Galileo Abstrak²GPS saat ini adalah satu-satunya sistem berjangkauangl ob al yang menawarkan berbagai layanan mulai dari

bantuan bagi pengemudi hingga bantuan operasi penyelamatan korban bencana. Banyak pihak mengecam, layanan untuk sipil kurangpre s i s i dibandingkan dengan layanan untuk tujuan militer atau intelijen. Ketergantungan Negara-negara lain seperti Eropa, Asia terhadap Amerika membuat rasa tidak aman jika terjadi perselisihan antara Negara, sehingga untuk dimasa yang akan datang akan ada lagi sistim penentuan posisi menggunakan satelit yang dikembangkan oleh Uni Eropa yang bernama "GALILEO". Kalau keempat sistem yang terdahulu titik beratnya pada kepentingan militer, Galileo menempatkan kepentingan militer dan sipil sama pentingnya. Cara kerja satelitna vi ga s i Galileo sama seperti GPS, yaitu masih menggunakan titik potong minimal 3 buah satellite. Tetapi sistem penentuan posisi yang digunakan bebaspun ketelitiannya sudah relative

presisi I. Kata kunci²Navigasi.negara sekutunya yaitu negara-negara eropa mulai terlihat perbedaan-perbedaan visi dan misi. baik itu GPS maupun GLONAS akan mengalami gangguan karena digunakan penuh untuk kepentingan militer negara pembuat. Ketergantungan berbagai negara mengenai sistim ini sangat riskan mengingat sistem ini banyak dimanfaatkan untuk banyak keperluan. DHal ini sangat mengkhawatirkan apabila negara Amerika. Amerika dan negara. PENDAHULUAN ominasi Amerika pada penentuan posisi menggunakan satelit sangat besar. Secara perlahan negara. Apabila dibandingkan dengan GPS yang masih 30 meter. yaitu mendekati satu meter. Dikwatirkan pada saat tertentu signal-signal penentuan posisi.teliti untuk posisi stand alone. stand alone.negara lain yang selama ini hanya mengandalkan GPS dalam penentuan posisi. misalnya untuk peggunaan penentuan posisi pada sistem transportasi darat. laut dan udara. atau Rusia terlibat konflik dengan negara lain.negara Eropa mulai mengurangi ketergantungannya terhadap Amerika. Termasuk pada sistim penentuan posisi menggunakan satelit. kepentingan militer masih menjadi prioritas utama. global. Memang saat ini telah ada GLONAS. Galileo adalah suatu bentuk teknologi dalam sistem satelit navigasi yang dibuat dan kembangkan oleh Uni Eropa untuk kepentingan navigasi dan lain-lain yang dapat dipergunakan . tetapi seperti yang telah saya jelaskan di atas. Dengan GPS-nya hampir semua negara tergantung pada Amerika. Diharapkan dengan adanya GALILEO dapat meningkatkan rasa aman pada negara. dan terlihat mulai membangun suatu kekuatan yang terpisah dan Amerika. Akibat perkembangan politik dunia.

dan apabila telah rampung maka ke 26 satelit yang lainnya akan siap mengudara untuk proses akhir. Oleh karan pada awalnya GPS yag dibuat oleh negara Amerika bernaksud hanya untuk militer saja maka berbeda dengan Galleo ini. GIOVE ±B. Space Segment b.A. Control Segment c. ke empat satelit ini direncanakan untuk pengujian penentuan posisi dan pengiriman sinyal dari setiap satelit atau standar dasar minimum navigasi.dan dimanfaatkan tidak hanya oleh warga Eropa saja akan tetapi bisa diakses oleh masyarakat umum. Adapun spesifikasi dari satelitsatelit Galileo adalah sebagai berikut : . Saat ini baru 4 satelit yang telah mengudara yakni GIOVE.222 km diatas permukaan bumi. Tiga bagian utama diatas adalah: a. Hal ini dikarenakan. Satelit ini mengorbit pada 23. GIOVE-A2. yang dimaksudkan untuk dipergunakan oleh publik umum dan tidak akan terpengaruh dan terbatasi dengan adanya masalah perselisihan antar negara. User Segment Space Segment: Space segment dari Galileo terdiri dari 30 satelit GIOVE (termasuk tiga satelit cadangan). Galielo terdiri dari tiga bagian utama. TEORI DASAR A. II. hampir sama dengan arsitektur GPS NAVSTAR. Arsitektur Galileo Teknologi Galileo dikembangkan oleh kerjasama antara pemerintah Uni Eropa dan pihak swata. bagian-bagian itu dapat dilihat dalam gambar 1 dibawah ini: Gambar 1. sistem kontrolnya dipegang oleh masyarakat (civil) sendiri.

GIOVE-A .

Galileo Gambar 2 .

8 x 1.95 x 2. kualitas dan performa dari receiver tergantung dari permintaan user.95 x 0. mempunyai dimensi kubus : 1. Control Segment: Dua Galileo Control Center ( GCCs) akan dibangun didaratan Eropa untuk menyediakan kendali satelit dan untuk melaksanakan manajemen navigasi . User Segment: User segment terdiri dari penerima yang menghitung informasi lokasi menggunakan sinyal yang diterima dari satelit. Mempunyai 2 sayap solar panel dengan panjang setiap sayap adalah 4. Pertukaran data antara Control Centre dan satelit akan dilakukan melalui up-link stattion. Gambar 4 . Dimensi dari satelit adalah 0.GIOVE-A dibuat oleh SSTL.54 meter. 5 Sband up-link stattions dan 10 C-band up-link setasiun akan dibangun mengelilingi bumi untuk tujuan ini.3 x 1. GCC¶S akan menggunakan data tersebut dari Sensor Stattions untuk menghitung informasi integritas dan mengsikronkan time signal dari semua satelit dengan waktu ground stattion .34 meter yang akan mensupply hingga 1100 watt.4 meter dan mempunyai berat sebesar 530 Kg. Data yang diberikan oleh jaringan global duapuluh Galileo Sensor Station ( GSSs) akan dikirim ke Galileo Control Centre melalui suatu jaringan komunikasi yang redudant. Seperti komponen-komponen GPS.65 meter. Galileo Receiver Tidak ada keputusan pasti yang akan diambil menyangkut spesifikasi akhir dan kapabilitas dari Galileo receiver. GIOVE-B Gambar 3 GIOVE-B dibuat oleh Galileo industri consortium. Mempunyai berat 600 Kg dan menghasilkan daya sebesar 700 watt dari sepasang sayap dengan solar panel sepanjang 4.

jam adalah suatu unsur teknologi utama di dalam Galileo satelit dan berperan dalam standard penentuan waktu internasional. Receiver menangkap time signal dari satelit dan menentukan posisi nya dengan menghitung berapa jauh posisinya dari sejumlah satelit. Frekuensi yang digunakan satelit antara 1. Receiver menerima indikasi pengukuran jarak dari user ke setiap satelit.Hanya jam atom yang mampu dengan ketelitian seperti itu. receiver memerlukan signal dari sedikitnya empat satelit . Setiap satelit Galileo akan memancarkan 10 sinyal navigasi bebeda. yang memungkinkan Galileo untuk membuka pelayanan open sevice (OS). yang mempunyai informasi-informasi dasar untuk mengetahui posisi user. Waktu pengukuran ditingkatkan dengan . seperti posisi satellite dan satellite clock error. receiver juga mengkodekan data navigasi Galileo.1 ± 1.Untuk menunjukkan dengan tepat penempatan nya. commercial sevices (CS). dan public regulated services (PRS). Ketelitian Posisi tergantung pada ketelitian pengukuran waktu . CARA KERJA SISTEM SATELIT NAVIGASI GALILEO Satelit navigasi menunjukkan dengan tepat suatu penempatan dengan mengukur jarak antara satelit dan suatu receiver.6 GHz.Galileo receiver memproses signal yang dipancarkan dari satelit untuk menghitung posisi. safety-of-life (SOL). yakni dalam hitungan nanosecond . III. Signal Galileo dijamin keakuratan hingga 1 meter. dan dengan pelayanan berbayar akan menyediakan keakuratan hingga 10 cm. rentang dari frekuensi tergantung dari mobile navigation dan pelayanan komunikasi. Hal ini dilakukan dengan mengukur waktu tempuh signal dari satellites.

menempatkan signal dari satelit keempat. . tindakan yang sangat khusus dilakukan dalam memilih satelit dan garis edar mereka.

.

misil senjata. setiap satellite akan dilengkapi dengan transponder yang dapat mentransfer signal panic dari user transmitter ke pusat koordinasi penyelamatan yang akan mengambil tindakan . berdasarkan system COSPASSARSAT. Untuk melakukannya. Galileo juga akan menyediakan fungsi SAR. APLIKASI Aplikasi yang paling interaktif dari sistem ini adalah aplikasi navigasi yang digunakan pada mobil.Galileo Gambar 5 Seperti yang tampak dalam gambar berikut ini. Data dikirim oleh masing-masing satelit. IV. Gambar 6 Catatan: Receiver mampu melakukan perhitungan yang kompleks untuk mendapatkan posisi lokasi menggunakan sinyal yang diterima dari satelit. terdiri dari informasi waktu dan lokasi satelit. Dapat pula ditambahkan fasilitas dimana data bisa diintegrasikan dengan software aplikasi seperti peta. Receiver lalu menghitung lokasinya berdasarkan parameter yang diterima minimal empat sinyal. Perhitungan ini dilakukan setiap detik dan kemudian ditampilkan dilayar. dll. dan pesawat. penerima signal satelit adalah sistem yang berbasis mikroprosesor (atau DSP) dengan menggunakan penerima multi channel yang menerima sinyal dari satelit Galileo yang tampak saat itu. yang dikenal dengan nama alamanak. perahu. Sebuah unit pemroses sinyal digital biasanya digunakan dalam penerima receiver.

KESIMPULAN Sistem satelit navigasi Galileo adalah satu-satunya dan pertama di dunia yang diciptakan dan didesain khusus untuk dipergunakan oleh khalak . Dalam waktu bersamaan . system akan menginformasikan ke user bahwa situasinya Galileo Gambar 10 V.selanjutnya.

tetapi kita akan membahas tentang teknologi dari satelit Palapa yang namanya juga diambil dari sumpah tersebut. Dalam komunikasi GEO (merupakan sistem komunikasi satelit yang paling banyak). Sebelum kita membahas mengenai satelit Palapa. Sumpah yang menyatakan bahwa sebelum menyatukan Nusantara. sehingga bila terjadi perselisihan antar Negara tidak akan mempengaruhi penggunaan satelit ini. Dapat diartikan sebagai repeater yang berfungsi untuk menerima signal gelombang microwave dari stasiun bumi. kita tidak akan membahas sejarah mengenai Patih Gajah Mada dan asal usul sumpah tersebut. Kemampuan nya yang lebih akurat dan dapat menjangkau celahcelah gedung atau pun gunung dan blind spot dari NAVSTAR GPS milik Amerika dan GLONAS milik Rusia yakni sekitar 1 m untuk free charge dan 10 cm untuk berbayar akan menyebabkan ketergantungan Negara-negara didunia terhadap Amerika akan hilang. Anda pasti tidak asing lagi dengan sumpah Palapa yang diucapkan oleh Patih Gajah Mada di masa kerajaan Majapahit pada tahun 1336.000 km diatas bumi. hal ini tentunya akan menyebapkan tekanan pemerintah Amerika kepada Negara berkembang seperti Indonesia juga akan berkurang. posisi satelit adalah sekitar 36. Ada dua jenis satelit yaitu satelit alami dan satelit buatan: . kepentingan civil dan militer disamaratakan. kemuadian diperkuat untuk dipancarkan kembali ke arah bumi sesuai dengan coverage-nya yang merupakan lokasi stasiun bumi tujuan atau penerima. diharapkan dengan teknologi ini seluruh bangsa didunia dapat berkembang lebih pesat lagi tanpa adanya tekanan dan ketergantungan dari pihak manapun. ditranslasikan frekuensinya.ramai dengan kata lain . tidak lucukan kalau kita tidak tahu apa itu satelit? Satelit merupakan alat elektronik yang mengorbit di bumi dan mampu bertahan sendiri. Tapi. Patih Gajah Mada tidak akan menikmati Palapa. Satelit ini sepenuhnya dibawah kendali civil.

Florida. sekarang terlihat manfaatnya. sekarang sudah ngeh kan apa itu satelit? Jika sudah. Kedua satelit komunikasi Indonesia itu memiliki umur yang relatif pendek. Palapa A-1 ditempatkan pada orbit di ketinggian 36. Peluncuran satelit Palapa ini menempatkan Indonesia sebagai negara ketiga setelah Amerika Serikat (AS) dan Kanada dalam teknologi per-satelitan. Satelit yang merupakan buatan dari Hughes (AS) ini diluncurkan dari tanjung Canaveral. yaitu 7 tahun. Kemudian. Rute dimana satelit berjalan disebut orbit. . 2. saatnya kita membahas satelit Palapa Indonesia. Peluncuran pertama satelit komunikasi domestik Palapa A-1 ke angkasa pada 9 Juli 1976. Indonesia-pun berhasil meluncurkan satelit berikutnya yang diberi nama Palapa A-2 yang memilik 12 transponder seperti yang dimiliki Palapa A-1. atau bahkan sebuah bintang yang mengelilingi galaksi. seperti bulan yang merupakan satelit alami bumi. Saat itu. pada 10 Maret 1977. Satelit buatan adalah benda buatan manusia yang beredar mengelilingi benda lain. Keputusan Presiden Soeharto ketika itu untuk membeli satelit Palapa ini. Nah.000 km diatas bumi dan dikendalikan oleh Stasiun Pengendali Utama (SPU) di Cibinong. yaitu apogee (titik terjauh dengan bumi) dan perigee (titik terdekat dengan bumi). Bumi sendiri sebenarnya merupakan satelit alami matahari. tetapi jarang digunakan. Dalam orbit terdapat dua istilah. Sebenarnya. AS. satelit komunikasi yang menghubungkan seluruh kepulauan Nusantara dari Sabang sampai Merauke. misalnya satelit Palapa yang mengelilingi bumi. Mungkin tanpa satelit Palapa sudah tidak ada Indonesia yang kita kenal sekarang ini.1. Satelit alami adalah benda-benda luar angkasa bukan buatan manusia yang mengorbit sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya. Jawa Barat. terminologi ini berlaku juga bagi planet yang mengelilingi sebuah bintang.

Indonesia berturut-turut meluncurkan satelit Palapa C-1 pada 31 Januari 1996 dan langsung menempati slot 113 derajat BT. Setelah itu. Transponder merupakan alat yang menerima percakapan dalam satu frekuensi. memiliki reliabilitas 0. Untuk memenuhi kebutuhan Nasional. Pemerintah Indonesia-pun segera meluncurkan satelit pengganti Palapa B2P pada 21 Maret 1987 dan masuk pada slot orbit 113 derajat Bujur Timur (BT). makan pada 14 Mei 1992 diluncurkan juga satelit Palapa B-4 dan berada pada slot 118 derajat BT. saat itu pemerintah Indonesia melalui Perumtel yang kini bernam Telkom telah mengantisipasi umur satelit tersebut jauh-jauh hari dan sudah memikirkan penggantinya. Untungnya pemerintah sudah menyiapkan Palapa B-2 yang kemudian diluncurkan pada 2 Februari 1984. yaitu Palapa B-1 yang diluncurkan pada 17 Juni 1983.75 yang diluncurkan pada 15 Mei 1996 dan berusia 14 tahun. Satelit Palapa B-2 yang hilang kemudian berhasil ditemukan. Satelit Palapa C-1 kemudian digantikan oleh Palapa C-2 yang bertipe 3 poros dengan 36 tansponder. kemudian memperkuatnya serta men-transmisikannya kembali ke bumi melalui frekuensi lain. Namun. Masing-masing dengan lebar pita frekuensi (bandwith) 36 MHZ yang terbagi dalam 24 transponder C-band standar dengan daya 38 dBW (EIRP) dan 12 transponder C-band perluasan dengan daya 41 dBW (EIRP). Namun. Karena suatu masalah. maka satelit Palapa B-1 berumur pendek yaitu hanya 2 tahun. . Satelit ini diluncurkan oleh Ariane-4 milik Arianespace dan masih dapat digunakan sampai tahun 2011. sehingga tidak masuk pada orbitnya dan kemudian hilang.Dimana Palapa A-1 berakhir masa operasinya pada tahun 1983 dan Palapa A-2 berakhir pada tahun 1984. Kemudia diluncurkan kembali dengan nama Palapa B2R dan berhasil menempati slot orbit 108 derajat BT pada 14 April 1990. satelit tersebut bermasalah lagi.

Satelit Palapa B-4 Pada 31 Agustus 2009 yang lalu. . dan Australia. Dari 40 transponder itu. Satelit Palapa D akan beroperasi di orbit 113 derajat BT yang sekarang masih ditempati satelit Palapa C-2. Satelit Palapa D akan mempunyai masa operasi selama 15 tahun sedangkan satelit Palapa C-2 yang masih mempunyai masa aktif sekitar satu tahun lagi. baik dari dalam mapun luar negeri yang menjangkau wilayah Asia hingga Afrika. China. india. Satelit D akan memiliki 40 transponder. sedangkan sisanya akan disewakan ke pihak luar Indosat. yang akan berakhir masa orbitnya sekitar tahun 2010 sampai 2011. akan direlokasi ke orbit 150. Jepang.5 derajat BT yang sebelumnya ditempati Palapa C-1. dengan menggunakan kendaraan peluncur Long March 3B. sekitar 40% akan digunakan untuk kepentingan Indosat di dalam negeri. buatan Beijing Talentway Technology Corporation China. Satelit Palapa D dipesan dari Thales Alenia Space France (Perancis) dan diluncurkan dari Xichang Satellite Launch Center (XSLC). lebih banyak dari Palapa C-2 yang hanya memiliki 36 tansponder. Indosat berhasil meluncurkan satelit Palapa D yang menggantikan satelit Palapa C-2. Cakupan satelit ini bisa mencapai Asia.

Sebagai gambaran. Jika dilihat dari rata-rata peluncuran satelit di Indonesia. .164 km dari pusat bumi atau 35.786 km diatas permukaan laut. Telkom yang akan meluncurkan satelit Telkom 3 pada tahun 2011 dengan kapasitas 32 transponder menghabiskan dana sebesar $200 juta. dengan adanya satelit pada saat ini membuat komunikasi anatara kita dan orang lain. dan lainnya. Indosiar. biasanya menggunakan geosynchronous transponder yang beroperasi pada ketinggian 42. satelit Palapa D menghabiskan sekitar $200 juta sampa $300 juta. Oleh karena itu. baik didalam maupun diluar Indonesia dapat dilakukan dengan mudah dan seperti slogan Telkom yang edan ³World In You Hand´.Satelit Palapa D Dalam sebuah satelit komunikasi. seperti RTG. MTV. seperti RCTI. ABC. Sedangkan sisanya disewa lembaga penyiaran asing. dan lainnya. Pemakaian transponder satelit sebanyak 60% disewa oleh lembaga penyiaran dalam negeri. SCTV.