Gaya dan Momen Dalam Konstruksi Bangunan

Pengertian Gaya Gaya dapat didefisinikan sebagai sesuatu yang menyebabkan benda (titik materi) bergerak baik dari diam maupun dari gerak lambat menjadi lebih lambat maupun lebih cepat. Dalam teknik bangunan gaya berasal dari bangunan itu sendiri berat benda di atasnya atau yang menempelnya, tekanan angin, gempa, perubahan suhu dan pengaruh pengerjaan. Gaya dapat digambarkan dalam bentuk garis (atau kumpulan garis) yang memiliki dimensi besar, garis kerja, arah kerja dan titik tangkap. Satuan gaya menurut Sistem Satuan Internasional (SI) adalah Newton dan turunannya (kN). Akan tetapi ada yang memberi satuan kg gaya (kg). Bila gravitasi bumi diambil 10 m/detik2 maka hubungan satuan tersebut adalah 1 kg gaya (atau sering ditulis 1 kg) ekuivalen dengan 10 Newton. Pada gambar 1 dijelaskan pengertian gaya tersebut

Gambar 1. Pengertian Gaya Kesetaraan Gaya Kesetaraan gaya adalah “kesamaan pengaruh” antara gaya pengganti (resultan) dengan gaya yang diganti (gaya komponen) tanpa memperhatikan titik tangkap gayanya. Dengan demikian pada suatu keadaan tertentu, walaupun gaya sudah setara atau ekuivalen, ada perbedaan pengaruh antara gaya pengganti dengan yang diganti. Pada prinsipnya gaya dikatakan setara apabila gaya pengganti dan penggantinya baik gerak translasi maupun rotasi besarnya sama. Pada gambar 2 gaya P yang bertitik tangkap di A dipindahkan di B dalam garis kerja yang sama adalah setara (dalam arti efek gerak translasi dan rotasinya) tetapi hal ini dapat berpengaruh terhadap jenis gaya yang dialami benda, pada waktu titik tangkap gaya di A mengalami gaya tekan, sedang pada waktu di B benda mengalami gaya tarik.

Gambar 2. Jarak yang dimaksud adalah jarak tegak lurus dengan gaya tersebut. sedang pada keseimbangan gaya arah yang dituju berlawanan. Momen dapat diberi tanda positif atau negatif bergantung dari perjanjian yang umum. Pada statika bidang (koplanar) ada dua macam keseimbangan yaitu keseimbangan translasi (keseimbangan gerak lurus) dan keseimbangan rotasi (keseimbangan gerak berputar). Pada gambar 3 divisualisasikan keseimbangan gaya. Pada kesetaraan gaya antara gaya pengganti dengan gaya yang diganti arah yang dituju sama. Keseimbangan Gaya Dengan kata lain keseimbangan gaya yang satu garis kerja dapat dikatakan bahwa gaya aksi dan reaksi besarnya sama tapi arahnya berlawanan. Untuk mencapai keseimbangan dalam statika disyaratkan Gy = 0 (jumlah gaya vertikal = 0). gaya pengganti (reaksi) arahnya menuju titik awal dari gaya yang diganti (aksi). Gx = 0 (jumlah gaya horisontal = 0) dan M=0 (jumlah momen pada sebuah titik =0) Pengertian Momen Momen gaya terhadap suatu titik didefisinikan sebagai hasil kali antara gaya dengan jaraknya ke titik tersebut. Gambar 3. tetapi . Pengaruh gaya terhadap benda Keseimbangan Gaya Keseimbangan gaya adalah hampir sama dengan kesetaraan gaya bedanya pada arah gayanya.

dapat memberikan reaksi vertikal dan horisontal (Gambar 6) V e r t ik a l R e s u lta n H o r is o n t a l Gambar 6. yang penting bila arah momen gaya itu berbeda tandanya harus berbada. Gambar 5.dapat juga tidak memakai perjanjian umum. Peletakan sendi dan reaksi yang dapat ditumpu . Gambar 5 menunjukkan momen kopel tersebut. Momen gaya terhadap suatu titik Di samping momen terhadap suatu titik ada juga momen kopel yang didefinisikan sebagai momen akibat adanya dua buah gaya yang sejajar dengan besar sama tetapi arahnya berlawanan. Pada gambar 4 diperlihatkan momen gaya terhadap suatu titik. Gambar 4. Sendi. Momen kopel Peletakan/Tumpuan 1.

