GEOMORFOLOGI SUMATERA BAGIAN SELATAN Adityo Diwjananto Emir Hartato Osmar Salih Rizki Bakhtiar

A. Lokasi Wilayah Kajian

(Pulunggono. 1992) ‡ Te t i pur ir . 1974) Bentukan morfologi yang berada pada daerah basin terbentuk akibat tiga kejadian tektonik : ‡ Or ge e e z i Te g Fase ini membentuk sesar berarah barat laut ± tenggara yang berupa sesar ± sesar geser.B T e Terlet ut um tr B i (Ce u g um tr el t ) i ebalah ti ur Pegu u gan Bu it Bari an dan memanjang hingga ke lepas pantai timur laut dan dianggap sebagai tanjung cekungan yang dibatasi oleh Pegunungan Bukit Barisan di sebelah barat daya (de Coster. 1988) . 1Implikasi tektonik terhadap tatanan stratigrafi di cekungan Sumatra Selatan (Hasan et al.Ter ier w l Fase ekstensi menghasilkan gerak ± gerak tensional yang membentuk graben dan horst dengan arah umum utara ± selatan ‡ Or ge e Pil -Pli t e Pola pengendapan berubah menjadi regresi dan berperan dalam pembentukan struktur perlipatan dan sesar Gbr.

C P l lir u g i .

Blok Bengkulu 2.Pola aliran sungai sebelah barat adalah paralel. Pegunungan bagian timur Median Graben Blok Semangka dan Ratai Granit dan vulkano Hulu aisamang Graben Gedongsurian Celah Komering dan Pegunungan Garba Gunung Pasemah dan Gumai Kaba Volkano 4. Begitu pula di daerah daerah selatan karena dipengaruhi oleh landform yang berbukit bukit. Dataran Rendah Blok Sekampong Sukadana Basalt Plateu Aluvial plain Dataran rendah Palembang Coastline . D. hal ini dipengaruhi oleh pegunungan bukit barisan. Median Graben : Blok Semangka Blok Ranau Blok Mekakau-Tanjungsakti Keruh-Musi Blok Ketahun 3. Fitur Morfologi 1.

Zona patahan utama yang disebut ³patahan Ulu-Aer´ oleh Durham (1940). 2 Bagan sederhana Geomorfologi 1. Di dekat Padang Sidempuan terdapat transisi antara Barisan Sumatra Tengah dan Puncak Batak di Sumatra Utara. sebelah barat Rau. dan Padang Sidempuan. Sarumai-tinggi.Berupa lembah-lembah yang sempit dan cekungan vulkanik-tektonik membentuk Zona Semangko. di daerah sekitar Muara Sipongi. patahan Angkola dengan beberapa percabangan berakhir di ujung sebalah barat kemudian memanjang ke arah barat laut sepanjang Lembah Batang Gadis dan Batang Angkola. meluas ke arah utara dan kemudian terdapat gelombang di sebelah timur laut hingga Sibubuhan dan Sipirok. Siabu. Beberapa bagian terdapat gunung berapi muda. Blok bengkulu Berupa dataran rendah yang dibatasi oleh samudera Indonesia dan bagian barat Perbukitan Barisan. Cekungan Antargunung berada di daerah Lembah Bengkulu. Zona Barisan meliputi bagian tengah Pulau Sumatera.Gbr. . Berada pada propinsi Jambi dan terbentuk berupa dataran rendah yang dibatasi oleh gunung-gunung sekitar sehingga membentuk cekungan 2. Median graben Blok semangko Zona Semangko dimulai dari teluk Semangko di Sumatara Selatan hingga ke Aceh dengan lembah Kotaraja di bagian paling ujung utara Pulau Sumatra.

Kotabumi. beberapa dome asam tertekan sepanjang jalur Tandjongkarang . Dataran rendah Blok sekampung Blok Sekampung dikelilingi oleh patahan Lampung di sebelah barat daya hingga timur laut. impregnasi dengan sulfida). Dilihat dari umur batuan relatif sama dengan blok bengkulu Terdiri dari: Blok Semangka dan Ratai Granit dan vulkano Hulu aisamang Graben Gedongsurian Celah Komering dan Pegunungan Garba Gunung Pasemah dan Gumai Kaba Volkano Gunung Kaba 4. . Pegunungan timur Merupakan bagian timur dari genatiklinal bukit barisan yang terbentuk pada jaman kuarter vulkanik. Dome asam ini dibentuk akibat proses hidrotermal (silifikasi. Proses ini juga berpengaruh secara langsung pada Lampung tuff di sekelilingnya. Sepanjang patahan Lampung.3.

Tanya Ja ab 1. 2. Jadi. NUR INTAN : Pada slide 75. terdapat kata ³Lembar Bengk l ´. apa yang dimaks d dengan ³Lembar Bengk l ´ ? Yang kami dimaksud adalah ³Lembah´.E. bukan ³Lembar´. UTUT : Kenapa endapan adanya di sebelah tim r tapi terkikis di sebelah barat? Hal ini dipengar hi oleh bent kan morfologinya yait sebelah tim r lebih rendah dari pada sebelah barat. itu hanya kesalahan redaksi nal. factor ketinggian dimana di   .