Hidrologi dan Oceanografi Secara umum hidrologi dimaksudkan sebagai ilmu yang menyangkut masalah air.

Akan tetapi dengan alasan-alasan praktis hanya dibatasi pada beberapa aspek saja. Konsep pokok untuk ilmu hidrologi adalah siklus hidrologi yang didefinisikan sebagai berikut: " Hidrologi adalah ilmu tentang seluk beluk air di bumi, kejadiannya, peredarannya dan distribusinya, sifat alam dan kimianya, serta reaksinya terhadap lingkungan dan hubungan dengan kehidupan" (Federal Council for Science and Technology, USA, 1959 dalam Varshney, 1977). Lebih jauh Ray K. Linsley dalam Yandi Hermawan (1986), menyatakan pula bahwa:" Hidrologi ialah ilmu yang membicarakan tentang air yang ada di bumi, yaitu mengenai kejadian, perputaran dan pembagiannya, sifat kimia dan fisika air, serta reaksinya terhadap lingkungan termasuk hubungannya dengan kehidupan" Singh, 1992 menyatakan bahwa hidrologi adalah ilmu yang membahas karakteristik menurut waktu dan ruang tentang kuantitas dan kualitas air bumi, termasuk di dalamnya proses hidrologi, pergerakan, penyebaran, sirkulasi tampungan, eksplorasi, pengembangan dan manajemen. Dari beberapa pendapat di atas dapat dikemukakan bahwa hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang air, baik di atmosfer, di bumi, dan di dalam bumi, tentang perputarannya, kejadiannya, distribusinya serta pengaruhnya terhadap kehidupan yang ada di alam ini. Studi tentang air dirasakan semakin penting, terutama di negara-negara berkembang yang masih masalah budaya dan teknologi Dalam pengelolaan air yang sesuai dengan lingkungannya. Cabang ilmu yang mempelajari tentang air tersebut adalah Hidrologi. Secara etimologi, berasal dari dua kata, yaitu hidro = air, dan logos = ilmu. Dengan demikian secara umum hidrologi dapat berarti ilmu yang mempelajari tentang air. Hidrologi berasal dari bahasa Yunani, Hydrologia, yang berarti "ilmu air". Hidrologi adalah cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari pergerakan, distribusi, dan kualitas air di seluruh Bumi, termasuk siklus hidrologi dan sumber daya air. Orang yang ahli dalam bidang hidrologi disebut hidrolog, bekerja dalam bidang ilmu bumi dan ilmu lingkungan, serta teknik sipil dan teknik lingkungan.

sebab semua mahkluk hidup di bumi membutuhkan air sebagai salah satu sumber kehidupan. Bila seluruh uap air berkondensasi (mengembun) menjadi cairan.5 cm.Penelitian Hidrologi juga memiliki kegunaan lebih lanjut bagi para ilmuan teknik lingkungan. Air terdapat sampai pada ketinggian 12. temasuk di dalamnya mengkaji asal usul air tanah.000 hingga 14. maka seluruh permukaan bumi akan tertutup dengan curah hujan kirakira sebanyak 2. gerakannya dan lain sebagainya. air merupakan unsur pokok paling penting dalam atmofer bumi. hidrologi memiliki ruang lingkup atau cakupan yang luas. Secara meteorologis. pergerakan dan distribusi air di bumi. . dalam jumlah yang kisarannya mulai dari nol di atas beberapa gunung serta gurun sampai empat persen di atas samudera dan laut. gas. bendungan dan jembatan. baik di atas maupun dibawah permukaan bumi. serta perencanaan.000 meter. di atas dan di bawah permukaan tanah (air tanah). Kebearadaan air dalam kehidupan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting. Konsep yang umum itu. kini telah berkembang sehingga cakupan obyek hidrologi menjadi lebih jelas. penyebarannya. cakupan bidang ilmu itu meliputi:     Asal mula dan proses terjadinya air Pergerakan dan penyebaran air Sifat-sifat air Keterkaitan air dengan lingkungan dan kehidupan Hidrologi merupakan suatu ilmu yang mengkaji tentang kehadiran dan gerakan air di alam. Menurut Marta dan Adidarma (1983). bahwa hidrologi adalah ilmu yang mempelajari tentang terjadinya. padat. Berdasarkan konsep tersebut. distribusinya. Hidrologi juga mempelajari perilaku hujan terutama meliputi periode ulang curah hujan karena berkaitan dengan perhitungan debit air banjir serta rencana untuk setiap bangunan teknik sipil antara lain bendung. kebijakan lingkungan. Secara substansial. dalam atmosfer. antara lain dalam keadaan cair. Studi hidrologi meliputi berbagai bentuk air serta menyangkut perubahanperubahannya. tentang sifat kimia dan fisika air serta reaksinya terhadap lingkungan dan hubunganya dengan kehidupan.

Air yang . kajian air dalam sains. Ketersediaan air yang memenuhi syarat bagi keperluan manusia relatif sedikit karena dibatasi oleh berbagai faktor karena lebih dari 97% air di muka bumi ini merupakan air laut yang tidak dapat digunakan oleh manusia secara langsung. untuk menyiapkan makanan. sebagai irigasi. yang juga tidak dapat dimanfaatkan secara langsung. udara dan air serta air dan tanaman. dan membersihkan pembangkit tenaga listrik (Sitepoe. Sebagai salah satu bagian dari kawasan hutan peranan agroforestry terhadap air adalah pengontrolan aliran permukaan harian pada skala plot dapat dievaluasi dengan menggunakan model WaNuLCAS. minum. dengan terjaganya hutan maka akan menjamin ketersediaan air di dalam bumi. 2% di antaranya tersimpan sebagai gunung es (glacier) di kutub dan uap air. Dampak alih guna lahan terhadap neraca air harian pada skala bentang lahan dapat dipelajari dengan menggunakan model GenRiver dan model FALLOW memprediksi dampak alih guna lahan terhadap neraca air tahunan. Hampir semua kegiatan yang dilakukan manusia membutuhkan air. hal ini terjadi bilamana bumi kehilangan atau semakin berkurangnya sumberdaya air. Air jika tidak dikelola secara baik dan bijak sana juga akan memberikan dampak yang buruk bagi mahkluk hidup di bumi. membersihkan diri peralatan rumah tangga. Mungkin selama ini kita tidak pernah mengetahui jika air yang selalu kita hadapi ternyata menyimpan berbagai keajaiban air sebagaimana yang pernah dikaji dan diteliti oleh ilmuan jepang. dan dampak buruk tersebut dapat pula terjadi akibat dari adanya proses pencemaran sehingga rusaknya kualitas air sehinga mahkluk hidup tidak dapat lagi mengambil manfaat air bersih dan sehat sebagai kebutuhan hidup. 1997). Air digunakan sebagai air (mandi). Air Air adalah suatu sarana utama dalam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Dari 3% yang tersisa. Agroforestry merupakan bagian terpenting yang tak terpisahkan dengan hutan. air dan kesehatan.Keberadaan akan air saat ini tidak saja sebagai kebutuhan konsumsi semata namun air juga memiliki berbagai kegunaan dalam aplikasinya bagi manusia seperti. air dan seni. Hutan merupakan unsur terpenting dalam menjaga dan memproduksi air.

sungai.003% dari seluruh yang ada (Effendy. maka air laut tidak memenuhi syarat untuk air minum (Sutrisno. Lama-kelamaan air laut menjdai asin karena banyak mengandung garam. . dan air tanah. meliputi air yang terdapat di danau. 2 Air Atmosfer Air hujan dalam keadaan murni sangat bersih. Air permukaan 4.benar±benar tersedia bagi keperluan manusia hanya 0. tetapi karena adanya pengotoran yang disebabkan oleh asap industri dan debu.62%. Kadar garam NaCl dalam air laut 3%. kalsium. Air laut memiliki kadar garam karena bumi dipenuhi dengan garam mineral yang terdapat di dalam batu-batuan dan tanah. Air laut 2. 1997). sumber-sumber air meliputi: 1. Air tanah 1 Air Laut Air laut merupakan bagian terbesar dari muka bumi. 1991). Air laut mempunyai sifat asin. Salah satu pengelolaan yang dilakukan adalah pemantauan dan interpretasi data kualitas air. Contohnya natrium. sebagai terminal dari sungai. dll. air tersebut membawa garam. Jika ditinjau dari segi kualitas. Pengelolaan sumber daya air sangat penting. dan biologi (Effendy. Ombak laut yang memukul pantai juga dapat menghasilkan garam yang terdapat pada batu-batuan. dan memiliki kadar garam yang tinggi dibandingkan dengan air daratan. agar dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan dengan tingkat mutu yang diinginkan. 1984). kalium. karena mengandung garam NaCl. Sumber±Sumber Air Menurut Sutrisno (1991). kimia. Apabila air sungai mengalir ke lautan. Selain itu makhluk hidup juga sangat bergantung pada air (Sitepoe. Air atmosfir 3. 2003). air yang memadai bagi konsumsi manusia hanya 0. sehingga air hujan dapat bersifat korosif atau karat (Riyadi. 2003). mencakup kualitas fisika. Dengan keadaan ini.

sebaiknya pada kedalaman tertentu di tengah- . Dengan adanya pembusukan kadar zat organis tinggi. Kesemuanya ini sangat mempengaruhi kualitas air tersebut. 3 Air permukaan Adalah air hujan yang mengalir di permukaan bumi. Air permukaan ada 2 macam yakni: 3. sehingga akan mempercepat terjadinya korosi. maka umumnya kadar Fe dan Mn akan tinggi pula dan dalam keadaan kelarutan O2 kurang sekali (anaerob). dan tergantung kedalamannya (Slamet. 1994). 1997). Dalam penggunaannya sebagai air minum. daun-daun. Air hujan juga mempunyai sifat lunak. mengingat bahwa air sungai ini pada umumnya mempunyai derajat pengotoran yang tinggi sekali. Kualitas air di danau juga terpengaruh oleh cuaca. misalnya oleh lumpur. (Sutrisno.1 Air sungai Air sungai merupakan aliran yang bersal dari mata air yang kadangkadang bercampur dengan limbah manusia. Pada umumnya air permukaan akan dapat pengotoran selama pengalirannya. termasuk campuran dari air hujan (Sitepoe. Jenis pengotorannya adalah merupakan kotoran fisik.Air hujan mempunyai sifat agresif terutama terhadap pipa-pipa penyalur maupun bak-bak reservoir. kotoran industri kota dan sebagainya (Sutrisno. 1991). haruslah mengalami suatu pengolahan yang sempur na. untuk masing±masing air permukaan berbeda. 2003). Beberapa pengotoran ini. hewan dan tumbuh-tumbuhan. 1991). kimia. Jadi untuk pengambilan air. tergantung pada daerah pengaliran air permukaan ini. 1991). terutama apabila air tersebut mengandung banyak nutrien bagi pertumbuhannya.beda. sehingga akan boros terhadap pemakaian sabun (Sutrisno. dan berbagai ikan. 1990). tumbuhan air seperti eceng gondok.2 Air danau Air permukaan yang tertampung di danau-danau dapat ditumbuhi berbagai macam algae. dan bakteri (Sutrisno. 3. maka unsur-unsur Fe dan Mn akan larut. Pada permukaan air akan tumbuh algae (lumut) karena adanya sinar matahari dan O2 (Effendy. batang-batang kayu.

sehingga mengubah kualitas air tersebut (Slamet. demikian pula dengan sebagian bakteri.2 Air tanah dalam Air tanah dalam pada umumnya tergolong bersih dilihat dari segi mikrobiologi. air tanah terbagi atas: 1. kadar kimia air tanah dalam tergantung dari cara atau pengaliran air tersebut. Air tanah dangkal dapat berkualitas baik jika tanah disekitarnya tidak tercemar. Air tanah dangkal 2. 1991).3 Mata air Adalah air tanah yang keluar dengan sendirinya ke permukaan tanah. hampir tidak berpengaruh oleh musim dan kualitasnya sama dengan keadaan air tanah dalam (Sutrisno. Air tanah dalam 3. mineral-mineral yang dilaluinya dapat larut dan terbawa. Namun. Karena banyak zat yang terlarut ataupun tersuspensi di dalamnya selama perjalanannya menuju ke laut (Slamet. 1991). Lumpur akan tertahan. oleh karenanya air tanah dangkal sangat bervariasi kualitasnya. . 4. 1991). 4. 4 Air Tanah Menurut Sutrisno (1991) .tengah agar endapan-endapan Fe dan Mn tak terbawa. 1994). Pada proses ini. sehingga air tanah akan jernih tetapi lebih banyak mengandung zat kimia (garam-garam yang terlarut) karena melalui lapisan tanah yang mempunyai unsur-unsur kimia tertentu untuk masing.1 Air tanah dangkal Air tanah dangkal terjadi karena daya proses peresapan air dari permukaan tanah.1994).masing lapisan tanah (Sutrisno. karena sewaktu proses pengaliran ia mengalami penyaringan alamiah dan dengan demikian kebanyakan mikroba sudah tidak lagi terdapat di dalamnya. demikian pula dengan lumut yang ada di permukaan air (Sutrisno. Mata air 4. Mata air yang berasal dari tanah dalam.

komet adalah yang membawa lautan ke bumi sekitar 3. terbentuknya air di bumi terjadi sekitar 2 miliar tahun lalu ketika bumi mulai mengalami proses pendinginan.85 miliar tahun lalu. laut datang dari luar bumi. Air ini kemudian mengisi basin dan tempat-tempat yang rendah di permukaan bumi hingga akhirnya menjadi lautan. "Kita mungkin merasakan rasa bekas komet itu tiap kali minum air. . Jorgensen dan koleganya mencapai kesimpulan itu dengan mengukur tingkat iridium di pegunungan Greenland.´ kata peneliti studi yang akan dipublikasikan di journal Icarus. Beberapa pakar mengatakan sudah tersedia cukup air saat bumi terbentuk. Sebelumnya bumi berbentuk gas yang kemudian memadat menjadi bentuk cair lalu mulai mengeras dan mendingin. "Apakah bumi telah memiliki lautan sebelum hujan komet menjadi perdebatan sengit. Tim yang dipimpin Jorgensen menyimpulkan bumi muda terlalu panas untuk mempertahankan air yang ada. Penelitian baru menduga. Segera setelah bumi mendingin. Namun di masa hujan komet. hari ke bulan. Kesimpulan itu berdasarkan tingkatan logam yang ada di bebatuan bumi kuno yang dilakukan tim dipimpin oleh Uffe Jorgensen dari Niels Bohr Institute di Denmark. Hujan ini adalah hujan yang pertama dan terjadi secara terus-menerus dari siang ke malam. yang mengandung sebagian besar air di planet ini. Untuk jangka waktu yang lama. Bebatuan itu merupakan salah satu yang tertua di dunia dari masa hujan komet Menurut perkiraan ilmuwan lainnya. bulan ke tahun dan tahun ke abad.Studi terbaru mendapati. Proses pendinginan secara bertahap telah menyelimuti bumi dengan lapisan awan yang padat." kata Jorgensen. hujan mulai turun.Asal-usul air laut Permukaan bumi sebagian besar tertutup oleh lautan. Hal ini membuat tingkat kepadatan awan semakin tinggi sehingga tidak ada sinar matahari yang mampu menembus sampai permukaan bumi.Ilmuwan sejak lama telah memperkirakan. permukaan bumi masih sangat panas sehingga tetesan air yang jatuh akan segera kembali menjadi uap air. Namun sebagian ilmuwan lain menyatakan panas pada planet muda akan menguapkan semua air yang ada. bumi dan planet tetangganya saat awal terbentuknya mengalami puluhan ribu tabrakan benda angkasa. Adanya jurang di bulan menunjukkan hujan komet itu. suhu bumi menjadi turun dan air yang meleleh dari komet menjadi lautan pertama.

hipotesis pertama menyangkal bahwa asinnya air laut bukan dari kosentrasi garam-garaman yang dibawa air sungai.Hipotesis tentang asinya air laut Ada dua hipotesis tentang asinnya air laut yaitu: 1. telah terjadi sejak permulaan terbentuknya lautan. tentunya komposisi garam-garaman yang ada dilaut sama dengan yang ada pada air sungai (lihat table berikut ini) Komposisi garam-garaman air laut dan air sungai Bahan-bahan Chloride Sulfat Carbonat Bahan-bahan lainnya jumlah Air laut 88.2 9. 2.7 10.2 100 Air sungai 5.1 24. Salinitas air laut bertambah secara berangsur-angsur. terutama chloride dan carbonat. Oleh karena itu.9 60. terdapat perbedaan komposisi garam-garaman antara air laut dengan air sungai. . Salinitas dahulu hamper sama dengan salinitas sekarang. Itu terbukti dari fosil organism marine yang menunjukkan salinitas air laut tidak banyak berubah setelah mengalami geologi yang lama. Jadi menurut hipotesis ini air laut yang mula-mula tawar. yaitu hasil pencucian dari batu-batuan dikulit bumi dan dari pengangkutan mineral-mineral yang terbawa ke laut oleh sungai atau oleh air hujan yang mengalir diatas permukaanbumi. Argumentasi dari kedua hipotesis tersebut Hipotesis yang pertama.8 0.3 0.8 100 Dari table diatas. bila garam-garaman dilaut berasal dari sungai. Garam-garaman yang sekarang larut dalam air laut.

sehingga dalam waktu beberapa bulan saja seluruh air laut itu akan akan berbau busuk sebusuk-busuknya. laut yang sangat tawar dan laut yang sangat asin.lima pertujuh bagian dari permukaan bumi ini merupakan samudera luas yang penuh air dengan rasanya yang asin. Dan setiap ruang dipermukaan bumi ini akan penuh dengan bau itu. kotoran kotoran itu akan mengeluarkan bau yang sangat busuk. . telaga-telaga dan danau-danau yang besar tampaknya juga seperti laut. Setiap saat siang malam non stop berjuta ± juta sungai yang besar dan kecil menumpahkan dan melemparkan berjuta juta ton kotoran kelaut yang asin itu. ³Dan ia (Allah) lah yang mencampurkan 2 lautan . Dan Ia jadikan antara keduanya batas dan halangan yang tak dapat ditembus´ (al-Furqan:53) Laut tawar dalam ayat ini dimaksudkan ialah sungai-sungai. sehingga manusia akan bertambah beriman dengan Allah dan terhindar dari kekufuran yang menjadi cacat terbesar dari peradaban manusia dari dulu sampai sekarang. Kalau sekiranya air laut itu tidak asin. Keasinan laut pun harus kita pikirkan dan kita pelajari untukmelihat perlindungan Allah bagi kehidupan dan keselamatan manusia. Satu perlindungan yang tak kurang penting dan hebatnya terjadinya siang dan malam. Dengan air laut yang asin itu Allah telah melindungi segala kehidupan dimuka bumi ini. sehingga bukan saja akan merusak kesehatan tetapi bahkan dapat memusnakan kehidupan di permukaan bumi ini.