MPEG-4

Definisi MPEG-4 MPEG-4 adalah suatu kumpulan/ koleksi yang telah dipatenkan dari metode pendefinisian kompresi data digital audio dan visual (AV). MPEG-4 ini pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1998 dan didesain untuk sekelompok format penyandian audio dan video dan teknologi terkait disetujui oleh ISO/IEC Moving Picture Expert Group (MPEG) dibawah standard resmi ISO/IEC 14496. Penggunaan MPEG-4 termasuk di dalamnya kompresi data AV untuk web (media streaming) dan distribusi CD, suara (telephone, videophone) dan aplikasi broadcast televisi. MPEG-4 menyerap banyak fitur yang terdapat pada MPEG-1 dan MPEG-2 dan standard terkait lainnya, dengan menambahkan fitur baru seperti VRML yang mensupport untuk rendering 3D, file composite yang berorientasi objek, support terhadap Digital Rights Management, dan berbagai tipe interaktif lainnya. AAC (Advanced Audio Coding) distandardisasi sebagai tambahan terhadap MPEG-2 sebelum MPEG-4 diciptakan. MPEG-4 pada saat ini masih dalam proses pengembangan dan dibagi menjadi beberapa bagian. Perusahaan yang mempromosikan kecocokan terhadap MPEG-4 tidak selalu menyatakan dengan jelas level kecocokan “part” yang mereka maksud. Bagian kunci yang mungkin diketahui yaitu MPEG-4 part 2 (yang di dalmnya termasuk Advanced Simple Profile, digunakan oleh codecs seperti DivX, Xvid, Nero Digital dan 3ivx dan oleh Quicktime 6) dan MPEG-4 part 10 (MPEG-4 AVC/H.264 atau Advanced Video Coding, digunakan oleh codec x264, Nero Digital AVC, Quicktime 7, dan high-definition video media seperti Blu-ray Disc). Kebanyakan fitur yang terdapat pada MPEG-4 diserahkan pada developer / pengembang individual untuk menentukan apakah akan mengimplementasikannya atau tidak. Hal tersebut berarti bahwa ada kemungkinan implementasi yang tidak lengkap dari keseluruhan standard set MPEG-4. Jadi untuk kesepakatan terhadap hal tersebut, standard menyertakan konsep dari “profiles” dan “level”. Yang memperbolehkan kapabilitas suatu set spesifik untuk mendefinisikan cara yan tepat untuk sebuah subset dari suatu aplikasi.

Telah ada versi pembajakan dari suatu film yang terdapat . MPEG-4 menyediakan beberapa fasilitas berikut : • • • Meningkatkan efisiensi penyandian Kemampuan untuk menyandikan data media yang telah tercampur (video. biasanya mengarah kepada codec. Cara suatu video dikompres menjadi file dengan ukuran yang sangat kecil tanpa menyebabkan perubahan kualitas yaitu dengan berhadapan dengan persoalan penyandian secara spesifik. namun pada MP4 hal tersebut lebih kompleks.Pada awalnya. Meskipun begitu dalam lingkupnya sebagai standard penyandian multimedia. seperti MP3 audio. Kerugian Teknologi MP4 Hal ini nampak sama seperti masalah pembajakan terhadap MP3 yang kelihatannya kemudian juga akan terjadi pada teknologi MP4. meminimalisasi aspek khusus. MP4 player bekerja dengan cara yang sangat mudah. audio. MPEG-4 sangat efisien terhadap pesat bit yang bervariasi yang berkisar mulai dari beberapa kilobit per second hingga sepuluh megabit per second. notebook. MP4 player juga dapat memainkan versi MP yang lebig rendah. sama dengan bagaimana file audio MP3 dikompresi. Kita tinggal membeli piranti elektronis yang terjual terpisah dan menyambungkannya terhadap computer. kita dapat mendapatkan video melalui sebuah koneksi internet dan menyaksikannya melalui MP4 player. ataupun TV. seperti redundansi temporal dan spasial. mentransformasikan estimasi gerak dan intra estimasi ke domain frekuensi dan secara umum melalui kompresi dan dekompresi. maka kemudian diperluas. MPEG-4 tujuan utamanya pada komunikasi video dengan pesat bit rendah. Hal ini berarti bahwa dengan menggunakan MP4 player. Keuntungan Teknologi MP4 MP4 dapat membuat video dengan kualitas DVD kurang dari 1 Mbps melalui koneksi broadband. speech) Kemampuan untuk berinteraksi dengan layar audio visual yang dibangkitkan pada receiver Cara Kerja Teknologi MP4 Files MP4 bekerja melalui proses kompresi.

pada internet.org/wiki/MP4_player http://en.com/About_MP4_Technology. Bahkan pada saat ini telah diciptakan MP4 player dengan kapasitas 32 GB yang dikeluarkan oleh Samsung. sehingga kita kan menemukan “MP5 Players" dan bahkan "MP12 Players.indianchild. Meskipun file MP4 lebih kecil dari ukutran file video pada umumnya. karena pada sebenarnya file video tetaplah file dengan ukuran yang sangat besar. sejak kebanyakan MP4 player tidak cocok dengan MPEG-4 part 14 atau format container .com/samsung-p3-tawarkan-mp4-player-berkapasitas-32gb/ http://en. Namun perjanjian tadi melambangkan status MP4 player sebagi penerus MP3 player. pada umunya kita tetap membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengunduh file video tersebut melalui koneksi internet broadband.html http://www.broadbandinfo.html http://www. Pada beberapa pasar seperti Brazil.wikipedia.com/high-speed-internet/online-music/what-is-mp4-technology.org/wiki/MPEG-4 http://www. MP4 Player Nama MP4 player merupakan kesepakatan pasar untuk media player portable yang menuruti satandard dan format tertentu. Daftar Pustaka http://www.beritateknologi.com/technology/mp4-player. Lisensi dan masalah pembajakan adalah salah satu halangan dalam pengembangan teknologi MP4.mp4.htm .wikipedia.jakephone. Nama itu sendiri merupakan sebuah nam yang salah. beberapa fungsi yang ditambahkan kepada media player diikuti penambahan jumlahnya.

Related Interests