ORDO-ORDO SERANGGA

a. Ordo Orthoptera (bangsa belalang) Sebagian anggotanya dikenal sebagai pemakan tumbuhan, namun ada beberapa di antaranya yang bertindak sebagai predator pada serangga lain. Anggota dari ordo ini umumnya memilki sayap dua pasang. Sayap depan lebih sempit daripada sayap belakang dengan vena-vena menebal/mengeras dan disebut tegmina. Sayap belakang membranus dan melebar dengan vena-vena yang teratur. Pada waktu istirahat sayap belakang melipat di bawah sayap depan. Alat-alat tambahan lain pada caput antara lain : dua buah (sepasang) mata facet, sepasang antene, serta tiga buah mata sederhana (occeli). Dua pasang sayap serta tiga pasang kaki terdapat pada thorax. Pada segmen (ruas) pertama abdomen terdapat suatu membran alat pendengar yang disebut tympanum. Spiralukum yang merupakan alat pernafasan luar terdapat pada tiap-tiap segmen abdomen maupun thorax. Anus dan alat genetalia luar dijumpai pada ujung abdomen (segmen terakhir abdomen). Ada mulutnya bertipe penggigit dan penguyah yang memiliki bagian-bagian labrum, sepasang mandibula, sepasang maxilla dengan masing-masing terdapat palpus maxillarisnya, dan labium dengan palpus labialisnya. Metamorfose sederhana (paurometabola) dengan perkembangan melalui tiga stadia yaitu telur — > nimfa —> dewasa (imago). Bentuk nimfa dan dewasa terutama dibedakan pada bentuk dan ukuran sayap serta ukuran tubuhnya. Beberapa jenis serangga anggota ordo Orthoptera ini adalah : - Kecoa (Periplaneta sp.) - Belalang sembah/mantis (Otomantis sp.) - Belalang kayu (Valanga nigricornis Drum.) b. Ordo Hemiptera (bangsa kepik) / kepinding Ordo ini memiliki anggota yang sangat besar serta sebagian besar anggotanya bertindak sebagai pemakan tumbuhan (baik nimfa maupun imago). Namun beberapa di antaranya ada yang bersifat predator yang mingisap cairan tubuh serangga lain. Umumnya memiliki sayap dua pasang (beberapa spesies ada yang tidak bersayap). Sayap depan menebal pada bagian pangkal (basal) dan pada bagian ujung membranus. Bentuk sayap tersebut disebut Hemelytra. Sayap belakang membranus dan sedikit lebih pendek daripada sayap depan. Pada bagian kepala dijumpai adanya sepasang antene, mata facet dan occeli. Tipe alat mulut pencucuk pengisap yang terdiri atas moncong (rostum) dan dilengkapi dengan alat pencucuk dan pengisap berupa stylet. Pada ordo Hemiptera, rostum tersebut muncul pada bagian anterior kepala (bagian ujung). Rostum tersebut beruas-ruas memanjang yang membungkus stylet. Pada alat mulut ini terbentuk dua saluran, yakni saluran makanan dan saluran ludah. Metamorfose bertipe sederhana (paurometabola) yang dalam perkembangannya melalui stadia : telur —> nimfa —> dewasa. Bnetuk nimfa memiliki sayap yang belum sempurna dan ukuran tubuh lebih kecil dari dewasanya.

Alat-alat tambahan baik pada kepala maupun thorax umumnya sama dengan anggota Hemiptera. Sayap depan mengeras dan menebal serta tidak memiliki vena sayap dan disebut elytra. Sayap belakang membranus dan jika sedang istirahat melipat di bawah sayap depan. Ordo Homoptera (wereng.Kumbang janur kelapa (Brontispa longissima Gestr) . Sayap terdiri dari dua pasang. Apabila istirahat. e. Metamorfose bertipe sempurna (holometabola) yang perkembangannya melalui stadia : telur —> larva —> kepompong (pupa) —> dewasa (imago). Sayap terdiri dari dua pasang. elytra seolah-olah terbagi menjadi dua (terbelah tepat di tengah-tengah bagian dorsal).) .Kepik hijau (Nezara viridula L) . membranus dan tertutup oleh sisik-sisik yang berwarna-warni. Baik nimfa maupun dewasa umumnya dapat bertindak sebagai hama tanaman. seperti : . Ordo Coleoptera (bangsa kumbang) Anggota-anggotanya ada yang bertindak sebagai hama tanaman.Bapak pucung (Dysdercus cingulatus F) c. Kepompong tidak memerlukan pakan dari luar (istirahat) dan bertipe bebas/libera.). Pada beberapa jenis. namun beberapa diantaranya ada yang predator. Perbedaan pokok antara keduanya antara lain terletak pada morfologi sayap depan dan tempat pemunculan rostumnya. Tipe metamorfose sederhana (paurometabola) yang perkembangannya melalui stadia : telur —> nimfa —> dewasa.Kutu putih daun kelapa (Aleurodicus destructor Mask. Sayap depan anggota ordo Homoptera memiliki tekstur yang homogen. umumnya mandibula berkembang dengan baik. Beberapa contoh anggotanya adalah : . Serangga dewasa umumnya sebagai pemakan/pengisap madu atau nektar.Kumbang badak (Oryctes rhinoceros L) . Ordo Lepidoptera (bangsa kupu/ngengat) Dari ordo ini. Larva umumnya memiliki kaki thoracal (tipe oligopoda).Beberapa contoh serangga anggota ordo Hemiptera ini adalah : . bisa keras semua atau membranus semua. . sedang sayap belakang bersifat membranus.) .Kumbang buas (predator) Coccinella sp. d. Alat mulut bertipe penggigit-pengunyah. Serangga anggota ordo Homoptera ini meliputi kelompok wereng dan kutu-kutuan.Wereng coklat (Nilaparvata lugens Stal. khususnya dari suku Curculionidae alat mulutnya terbentuk pada moncong yang terbentuk di depan kepala. namun ada beberapa yang tidak berkaki (apoda).) . Alat mulut juga bertipe pencucuk pengisap dan rostumnya muncul dari bagian posterior kepala. hanya stadium larva (ulat) saja yang berpotensi sebagai hama. namun ada juga yang bertindak sebagai predator (pemangsa) bagi serangga lain. kutu dan sebagainya) Anggota ordo Homoptera memiliki morfologi yang mirip dengan ordo Hemiptera.Walang sangit (Leptorixa oratorius Thumb.Kutu loncat lamtoro (Heteropsylla sp.

Ulat grayak pada tembakau (Spodoptera litura) f. predator dan parasitoid. sedang sayap belakang mereduksi menjadi alat keseimbangan berbentuk gada dan disebut halter. (parasit kumbang Brontispa). atau pencucuk pengisap. Pada kepalanya juga dijumpai adanya antene dan mata facet. Metamorfose bertipe sempurna (Holometabola) yang perkembangannya melalui stadia : telur — > larva —> kepompong —> dewasa.) . sedang pupanya bertipe obtekta.Tetratichus brontispae Ferr. Beberapa contoh anggotanya antara lain adalah : . Sayap terdiri dari dua pasang dan membranus. Tipe alat mulut penggigit atau penggigit-pengisap yang dilengkapi flabellum sebagai alat pengisapnya. Ordo Hymenoptera (bangsa tawon. Ordo Diptera (bangsa lalat.bagian pangkal yang berbentuk kerucut disebut rostum .bagian tengah yang berbentuk silindris disebut haustellum . tetapi palpus labialis berkembang sempurna. mata facet dan occelli. pengisap darah. palpus maxillaris dan mandibula biasanya mereduksi.Trichogramma sp. Beberapa jenisnya antara lain : . Pada serangga dewasa. sedang larvanya memiliki tipe penggigit. Chalcididae. (parasit telur penggerek tebu/padi).) .Pada kepala dijumpai adanya alat mulut seranga bertipe pengisap.lalat parasitoid (Diatraeophaga striatalis).lalat buah (Dacus spp. . tetapi umumnya memiliki tipe penjilatpengisap. Anggota famili Braconidae. semut) Kebanyakan dari anggotanya bertindak sebagai predator/parasitoid pada serangga lain dan sebagian yang lain sebagai penyerbuk. nyamuk) Serangga anggota ordo Diptera meliputi serangga pemakan tumbuhan. . Larva tidak berkaki (apoda_ biasanya hidup di sampah atau sebagai pemakan daging. g. Larva bertipe polipoda. Sayap depan umumnya lebih besar daripada sayap belakang. namun ada pula yang bertindak sebagai hama. memiliki baik kaki thoracal maupun abdominal. parasitoid dan predator. Pada tipe penjilat pengisap alat mulutnya terdiri dari tiga bagian yaitu : . tabuhan. (tabuhan parasit ulat Artona). Pupa bertipe coartacta.Kupu gajah (Attacus atlas L) .lalat rumah (Musca domesticaLinn. alat mulut berupa tabung yang disebut proboscis.Penggerek batang padi kuning (Tryporiza incertulas Wlk) . Ichnemonidae.lalat predator pada Aphis (Asarcina aegrota F) . Tipe alat mulut bervariasi.Apanteles artonae Rohw. Metamorfosenya sempurna (holometabola) yang perkembangannya melalui stadia : telur —> larva —> kepompong —> dewasa. tergantung sub ordonya. pengisap. Metamorfose sempurna (Holometabola) yang melalui stadia : telur-> larva–> kepompong —> dewasa. Serangga dewasa hanya memiliki satu pasang sayap di depan. Trichogrammatidae dikenal sebagai tabuhan parasit penting pada hama tanaman. Beberapa contoh anggotanya adalah : .bagian ujung yang berupa spon disebut labellum atau oral disc. Pada kepala dijumpai adanya antene (sepasang). .

Ordo Orthoptera (bangsa belalang) Sebagian anggotanya dikenal sebagai pemakan tumbuhan. namun ada beberapa di antaranya yang bertindak sebagai predator pada serangga lain.com/2009/01/21/ordo-ordo-serangga/ • • Home About Home » Uncategorized » ordo-ordo serangga ordo-ordo serangga 26 May 2010 Goto comments Leave a comment a. Sayap depan lebih sempit daripada sayap belakang dengan vena-vena menebal/mengeras dan disebut tegmina. Beberapa jenis serangga anggota ordo Orthoptera ini adalah : Kecoa (Periplaneta sp. Alat-alat tambahan lain pada caput antara lain : dua buah (sepasang) mata facet. Anus dan alat genetalia luar dijumpai pada ujung abdomen (segmen terakhir abdomen). Dua pasang sayap serta tiga pasang kaki terdapat pada thorax.) . sepasang maxilla dengan masing-masing terdapat palpus maxillarisnya. Ada mulutnya bertipe penggigit dan penguyah yang memiliki bagian-bagian labrum. Metamorfose sederhana (paurometabola) dengan perkembangan melalui tiga stadia yaitu telur — > nimfa —> dewasa (imago). Sayap dua pasang dan bersifat membranus. pada stadium larva dijumpai adanya alat tambahan berupa insang dan hidup di dalam air. Pada capung besar dijumpai vena-vena yang jelas dan pada kepala dijumpai adanya mata facet yang besar. Anggota dari ordo ini umumnya memilki sayap dua pasang. Bentuk nimfa dan dewasa terutama dibedakan pada bentuk dan ukuran sayap serta ukuran tubuhnya. sepasang antene. Anggota-anggotanya dikenal sebagai predator pada beberapa jenis serangga keecil yang termasuk hama.h. wereng. serta tiga buah mata sederhana (occeli). Sayap belakang membranus dan melebar dengan vena-vena yang teratur. Pada segmen (ruas) pertama abdomen terdapat suatu membran alat pendengar yang disebut tympanum. Pada waktu istirahat sayap belakang melipat di bawah sayap depan. Metamorfose tidak sempurna (Hemimetabola). seperti beberapa jenis trips.wordpress. sepasang mandibula. kutu loncat serta ngengat penggerek batang padi. dan labium dengan palpus labialisnya. http://rioardi. Ordo Odonata (bangsa capung/kinjeng) Memiliki anggota yang cukup besar dan mudah dikenal. Spiralukum yang merupakan alat pernafasan luar terdapat pada tiap-tiap segmen abdomen maupun thorax.

sedang sayap belakang bersifat membranus. namun ada juga yang bertindak sebagai predator (pemangsa) bagi serangga lain.Belalang sembah/mantis .) (Otomantis sp. Ordo Coleoptera (bangsa kumbang) Anggota-anggotanya ada yang bertindak sebagai hama tanaman. Beberapa contoh serangga anggota ordo Hemiptera ini adalah : Walang sangit (Leptorixa oratorius Thumb. Sayap belakang membranus dan sedikit lebih pendek daripada sayap depan. Sayap depan anggota ordo Homoptera memiliki tekstur yang homogen. . yakni saluran makanan dan saluran ludah. Pada ordo Hemiptera.) .) b. Perbedaan pokok antara keduanya antara lain terletak pada morfologi sayap depan dan tempat pemunculan rostumnya. Namun beberapa di antaranya ada yang bersifat predator yang mingisap cairan tubuh serangga lain. Baik nimfa maupun dewasa umumnya dapat bertindak sebagai hama tanaman. mata facet dan occeli.) Kepik hijau (Nezara viridula L) . Umumnya memiliki sayap dua pasang (beberapa spesies ada yang tidak bersayap). Bentuk sayap tersebut disebut Hemelytra.) Kutu putih daun kelapa (Aleurodicus destructor Mask. Tipe alat mulut pencucuk pengisap yang terdiri atas moncong (rostum) dan dilengkapi dengan alat pencucuk dan pengisap berupa stylet. Ordo Hemiptera (bangsa kepik) / kepinding Ordo ini memiliki anggota yang sangat besar serta sebagian besar anggotanya bertindak sebagai pemakan tumbuhan (baik nimfa maupun imago). Serangga anggota ordo Homoptera ini meliputi kelompok wereng dan kutu-kutuan.Bapak pucung (Dysdercus cingulatus F) c. Rostum tersebut beruas-ruas memanjang yang membungkus stylet. seperti : Wereng coklat (Nilaparvata lugens Stal. d.). Bnetuk nimfa memiliki sayap yang belum sempurna dan ukuran tubuh lebih kecil dari dewasanya. Pada alat mulut ini terbentuk dua saluran. Ordo Homoptera (wereng. Pada bagian kepala dijumpai adanya sepasang antene.Kutu loncat lamtoro (Heteropsylla sp.Belalang kayu (Valanga nigricornis Drum. bisa keras semua atau membranus semua. rostum tersebut muncul pada bagian anterior kepala (bagian ujung). Alat-alat tambahan baik pada kepala maupun thorax umumnya sama dengan anggota Hemiptera. kutu dan sebagainya) Anggota ordo Homoptera memiliki morfologi yang mirip dengan ordo Hemiptera. Metamorfose bertipe sederhana (paurometabola) yang dalam perkembangannya melalui stadia : telur —> nimfa —> dewasa. Sayap depan menebal pada bagian pangkal (basal) dan pada bagian ujung membranus. Alat mulut juga bertipe pencucuk pengisap dan rostumnya muncul dari bagian posterior kepala. Tipe metamorfose sederhana (paurometabola) yang perkembangannya melalui stadia : telur —> nimfa —> dewasa.

Beberapa contoh anggotanya adalah : Kumbang badak (Oryctes rhinoceros L) Kumbang janur kelapa (Brontispa longissima Gestr) . sedang sayap belakang mereduksi menjadi alat keseimbangan berbentuk gada dan disebut halter. Kepompong tidak memerlukan pakan dari luar (istirahat) dan bertipe bebas/libera. elytra seolah-olah terbagi menjadi dua (terbelah tepat di tengah-tengah bagian dorsal). Sayap depan mengeras dan menebal serta tidak memiliki vena sayap dan disebut elytra.Sayap terdiri dari dua pasang. Pada kepalanya juga dijumpai adanya antene dan mata facet. membranus dan tertutup oleh sisik-sisik yang berwarna-warni. khususnya dari suku Curculionidae alat mulutnya terbentuk pada moncong yang terbentuk di depan kepala. . pengisap darah. e. tergantung sub ordonya. Larva umumnya memiliki kaki thoracal (tipe oligopoda). umumnya mandibula berkembang dengan baik.Ulat grayak pada tembakau (Spodoptera litura) f. Pada tipe penjilat pengisap alat mulutnya terdiri dari tiga bagian yaitu : bagian pangkal yang berbentuk kerucut disebut rostum bagian tengah yang berbentuk silindris disebut haustellum bagian ujung yang berupa spon disebut labellum atau oral disc. alat mulut berupa tabung yang disebut proboscis. memiliki baik kaki thoracal maupun abdominal. namun ada beberapa yang tidak berkaki (apoda). Tipe alat mulut bervariasi. palpus maxillaris dan mandibula biasanya mereduksi. Larva bertipe polipoda. namun ada pula yang bertindak sebagai hama. sedang larvanya memiliki tipe penggigit. namun beberapa diantaranya ada yang predator. pengisap. Pada beberapa jenis. Larva tidak berkaki (apoda_ biasanya hidup di sampah atau sebagai pemakan daging. predator dan parasitoid. nyamuk) Serangga anggota ordo Diptera meliputi serangga pemakan tumbuhan. Metamorfose bertipe sempurna (Holometabola) yang perkembangannya melalui stadia : telur — > larva —> kepompong —> dewasa. Apabila istirahat. Pada kepala dijumpai adanya alat mulut seranga bertipe pengisap. parasitoid dan predator. Alat mulut bertipe penggigit-pengunyah. Beberapa jenisnya antara lain : Penggerek batang padi kuning (Tryporiza incertulas Wlk) Kupu gajah (Attacus atlas L) . Metamorfosenya sempurna (holometabola) yang perkembangannya melalui stadia : telur —> larva —> kepompong —> dewasa. Metamorfose bertipe sempurna (holometabola) yang perkembangannya melalui stadia : telur —> larva —> kepompong (pupa) —> dewasa (imago).Kumbang buas (predator) Coccinella sp. Sayap terdiri dari dua pasang. Ordo Lepidoptera (bangsa kupu/ngengat) Dari ordo ini. Ordo Diptera (bangsa lalat. Sayap belakang membranus dan jika sedang istirahat melipat di bawah sayap depan. tetapi palpus labialis berkembang sempurna. atau pencucuk pengisap. Pada serangga dewasa. tetapi umumnya memiliki tipe penjilatpengisap. Serangga dewasa hanya memiliki satu pasang sayap di depan. sedang pupanya bertipe obtekta. hanya stadium larva (ulat) saja yang berpotensi sebagai hama. Serangga dewasa umumnya sebagai pemakan/pengisap madu atau nektar.

(parasit kumbang Brontispa). serangga tidak bersayap. seperti beberapa jenis trips. Ordo Hymenoptera (bangsa tawon. b. Pada capung besar dijumpai vena-vena yang jelas dan pada kepala dijumpai adanya mata facet yang besar. (tabuhan parasit ulat Artona). Endopterygota(sayap berkembang dari penonjolan ke dalam dari ektoderma. Beberapa contoh anggotanya antara lain adalah : Trichogramma sp. tabuhan. Di bagi menjadi 2: a. http://blog. 2. pada stadium larva dijumpai adanya alat tambahan berupa insang dan hidup di dalam air. dan abdomen tidak jelas batas nya. Pterygota. h. Metamorfose tidak sempurna (Hemimetabola). mata facet dan occelli. . Sayap terdiri dari dua pasang dan membranus. serangga bersayap. Apanteles artonae Rohw.Pupa bertipe coartacta. (parasit telur penggerek tebu/padi). Exopterygota(sayap merupakan tonjolan tuas dari dinding tubuh. kutu loncat serta ngengat penggerek batang padi. Trichogrammatidae dikenal sebagai tabuhan parasit penting pada hama tanaman.ac. Anggota famili Braconidae. Chalcididae. Isoptera mempunyai 2 pasang sayap. Umumnya tidak mengalami metamorfosis.) . wereng.) lalat predator pada Aphis (Asarcina aegrota F) lalat rumah (Musca domesticaLinn. Metamorfose sempurna (Holometabola) yang melalui stadia : telur-> larva–> kepompong —> dewasa.ub.Tetratichus brontispae Ferr. semut) Kebanyakan dari anggotanya bertindak sebagai predator/parasitoid pada serangga lain dan sebagian yang lain sebagai penyerbuk. terdiri atas toraks. Apterygota. Pterygota terdiri beberapa ordo: 1. Pada kepala dijumpai adanya antene (sepasang). metamorfosis tidak sempurna). Beberapa contoh anggotanya adalah : lalat buah (Dacus spp. metamorfosis sempurna. Ichnemonidae.lalat parasitoid (Diatraeophaga striatalis). g. Sayap depan umumnya lebih besar daripada sayap belakang. Tipe alat mulut penggigit atau penggigit-pengisap yang dilengkapi flabellum sebagai alat pengisapnya. Ordo Odonata (bangsa capung/kinjeng) Memiliki anggota yang cukup besar dan mudah dikenal. Sayap dua pasang dan bersifat membranus.id/aviva/2010/05/26/ordo-ordo-serangga/ Klasifikasi serangga/insecta/hexapoda(kelas dan ordo) Subkelas 1. Anggota-anggotanya dikenal sebagai predator pada beberapa jenis serangga keecil yang termasuk hama. yang tipis .

Sayap depan tebal dan halus mengandung zat kitin yang di sebut elitra.blogspot. Contoh : belalang. Coleoptera. Termasuk endopterygota. Metamorfosis sempurna. musca domestica/lalat rumah. Mempunyai 2 pasang sayap. Contoh: rayap 2. tidak mempunyai sayap. jangkrik. Contoh: apis indica/lebah madu 10. Contoh: coccinella sp.html . Termasuk endopterygota. 8. Lepidoptera/golongan kupu kupu. hidup sebagai parasit dan mempunyai cakar untuk menempel pada inangnya . Mempunyai 2 sayap tipis dengan sayap belakang lebih tipis. 7. http://sapoeijoek. Metamorfosis tidak sempurna. Neouroptera/bersayap jala. Termasuk endopterygota. Contoh: pediculus humanus capitis/kutu kepala. Mempunyai alat penusuk. Mempunyai 2 pasang sayap. Contoh: coccidae sp. Metamorfosis sempurna. Contoh: kupu kupu. Homoptera/bersayap sama./kepik emas. Mempunyai alat penusuk dan pengisap makanan. Metamorfosis tidak sempurna. Contoh: nilaparvata lugens/wereng 5. Diptera/bersayap dua. metamorfosis tidak sempurna. 9. Contoh: myrmelon frontalis/undur undur 3. 4. mempunyai 2 pasang sayap. Hemiptera/bersayap tak sama. 11. Phthiraptera. Tidak mempunyai sayap termasuk endopterygota yang ber metamorfosis sempurna. kecoa. Termasuk endopterygota yang ber metamorfosis sempurna./nyamuk malaria. Siphonoptera/golongan pinjal. Orthoptera/bersayap lurus.Hymenoptera/bersayap selaput. kutu beras. phithirus pubis/kutu alat kelamin. Contoh: anopheles sp. Sayap belakang tipis berupa selaput. Mempunyai 2 buah sayap.dengan ukuran sama./kutu perisai 6. Contoh: ctenocephalides cannis/pinjal anjing. Kali belakang kuat di gunakan untuk meloncat. Mempunyai 2 pasang sayap dengan banyak urat terlihat seperti jala. Metamorfosis tidak sempurna.com/2010/05/klasifikasiseranggainsectahexapodakela.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful