MOUSE

A. PENGERTIAN MOUSE Mouse merupakan salah satu perangkat keras(hardware)yang sangat di butuhkan ketika seseorang ingin mengoprasikan komputer secara cepat dan efektif. Mouse merupakan salah satu hardware yang berguna untuk input data. Atau sering kita sebut sebagai pointing device karena mouse di gunakan untuk menunjuk icon yang akan kita pilih.

B. SEJARAH MOUSE Mouse pertama ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963.Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (p ointing device) yang dikembangkan untuk oN LineSystem (NLS) milik Engelbard. Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untukmendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17November 1970, dengan nama Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y PositionIndicator For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbart bermaksud penggunamemakai mouse dengan satu tangan secara terus-menerus, sementara tangan lainnyamengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol.

C. CARA KERJA MOUSE 1. Pada dasarnya, penunjuk (pointer) yang dikenal dengan sebutan Mouse dapat digerakkan kemana saja berdasarkan arah gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse. Jika kita membuka dan mengeluarkan bola kecil yang terdapat di belakang mouse, maka akan terlihat 2 pengendali gerak di dalamnya. Kedua pengendali gerak tersebut dapat bergerak bebas dan mengendalikan pergerakan penunjuk, yang satu searah horisontal (mendatar) dan satu lagi vertikal (atas dan bawah).

2. Jika kita hanya menggerakkan pengendali horisontal maka penunjuk hanya akan bergerak secara horisontal saja pada layar monitor komputer. Dan sebaliknya jika penunjuk vertikal yang digerakkan, maka penunjuk (pointer) hanya bergerak se cara vertikal saja dilayar monitor. Jika keduanya kita gerakkan maka gerakan penunjuk (pointer) akan menjadi diagonal. Nah, jika bola kecil dimasukkan kembali, maka bola itu

Mouse mengalami perkembangan yang cukup signifikan walaupun terkesan lamabat apabila dibandingkan dengan perkembangan perangkat keras lainnya. Komputer desktop maupun laptop telah banyak sekali mengalami perkembangan untuk peningkatan kinerja dan kehandalannya. 4. Apabila kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan sambil menggesernya. banyak perkembangan mouse dari awal mulanya dibuat hingga mouse canggih yang sangat populer saat ini. Mouse pertama ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963. juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi . Kemungkinan-kemungkinan ini tergantung pada jenis program aplikasi apa yang kita jalankan. atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut tikus. Ternyata. sering kita gunakan sehari-hari. namun ada salah satu perangkat komputer yang hingga saat ini masih terus digunakan karena keberadaannya dalam mempermudah hubungan antara manusia dengan komputernya sangat vital. Mouse. Mari kita sedikit mengulas perangakat kecil yang sangat penting namun sering kali terabaikan ini. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting. Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yang dikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbart.akan menyentuh dan menggerakkan kedua pengendali gerak tersebut sesuai dengan arah mouse yang kita gerakkan. Selain mouse. yang pada mulanya disebut bug atau dalam bahasa Indionesianya kumbang . Kemudian dalam penggunaan mouse juga kita kenal istilah Drag yang artinya menggeser atau menarik. bahkan sering kali bagi sebagian orang merasa bahwa perkembangan baik software maupun hardware melebihi kebutuhan manusia. salah satu akibatnya obyek tersebut berpindah atau menjadi pindah (tersalin) ke obyek lain dan terdapat kemungkinan lainnya. tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi. D. 3. yaitu Mouse. PERKEMBANGAN MOUSE Perkembangan dunia teknologi informasi dapat dikatakan memang sangat cepat. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah Click ini tergan tung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol.

Karena alasan kenyamanan dan kepraktisannya. dengan nama penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System). yang populer antara tahun 1980 sampai 1990. sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol. yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari jempolnya. dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe Trackball. Pada waktu itu. sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara terus -menerus. Xerox PARC juga mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan dan menggunakan mouse pada saat dibutuhkan saja. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah. . Mouse saat ini mengikuti desain École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) yang diinspirasikan oleh Professor Jean -Daniel Nicoud. kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor di dalam mouse tersebut. mouse -lah yang akhirnya dipilih. Mouse pertama berukuran besar. misalnya alat yang diletakkan dikepala untuk mendeteksi gerakan dagu.gerakan tubuh yang lain. E. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970. Mouse Bola Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful