SUNARYO 2008050795

DOSEN: DRS. H. SURATNO. KS. MSi

LAPORAN AUDIT PT. ROTI LANGGENG SARI
Latar Belakang
Pada akhir tahun 2009 PT. Roti Langgeng Sari dikejutkan dengan menurunnya pendapatan secara signifikan atas setoran dana dari beberapa agen yang menjadi asset terpenting bagi berlangsungnya bisnis penjualan roti. Dari hal tersebut mengakibatkan menurunnya tingkat keuntungan yang didapat serta tersendatnya penyetoran dana pinjaman oleh PT Roti Langgeng Sari kepada pihak bank sebagai kreditor. Peristiwa ini berimbas pula terhadap kredibilitas PT. Roti Langgeng Sari sebagai pihak peminjam untuk permodalan kredit usaha kecil terhadap Bank. Imbas “Kredit macet” tersebut berdampak pada tersendatnya pula supplier bahan baku pembuatan roti yang biasanya mendapat setoran secara lancar. Dan produksi roti pun mulai menurun sehingga terjadi pengurangan tenaga di bagian produksi atau efisiensi tenaga kerja, pengurangan upah, penciutan waktu kerja. Sehingga diperlukan tindakan dari pimpinan perusahaan untuk membentuk tim audit yang terdiri dari konsultan audit berasal dari luar dan managemen SDM yang dirangkap oleh pimpinan perusahaan itu sendiri.

Analisa Kasus
Dalam kaitan kasus ini, maka Managemen SDM atau pimpinan perusahaan bersama tim audit melakukan langkah-langkah audit untuk mengambil keputusan terbaik, sebagai berikut: . Telaah dokumen yang terkait dengan agen yang bermasalah dalam melakukan penyetoran . Pemeriksaan karyawan secara teliti pada agen-agen yang bermasalah . Wawancara kepada karyawan di agen bermasalah . Melakukan survei terhadap agen - agen bermasalah beserta pasar atau konsumennya

T M Audit SDM

SUNARYO 2008050795

DOSEN: DRS. H. SURATNO. KS. MSi

. Pengamatan kegiatan terhadap agen-agen bermasalah . Simpulan, yang akan dipakai untuk mengambil keputusan baik buruknya bagi Perusahaan Khususnya managemen SDM.

Hasil Temuan
Dengan mengambil sample elemen-elemen sistem informasi sumber daya manusia, tim audit mencari penyimpangan-penyimpangan dari berbagai peraturan, kebijakan serta prosedur-prosedur perusahaan, melalui upayaupaya pencarian fakta, tim audit menemukan terjadinya pelangaran terhadap kepatuhan berbagai kebijakan dan peraturan perusahaan. Telah terjadi pelanggaran terhadap kepatuhan oleh 5 agen dari 27 agen yang menjadi ujung tombak penjualan roti, yaitu: . Terjadinya keterlambatan penyetoran dana hasil penjualan selama 3 bulan oleh 2 agen . 1 agen menghilang tidak pernah melakukan penyetoran . 1 agen memproduksi roti sendiri dan membuka pasarnya sendiri. . 1 agen melakukan penjualan roti produk lain dengan menggunakan dana hasil penjualan. Dari hasil perhitungan dan penggunaan alat-alat / insrumen-instrumen audit SDM yang dilakukan oleh tim audit terhadap perusahaan, maka dapat dianalisa bahwa Perusahaan melalui managemen SDM nya tidak maksimal kinerjanya dalam hal membangun ‘relationship’ hubungan bisinis secara mutual dengan para agen.

Akibat Yang Terjadi
Terjadi pencideraan terhadap kesepakatan bisnis yang mengakibatkan tidak maksimalnya atau terpenuhinya target-target yang telah ditetapkan, seperti: Pencapaian laba, pertumbuhan asset, pertumbuhan dana, pemenuhan terhadap kepatuhan, pemberdayan SDM, pemberdayaan managemen resiko, dan sebagainya.
T M Audit SDM

SUNARYO 2008050795

DOSEN: DRS. H. SURATNO. KS. MSi

Target-target tersebut tentu saja disertai dengan asumsi-asumsi dan parameter ukuran keberhasilan yang disepakati bersama, sehingga menjadi landasan evaluasi yang jelas. Dan dalam jangka waktu tertentu, bila target-target tersebut tidak dapat terpenuhi, maka perusahaan PT Roti Langgeng Sari dapat kehilangan kepercayaannya baik sebagai perusahaan roti yang mempunyai kredibilitas serta menjaga kualitas produksinya maupun dalam hal managemen SDM dengan pembinaan hubungan mutualnya.

Sebab Terjadinya Akibat
Tidak terjalinnya hubungan bisnis yang dilandasi spirit “trust and trusted” (percaya mempercayai), menjadikan dampak yang cukup luas terhadap PT Roti Langgeng Sari. Mestinya dalam dunia bisnis, kesepakatan bisnis itu dimaknai tidak hanya sebagai rencana untuk mendatangkan keuntungan antara perusahaan dengan para agennya. Namun harus dimaknai pula sebagai itikad tertulis atau sebuah bentuk ikatan kerjasama yang saling menguntungkan (simbiosis mutualisme) dengan mengedepankan komitmen bersama untuk dilaksanakan. PT Roti Langgeng Sari akan memenuhi hak-hak para agen, dan para agen akan memenuhi kewajibannya sebagai penjual yang harus melakukan penyetoran dana.

Rekomendasi
Dari analisa kasus yang dilakukan tim audit dan managemen SDM, maka dapat direkomendasikan bahwa, dalam mengatasi dan meminimalkan keadan yang terjadi pada PT Roti Langgeng Sari, maka perlu diambil tindakan sbb: . Human touch (Sentuhan kemanusiaan) PT Roti Langgeng Sari melalui jajaran pimpinannya melakukan Personal Approach kepada agen-agen secara berkala, terlebih kepada agen yang mempunyai masalah dalam hal managemen SDM nya, maupun finasialnya, sehingga tercipta hubungan kemitraan yang baik yang pada gilirannya dapat

T M Audit SDM

SUNARYO 2008050795

DOSEN: DRS. H. SURATNO. KS. MSi

untuk mengetahui kekurangan-kekurangan atau kebutuhan-kebutuhan agennya untuk tetap dapat melangsungkan bisnisnya dengan baik. . Training-Training / Pelatihan PT Roti Langgeng Sari melakukan pertemuan berkala yang diisi dengan pelatihan-pelatihan atau training tentang peningkatan SDM sehingga tercipta hubungan bisnis yang lebih erat untuk saling berkomitmen terhadap kemajuan bersama. . Employer Brand ( Pencitraan yang baik) PT Roti Langgeng Sari melakukan branding tidak saja kepada konsumen tentang produknya yang berkualitas, namun juga kepada para karyawannya serta agen-agennya. Sehingga makin menguatkan soliditas dan loyalitas seluruh komponen bisnisnya terlebih kepada para agen terhadap PT Langgeng sari.

Kesimpulan
Audit dilaksanakan untuk mencapai tujuan PT Roti Langgeng Sari secara keseluruhan baik untuk jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang. Audit ini membantu pimpinan perusahaan dengan memberikan masukan informasi hasil penilaian untuk membantu mengatasi permasalahan yang tengah dihadapi. Hasil audit dapat menjadi masukan yang sangat berharga untuk referensi atau pertimbangan dalam membuat keputusan atau mengambil kebjiakan. PT Roti Langgeng Sari sebagai perusahaan yang bergerak di bidang produksi makanan berupa roti sangat penting melakukan relationship kepada para agen-agen penjualan serta konsumennya. Di sinilah arti pentingnya audit untuk melakukan evaluasi kepada seluruh komponen bisnis yang saling terkait. Agar informasi yang dihasilkan berdaya guna, maka informasi tersebut di susun dalam satu laporan audit. Laporan audit adalah gambaran komprehensif dari kegiatan PT Roti Langgeng Sari. Sehingga pada gilirannya ketika hasil audit itu baik, maka dengan sendirinya citra PT Roti Langgeng Sari di mata publik pun baik, dan berujung pada pemenuhan target bisnis.

T M Audit SDM

SUNARYO 2008050795

DOSEN: DRS. H. SURATNO. KS. MSi

Terima kasih

T M Audit SDM