur-unsur fasiq. Ikhlas bermaksud ianya bersumber dari satu keyakinan dan berdasarkan ilmu yang benar. ikhlas karena Allah kemudian dia mengetahui ilmu yang berhubungan dengan perbuatannya itu. Bagi Allah.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) • Sekiranya terdapat unsure nyanyian yang menaikkan nafsu syahwat. Ciri-ciri dari sebuah perbuatan atau amal yang ikhlas adalah apabila ia dilakukan dengan cara yang terbaik dan berkualiti (the best). f) Fatwa Sheikh Mahmud Shaltut . ILMU. haji. Semuanya memberi kesan untuk menenangkan fikiran apabila jasmani penat dan memberi kesan dalam memulihkan semula tenaga.Beliau memberi amaran kepada sesiapa yang berani melarang sesuatu perkara yang tidak jelas dilarang oleh Allah. . amal yang memiliki nilai tertinggi di hadapan-Nya adalah amal yang dilakukan dengan ikhlas. musik yang dilarang ialah sekiranya bercampur dengan majlis yang terdapat arak. .Al-Quran yang mendasari segala peraturan dan perundangan yang begitu sempurna adalah bertujuan untuk menjaga supaya tidak berlaku keterlaluan di pihak yang tidak menggunakan musik dan pihak yang menggunakan musik secara berlebihan. menjadi lalai untuk mengerjakan ibadah maka menjadi kewajipan ke atas pendengar untuk menjauhinya. serta berbuat ala kadar. IMAN. bukan karena niat-niat yang ada di sebalik itu. Mengikut fuqaha‟ Hanafi. penyanyi perempuan yang mengghairahkan.Mendengar dan bermain alat musik adalah sama hukumnya dengan merasa makanan yang lazat. mendorong ke arah kejahatan. Bermanfaat. ataupun melakukan sesuatu karena ingin dipuji orang bukan karena Allah. melihat pemandangan yang cantik atau mencapai pengetahuan yang tidakdiketahui. Bersemangat . Permadani: Bersahabat. Apatah lagi Islam menuntut kepada kesederhanaan.Fuqaha‟ terdahulu telah membenarkan penggunaan seni musik apabila mempunyai tujuan yang sesuai seperti musik iringan ke medan perang. perzinaan dan berhala. amal yang ikhlas itu merupakan amal perbuatan yang berangkat daripada keyakinan semata-mata karena Allah. menutup pintu fitnah tersebut demi memelihara dirinya dan agama. . perkawinan dan hari kebesaran Islam. biasanya selalu melakukan amal perbuatannya itu tanpa berlandaskan keyakinan dan kepercayaan yang teguh kepada Allah. pasti dia akan melakukan yang terbaik di dalam hidupnya. AMAL Allah menilai amal seseorang sesuai dengan petunjuk-petunjuk-Nya. Orang yang beramal atau bekerja sesukahatinya. sehingga lahirlah perbuatan yang terbaik.

ilmu saja tanpa niat yang ikhlas pasti akan menyimpang dari nilai-nilai kebenaran. ketika seseorang beramal atau berbuat sesuatu tanpa atas dasar ilmu yang benar. kalau dia tiada ilmunya. Maka. dan AMAL. “Liyabluwakum ayyukum ahsanu ‟amala”. akan tidak berarti suatu keyakinan kalau tidak ada amal perbuatan. Tak mungkin seseorang mampu berbuat atau beramal baik. bagaimana kita perlu menggabungkan tiga unsur tersebut? Apakah kita harus percaya dulu. Karena itu. Maka kita harus berangkat dari sebuah keyakinan terlebih dahulu. harus berangkat dari kepercayaan dan keikhlasan yang ada di dalam hati kita. Pasti pekerjaan itu tidak menghasilkan sesuatu yang terbaik. tidak berarti suatu ilmu yang kita punya kalau tidak melahirkan amal-amal soleh dalam kehidupan kita. yaitu IMAN. bahkan naudzubillah ilmu yang tidak bermanfaat. Karena itulah dalam melakukan apa saja pekerjaan. Allah berfirman. Namun setiap pengamalan berdasarkan ilmu fikiran belum cukup dan mampu mentafsiran perkara ghaib (yang hanya Allah saja mengetahuinya) yang bersifat mencabar fakta serta logik akal. para sahabat dan ulama‟ telah membangkitkan ketetapan hati untuk meneruskan amal yang berpandu Iman (kepercayaan) yang teguh dan tetap pada Yang Maha Satu. mengamalkan apa saja yang menjadi ajaran Islam yang kita yakini itu. Bermanfaat.asuh Permadani: Bersahabat. kemudian belajar lalu beramal? Bukanlah itu cara yang harus kita tempuh. karena ketiganya merupakan satu kesatuan yang tak dapat terpisahkan. terutama yang berhubungan dengan agama Islam. Namun panduan daripada Rasulullah S. Ketiga prinsip dasar itu harus sentiasa kita asah. Ini secara jelas menunjukkan kepada kita yang perbuatan paling baik adalah perbuatan yang berlandaskan daripada niat yang ikhlas dan berdasarkan ilmu yang benar. amal ibadahnya. kemudian dilaksanakan berdasarkan ilmu pengetahuan yang ada di otak kita. keikhlasan dan ketulusan semata-mata karena Allah. baik dalam hubungan kita dengan Allah atau sesama manusia serta alam ini.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) Demikian juga. Bersemangat . Niat yang ikhlas saja tanpa ilmu pasti menimbulkan kesalahan dan kecelaruan. tanpa memenuhi syarat dan rukun daripada pekerjaan itu. tidak didasarkan kepada teori-teori atau syariat-syariat yang telah ditetapkan. Inilah makna dari amal yang ikhlas. ilmu pengetahuan dan amal perbuatan haruslah diupayakan secara bersamaan. ILMU. Namun. Daripada itu tiga unsur utama yang harus ada di dalam diri kita terhadap agama. melainkan antara keyakinan. pasti perbuatannya itu akan penuh dengan masalah. maka ketika Allah telah menegaskan bahwa kita ini diberi hidup dan mati atas landasan ujian di antara kita yang paling baik amal perbuatannya.A. Justru akan menjadi bumerang (alat) yang menghancurkan diri kita dan orang-orang lain di sekitar kita.W. tetapi pada saat yang sama kita melakukannya atas dasar ilmu yang telah kita miliki itu.

yaitu ilmu lisan. Beliau Saw. itulah ilmu yang bermanfaat.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) dan kita perbaiki setiap saat. Jawab Nabi Saw. Sebagaimana kaidah pengaliran iman yang diajarkan oleh Rasulullah Saw. [HR. yaitu antara IMAN. Ibnu Hibban] Sekali peristiwa datanglah seorang sahabat kepada Nabi Saw. itulah hujjah Allah Ta‟ala atas makhlukNya. apakah amalan yang lebih utama ?” Jawab Rasulullah Saw. dan ilmu yang di dalam qalb. kecerdasan dalam otak dan ketulusan di dalam beramal. Tentang hubungan antara iman dan amal. [2] Dengan demikian. “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim”…. menjawab: "Masing-masing dimudahkan kepada suatu yang diciptakan untuknya"…. dan banyak amalan tidak akan bermanfaat bila disertai kejahilan [1] tentang Allah”…. mereka diberi petunjuk oleh Rabb mereka karena keimanannya … QS. sedang Engkau menjawab tentang Ilmu !” Jawab Nabi Saw. Bersemangat .” …. agar kita dalam melakukan sesuatu. Ibnu Majah dari Anas. Ibnu Abdil Birr dari Anas] [1] kejahilan adalah kebodohan yang terjadi karena ketiadaan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tentang Allah Subhanaahu wa Ta‟ala adalah penyambung antara keimanannya dengan amalan-amalan manusia di muka bumi ini. Bermanfaat. benar-benar mendasari daripada keyakinan dan berdasarkan ilmu pengetahuan. berkata bahwasanya ia pernah bertanya. antara keikhlasan dalam hati.: ”Ilmu Pengetahuan tentang Allah Subhanaahu wa Ta‟ala ! ” Sahabat itu rupanya menyangka Rasulullah Saw salah tangkap. [HR. "Wahai Rasulullah. At Tirmidzi] ”Seseorang itu tidak menjadi „alim (ber-ilmu) sehingga ia mengamalkan ilmunya. Dari keyakinan kita lahirkan dorongan untuk selalu belajar dan belajar serta berbuat sesuatu dengan ilmu yang kita miliki itu. suatu ketika seorang sahabatnya. Bukhari] “Barangsiapa mengamalkan apa yang diketahuinya. kualitas amal setiap orang menjadi sangat berkaitan dengan keimanan dan ilmu-pengetahuan karena ”Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh. Imran. demikian sabdanya. kami bertanya tentang amalan.[10]:9. bahwasanya iman adalah sebuah tashdiq bi-l-qalbi yang di ikrarkan bi-l-lisan dan di amalkan bi-l-arkan … Inilah tiga prinsip dasar yang harus sentiasa kita sematkan dan dijadikan prinsip dalam kehidupan kita.[2] [HR. [HR. pula “Sesungguhnya sedikit amalan akan berfaedah bila disertai dengan ilmu tentang Allah. Permadani: Bersahabat.: “Ilmu Pengetahuan tentang Allah ! ” Sahabat itu bertanya pula “Ilmu apa yang Nabi maksudkan ?”. niscaya Allah mewariskan kepadanya ilmu yang belum diketahuinya. Ath-Thabrani] kemudian dijelaskannya pula bahwa. ILMU dan AMAL. [HR. [HR. HR. dengan mengajukan pertanyaan: ”Wahai Rasulullah. [HR. Al Baihaqi] Selanjutnya.” ….”…. “Allah tidak menerima iman tanpa amal perbuatan dan tidak pula menerima amal perbuatan tanpa iman”…. Abu Na‟im] ”Ilmu itu ada dua. amalan-amalan apakah yang seharusnya dilakukan orangorang?". ditegaskan lagi “Wahai Rasulullah.

tapi juga anugrah yang melimpah dengan mendapat fasilitas dari pemerintahan. Pengetahuan sains ini mereka kuasai terlebih dahulu sebelum mengembangkan teknologi. Persia. Dalam banyak hal. India dan Mesir. Kebanyakan pengetahuan tentang hukumhukum alam. Ada lebih dari 800 ayat dalam Al-Qur‟an yang mementingkan proses perenungan. fisika dan geometrika sampai ilmu gaya dan berat mengenai bermacam-macam benda. yakni ilmu tentang cara-cara menerapkan pengetahuan sains untuk memanfaatkan alam semesta bagi kesajahteraan dan kemudahan serta kenyamanan umat manusia. KONSEP IPTEK Islam mementingkan pengembangan dan penguasaan Iptek untuk menjadi sarana ibadah-pengabdian Muslim kepada Allah SWT dan mengembang amanat Khalifatullah (wakil/mandataris Allah) di muka bumi untuk berkhidmat kepada kemanusiaan dan menyebarkan rahmat bagi seluruh alam (Rahmatan lil ‟Alamin).. Mujadillah [58] : 11 ) PERKEMBANGAN IPTEK Salah satu sumbangan terbesar Islam bagi dunia modern sekarang. Mereka bukan hanya ditopang oleh pengetahuan dan pengalamannya. Sedangkan teknologi lebih bersifat praktis. terutama pada masa-masa kejayaan Abbasiyah di Baghdad. Keduanya sama-sama bersifat netral bagi kehidupan umat manusia. mereka peroleh dari warisan Yunani.” (QS Ali Imron [3] : 190-191) “Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat. Karena ilmu-ilmu tersebut adalah sebagai dasar-dasar bagi pengembangan teknologi berikutnya. sains lebih banyak berbicara tentang teori dan pengetahuan mengenai macam-macam objek baik yang bersifat mendasar maupun universal. adalah mewariskan sejumlah teori pengetahuan tentang alam semesta dan cara-cara menerapkan pengetahuan tentangnya.” (QS. (yaitu) orangorang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami. Perbedaan yang mendasar antara sains dan teknologi adalah. Bersemangat . Maha Suci Engkau. untuk ditafakuri dan menjadi bahan dzikir (ingat) kepada Allah. baik dalam hubungannya sekedar pengetahuan. objektif dan sistematik. dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang berakal.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) Maka menjadikan kita manusia yang cemerlang untuk Agama. Yang paling terkenal adalah ayat: “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi. Permadani: Bersahabat. Sebelum melahirkan teknologi. pemikiran dan pengamatan terhadap berbagai gejala alam.. hubungan antara ilmu pengetahuan (sains) dengan cara-cara menerapkannya (teknologi) telah banyak dicontohkan dan diujicobakan oleh sejumlah sarjana muslim pada sekitar abad ke-9 – 13 M. tiadalah Engkau ciptakan ini dengan sia-sia. maupun sebagai alat bagi kemudahan mereka hidup. Bermanfaat. bukan hanya dari hasil-hasil temuan mereka sendiri. tapi juga mereka dapatkan dari sejumlah sumber yang berasal bukan hanya dari dalam doktrin Islam saja. ilmu ukur dan matematika. pengembangan sains lebih dahulu mereka dapatkan. maka peliharalah kami dari siksa neraka.

benarPermadani: Bersahabat. al-Khaziny (w. astronom juga ahli dalam farmasi dan kedokteran.). selain sebagai filosof. yang dibuat oleh al-Muradi pada abad ke 11 M. KEUTAMAAN MUKMIN YANG BERILMU Keutamaan orang-orang yang berilmu dan beriman sekaligus. Pengobatan dalam Islam mereka dapatkan banyak dari Persia atau Mesopotamia. Muhammad Ibn Zakariya al-Razy (w. Siddhanta ilmu perbintangan para raja sejak tahun 711 M di Baghdad. kedokteran. geometrika. hukum. dengan mengenalkan bilangan baru nol (0) dengan sebuah titik (. Bermanfaat. fisika. Penulisan bilangan pertama adalah Muhammad bin Musa al-Khawarizm (w. Kincir air untuk mengambil air dari saluran yang lebih rendah untuk dinaikkan ke lokasi yang lebih atas. astronomi. Sedangkan dalam bidang astronomi pengaruh Babilonia dan India sangat terasa. Dan hampir menjadi sebuah kebiasaan bahwa para ahli ini biasa merangkap dalam profesinya. 925 M) seorang dokter dan penulis kitab pengobatan yang cukup terkenal. apalagi sejak diterjemahkanya risalah India.953). karyanya. Hal ini telah mempermudah bagi proses penghitungan berikutnya. Abu Ma‟syar al-Falaky al-Balkhy merupakan di antara tokoh yang paling terkenal dalam membuat ramalan-ramalan perbintangan. filsafat dan kearifan) kepada siapa saja yang Dia kehendaki. pertambangan dan metalurgi. Termasuk Ridwan dan al-Jazary juga membuat jam dari gerakan air yang disambungkan dalam gir-gir bersegmen dan episiklus. matematika. Kitab al-Uluf. Salah satu contoh pengembangan teknologi lainnya dalam Islam adalah ditemukannya penerapan teori-teori fisika dalam menentukan arah waktu dengan membuat jam melalui mekanisme gerak (escapement) air raksa. selanjutnya Abul Hasan al-Uqlidisy (w. Bersemangat . juga Ibn Sina dengan Qonun fi al-Thib-nya. Az-Zumar [39] : 9). “Allah berikan al-Hikmah (Ilmu pengetahuan. Bidang fisika yang paling menonjol adalah mengenai teori optik yang dikembangkan oleh Ibn al-Haitsam dalam karyanya “Kitab al-Manadzir”. Dan barangsiapa yang dianugrahi al-Hikmah itu. Umar Khayyam (w. yang berkait dengan warisan Hellenisme Yunani adalah filsafat. India dan lainnya. Demikian perkembangan sains. sekalipun dengan jumlah klipatan yang sangat panjang. kimia. seni dan teknologi dalam Islam yang terangkum dalam wujud kebudayaan masyarakat Islam pada zamannya.875 M).1131). Keduanya sama-sama telah membuktikan penguasaannya dalam hal teknologi farmasi dan kedokteran. pertanian.” (QS. Dalam bidang matematika kontribusi Islam telah mengenalkan system bilangan India. 1040 M) juga mengurai tentang gaya gravitasi spesifik dalam karyanya “Kitab Mizan al-Hikmah”.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) Beberapa contoh sains dan teknologi Islam. diungkapkan Allah dalam ayat-ayat berikut: “Katakanlah: „Adakah sama orang-orang yang berilmu dengan orang yang tidak berilmu?‟ Sesungguhnya hanya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. dan contohnya masih berfungsi sampai abad ke 13 M. juga telah biasa digunakan di Murcia Spanyol. dan sebagainya.

(QS Mujaadilah [58] :11) Rasulullah SAW pun memerintahkan para orang tua agar mendidik anak-anaknya dengan sebaik mungkin. “… Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (Imam Ahmad bin Hambal) Selamat Berjuang Kawan Semoga Sukses!!! Permadani: Bersahabat. “Menuntut ilmu itu diwajibkan bagi setiap Muslimin.Rohis FEUI Angkatan 2009: “Permadani” (Persaudaraan Muslim Muda Ekonomi) benar ia telah dianugrahi karunia yang banyak.” (Al-Hadits Nabi SAW). Sesungguhnya Allah mencintai para penuntut ilmu. Bermanfaat. “Perjuangan seorang mukmin sejati tidak akan berhenti kecuali ketika kedua telapak kakinya telah melewati pintu surga. “Didiklah anak-anakmu. Bersemangat .” (Al-Hadits Nabi SAW). karena mereka itu diciptakan buat menghadapi zaman yang sama sekali lain dari zamanmu kini. Dan hanya orang-orang berakallah yang dapat mengambil pelajaran (berdzikir) dari firman-firman Allah.Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. Al-Baqoroh [2] : 269).” (QS.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful