MAKALAH AIR

NAMA : HENING HERZIATRA NIS : 08.54.06202 KELAS : XII-4 TUGAS : KIMIA ANORGANIK

serta pada bulanbulan Europa dan Enceladus. meliputi mata air. sungai. yaitu: melalui penguapan. yaitu pada tekanan 1 bar dan temperatur 0oc. Indonesia telah memiliki undang-undang yang mengatur sumber daya air sejak tahun 2004. akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan.0153 g/mol. beberapa jenis gas. yakni Undang Undang nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air SIFAT FISIKA DAN KIMIA Air memiliki rumus kimia H2O. Keadaan air yang berbentuk cair merupakan suatu keadaan yang tidak umum dalam kondisi normal.hujan. uap air. Terdapat 1. Pada fase padat. Zat-zat yang dapat larut dan bercampur dalam air disebut Hidrofilik ( pecinta air ). hujan. dan tidak berasa pada kondisi standar. dihidrogen monoksida. Air memiliki titik beku pada 0 0C atau 273 K dan titik didih air sebesar 100 0C atau 373 K. tidak berbau. terlebih lagi dengan memperhatikan hubungan antara hidrida-hidrida lain yang mirip dalam kolom oksigen pada tabel periodik. yaitu aqua. danau. sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars. Air bersih penting bagi kehidupan manusia. Dengan memperhatikan tabel periodik. sungai. cairan (air) dan gas (uap air). Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. Air merupakan senyawa yang tida berwarna. Air merupakan pelarut yang sangat baik. yang mengisyaratkan bahwa air seharusnya berbentuk gas. Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncakpuncak gunung). Air memiliki beberapa nama lain. gula. dan lautan es. sebagaimana hidrogen sulfida. Hidrogen hidroksida. dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff.92 g/cm³ dan pada fase cair ( suhu 20 °C ) memiliki densitas sebesar 0. terlihat . tetapi tidak di planet lain. dan zat-zat yang tidak dapat larut dan bercampur dalam air disebut Hidrofobik ( takut air ). Air dapat berwujud padatan(es). Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air. muara) menujulaut. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air. Air memiliki massa molar sebesar 18. asam.PENDAHULUAN Air adalah zat atau materi atau unsur yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi. air dapat melarutkan garam-garam. Satu molekul air terdiri dari dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. muka air tawar. Selain di bumi. air memiliki densitas sebesar 0.4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di bumi. dan beberapa senyawaan organik.998 g/cm³. Air menutupi hampir 71% permukaan bumi.

Air memiliki sejumlah muatan parsial negatif ( -) dekat atom oksigen akibat pasangan elektron yang (hampir) tidak digunakan bersama. dan jumlah muatan negatif pada atom oksigen. meninggalkan jumlah muatan positif pada kedua atom hidrogen. dan sejumlah muatan parsial positif ( +) dekat atom oksigen. Adanya muatan pada tiap-tiap atom tersebut membuat molekul air memiliki sejumlah momen dipol. dua molekul air lain terurai menjadi gas oksigen (O2). menarik elektron-elektron lebih dekat ke arahnya (juga berarti menarik muatan negatif elektron-elektron tersebut) dan membuat daerah di sekitar atom oksigen bermuatan lebih negatif ketimbang daerah-daerah di sekitar kedua atom hidrogen. sulfur dan klor. tereduksi menjadi gas H2 dan ion hidrokida (OH-). Gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan dari reaksi ini membentuk gelembung pada elektrodadan dapat dikumpulkan. melepaskan 4 ion H+ serta mengalirkan elektron ke katoda. adalah karena oksigen lebih bersifat elektronegatif ketimbang elemen-elemen lain tersebut (kecuali flor). Sementara itu pada anoda. . Semua elemen-elemen ini apabila berikatan dengan hidrogen akan menghasilkan gas pada temperatur dan tekanan normal. Ion H+ dan OH. flor. Gaya tarik-menarik listrik antar molekul-molekul air akibat adanya dipol ini membuat masing-masing molekul saling berdekatan. Bila air dielektrolisis maka akan menghasilkan gas H2 dan O2. Pada katoda. Reaksi keseluruhan yang setara dari elektrolisis air dapat dituliskan sebagai berikut. Dalam air hal ini terjadi karena atom oksigen bersifat lebih elektronegatif dibandingkan atom hidrogen yang berarti. Prinsip ini kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan hidrogen dan hidrogen peroksida (H2O2). dua molekul air bereaksi dengan menangkap duaelektron. Air menempel pada sesamanya (kohesi) karena air bersifat polar. Gaya tarik-menarik ini disebut sebagai ikatan hidrogen. Tarikan atom oksigen pada elektronelektron ikatan jauh lebih kuat dari pada yang dilakukan oleh atom hidrogen. danfosfor. Alasan mengapa hidrogen berikatan dengan oksigen membentuk fasa berkeadaan cair. ia (atom oksigen) memiliki lebih "kekuatan tarik" pada elektronelektron yang dimiliki bersama dalam molekul. Air memiliki pula sifat adhesi yang tinggi disebabkan oleh sifat alami ke-polarannya.bahwa unsur-unsur yang mengelilingi oksigen adalah nitrogen.mengalami netralisasi sehingga terbentuk kembali beberapa molekul air. membuatnya sulit untuk dipisahkan dan yang pada akhirnya menaikkan titik didih air.

namun dapat menyebabkan beberapa masalah. Air Sadah Air sadah adalah air yang mengandung mineral yang tinggi biasanya mineral tersebut adalah ion Ca dan Mg. Di atas sebuah permukaan gelas yang amat bersih atau bepermukaan amat halus air dapat membentuk suatu lapisan tipis (thin film) karena gaya tarik molekular antara gelas dan molekul air (gaya adhesi) lebih kuat ketimbang gaya kohesi antar molekul air. kesadahan air yang digunakan diawasi dengan ketat untuk mencegah kerugian. diminum. sabun tidak akan menghasilkan busa. Jenis.jenis air tersebut yaitu: 1. Cara lain untuk mengidentifikasi kesadahan air adalah dengan metode titrimetri. Air sadah juga menyebabkan pemborosan sabun di rumah tangga. JENIS-JENIS AIR Ada banyak jenis air di alam maupun di industri. Air sadah dapat menyebabkan pengendapan mineral yang dapat menyumbat saluran pipa dan keran. Hal ini dapat diamati saat sejumlah kecil air ditempatkan dalam sebuah permukaan yang tak dapat terbasahi atau terlarutkan (non-soluble). Air sadah dapat dibagi menjadi dua. yaitu Ca(HCO3)2 dan Mg(HCO3)2. dan air sadah yang bercampur sabun dapat membentuk gumpalan scum yang sukar dihilangkan. ada yang dibuat dengan sengaja dan ada pula yang alami. karena ion Ca dan Mg bereaksi dengan NaOH yang terdapat dalam sabun membentuk endapan putih. Air sadah tidak terlalu berbahaya bila. Pada air sadah. Air sadah sementara adalah air sadah yang mengandung garam-garam asam lemah.Air memiliki tegangan permukaan yang besar yang disebabkan oleh kuatnya sifat kohesi antar molekul-molekul air. metode yang paling mudah digunakan untuk mengidentifikasi kesadahan suatu air adalah dengan cara menambahkan sabun pada air tersebut. Reaksi yang terjadi bila air sadah sementara dipanaskan adalah Ca(HCO3)2 Mg(HCO3)2 CaCO3 MgCO3 + H2O + CO2 + H2O + CO2 : Ca(OH)2 + 2NaHCO3 Mg(OH)2 + 2NaHCO3 : Reaksi yang terjadi bila air sadah ditambahkan NaOH adalah Ca(HCO3)2 + 2NaOH Mg(HCO3)2 + 2NaOH . Dalam industri. air tersebut akan berkumpul sebagai sebuah tetesan. Air sadah sementara dapat dihilangkan dengan cara pemanasan atau dengan penambahan NaOH. yaitu air sadah sementara dan air sadah tetap.

untuk pelarut. 2. Pada dasar tong sudah dibuat keran. dan untuk berbagai macam fungsi lainnya. Air boiler . sabun tetap sukar berbuih.Untuk menghilangkan kesadahan sementara ataupun kesadahan tetap pada air yang anda gunakan di rumah dapat dilakukan dengan menggunakan zeolit.2H2O. karena dapat menyebabkan kekurangan mineral yang diperlukan oleh tubuh. berarti air yang anda gunakan adalah air sadah tetap. Zeolit memiliki kapasitas untuk menukar ion. Zeolit memiliki rumus kimia Na2(Al2SiO3O10). Jika ternyata setelah dilakukan pemanasan.2H2O atau K2(Al2SiO3O10). 3. Air yang akan anda gunakan dilewatkan pada zeolit terlebih dahulu. Air suling dibuat dengan cara mendestilasi air-air yang ada. Boiler itu sendiri adalah alat yang digunakan untuk menghasilkan uap air dengan cara menguapkan air tersebut. Boiler adalah alat yang berupa tungku dalam berbagai bentuk dan ukuran. zeolit mempunyai struktur tiga dimensi yang memiliki pori-pori yang dapat dikewati air.Sedangkan air sadah tetap adalah air sadah yang mengandung garam-garam sulfat maupun garam-garam klorida. artinya anda tidak dapat menggunakan zeolit yang sama selamanya. sehingga air tersebut terbebas dari kesadahan. Air Suling Air suling adalah air yang hanya mengandung molekul H2O tanpa ada zat-zat lain. spserti mencuci. yaitu CaSO4. Air Boiler Air boiler biasanya digunakan di dalam industri. mandi dan keperluan masak. tetapi kelemahannya adalah air suling tidak baik diminum oleh orang yang tidak menderita penyakit apa-apa. Ion Ca2+ dan Mg2+ akan ditukar dengan ion Na+ dan K+ dari zeolit. CaCl2. Reaksi yang terjadi bila air sadah ditambahkan Na2CO3 adalah CaSO4 + Na2CO3 MgSO4 + Na2CO3 CaCl2 + Na2CO3 MgCl2 + Na2CO3 CaCO3 MgCO3 CaCO3 MgCO3 + Na2SO4 + Na2SO4 + Na2Cl2 + Na2Cl2 : Untuk mengetahui jenis kesadahan air adalah dengan pemanasan. Air sadah tetap dapat dihilangkan dengan cara menambahkan Na2CO3. Anda cukup menyediakan tong yang dapat menampung zeolit. Air yang telah dilewatkan pada zeolit dapat anda gunakan untuk keperluan rumah tangga. Kegunaan dari air suliang adalah untuk minuman orang berpenyakit. MgSO4. Sehingga pada rentang waktu tertentu anda harus menggantinya. Kelebihan air suling adalah tidak mengandung mineral yang dapat mengganggu proses kerja di laboratorium. dan MgCl2.

bakteri. Setelah lama bereksperimen. lalu dimasukkan ke sebuah resin bermuatan listrik yang dapat menarik garam-garam dan mineral tersebut. Oleh karena itu. Air deionisasi Air deionisasi adalah air yang tidak mengandung garam dan mineral-mineral. terutama pengaruh air basa (alkaline water) pada tumbuhan. K+. Na. Mineral-mineral ini berada dalam keadaan ion yang bergabung dengan elemen lain. dan pada tahun 1966. untuk mengganti uap-uap yang hilang. sedangkan air deionisasi dibuat dengan cara menarik garam-garam dengan resin bermuatan listrik. 4. NO3-) menuju terminal elektron positif sehingga menjadi air yang bersifat asam. CaOH. air boiler ditambahkan ke dalam boiler. Untuk bentuk ion Hydroksil (OH-) yang ada di dalam air akan sangat berguna sekali dalam . maka uap akan terus menerus dihasilkan. Cl. K. S. Air (H2O) pada dasarnya banyak mengandung mineral misalnya Ca. diperoleh kesimpulan bahwa air yang diionisasi bersifat non-toksik bahkan dapat mengurangi banyak gejala-gejala pada penyakit orang dewasa. Proses pengubahan air menjadi air boiler yaitu dengan cara mengubah terlebih dahulu air menjadi uap. Mg2+. Air Ionisasi Penguraian ion air pertama kali dikembangkan di Jepang pada awal tahun 1950an dan percobaan pertama dilakukan pada tumbuhan dan hewan. Air deionisasi dibuat dengan cara menganbil air yang masih mengandung mineral dan garam-garam. ion-ion basa (alkaline) (Ca2+. Sehingga nantinya pada air hanya mengandung molekul H2O. Na+) akan berkumpul di terminal elektron negatif sehingga menjadi air minum yang bersifat basa (alkaline).dapat digunakan juga untuk pembangkit tenaga listrik lewat turbin. Pada saat terjadinya ionisasi. Pengembangan terhadap pengaruh air ionisasi (alkaline water) secara besar-besaran dimulai pada tahun 1945 oleh beberapa universitas pertanian di Jepang. proses kimia.yang masing-masing akan mengikat mineral yang lain untuk menghasilkan gabungan kimia seperti HCl. Sebaliknya ion-ion asam (acidic) (Cl-. Pengurai air ionisasi komersil pertama diperoleh di Jepang pada tahun 1958. dan pemanasan dalam produksi. 5. SO42-. dan virus. Perbedannya dengan air suling adalah air deionisasi masih mengandung bakteri dan virus. Sebagian besar dari air dengan molekul H2O akan terpisah membentuk H+ dan OH. pengurai air ionisasi diakui sebagai alat kesehatan dan pengobatan oleh Kementerian Kesehatan dan Rehabilitasi Pemerintah Jepang. KOH. lalu panas dialirkan ke air yang berada dalam boiler. P. Percobaan terhadap manusia memakan waktu yang lama karena faktor kesulitan dalam mempertahankan kondisi lingkungan yang konstan. Perbedaan lain juga dapat dilihat dari cara pembuatannya. Mg. Air suling dibuat dengan cara mendestilasi air. NaOH.

dapat diukur dengan pH. Dengan demikian bentuk air hexagonal menjadi lebih kecil dan lebih mudah diserap oleh tubuh. yakni air jebak dan air magma. sungaidanau. 7. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis. Air permukaan berhubungan dengan air bawah tanahatau air atmosfer. presipitasi merupakan faktor utama dan air bawah tanah yang berasal dari proses ini disebut air meteor. Banyaknya jumlah Hydroksil (OH-) juga dapat diukur dengan tingkat potensi REDOX (Reduksi Oksidasi) dengan memakai ORP meter (Oxidation Reduction Potential). Air permukaan secara alami terisi melalui presipitasi dan secara alami berkurang melalui penguapan dan rembesan ke bawah permukaan sehingga menjadi air bawah tanah. Air Tanah Artesis Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air. Proses yang melibatkan mineral ini juga mengakibatkan air harus merubah struktur kimianya sehingga kelompok air menjadi hexagonal (dan menjadi 6 dimana pada mulanya air berkelompok 12-13).menangkap radikal bebas dalam tubuh sehingga akumulasi sisa asam dalam tubuh akan berkurang. Air tanah berperan untuk menjaga keseimbangan dan ketersediaan bahan baku air untuk kepentingan rumah tangga (domestik) maupun untuk kepentingan industri. Air Permukaan Air permukaan adalah air yang terkumpul di atas tanah atau di mata air. Ada dua jenis air tanah. Air tanah preatis adalah air tanah yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air / impermeable. Air permukaan merupakan sumber terbesar untuk air bersih. kebutuhan akan air tanah mencapai 70%. Air Tanah Air tanah adalah air yang terdapat di lapisan tanah atau bebatuan di bawah permukaan tanah. Banyaknya ion H+ dan OH. 6. lahan basah. atau laut. Meskipun ada sumber lainnya untuk air bawah tanah. Jumalah air tanah di muka bumi terbatas dan apabila air tanah rusak dapat menyebabkan akibat yang fatal dan luas bagi lingkungan. Banyaknya kandungan mineral yang ada pada air juga dapat diukur dengan TDS meter (Total Disolve Solid). Air tanah preatis. yaitu : . Di beberapa daerah. b. yaitu : a.

lalu turun kembali ke bumi.y Perairan Darat Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa. Jenis-jenis hujan berdasarkan terjadinya. Presipitasi sendiri dapat berwujud padat (misalnya salju dan hujan es) atau aerosol (seperti embundan kabut). peternakan dan perikanan 8. yaitu : 1. Bahan balajar siswa sekolah dan mahasiswa y Perairan Laut Perairan laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas. sungai. Hujan zenithal. Bahan baku industry 7. Untuk mandi dan cuci 10. Hujan jenis ini disebut sebagai virga. yaitu hujan yang terjadi karena udara panas yang naik disertai dengan angin berputar. Sumber air minum makhluk hidup 6. danau. Tempat riset penelitian dan eksplorasi 12. Tempat pembuangan limbah ramah lingkungan 11. yaitu hujan yang sering terjadi di daerah sekitar ekuator. Perairan darat bila dikelola dengan baik memiliki manfaat yang baik bagi kehidupan. diantaranya adalah : 1. dll 5. Contohnya seperti air laut yang berada di laut. Hujan siklonal. terkumpul menjadi awan mendung. Tempat rekreasi atau hobi 4. dan lain sebagainya. Sumber energi pembangkit listrik 2. Tidak semua air hujan sampai ke permukaan bumi karena sebagian menguap ketika jatuh melalui udara kering. 2. dan akhirnya kembali ke laut melalui sungai dan anak sungai untuk mengulangi daur ulang itu semula. Sebagai sarana transportasi 3. Lembaban dari lautmenguap. Kemudian angin tersebut naik dan membentuk gumpalan-gumpalan awan di sekitar ekuator yang berakibat awan menjadi jenuh dan turunlah hujan. kepiting. . udang. Tempat budidaya ikan. berubah menjadi awan. akibat pertemuan Angin Pasat Timur Laut dengan Angin Pasat Tenggara. Sebagai tempat olahraga 9. Sumber air pertanian. Hujan memainkan peranan penting dalam siklus hidrologi. Air Hujan Hujan merupakan satu bentuk presipitasi yang berwujud cairan. 8. Hujan terbentuk apabila titik air yang terpisah jatuh ke bumi dari awan.

Jenis hujan berdasarkan ukuran butirnya. yaitu hujan yang terjadi karena angin yang mengandung uap air yang bergerak horisontal. Hujan orografis. 20 .50 mm per hari 2. Jenis hujan berdasarkan besarnya curah hujan. Di sekitar bidang front inilah sering terjadi hujan lebat yang disebut hujan frontal. Tempat pertemuan antara kedua massa itu disebut bidang front. Hujan muson atau hujan musiman. diameter butirannya kurang dari 0. Siklus muson inilah yang menyebabkan adanya musim penghujan dan musim kemarau. yaitu hujan yang terjadi karena Angin Musim (Angin Muson). hujan lebat. terdiri dari kristal-kristal es yang suhunya berada dibawah 0° Celsius 3. hujan muson terjadi bulan Oktober sampai April. 50-100 mm per hari 3. curahan air yang turun dari awan dengan suhu diatas 0° Celsius dengan diameter ±7 mm. Hujan salju. hujan sangat lebat.5 mm 2. 4. suhu udara menjadi dingin sehingga terjadi kondensasi. yaitu : 1. Penyebab terjadinya Angin Muson adalah karena adanya pergerakan semu tahunan Matahari antara Garis Balik Utara dan Garis Balik Selatan. Di Indonesia. Hujan frontal. yaitu hujan yang terjadi apabila massa udara yang dingin bertemu dengan massa udara yang panas. Terjadilah hujan di sekitar pegunungan. 5. Angin tersebut naik menuju pegunungan. Karena lebih berat massa udara dingin lebih berada di bawah. Sementara di kawasan Asia Timur terjadi bulan Mei sampai Agustus. yaitu 1. curahan batu es yang turun dalam cuaca panas dari awan yang suhunya dibawah 0° Celsius 4.3. di atas 100 mm per hari : . Hujan gerimis / drizzle. hujan sedang. Hujan deras / rain. Hujan batu es.

http://syadiashare.wikipedia.com /what-is-deionized-water.com/blog-archive-6802-26.com/blog-archive-6802-26.google.co. http://blog-indonesia.google.com/jenis-jenis-air.co. http://translate.html 4.html 7. http://id.org/wiki/Air_permukaan 6. http://translate.htm&anno=2 3. http://id.Daftar pustaka 1. http://blog-indonesia.wikipedia.html .id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org /wiki/Purified_water 2.wisegeek.org/wiki/Air_Tanah 5.id/translate?hl=id&sl=en&tl=id&u=http://www.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful