Hukum Muamalah (fiqh muamalah) yang meliputi, tata cara melakukan akad, transaksi, hukum pidana atau perdata

dan lainnya yang terkait dengan hubungan antar manusia atau dengan masyarakat luas Pengertian Fiqh Secara bahasa, fiqh bermakna faham. Menurut istilah, Imam Syafii memberikan definisi yang komprehensif, ³Al µilmu bi al ahkaam al syar¶iyyah al µamaliyyah al muktasabah min adillatiha al tafshiliyyah´. Yakni mengetahui hukum-hukum syara¶ yang bersifat amaliyah yang didapatkan dari dalil-dalil yang terperinci. Al ahkam bermakna tuntutan Allah sebagai pembuat hukum, atau khitabmukallaf, baik berupa kewajiban, sunnah, larangan, makruh atau mubah. Menurut ahli fiqh, yang dimaksud dengan khitab Allah adalah seperti kewajiban shalat, haramnya membunuh, mubah-nya makan dan lainnya. Allah yang terkait dengan perbuatan orang Al syar¶iyyah adalah hukum yang diambil dari syara¶. Dengan demikian, terdapat pengecualian terhadap hukum-hukum yang bersifat hissiyah, seperti matahari bersinar, atau hukum-hukum eksakta, seperti dua ditambah dua ada empat, atau hukum-hukum bahasa, seperti fa¶il hukumnya marfu¶ dan sebagainya. Al µamaliyyah maksudnya yang berhubungan dengan amaliyah (aktifitas), baik aktifitas hati seperti niat, atau aktifitas lainnya, seperti membaca al Qur¶an, shalat, jual beli dan lainnya.
Secara bahasa kata muamalah adalah masdar dari kata 'AMALA-YU'AMILI-MU'AMALATAN yang berarti saling bertindak, saling berbuat dan saling beramal. Dalam fiqh muamalah memiliki dua macam pengertian 1. Pengertian fiqh muamalah dalam arti luas 2. Pengertian fiqh muamalah dalam arti sempit Pengertian fiqh muamalah yang dimaksud dalam tulisan ini adalah pengertian dalam arti sempit yaitu : "muamalah adalah aturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan manusia dalam usahanya untuk mendapatkan alat-alat keperluan jasmaninya dengan cara yang paling baik" (Idris Ahmad) atau " Muamalah adalah tukar-menukar barang atu sesutu yang bermanfaat dengan caracara yang telah ditentukan" (Rasyid Ridho) "(Rahcmat Syafiie, Fiqih Muamalah). Ruang lingkup yang dibahas dalam fiqh muamalah ini meliputi dua hal; 1. Muamalah adabiyah: yaitu ditinjau dari subjeknya atau pelakunya. Biasanya yang dibahas mengenai HARTA dan IJAB QOBUL 2. Muamalah madiyah : ditinjau dari segi objeknya. Meliputi:

memberikan alternatif pilihan terbaik di antara beberapa pilihan.Syirkah (perkongsian) .Musaraqah . y Konsep Fiqh Muamalah untuk Mewujudkan Kemaslahatan Fiqh muamalah akan senantiasa berusaha mewujudkan kemaslahatan.sewa menyewa (ijarah) . Dengan demikian.al Ba'i (jual beli) .Dan beberapa permasalahan kontemporer (asuransi. kecuali dengan tujuan untuk merealisasikan kemaslahatan hidup hamba-Nya. Ulama fiqh sepakat bahwa hukum asal dalam transaksi muamalah adalah diperbolehkan (mubah).Riba .Pinjam meminjam . kita tidak bisa mengatakan bahwa sebuah transaksi itu dilarang sepanjang belum/ tidak ditemukan nash yang secara sharih melarangnya.hiwalah (pemindahan utang) . dan menghilangkan nilai kerusakan yang lebih besar dengan menanggung kerusakan yang lebih kecil ( Mausu¶ah Fiqh Ibnu Taimiyah.Sewa menyewa .ihyaulmawat . kecuali terdapat nash yang melarangnya. Allah tidak menurunkan syariah.syuf'ah (gugatan) .Rahn (gadai) . mengeliminasi dan mereduksi kerusakan.Ariyah (pinjam meminjam) .kafalah dan dhaman (jaminan dan tanggungan) . mereduksi permusuhan dan perselisihan di antara manusia.utang piutang ..upah .wakalah Di antara kaidah dasar fiqh muamalah adalah sebagai berikut : y Hukum Asal dalam Muamalah adalah Mubah (diperbolehkan).Ji'alah (sayembara) .Qiradh (memberi modal) . Ibnu Taimiyah berkata: ³Syariah diturunkan untuk mewujudkan kemaslahatan dan menyempurnakannya. bahasan (maslahah/ 2) . memberikan nilai maslahat yang maksimal di antara beberapa maslahat. tidak bermaksud memberi beban dan menyempitkan ruang gerak kehidupan manusia.al Mudharabah (Kerjasama) .Wadi'ah (titipan) . bank dll) .Muzara'ah dan mukhabarah .

ekonomi atau hubungan kemasyarakatan lainnya. Nilai toleransi ini bisa dipraktikkan dalam kehidupan politik. dan jika menaikkannya. maka Allah akan mencukupi kebutuhannya. dan barang siapa membantu mengurangi beban sesama saudaranya. maka ia akan bahagia´ ( Jami¶ al Ushul 1/595 nomor 438. Rasulullah SAW bersabda: ³Orang yang men-supply barang akan diberi rizki. Karena. y Menghindari Eksploitasi Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Khusus dalam transaksi finansial. tidak mendzalimi satu sama lainnya«. maka Allah akan menghilangkan bebannya di hari kiamat nanti´ (Diriwayatkan Abu Dawud dan Tirmidzi) y Memberikan Kelenturan dan Toleransi Toleransi merupakan karakteristik dari ajaran Islam yang ingin direalisasikan dalam setiap dimensi kehidupan. yakni jika Allah (mekanisme pasar) menurunkan harga. . Allah akan memberikan rahmat bagi orang yang mempermudah dalam transaksi jual beli.y Menetapkan Harga yang Kompetitif Islam melaknat praktik penimbunan (ikhtikar). bab Al Ikhtikar fi al Aqwat) dalam hadits lain Rasul bersabda: ³Sejelek-jelek hamba adalah seorang penimbun. dimana Rasulullah bersabda: ³Sesama orang muslim adalah saudara. kita tidak diperbolehkan untuk intervensi terhadap akad atau pun jual beli yang sedang dilakukan oleh orang lain.) y Meninggalkan Intervensi yang Dilarang Rasulullah melarang untuk menumpangi transaksi yang sedang dilakukan orang lain. maka ia akan bersedih. Rasulullah bersabda: ³Seseorang tidak boleh melakukan jual beli atas jual beli yang sedang dilakukan oleh saudaranya´( Hadits diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dalam al Buyu¶ bab Laa yabi¶ µala bai¶ akhihi). karena hal ini berpotensi menimbulkan kenaikan harga barang yang ditanggung oleh konsumen. dan orang yang menimbunnya akan mendapat laknat´ (Ibnu Majah dalam al Tijarat. barang siapa memenuhi kebutuhan saudaranya. nilai ini bisa diwujudkan dengan memper-mudah transaksi bisnis tanpa harus memberatkan pihak yang terkait.

Kejujuran tidak akan pernah melekat pada diri orang yang tidak memiliki nilai keimanan yang kuat. Seseorang bisa meraup keuntungan berlimpah dengan lipstick kebohongan dalam bertransaksi. memasang harga tidak sesuai dengan kriteria yang sebenarnya. Perlu perjuangan keras untuk membumikan kejujuran dalam setiap langkah kehidupan. bentuk penipuan ini bisa diwujudkan dengan melakukan manipulasi harga. Dalam konteks bisnis. kata jujur tidak semudah mengucapkannya. Sementara. Satu hal yang bisa menafikan semangat kejujuran dan amanah adalah penipuan (ghisy). Namun. orang yang jujur harus menahan dorongan materialisme dari cara-cara yang tidak semestinya. sangat berat memegang prinsip ini dalam kehidupan. .y Jujur dan Amanah Kejujuran merupakan bekal utama untuk meraih keberkahan. Menyembunyikan cacat yang bisa mengurangi nilai obyek transaksi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful