KEGIATAN PERTAMBANGAN BATU BARA

Tambang batu bara terutama tambang terbuka memerlukan lahan yang luas. Hal tersebut tentu menimbulkan permasalahan lingkungan hidup eperti erosi tanah, polusi debu, suara, air, serta dampak terhadap keanekaragaman hayati setempat. Perencanaan dan pengelolaan lingkungan yang baik akan meminimalisir dampak yang terjadi. 1. Gangguan lahan Dalam praktek yang sesuai aturan, kajian tentang lingkungan hidup daerah disekitarnya dilakukan beberapa tahun sebelum suatu tambang batu bara dibuka untuk mengidentifikasi kepekaan dan masalah-masalah yang mungkin akan terjadi. Kajian tersebut mempelajari dampak pertambangan terhadap permukaan dan air tanah, tanah, dan tata guna lahan setempat, tumbuhan alam serta populasi fauna 2. Amblesan Tambang Kondisi ini terjadi dimana permukaan tanah ambles sebagai akibat dari ditambangnya batu bara yang ada di dalamnya. 3. Pencemaran Air Acid mine drainage atau drainase tambang asam (AMD) adalah air yang terbentuk dari reaksi kimia antara air dan batuan yang mengandung mineral belerang. Biasanya yang dihasilkan mengandung asam dan sering berasal dari daerah dimana bijih atau kegiatan tambang batu bara telah membuka batuan yang mengandung pirit. AMD terbentuk pada saat pirit bereaksi terhada udara dan air untuk membentuk asam belerang dan besi terlarutkan. Limpasan asam tersebut melarutkan logam-logam berat seperti tembaga, timbal dan merkuri ke dalam air tanah dan air permukaan. AMD merupakan permasalahan yang muncul pada tambang batu bara permukaan. 4. Polusi Debu dan Suara

Selama kegiatan penambangan. Batu bara bukan satu-satunya sumber daya yang mengeluarkan gas metana ² produksi beras di sawah basah dan kegiatan lainnya merupakan emiten utama ² metana dari lapisan batu bara dapat digunakan daripada dilepaskan ke atmosfir dengan manfaat lingkungan hidup yang penting. penggunaan CMM meningkatklan kinerja lingkungan hidup dari suatu kegiatan penambangan batu bara dan dapat memiliki manfaat komersial. Penggunaan Gas Metana dari Tambang Batu Bara Metana (CH4) adalah gas yang terbentuk dari proses pembentukan batu bara. termasuk produksi listrik di tapak dan di luar tapak. penggunaan dalam proses industri dan sebagai bahan bakar untuk menghidupkan ketel. Pada tambang bawah tanah yang aktif. Gas metana adalah gas rumah kaca yang potensial. dampak polusi udara dan suara terhadap para pekerja dan masyarakat setempat dapat ditekan melalui teknik perencanaan tambang modern dan peralatan khusus. pemecahan batu bara. Coalbed methane (CBM ² Metana Lapisan Batu Bara) adalah gas metana yang terperangkap pada lapisan batu bara yang tidak atau tidak akan ditambang. dan pengeboran. diperkirakan memberikan kontribusi sebesar 18% dari seluruh pengaruh pemanasan global yang timbul dari kegiatan manusia (CO2 diperkirakan memberikan kontribusi sebesar 50%). debu dapat ditimbulkan oleh truk-truk yang berjalan di atas jalan yang tidak beraspal. . Coal mine methane (CMM ² metana tambang batubara) adalah metana yang disemburkan oleh lapisan batu bara selama penambangan batu bara. Gas metana tambang batu bara memiliki berbagai kegunaan. sistem ventilasi berskala besar memindahkan udara dalam kuantitas yang besar melalui tambang untuk menajaga tambang agar tetap aman namun juga mengemisi gas metana dalam konsentrasi yang sangat kecil ke atmosfir. juga dikenal sebagai sistem drainase gas yang menggunakan sumur-sumur untuk mendapatkan gas metana. Gas metana sangat mudah meledak dan harus dikeringkan selama kegiatan penambangan untuk menjaga keamanan kondisi kerja. 5. Beberapa tambang aktif dan tua menghasilkan gas metana melalui sistem degasifikasi.Selama melangsungkan kegiatan eksploitasi. Selain meningkatkan keselamatan pada tambang batu bara. Gas tersebut keluar dari lapisan batu bara dan di sekitar strata yang terganggu selama kegiatan penambangan.

[4] Sebagai contoh pada tahun 2007. serta kelangsungan hidup manusia dan mahluk hidup lainnya. pemrosesan.6.[3] Ledakan ini mengakibatkan semburan minyak ke lokasi sekitar laut.[2] Pengeboran di laut Pada umumnya. Rehabilitasi lahan merupakan satu kesatuan dari kegiatan pertambangan dan biaya rehabilitasi lahan dibebankan pada biaya operasi penambang.[3] Contohnya. sehingga menimbulkan pencemaran. rencana rehabilitasi atau reklamasi dirancang dan disetujui untuk setiap penambangan batu bara. menyebabkan infeksi.[4] Bencana alam seperti badai atau banjir juga dapat menyebabkan tumpahan minyak. habitat margasatwa. fasilitas penyimpanan. ledakan anjungan minyak yang terjadi di teluk meksiko sekitar 80 kilometer dari Pantai Louisiana pada 22 April 2010.[3] Pencemaran laut yang diakibatkan oleh pengeboran minyak di lepas pantai itu dikelola perusahaan minyak British Petroleum (BP).[3] Ledakan itu memompa minyak mentah 8. sejak awal hingga akhir kegiatan penambangan.[4] . Lahan yang telah direklamasi dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti pertanian. sehingga sangat penting untuk melakukan rehabilitasi lahan segera setelah kegiatan praktek penambangan dihentikan. bersifat reaktif. Dalam proses yang terbaik.000 barel atau 336. pengeboran minyak bumi di laut menyebabkan terjadinya peledakan (blow aut) di sumur minyak. dan rekreasi. terjadi kecelakaan Prestige pada tahun 2002 di lepas pantai Spanyol. banjir di Kansas menyebabkan lebih dari 40.[1] Limbah minyak bersifat mudah meledak. mudah terbakar.[3] Tumpahan minyak di laut berasal dari kecelakaan kapal tanker. beracun.000 galon minyak mentah dari kilang tumpah ke perairan itu.[4] Selain itu.[4] Contohnya tumpahan minyak terbesar yang terjadi pada tahun 2006 di lepas pantai Libanon. kehutanan. konsentrasi maupun jumlahnya dapat mencemarkan dan membahayakan lingkungan hidup. dan tangki penyimpanan minyak pada kapal laut. pemeliharaan fasilitas produksi.[1] Limbah minyak merupakan bahan berbahaya dan beracun (B3). dan bersifat korosif. KEGIATAN PENGEBORAN MINYAK TANAH Limbah minyak adalah buangan yang berasal dari hasil eksplorasi produksi minyak. karena sifatnya. Rehabilitasi Tambang batu bara hanya menggunakan lahan untuk sementara waktu.000 galon minyak ke perairan di sekitarnya.

juga senyawa beracun yang terbentuk dari proses biodegradasi. terjadi kematian burung-burung laut. Pertumbuhan fitoplankton laut akan terhambat akibat keberadaan senyawa beracun dalam komponen minyak bumi. di antaranya adalah sebagai berikut. Terumbu karang akan mengalami efek letal dan subletal dimana pemulihannya memakan waktu lama dikarenakan kompleksitas dari komunitasnya. Endemi penyakit. Mengganggu kesehatan. Lalat tersebut menyebarkan penyakit yang mengganggu kesehatan. pasir. sebuah industri harus menyertakan metode pengelolaan limbahnya sehingga tidak menimbulkan dampak negatif baik secara fisik. Padahal. Saat kontak dengan minyak. tumbuhan dan hewan. maka populasi ikan. 4. Peternakan ayam yang tidak mengindahkan kebersihan dan pengelolaan limbah sering menjadi tempat berkembangnya virus tersebut. Lalat banyak mengerumuni lingkungan kandang yang tidak terjaga kebersihannya. 2. 3. Polusi udara. sehingga burung akan kedinginan yang pada akhirnya mati. sosial. 3. Gumpalan tar yang terbentuk dalam proses pelapukan minyak akan hanyut dan terdampar di pantai. Beberapa dampak negatif peternakan ayam. dan kerang juga akan menurun. Flu burung yang belakangan ramai dibicarakan. Efek subletal yaitu mepengaruhi kerusakan fisiologis dan perilaku namun tidak mengakibatkan kematian secara langsung. Efek letal yaitu reaksi yang terjadi saat zat-zat fisika dan kimia mengganggu proses sel ataupun subsel pada makhluk hidup hingga kemungkinan terjadinya kematian. KEGIATAN INDUSTRI PERTERNAKAN AYAM Banyak industri peternakan ayam yang mengabaikan cara penanganan limbah yang baik sehingga menimbulkan pencemaran dan mengganggu lingkungan. udang.Akibat yang ditimbulkan dari terjadinya pencemaran minyak bumi di laut adalah:[5] 1. Hal ini dikarenakan slick membuat permukaan laut lebih tenang dan menarik burung untuk hinggap di atasnya ataupun menyelam mencari makanan. Residu berwarna gelap yang terdampar di pantai akan menutupi batuan. . Kerusakan biologis. 2. Padahal hewan-hewan tersebut dibutuhkan manusia karena memiliki nilai ekonomi dan kandungan protein yang tinggi. bisa merupakan efek letal dan efek subletal. ekonomi. Polusi berupa bau menyengat yang timbul dari proses aktivitas mikroorganisme pada sisasisa pakan maupun kotoran ternak. terjadi peresapan minyak ke dalam bulu dan merusak sistem kekedapan air dan isolasi. dalam analisis mengenai dampak lingkungan. adalah jenis penyakit ganas yang virusnya berkembang pada populasi ayam. Selain itu. Penurunan populasi alga dan protozoa akibat kontak dengan racun slick (lapisan minyak di permukaan air). Jika jumlah pitoplankton menurun. 1. maupun budaya. Rusaknya estetika pantai akibat bau dari material minyak.

Namun belakangan ini. permasalahan tersebut bisa diatasi. salah satu limbah ekonomis adalah kotoran ternak yang secara praktis bisa digunakan untuk pupuk tanaman. dilakukan penyaringan menggunakan media pasir dan kerikil.Apabila limbah peternakan ayam diolah dengan tepat. Kotoran ternak bisa diproses menjadi produk lain yang nilai jualnya lebih tinggi. sehingga berfungsi sebagai strarter. kotorannya mengandung mikroba tertentu yang secara otomatis berproses membentuk gas bio. Karena itu. Dalam proses pengolahan gas bio. Limbah Ekonomis Berdasarkan nilai ekonomis setelah pengolahan. Dari kotoran ayam. Gas Bio Gas bio adalah gas yang dihasilkan oleh aktivitas mikroorganisme. sedangkan rembesannya akan diproses menjadi . pengolahan limbah ekonomis berpeluang meningkatkan penghasilan. Pupuk tersebut merupakan endapan limbah dalam proses pembuatan gas bio. perlu pemrosesan lebih lanjut agar kotoran ayam bisa digunakan untuk memproduksi gas bio. limbah yang telah dicampur dengan air. kotoran tersebut dicampur dengan air. Dalam teknik lingkungan. Limbah ekonomis adalah limbah yang bisa diproses menjadi produk baru yang memiliki nilai jual. dalam pengolahan limbah. Pada hewan ternak sapi dan kambing. Ragi berupa kotoran yang telah diproses sebelumnya dan memiliki kandungan mikroba cukup. pupuk padat yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik dan siap pakai. kemudian dimasukkan ke dalam tangki pencerna gas bio. mulai dikembangkan teknologi yang berfungsi meningkatkan nilai ekonomis. yaitu gas bio. Bahkan. Pupuk Padat Kotoran ayam secara otomatis bisa digunakan sebagai pupuk. Namun. Pada pupuk padat endapan tersebut. yaitu limbah ekonomis dan non-ekonomis. misalnya. Caranya dengan memasukkan ragi ke dalam kotoran ayam tersebut. pupuk padat. sedangkan limbah non-ekonomis tidak. Endapan di atas lapisan pasir inilah yang akan diproses menjadi pupuk padat. Pengolahan limbah non-ekonomis hanya ditujukan agar limbah mudah diuraikan dan tidak mencemari lingkungan. ada beberapa produk yang bisa diperoleh. Kotoran ayam tidak tidak mengandung mikroba sebagaimana dalam kotoran sapi. dan pupuk cair. Dampak terhadap pembaruan unsur hara tanah bisa lebih maksimal. Indikasi pupuk padat yang baik adalah warnanya yang kehitam-hitaman menyerupai tanah dan tidak mengeluarkan bau menyengat. limbah bisa dikelompokkan menjadi dua. Pada peternakan ayam. telah terjadi proses oksidasi oleh udara.

Proses ini memakan waktu sekitar seminggu. Bisa juga digunakan untuk makanan ikan. . Dan diharapkan bisa mengurangi keengganan pemilik peternakan dalam mengelola limbahnya. Mesin semacam ini terbilang efektif untuk proses awal pengolahan limbah.5 PK. Saat ini. dan motor penggerak ini memiliki kapasitas 400 kg bahan bokasi/jam. Oleh karena itu. ganggang tersebut bisa dipanen untuk campuran pakan ayam karena mengandung protein dalam jumlah cukup tinggi. teknologi pengolahan limbah telah banyak berkembang. Misalnya dengan adanya mesin pengaduk bokasi sederhana dengan penggerak motor bensin 3. Setelah itu. Perlu Sosialisasi Banyak pihak yang belum mengetahui potensi ekonomi dari limbah peternakan ayam. Mesin yang dilengkapi pisau pengaduk. Sangat tepat untuk pengolahan limbah industri menengah kecil. corong. sangat diperlukan upaya aktif dari pemerintah terkait dalam mensosialisasikan pengolahan limbah dengan lebih ekonomis. Pupuk Cair Rembesan air dalam proses pengendapan gas bio memerlukan penanganan lanjutan untuk bisa digunakan sebagai pupuk cair. limbah cair diberi bibit ganggang Chlorella untuk meningkatkan oksidasi.pupuk cair. Di sisi lain. Caranya dengan melakukan oksidasi pada kolam untuk meningkatkan kandungan oksigennya. bingkai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful