TUGAS BAHASA INDONESIA KARYA ILMIAH

BAHAYA NARKOBA
D I S U S U N O L E H

NAMA : Diaz ardini laksmita Kelas : XI D

SMP NEGRI 12 BANDAR LAMPUNG JL. PULAU MOROTAI NO. 33 JAGABAYA

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami pnjatkan Tuhan Yang Maha Esa yang selalu Melimpahkan rahmat dan karunia-nya . Sehingga saya dapat menyelesaikan Tugas karya ilmiah yang berjudul ³ BAHAYA NARKOBA´ dengan Sesingkat-singkatnya agar mudah dipahami dan dimengerti . Saya menyadari sepunuhnya bahwa dalam pembuatan tugas ini masih Juah dan banyak kekurangan dari kesempurnaan , oleh karena itu bagi pembaca Dan kepada semua pihak guna penyempurnaan tugas mendatang agar lebih baik Dan sempurna . kiranya sumbangan kritik dan saran yang penulis harapkan yang Bersifat membangun . Semoga bantuan dan bimbingan yang telah diberikan untuk menyelesaikan Tugas ini mendapat balasan dari ALLAH SWT . akhirnya saya berharap , semoga Karya ilmiah ini dapat bermanfaat untuk perkembangan pendidikan , khususnya bagi para siswa ±siswi . dan tak lupa saya ucapkan terima kasih .

BAB 1 .

1.1 PENDAHULUAN Program belajar hidup tanggung jawab , menangkal narkoba dan kekerasan bagi siswa SMP kelas 1 dan 2 atau remaja usia 13-15 tahun , Akan membantu peserta mengenal berbagai jenis obat , bahan , atau zat Bukan makanan yang disebut narkoba dan pengaruhnya terhadap tubuh Manusia. Peserta juga akan menyadari bahwa tindakan kekerasan akan Merugikan diri sendiri dan orang lain .

1.2 LATAR BELAKANG Narkoba sekarang ini mudah didapat , ank muda sekarang banyak yg menggunakan nya mereka tidak tau sangat bahaya nya narkoba mereka pun Melakukan nya karena pergaulan remaja yang sangat bebas dan dapat Menimbulkan pemakain yang sembarangan dan sangat banyak .

1.3 IDENTIFIKASI MASALAH Banyak masyarakat yang belum mengetahui bahayanya narkoba , jadi mereka ada kemauan untuk mencoba karena meraka penasaran dengan narkoba tapi setelah mereka memakai narkoba mereka baru mengetahui bahaya narkoba . Pergaulan bebas , pergulan ini biasanya terjadi kepada anak yang kurang kasih sayang atau karena kesibukan orang tua nya karena itu mereka seenaknya meminta uang dan membeli narkoba atau memakainya pun lebih mudah .

1.4 RUMUSAN MASALAH Masalah penangulan narkoba dan kekerasan dapat kamu amati dalam kejadian sehari-hari . banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah dan mengatasi kedua masalah itu . mencegah adalah upaya yang dilakukan sebelum timbul masalah , atau sebelum masalah makin memburuk . Aparat penegak hukum bertugas memberantas pelaku kejahatan narkoba terutama dari sisi peredaran gelap narkoba . Sedangkan lembaga kesehatan , pendidikan , sosial dan agama berperan mencegah dan menangulangi masalah itu terutama dari sudut penggunaan atau penyalahgunaan narkoba . namun , diperlukan partisipasi semua pihak . upaya itu merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan mas yarakat . 1.5 TUJUAN Agar masyarakat mengetahui bahayanya narkoba bagi hidup kita . Dan tidak mau mencoba memakainya agar tidak kecanduan narkoba .

BAB II .

2.1 PENGERTIAN NARKOBA Narkoba , singkatan narkotika , obat , dan bahan berbahaya, adalah sekelompok obat , bahan , atau zat bukan makanan yang jika diminum , diisap , ditelan atau disuntikkan akan berpengaruh pada kerja tubuh , terutama otak dan sering menimbulkan ketergantungan .

Karena pengaruhnya pada kerja otak , narkoba mengubah perasaan , cara berpikir , dan perbuatan seseorang . pengaruh itu bermacam-macam , tergantung pada jenisnya .

2.2 JENIS-JENIS NARKOBA NIKOTIN bahan yang terdapat pada tembakau yang menyebabkan ketergantungan . rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia yang merusak kesehatan . ALKOHOL ada beberapa jenis minuman beralkohol tergantung kadarnya . contoh : bir , minuman anggur , wiski , rum , gin , vodka , dan brendi . GANJA berasal dari tanaman ganja yang dikeringkan . disebut juga cimeng . cara pemakaian nya diisap . HEROIN disebut putauw karena berupa bubuk putih (seperti tepung) . sangat cepat menyebabkan ketergantungan . pemakaian nya disuntikkan ke dalam pembuludarah atau diisap setelah dibakar . EKSTASI tergolong amfetamin , yaitu stimulansia yang memacu kerja otak . dibuat olaeh pabrik gelap . berbentuk pil warna-warni . pengunaannya dimakan . SHABU-SHABU tergolong amfetamin juga , yang memacu kerja otak (stimunlansia) . dibuat oleh pabrik gelap . berbantuk Kristal putih . dimakan atau ditaruh dalam rokok . sulit tidur , jantung berdebar . INHALANSIA ada sekitar 2.000 bahan kimia yang mudah menguap . digunakan dikantor , pabrik , bengkel , pabrik , rumah tangga .

contoh : thinner , lem , aerosol , bensin . dihirup melalui hidung , sering disebut ngelem .

2.3 BAHAYA NARKOBA Karena bahaya ketergantungan , pengunaan dan peradaran beberapa jenis narkoba , yaitu narkotika dan psikotropika , diatur oleh undang-undang . contoh narkotika : candu , heroin , kokain dan ganja Contoh psikotropika : ekstasi dan shabu-shabu . barang siapa menggunakan dan memperjual belikannya secara tidak sah , melangar hukum dan harus dikenakan sanksi hukum .

2.4 FAKTA DAN MITOS Fakta adalah kenyataan objektif berdasarka pengalaman , temuan , dan kajian ilmiah mengenai pengaruh narkoba pada tubuh manusia dari sudut kesehatan . pengaruh itu berbeda pada pemakaian segera , pemakain beberapa kali , dan pemakaian jangka lama . Mitos adlah gambaran dari pengaruh narkoba yang tidak sesuai dengan fakta . gambaran itu diperoleh karena informasi teman , iklan dan media massa .

2.5 CARA PENCEGAH NARKOBA Hati-hati , sebab narkoba ditawarkan secara demikian . hali ini promosi dagang narkoba . perdagangan narkoba merupakan bagian dunia kejahatan . jadi sebaiknya kita mencegah ank muda ini agar tidak mudah terjerumus dan bagi yang mengedarkankan nya harap dikenakaan sanksi seberat-beratnya .

BAB III . 3.1 KESIMPULAN Kesimpulan dari karya ilmiah yang berjudul ³bahaya narkoba´ adalah narkoba berbahaya bagi kehidupan manusia terutama bagi pemakainya karena narkoba mengandung suatu zat yang dapat membuat pemakainya ketagihan dan ingin memakainya terus, jika pemakainya nterlalu berlebihan akan menyebabkan oper dosis bahkan kematian pun bisa terjadi.

3.2 SARAN Sebaiknya kita sebagai penerus bangsa tidak memakai narkoba apalagi sampai mencicipinya, karena narkoba dapat merusak kita semua terutama penurus bangsa