Peletakan jepit dan reaksi yang dapat ditumpu Pengertian Konstruksi Konstruksi dapat digambarkan sebagai suatu freebody (batang bebas) yang dibebani gaya-gaya non konkuren koplanar. Jepit. Σ X mewakili penjumlahan dari gaya-gaya sesumbu X. Σ Y mewakili penjumlahan dari gaya-gaya sesumbu Y (koordinat kartesian) dan Σ M mewakili penjumlahan momen terhadap satu titik. hanya dapat memberikan reaksi vertikal (Gambar 7) V e r t ik a l Gambar 7. . horisontal dan momen (Gambar 8) M H V Gambar 8. dapat memberikan reaksi vertikal. Peletakan geser dan reaksi yang dapat ditumpu 3. Geser. Konstruksi dikatakan stabil bila sistem gaya yang bekerja padanya seimbang.2. Keseimbangan sistem gaya ini terjadi jika terpenuhi syarat sbb: Σ X=0 Σ Y = 0 dan Σ M=0 Persamaan tersebut dinamakan persamaan statik tertentu. Sistem gaya-gaya yang dapat dihitung terdiri dari sejumlah gaya beban yang diketahui dan tiga gaya reaksi yang tidak diketahui.

Arsitektur dan engineeringnya dikerjakan oleh Skidmore. Owings. Kontraktor utamanya adalah Samsung C&T Korea Selatan. Hal ini memerlukan minimal tiga reaksi non konkuren dan tidak sejajar. Konstruksinya dimulai sejak 21 September 2004. dengan kepala arsiteknya Adrian Smith dan Bill Baker sebagai chief structural engineer. and Merril dari Chicago.5 milyar . 3. Total biaya pembangunannya sekitar US $1. dan selesai termasuk eksteriornya pada tanggal 1 Oktober 2009. 2. Burj Khalifa atau Burj Dubai Gambar 9. Burj Khalifa/Burj Dubai Burj Khalifa yang dikenal sebagai Burj Dubai. Konstruksi akan stabil jika segala gerak mengakibatkan perlawanan terhadap gerak tersebut. Konstruksi dianggap statik tertentu jika reaksi-reaksi gaya dapat dihitung dengan persamaan statik tertentu. adalah gedung pencakar langit (skyscraper) terletak di Dubai. Uni Emirat Arab. Contoh Aplikasi Gaya dan Momen Dalam Konstruksi Bangunan 1. Konstruksi dianggap statik tak tertentu jika reaksi-reaksi gaya tidak dapat dihitung dengan persamaan statik tertentu saja tetapi memerlukan perhitungan perubahan bentuk. dan sekarang sebagai gedung buatan manusia tertinggi di dunia dengan ketinggian 828 meter (2.717 ft).Syarat persamaan statik tertentu perlu dilengkapi dengan syarat konstruksi stabil yaitu: 1.

Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia. Untuk mencapai ketinggian tersebut digunakan concrete pump khusus. Sangatlah sulit menciptakan beton yang dapat dialirkan sampai ketinggian 600 meter dan juga harus dapat menyesuaikan dengan temperatur udara tinggi ( dapat mencapai 50 derajat Celcius). Samsung Engineering & Construction membangun Burj Khalifa bersama-sama (joint operation) dengan Besix dari Negeri Belgia dan Arabtec dari UAE. .Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia.000 ton besi beton. Sistem cathodic protection digunakan untuk menghindari korosi besi beton dari pengaruh air tanah. North Dakota. Menara Radio Warsawa 645. Hyder Consulting. Konstruksi Burj Khalifa Burj Khalifa ini dibangun oleh Perusahaan Korea Selatan. Kontraktor dan Engingeer. bersama-sama bertanggungjawab untuk pembangunan Burj Khalifa Struktur utama Burj Khalifa dibuat dari beton bertulang. Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard.000 m3 beton dan 55. Pada bulan Mei 2008 beton yang dapat dipompa sampai ketinggian 606 meter (lantai 156) telah mencapai rekor dunia. Samsung Engineering & Construction. Untuk mengatasi kondisi ini.4 m (2. Konstruksi Burj Khalifa menggunakan 330.5 meter dengan kedalaman lebih dari 50 meter.000 m3 beton digunakan. Konsistensi beton yang digunakan pada proyek ini sangatlah penting. pada saat udara dingin. Lebih dari 45. Amerika Serikat berhasil dilewati. Pada tanggal 12 September 2007. dengan berat lebih dari 110. Selama musim panas. dengan diameter tiang sebesar 1.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008. yang juga mengerjakan Menara Kembar Petronas dan Menara Taipei 101. pembuatan beton dilakukan dengan menambahkan es ke dalam campuran dan di cor pada malam hari. beton tidak dicor pada siang hari. Pondasi menggunakan pile cap yang didukung dengan 192 tiang (piles). Di bawah hukum UAE.000 ton untuk sistem pondasinya. Pelaksanaan konstruksinya menghabiskan 22 juta jam kerja (man-hours) Pada pondasi digunakan beton mutu tinggi dengan permeability yang rendah. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007.

3. Upacara ini dipimpin oleh Presiden Chester A Arthur dan Gubernur New York Grover Cleveland.5 miliar dollar Amerika 7. Gedung ini akan memiliki 1. 2. Burj Dubai dilengkapi dengan 57 lift tercepat di dunia yang mencapai 64 km/jam. Burj Dubai menghabiskan dana lebih dari 1.000 ton dan tiang penyangga sebanyak 192 buah yang masuk ke dalam bumi sampai 50 meter. Area Burj Dubai memakan area lebih dari 1km persegi. dengan pembuatan pondasi sendiri memakan waktu 1 tahun. Orang yang mendesain jembatan ini adalah John A Roebling. 6.Gambar 10. 2. Gedung ini mempunyai ketinggian lebih dari 800 meter dengan berat sekitar 110. Dua pondasi granit Jembatan Brooklyn dibenamkan di kedalaman 44 kaki di . Jembatan Brooklyn yang melintasi East River dibuka pada 24 Mei 1883. Burj Dubai mampu menampung lebih dari 12 ribu orang 4.Ribuan penduduk Brooklyn dan Pulau Manhattan turut menyaksikan upacara peresmiannya. Konstruksi Burj Dubai di mulai pada bulan Maret 2005. Jembatan Broklyn Jembatan ini menghubungkan kota New York dan Brooklyn untuk pertama kalinya dalam sejarah. 5. Di puncaknya terdapat suatu tempat observasi di mana kita bisa melihat seluruh daerah Dubai melalui teleskop canggih. Pembangunan Burj Khalifa Data mengenai Burj Dubai 1. Burj Dubai memiliki 160 lantai setara dengan 6 kali tinggi Monas. Ia mendesain Jembatan Brooklyn sebagai jembatan gantung terbesar yang pernah dibangun pada masa itu. 49 lantai ruang kantor serta Hotel Giorgio Armani.044 apartemen.

Gambar 11. Hubungan dua kota padat penduduk. sementara sebagian lainnya tewas karena kecelakaan kerja yang konvensional seperti kebakaran atau rubuh.Pada tahun-tahun tersebut banyak di kalangan masyarakat yang mengatakan bahwa mustahil membuatnya.Pada tanggal 28 Juni. dan sejumlah tanah pertanian. Setelah melewati berbagai diskusi dan bujukan. Lebih dari seratus pekerja mengalami penyakit kompresi.dipraktekkan.sisi wilayah Brooklyn dan 78 kaki di sisi wilayah New York. Pada 1898 kota Brooklyn secara resmi bergabung dengan New York City. yang disediakan jembatan ini merubah New York City selamanya. Tapi dia tidak mau dan tidak dapat melupakan idenya.Bahkan Insinyur dari seluruh dunia berkata bahwa hal ini adalah pekerjaan yang mustahil dan akan lebih baik bila dia melupakan hal ini. Beberapa tewas akibat penyakit ini. ketika ia sedang bekerja di lokasi jembatan. Berbagai masalah terus terjadi selama proses pembuatannya. Dia kemudian menceritakan ide ini kepada anaknya Washington. seorang insinyur bernama John Roebling mempunyai sebuah ide. Proses pembangunan jembatan ini disertai dengan pengerjaan pembangunan di bawah laut. Brooklyn dan Manhattan.karena tidak pernah dilakukan. Staten Island. yang juga seorang insinyur. sebuah kapal feri menabrak yang menumpuk Roebling berdiri dan . Pada tahun 1883. membentuk Greater New York. Jembatan Broklyn Jembatan ini selesai memakan waktu 14 tahun dan 27 kematian yang terjadi dalam pembangunannya. Dia ingin membangun sebuah jembatan yang dapat menghubungkan New York dan Long Island. Pada masa itu hanya ada sedikit informasi yang diketahui mengenai bahaya pengerjaan dalam kondisi seperti itu. dia berhasil meyakinkan anaknya bahwa jembatan itu dapat dibangun. Kemudian merekapun duduk bersama dan mulai mencari cara bagaimana proyek ini dapat diselesaikan.Dan peristiwa tragis terjadi saat John Roebling sedang memeriksa proyek.

Dewan pun kebingunan saat John Roebling meninggal karena tidak ada lagi insinyur yang setara dengan dia yang bisa menggantikan tugas itu.menguras batin pekerja dan Washington dalam keadaan sakit parah ikut memadamkan api.Para pekerja di bawah laut hanya bekerja 4 jam sehari karena selalu terjadi penyakit aneh yang menimpa mereka. Jembatan Broklyn . Selama proyek berlangsung kegiatan Washington lebih banyak dilakukan di dalam sungai dalam pembuatan pondasi jembatan dan di bawah laut dengan tekanan tinggi.Sempat terjadi putus asa dari kalangan bangsawan yang saat itu mendukung John Roebling yang saat itu mempercayakan pembuatan jembatan padanya dan jabatannya yang sangat penting sebagai kepala insinyur. bergerak maupun berbicara Gambar 12. Yang terluka jari kakinya diamputasi.Lambat waktu Washington mengalami sakit parah dan lumpuh seumur hidup .ya orang itu adalah orang yang selalu mengerti dan selalu mendukung John Roebling.kakinya remuk.dia tidak dapat berjalan.Peristiwa kebakaran di terowongan bawah laut terjadi dan api sulit di padamkan.Dan pada waktu dewan ingin menghentikan pembuatan brooklyn.dia adalah anaknya Washington Roebling. tapi tetanus menetapkan dan ia meninggal pada 22 Juli 1869.ada orang yang menentang.Dia bersi keras mengajukan diri sebagai pengganti ayahnya sebagai kepala insinyur.yang bahkan dokter pada waktu itu tidak tahu apa yang diderita para pekerja.Akhirnya keputusannya Washington menjadi kepala insinyur karena berhasil meyakinkan dewan bahwa ia adalah satu-satunya orang yang bisa menangani proyek Brooklyn dan dia adalah orang yang paling berpengalaman dalam pembuatan kawat baja yang dipergunakan untuk menggantung jembatan Brooklyn.

.70569°LU 73. Jembatan Broklyn Pada Malam Hari 3.Data Mengenai Jembatan Broklyn Mengangkut Melintasi Lokasi Pengelola Perancang Desain Panjang total Lebar Bentang utama Ruang bebas Tarif tol Koordinat : Kendaraan bermotor (mobil saja). Kereta api terangkati (hingga 1944). Mobil : East River : New York City (Manhattan–Brooklyn) : New York City Department of Transportation : John Augustus Roebling : Campuran suspensi/kabel topang : 5. Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi. Pejalan kaki dan sepeda Tanggal pembukaan : 24 Mei 1883 Gambar 13. Menara Kembar Petronas Menara Petronas adalah dua buah pencakar langit kembar di Kuala Lumpur.989 kaki (1825 m)[1] : 85 kaki (26 m) : 1.595 kaki 6 inci (486.99639°BB jalanan (hingga 1950).3 m) : 135 kaki (41 m) di pertengahan : Gratis di kedua arah : 40.

Desain Cesar .Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects. Taipei 101 mengambil rekor menara kembar ini.Tetapi Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar menara kembar tertinggi di dunia. Amerika Serikat yang selesai pada tahun 1988 yang tampak mempunyai kemiripan dengan Menara Petronas. Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat[1] yang selesai dibangun setinggi 88 lantai pada 1998 dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia. Pada 17 Oktober 2003. Bentuk lantainya berupa dua buah persegi yang berpotongan membentuk bintang berujung delapan dan pada tiap titik perpotongannya ditambahkan sepotong lingkaran. Menara petronas berdiri setinggi 452 meter atau 1483 kaki dihitung sampai paling atas. Gambar 14.58 m di Chicago. Menara Kembar Petronas Desain dan Bangunan Cesar Pelli juga merancang gedung Miglin-Beitler Skyneedle (atau disebut pula Miglin-Beitler Tower) setinggi 609.

Untuk membangunan pondasi Menara Berkembar Petronas. jembatan ini juga digunakan untuk evakuasi apabila terjadi keadaan darurat di sebuah menara sehingga penghuninya bisa pindah ke menara yang aman. Menara PETRONAS pun bisa bergoyang bila diterpa angin sehingga pembangunan jembatan pun tidak dipasang secara kaku pada kedua menara. Apabila bencana reda. dilakukan penggalian dan pemancangan sedalam 117 meter. Kecondongannya mengikut tiupan angin kencang hingga 1. dibangun sebuah jembatan (Skybridge atau Jejantas Udara) yang menghubungkan kedua menara pada lantai 41 dan 42.5 meter. menara akan tegak seperti biasa. menara ini akan condong. Jembatan ini adalah tujuan kunjungan turis yang datang ke Menara PETRONAS dengan jumlah tiket yang terbatas (sekitar 1200 buah). Sewaktu berlaku gempa bumi atau puting beliung. Menara ini mempunyai ciri-ciri keselamatan yang unik dan pertama kali digunakan di Malaysia. Berat keseluruhan bangunan bisa mencapai 100. Gambar 15. yaitu setinggi bangunan lima tingkat.000 ton.Pelli ini menggunakan motif yang lazim digunakan dalam Seni Islam mengingat budaya Islam sudah menjadi ciri khas Malaysia. Sebagaimana bangunan tinggi lain. Diantara kedua menara tersebut. Selain itu. SkyBridge Petronas .

Dengan panjang 5. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura. terdapat Suria KLCC yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan tersibuk di Malaysia dan terdapat pula Taman KLCC yang menyediakan trek joging. Jembatan Suramadu Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. dan tempat bermain untuk anak-anak serta mempertunjukkan kolam dengan air mancur simfonik. tepatnya timur Kamal). Jembatan terpanjang di Asia Tenggara ialah Bang Na Expressway di Thailand (54 km). jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini.438 m. dan jembatan utama (main bridge). yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway). . Indonesia. 4.5 triliun rupiah. Gambar 16. jembatan penghubung (approach bridge). kolam bermain. menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan. meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura. Jembatan Suramadu Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura.Di bawahnya. Selain itu terdapat pula Orkestra Filharmonik PETRONAS.

Desain Jalan Layang (Cause Way) Terdiri dari 36 bentang untuk sisi Surabaya dan 45 bentang sisi Madura dengan panjang masing-masing 40 meter. 2 Pylon kembar dengan ketinggian 140 meter dan lantai komposit double plane yang ditopang oleh cable stayed dengan bentang 192 m + 434 m + 192 m. Desain Causeway Gambar 17.4 meter dengan panjang sekitar 80 meter. Gambar 18. Main bridge Konstruksinya terdiri dari pondasi bored pile 2. Sedangkan untuk bagian bawah menggunakan pondasi pipa baja berdiameter 60 cm dengan panjang rata-rata 25 meter untuk sisi surabaya dan 27 meter untuk sisi Madura. Konstruksi bangunan diatas menggunakan PCI Girder.Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi. secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge. baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Ketinggian vertical bebas untuk navigasi bentang utama adalah 35 meter . Sementara itu.

Desain Approach Bridge Untuk bangunan atas menggunakan beton Presstressed Box Girder dengan bentang 80 meter sebanyak 7 bentang. Desain Pondasi Bored Piled Gambar 19. .Gambar 19. baik untuk sisi Surabaya maupun sisi Madura. Sedangkan struktur bawah terdiri dari pondasi bored pile berdiameter 180 cm dengan panjang 60-90 meter.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful