1.

Pendahuluan

Perkembangan teknologi yang begitu pesat pada beberapa tahun terakhir ini sangat mempengaruhi iklim bisnis di seluruh belahan dunia. Saat ini teknologi merupakan pendukung utama bagi setiap bisnis untuk meningkatkan kualitasnya atau sekedar untuk bertahan di era globalisasi. Setiap lini di dunia bisnis selalu erat kaitanya dengan teknologi. Mulai dari proses produksi hingga proses pendistribusian tidak akan lepas dari teknologi. Perkembangan teknologi ini merupakan tantangan bagi para pelaku bisnis. Mereka mempunyai dua pilihan, yaitu apakah akan menerapkan teknologi dalam dunia bisnis mereka atau tetap bertahan dengan sistem bisnis yang konvensional. Secara tidak langsung hal ini mengakibatkan pergeseran dari seorang entrepreneur menjadi seorang technopreneur. Orang yang siap dan mampu menggabungkan teknologi dengan bisnis yang mereka jalankan inilah yang disebut dengan technopreneur. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika kita bisa memasukan unsur-unusur teknologi ke dalam sistem bisnis yang ada. Mulai dari kemudahan produksi, efesiensi dan efektifitas sumber daya, hingga kemudahan akses dalam proses pendistribusian. Seorang technopreneur juga merupakan orang yang bisa memanfaatkan berbagai peluang dari pesatnya perkembangan di dunia teknologi. Bagi sebagian orang mungkin peluang-peluang tersebut tidak nampak sama sekali, tapi bagi technopreneur peluang itu seolah-olah justru datang menghampiri mereka. Pembahasan mengenai technopreneurship inilah yang menjadi fokus utama dalam karya tulis ini.

2. Tujuan dan Manfaat 2.1 Tujuan Tujuan dari paper ini adalah :
-

Membahas secara umum arti technopreneurship.

-

Menjelaskan berbagai peranan dari seorang

technopreneur. 2.2 Manfaat Adapun manfaat yang ingin dicapai dengan adanya paper ini adalah :
-

Menjelaskan secara umum kepada pembaca tentang

pengaruh teknologi dalam dunia bisnis saat ini.
-

Memberikan pengetahuan kepada pembaca tentang

perkembangan technopreneurship pada saat ini.
-

Memberikan pembaca pengetahuan tentang bagaimana

berperan sebagai seorang technopreneur.
-

Memberikan inspirasi dan motivasi bagi pembaca untuk

berani terjun menjadi seorang technopreneur.
-

Memberikan informasi kepada pembaca tentang

perkembangan toko online yang ada di dunia maya.

3. Permasalahan Teknologi secara tidak langsung telah mengubah berbagai sistem bisnis yang telah ada. Semua lini dalam suatu bisnis sudah menerapkan unsusr teknologi untuk mempermudah dalam pelaksanaanya. Salah satu contoh yang sedang marak sekarang ini adalah menjamurnya toko online di dunia maya. Hadirnya toko online ini tidak lepas dari pengaruh berkembangnya teknologi, khususnya tekologi internet. Dengan hadirnya social networking, blog, online forum, dan lainnya telah mempermudah bagi seseorang untuk menawarkan dan menjual barang-barang miliknya. Banyak sekali keuntungan yang diperoleh dengan adanya toko online ini, baik itu bagi penjual maupun pembeli. Dari sisi penjual tentu saja dengan adanya toko online dapat memotong berbagai biaya yang digunakan jika membuat toko yang sebenarnya. Penjual tidak perlu repot-repot menyediakan bangunan untuk membuat sebuah toko, sekaligus memikirkan tempat yang strategis untuk mendirikan toko

Penggunaan teknologi informasi yang dimaksudkan disini adalah pemakaian internet untuk memasarkan produk mereka seperti dalam perdagangan online (e-Commerce). Secara umum. kata teknologi digunakan untuk merujuk pada penerapan praktis ilmu pengetahuan ke dunia industri. baik itu dari cara pemesanan higga proses pembayarannya. restaurant. Tanpa perlu datang langsung ke sebuah toko. atau dari desain toko online itu sendiri. web hosting. Sedangkan kataentrepreneurship berasal dari kata entrepreneur yang merujuk pada seseorang yang menciptakan bisnis/usaha dengan keberanian menanggung resiko untuk mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada (Zimmerer & Scarborough. 2008). Pembahasan 4. atau web design. Biaya operasional harian pun tidak akan terlalu banyak mengurangi keuntungan dari toko tersebut. Banyak sekali trik-trik yang digunakan oleh masing-masing penjual yang tentunya sangat berbeda antara satu degan yang lainnya. pemanfaatan . atau juga dari produknya. tetapi segala jenis usaha. seperti vendor IT. 4. istilah technopreneurship mengacu pada pemanfaatan teknologi informasi untuk pengembangan wirausaha. seperti meubel. Ada yang menonjolkan sisi promosinya.tersebut. yakni ‘technology’ dan ‘enterpreneurship’. Dalam wacana nasional. Sedangkan dari sisi pembeli toko online merupakan solusi yang sangat tepat bagi mereka yang memiliki kesibukan luar biasa. Hal ini akan di bahas lebih jauh dalam paper ini. seorang pembeli bisa mendapatkan barang yang di inginkan dengan cara yang sangat mudah. sebab toko tersebut memang tidak ada secara fisik.1 Definisi technopreneurship Technopreneurship merupakan gabungan dari dua kata. Semakin banyaknya toko online ternyata menimbulkan persaingan yang ketat di antara para pelaku bisnis tersebut. Jenis wirausaha dalam pengertian technopreneurship disini tidak hanya dibatasi pada wirausaha teknologi informasi. super market ataupun kerajinan tangan.

sendiri adalah proses mengorganisasi dan mengelola resiko untuk sebuah bisnis baru. Penelitian berorientasi pada penemuan dan penambahan ilmu pengetahuan. Komersialisasi dapat didefenisikan sebagai pemindahan hasil penelitian atau . aplikasi berbagai bidang keilmuan. Teknologi merupakan sutu cara yang dilakukan oleh manusia untuk merubah alam dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya. perbaikan efektivitas dan efisiensi produksi. Menemukan solusi-solusi yang diperlukan (uang. Technopreneurship sebenarnya adalah entrepreneurship namun mempunyai bobot dan fokus pada teknologi. orang. Dasar-dasar penciptaan teknologi adalah : kebutuhan pasar. Seorang entrepreneur melakukan Jadi ada dua pokok penting yang harus diperhatikan dalam mendefenisikan tecnopreneuship itu yaitu penelitian dan komersialisasi.  Memperoleh sumberdaya yang diperlukan (uang.services. sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih berkulitas.  Mengelola risiko-risiko yang berhubungan dengan bisnisnya. Entrepreneurship hal-hal sebagai berikut :   Mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang pasar. serta modernisasi. dan peralatan) untuk menjalankan bisnis. dan peralatan) untuk menjalankan bisnis. Ini bermula dari pergeseran ekonomi dari old industrial economy menjadi ekonomi yang lebih berbasis enterpreneur . solusi atas permasalahan. Teknologi merupakan sutu cara atau metode untuk mengolah sesuatu agar terjadi efisiensi biaya dan waktu.  Mengelola sumberdaya dari tahap awal (start-up) ke fase bertahan (survival) dan fase pengembangan (ekspansi).software/program khusus untuk memotong biaya produksi dan kegiatan operasional lainnya. orang.

maka perusahaan tersebut tidak perlu mengirimkan sample kursi ke pelanggan. 4. berpartner. namun hanya menunjukkan desain kursi dalam bentuk soft-copy saja. Asumsi ini tidak memperhitungkan harga lisensi software yang harus dibeli oleh perusahaan meubel tersebut. Selain itu. maka kondisi ini menyisakan beberapa pertanyaan: Apakah benar technopreneurship mampu menjadi solusi bisnis di masa kini? Akan dibawa kemanakah arah technoprenership di negara kita? Menurut hemat penulis. penggunaan teknologi web 2. atau menjualnya kepada pihak yang akan mengkomersialkannya. maka peluang berbisnis lewat Internet semakin digembar-gemborkan.0 sebagai media promosi. Dan ini tidak sejalan dengan semangat technopreneurship yang dikembangkan oleh negara-negara Asia lainnya. seperti inovasi dan kreatifitas dalam pembangunan website. inovasi yang berkembang belum mampu melepas ketergantungan tersebut karena masih berskala individu. Terlebih dimasa krisis global seperti sekarang ini. Jika technopreneurship dipahami seperti dalam contoh-contoh ini.2 Arah technopreneurship di Indonesia Sebagian besar wacana di negara kita mengarahkan technopreneurship seperti dalam definisi kedua di atas. yakni : lisensi. maka bisa dijumpai bahwa pemakaian teknologi Informasi dapat menunjang usaha bisnis. mereka harus membuat prototype dengan membuat kursi sebagai sample dan mengirimkan sample tersebut. Baik dalam seminar. lokakarya dan berita. Jika sebelumnya. Sebagai contoh. technopreneurship yang dipahamai dalam makna yang sesempit ini justru akan menjadi bumerang bagi pelaku bisnis. Inovasi yang diharapkan adalah inovasi dalam . maka dengan pemakaian Perangkat Lunak tertentu. Ada kepercayaan bahwa technopreneurship menjadi solusi bisnis dimasa lesu seperti ini.teknologi. penggunaan perangkat lunak tertentu akan mengurangi biaya produksi bagi perusahaan Meubel. karena ini akan menciptakan ketergantungan terhadap teknologi buatan barat.

Masalah di Indonesia yang paling utama adalah bagaimana memecahkan masalah kesenjangan digital yang masih sangat besar dengan menumbuhkembangkan inovasi atau teknopreneur industri telematika. Masa depan seolah-olah dapat ditarik lebih cepat keberadaannya dari waktu yang semestinya. Technopreneurship atau wirausaha teknologi merupakan proses dan . Dengan pemahaman technopreneurship seperti dalam definisi pertama maka akan memungkinkan bermunculannya para technopreneurship sejati yang akan membawa negara kita berjalan bersama-sama dengan India. Pertanyaan ini timbul karena hampir segala sesuatu yang semula tidak terbayangkan akan terjadi pada saat ini. secara tibatiba muncul di hadapan kita. sehingga hasil inovasi tersebut mampu melepaskan kita dari kungkungan ketergantungan penggunaan lisensi dan ketergantungan teknologi barat. 4.3 Technopreneurship sebagai sebuah Inkubator bisnis berbasis teknologi Perubahan demi perubahan yang terjadi dari suatu zaman ke zaman berikutnya telah mengantarkan manusia memasuki era digital. berkat kemajuan teknologi informasi.pengembangan kapasitas lokal dengan basis teknologi dari dunia barat. suatu era yang seringkali menimbulkan pertanyaan : apakah kita masih hidup di masa kini atau telah hidup di masa datang. Untuk dapat menuju ke arah yang sama seperti neagara-negara tetangga kita lainnya. maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah melakukan dekonstruksi pemahaman Technopreneurship. Korea Selatan maupun taiwan. Teknologi komunikasi dan informasi atau teknologi telematika (information and communication technology –ICT) telah diakui dunia sebagai salah satu sarana dan prasarana utama untuk mengatasi masalah-masalah dunia. Ini penting sekali karena kita semua tahu bahwa persepsi menentukan aksi. pengolahan (computing) dan informasi (information) yang diseminasikan mempergunakan sarana multimedia. Teknologi telematika dikenal sebagai konvergensi dari teknologi komunikasi (communication).

Cara pandang yang dikotomis tersebut. khususnya teknologi informasi (TI) membutuhkan adanya kebebasan dalam berinovasi. Hal ini sangat penting karena dilandasi pengalaman di lapangan. Yang perlu kita ketahui adalah bahwa dalam era ekonomi yang berbasis ilmu pengetahuan. Dunia ilmu pengetahuan atau kita sebut dengan pendidikan. dianggap bukan menjadi bagian dari suatu sistem ekonomi. maka akan memberikan dampak positif berupa tumbuhnya TI itu sendiri dan juga aspek bisnisnya. pendidikan merupakan wujud dari keberhasilan . ilmu pengetahuan ditempatkan pada “kotak” tersendiri secara eksklusif.pembentukan usaha baru yang melibatkan teknologi sebagai basisnya. tanpa harus terkekang oleh regulasi yang malah menghambat. sementara dunia ekonomi dipandang sebagai dunia yang penuh dengan kecurangan. Padahal dalam technopreneurship diperlukan semangat kompetisi yang dominan. dalam kurun waktu yang lama belum dapat terjembatani secara baik. bahkan seolah dunia tanpai nilai (value). agar tidak tertinggal dari turbulensi bisnis global. Pengusaha bidang teknologi (Technopreneur). Semakin pemerintah mengendurkan ketatnya regulasi yang mengatur gerakan grass root komunitas TI di Indonesia. dengan harapan bahwa penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak bisa menempatkan teknologi sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi nasional. Dunia pendidikan dipandang sebagai suatu dunia tersendiri tempat dibangunnya nilai-nilai luhur. tetapi di sisi lain ada kepentingan-kepentingan Pemerintah yang mungkin saja berlawanan dengan kepentingan sebagai suatu unit bisnis. seolah-olah diasingkan dari kegiatan ekonomi. menyesuaikan antara fakta yang ada dengan tuntutan perubahan serta memperbesar usaha. di mana seringkali terjadi benturan antara kepentingan badan usaha sebagai unit bisnis yang menuntut untuk selalu bersikap dan berperilaku sebagai wirausahawan dan melakukan perubahanperubahan. Dalam kurun waktu yang panjang. ketidakadilan. Masing-masing pihak lebih mementingkan dan meng claim sebagai pihak yang paling benar.

juga dibuat secara tergesa-gesa. pendidikan memegang peran strategis dalam memajukan ekonomi bangsa. Bahkan pemerintah dinilai belum memiliki visi dan komitmen yang jelas tentang pendidikan. Selama berpuluh tahun. Disinilah pokok bahasan tentang technopreneurship tersebut perlu dikembangkan. Dengan kata lain. Pendidikan belum memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perubahan yang terjadi atau masih sangat sedikit (too little). Bahkan pendidikan dapat menjadi keunggulan daya saing suatu negara. mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan pendidikan seringkali terlambat (too late) dalam mengadaptasi perubahan. sehingga tidak dapat mengejar tuntutan perubahan. 4. di mana dengan membangun sarana dan prasarana pendidikan secara serius dalam sepuluh tahun terakhir. Memang tidak mudah untuk dilaksanakan. Sehingga dapat dikatakan bahwa Indonesia baru dan sedang melakukan perubahan orientasi pendidikan dari pendidikan yang berbasis akademis kepada pendidikan yang berbasis kompetensi. pendidikan dijadikan alat politik penguasa. Akibatnya pendidikan berjalan lamban (too slow). namun menjadi sebuah tantangan bagi kita untuk memajukan bangsa ini pada masa yang akan datang. Taiwan dan Malaysia.4 Peranan technopreneurship Technopreneurship tidak hanya bermanfaat dalam pengembangan industri-industri besar dan canggih. sehingga pendidikan tertinggal dan belum mampu menjawab tantangan masa depan. Faktor penyebabnya adalah karena kebijakan yang ada disamping tambal sulam. Technopreneurship juga dapat diarahkan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi lemah dan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka. Bagaimana dengan Indonesia ?. kualitas kehidupan bangsa-bangsa tersebut terus meningkat. . Dan hal ini telah dibuktikan oleh negara-negara industri baru seperti Singapore.pembangunan nasional suatu negara.

c. maupun lingkungan. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Menciptakan lapangan kerja baru. Manfaat dari segi sosial diantaranya adalah mampu membentuk budaya baru yang lebih produktif. dan berkontrbusi dalam memberikan solusi pada penyelesaian masalah-masalah sosial. Manfaat dari segi lingkungan antara lain adalah : a. d. b. b. Meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya terutama sumber daya energi.Technopreneurship dapat memberikan manfaat baik secara ekonomi. sosial. yaitu : Melakukan hal-hal yang tidak mencari keuntungan semata Merasa Nyaman bekerja dengan menggunakan teknologi Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan dipahami oleh sesorang untuk menjadi technopreneur diantaranya : Belajar dari pengalaman para pelaku technopreneurship Mengeksplorasi ide Softskill dan mindset yang diperlukan oleh technopreneur Validasi Ide dan Penilaian Peluang Pengembangan Produk Teknologi . Meningkatkan pendapatan. Menggerakkan sektor-sektor ekonomi yang lain. Memanfaatkan bahan baku dari sumber daya alam Indonesia secara lebih produktif. 4.5 Technopreneur Ada dua karakter utama untuk menjadi seorang technopreneur. Dampak secara ekonomi adalah : a.

memilah.- Hak Kekayaan Intelektual Analisis Pasar Model Usaha Penyusunan Business Plan Keuangan Marketing Plan dan Penyusunan Marketing Plan 4. Selain itu produk-produk kreatif terus bermunculan dari berbagai lapisan masyarakat Indonesia. baik sebelum sampai sesudah transaksi. Kemudian dalam toko online penguasaan data member adalah bagian yang merupakan bentuk kunci pendekatan sesuai azas marketing. Semua itu karena memang rantai pemasaran produk-produk yang dijalankan secara offline masih berpeluang dikembangkan dengan sistem online.6 Peluang technopreneur melalui toko online Toko online adalah bagian dari integrasi layanan informasi yang memacu pembaca mulai dari sekedar mencari produk. Sehingga ketika pembaca web meninggalkan toko online sudah ada histori pembelian baik di sisi penjual dan pembeli itu sendiri di email. sedangkan tidak semua yang ahli dalam produksi mampu memasarkan dengan baik termasuk melalui pemasaran online. Potensi usaha melalui toko online di Indonesia saat masih tinggi. Hal ini secara garis besar bisa . untuk difollow up. menyesuaikan harga. sampai keputusan untuk pemesanan/pembelian secara online dalam satu waktu yg sama. syukur=syukur sudah meng autodebet melalui Paypalnya. yaitu “berjalan dengan komunikasi yang saling memuaskan” secara real time dan cepat. berpeluang untuk berkembang pesat. Jangkaun internet di negara ini juga turut meningkatkan peluang toko onlinetidak saja sebagai rantai distribusi informasi namun juga sebagai media transaksi yang makin dipercaya masyarakat.

jasa. sehingga ini peluang media-media online untuk mengembang pasar online yang makin luas. kedua praktis bagi pengusaha yang sudah mempunyai produk populer. baik untuk perdagangan barang. Walau begitu. Semua ini karena memang toko online memiliki nilai kepraktisan yang tinggi namun tetap memiliki fungsi yang informatif. karena dengan 31 juta pemakai internet di Indonesia maka pastilah didalamnya sudah mewakili berbagai segmen pasar. maka dengan toko online semakin mendekatkan produk ke masyarakat secara real time 24 jam. tahun 2010 sebesar 31 juta pemakai.dilihat dari jumlah pemakai internet terus berkembang sangat pesat. setidaknya ada dua hal yang berbeda. inilah kesempatan mengembangkan toko online.juta pemakai. Menopang hidup dalam hal ini sebagai satusatunya media untuk mendapatkan penjualan dan pendapatan demi kesejahteraan keluarga. Toko online sempat menjadi perhatian dari berbagai kalangan. menurut APJII pada tahun 2000 sebesar 1.9 juta pemakai sedangkan sampai tahun 2008 saja sudah 25. Kepraktisannya dalam level pengusaha. walau secara kualitas akses mungkin belum menjadi alat persaingan yang sebenarnya dari provider. dengan sistem yang mudah dan dana yang terjangkau. Artinya tingkat penggunaan internet yang semakin tinggi menggambarkan minat dan kebutuhan akses internet semakin disadari fungsinya sebagai media pertukaran informasi. Ini menguntungkan pemakai dari sisi harga yang semakin terjangkau. pertama praktis bagi pengusaha yang sedang merintis usaha maka membuat toko online adalah mudah dan murah daripada harus membuat toko secara fisik dan puluhan cabang di banyak kota. baik posisinya sebagai alat pemasaran juga ada yang memposisikan sebagai tempat usaha untuk menopang hidup. salah satunya melalui toko online. maupun informasi. Dukungan layanan internet juga semakin berkembang karena masingmasing provider seluler menawarkan akses internet dengan mudah dan dengan harga yang variatif dalam taraf saling perang harga. .

com sebagai toko tempat belanja . kebutuhan rumah tangga serta kebutuhan lain-lainnya.7 Perkembangan Toko Online di Indonesia Toko online dan sistem belanja online bukan menjadi rahasia lagi. Alasan kenapa banyak perorangan maupun tim menempuh usaha dengan toko online karena selain murah dalam membangunnya juga pada tahap awal bisa disambi dan tidak harus menyewa ruko atau membangun tempat usaha. memesan. walau akhirnya demi kemajuan beberapa pengusaha perlahan membangun toko fisik demi meningkatkan kualitas layanan. Kita mungkin tidak akan asing dengan toko online amazon yang memang disana tersedia segala macam produk dan kebutuhan dari bayi sampai kakek-kakek dan tingkat kepercayaan mereka telah teruji sehingga tidak heran kalau nama amazon. jika di luar negeri sana masyarakat rata-rata memanfaatkan internet sebagai media untuk mencari kebutuhannya baik itu kebutuhan personal. misal untuk memilih barang. juga dalam memantau proses pengiriman. 4. Dan setelah mereka menemukan apa yang di butuhkannya mereka juga tidak akan ragu untuk memesannya secara online dan tentu saja mereka akan lebih dulu meneliti apakah situs tersebut terpercaya atau tidak. toko online sudah mampu menjangkau lebih kuat belum lagi adanya perilaku yang berubah dari masyarakat yang mulai nyaman dan familier dengan keberadaan internet.Toko online dengan jangkauan aksesnya secara online. fax sampai produk dan harga. namun seiring dengan penyediaan toko online maka pelanggan tersebut bisa mengakses search engine misal Google untuk mencari dengan mudah bahkan sampai detil mulai dari alamat. Rantai informasi yang terputus itu misal adanya pelanggan setia yang kehilangan informasi alamat. Ini masih sebatas informasi pun. sebenernya mampu meneruskan rantai informasi produk yang terputus karena mungkin sebelumnya masih menggunakan media informasi offline. membayar dengan internet banking atau paypal. no fax dari perusahaan penyedia produk/jasa.

penjualan pulsa online. peralatan pribadi. karena tidak heran kalau satu aja toko online yang terbukti bohongan akan memberikan efek yang buruk juga bagi toko-toko online lainnya dan efek lainnya juga adalah tingkat kepercayaan masyarakat otomatis tambah mundur saja. belum lagi permasalahan harga dan lain sebagainya.online begitu terkenal. toko baju online ( butik online). toko laptop. Lantas bagaimanakah perkembangan toko online dan belanja online di negara kita ini? Perkembangan toko online di negara indonesia secara penglihatan memang mengalami kemajuan yang cukup pesat dan maju sekali. toko buku online. Selain memberikan pelayanan yang baik tentu saja sebuah toko online tersebut harus benar-benar di percaya akan keberadaannya kalau perlu baca bagian faq. dan masih banyak toko-toko lainnya yang bisa didapatkan di halaman mesin pencarian hanya dengan menulis toko online saja maka akan bermunculan apa yang di ketik tersebut. mudah dalam melakukan pencarian yang dibutuhkan dan masih banyak sederetan alasan lainnya dibanding dengan mereka harus keluar rumah kemudian masuk kiri kanan toko untuk mencari barang yang di butuhkan. tidak memerlukan energi yang banyak.8 Skill yang dibutuhkan dalam membangun toko online . Ada beberapa alasan orang barat mencari kebutuhannya lewat internet adalah sifatnya yang praktis. Lantas bagaimanakah dengan tingkat pembelian masyarakat kita? Apakah semakin banyak yang memanfaatkan toko online ini sebagai sarana dalam mencari aneka kebutuhannya atau tidak ada sama sekali? Semakin banyaknya orang yang membuka toko online tersebut tentu saja ada pembelinya tinggal menunggu waktunya dan tinggal bagaimana suatu toko tersebut dapat memberikan pelayanan yang baik sehingga kepercayaan masyarakat akan toko online atau secara spesifik seperti butik online makin mantap saja dan tentu saja ini menjadi tugas utama yang harus dilakukan. toko makanan online. ini di lihat dari bermunculan banyak toko-toko online dari jenis penjualan peralatan rumah tangga. 4. tidak perlu meninggalkan rumah.

Sehingga menentukan diskon bukan dari feeling saja.Seperti dalam berbagai media online ada penawaran pelatihan toko online. magento.COM anda wajib menetukan arahnya. Pentingkan bidang keuangan ini? Kalo anda ingin sukses seperti EBAY. antara lain: a) Skill Bidang Keuangan Skill ini dibutuhkan dalam bisnis toko online untuk menagarah pada sejauh mana pengelolaan toko online menjadi unit yang profitable. klaim pengiriman dll. Ingat ini bisa dipelajari sambil jalan tapi harus dipahami. artinya bisa memperoleh laba jadi tidak hanya menerima uang. dengan harga yng mungkin lebih murah. Bidang keuangan juga mampu mengawasi perkembangan atau keruagian secara cepat. maka yang tampak baru sekedar penawaran pelatihan install softwaere toko online. dan perencanaan keuntungan jika ada diskon. b) Skill Bidang Pemasaran Ada beberapa perusahaan yang begitu menggantung kan usahanya terhadap aspek pemasaran tentu juga dalam toko online. Namun saya sedih sekali ketika pelatihan membuat toko online baik dengan oscommercer. Skill Bidang keuangan harus bisa memperhitungkan. Emosional dalam arus diskon karena pesaing maka menyebabkan frustasi sesaat jika ternyata keuntungan sangat minim tidak mampu diputar kembali dananya. biaya operasional. jika biaya tak terduga untuk return. artinya baru sebatas membangun toko online sebagai benda. Saya ingat bahw ada produk di Yogya . Kenapa? Iya karena pelatihan itu baru mengarah pada skill IT saja sedangkan masih ada banyak skill yang dibutuhkan untuk memajukan toko online. Belum memiliki roh yaitu strategi bisnis dan pemuas pelanggan. prestashop. zen cart dll itu diberi judul stategi bisnis online. karena yang dijual di toko online mudah sekali di duplikasi oleh orang lain. Banyak toko online masih menghitung bisnisnya sekedar menerima uang. namun dari prediksi keuntungan setelah memperhitungkan biaya operasional. biaya promosi.

bahkan EBAY yg besar pun terus menyempurnakan aspek Management Information System. harga bisa lebih mahal namun karena konsen dalam membangun kredibilitas. d) Skill untuk Management Information System Tidak harus dari orang Informatika untuk bisa menguasai Management Information System. awareness juga tetap berlaku setiap saat.HP. MOBILE ACCESS lebih disukai karena kecepatan. c) Skill Perilaku Konsumen Ketika semua orang membuat website untuk toko online maka. pelanggan tetap loyal. Perilaku ini juga berdasar segmentasi yang tepat. nah untuk lebarnya layar maka PDA. Atau anda mau membuat sendiri web toko online maka Management Information System adalah dasar yang terus diperbaiki. Magento.HP. dalam 3 hari sudah diduplikasi di toko online milik orang jawa barat dengan harga lebih miring. OScommerce menawarkan Management Information System yang berbeda. Perangkat PDA. Blackberry yang canggih maka model WAP. Produk boleh sama. Blackberry tidak bisa menandingi Laptop atau PC. Zencart. kemudahan dan murah akses. Sehingga pemasaran merupakan hak yang penting agar transaksi terus berjalan. Blackberry memang semakin sebanding dengan Laptop. namun lebih kepada mengingat pelanggan untuk tetap puas dan tetap loyal. karena memang kedekatan bahan baku lebih unggul di Jawa barat. Misal masing masing SOurcode antara Prestashop.HP.bidang kerajinan yang dijual online. tapi itu kan fitur. Facebook pun penyempurnaan untuk bidang Management Information System tetap . karena toko online yang mempunyai kekuatan yang baik adalah toko online yang menggunakan Management Information System yang berorintasi pelanggan. berbondong-bondong orang mengikuti pelatihan training computer dan programming toko online namun sadarkah bahwa semua pelanggan tidak akan mengakses lewatweb dengan akses HTTP bisa saja karena ada PDA. Pemasaran yang baik tentu adalah bukan sistem menjual saja.

. ada kesalahan misal mengetikkan angka nol kelebihan satu saja maka bisa berdampak panjang. Prosedur Kerja. 4. mudah .maka Toko Online layaknya toko offline biasa butuh manajemen yang hebat. SDM ini perlu ditekankan mengenai prosedur standar dalam menjalankanbisnis online. minimal mampu mengalihkan arah penjualan dari suatu Negara yang tiba-tiba hancur bangkrut ke Negara yang lebih kondusif. namun setidaknya yang diharapkan ada minimal: a) Sumber Daya Manusia Ini merupakan titik inti dari “bisnis proses”nya toko online. Instruksi kerja yang benar maka akan mengamankan bisnis anda.murah. Dengan Skill Ekonomi prediksi trend akan lebih mudah. antara bisnis toko online mebel ekspor atau bisnis toko online hasil kerajinan. untuk akses yang cepat.dijalankan. Faktor apa saja yang menentukan kesuksesan toko online dipengaruhi oleh beberapa hal. namun tangguh dalam melayani transaksi e) Skill Ekonomi Ini hanya sekedar tambahan yang lebih mendorong faktor apa yang akan booming dalam produk-produk masa depan dan tetap aman sampai waktu tertentu. KEnapa? Karena di bisnis online salah dalam mengetikkan satu angka saja maka bisa berdampak kerugian.9 Sumber Daya Pendukung Toko Online Toko online adalah interface dan multi disiplin ilmu. simple. misal dalam akses alat pembayaran. terutama dalam klasifikasi sumber dayanya . dengan memiliki SDM yang siap menghadapi perputaran ganasnya pemasaran online maka siapkan SDM multi talenta dan kepekaan tinggi. Misal dengan memanfaatkan situs Desperindag dan Bursa Ekspor impor dan gejolakperekonomian suatu Negara maka bisa menentukan lamgkah. untuk perencanaan sukses. misal lebih prospeks mana. harusnya transfer 10juta menjadi 100juta dll.

yaitu perusahaan dan pelanggan.b) Sumber Daya Sistem atau sistem Opensource Ini berpengaruh terhadap daya tahan sistem yang digunakan. Semakin mudah digunakan oleh masyarakat. misal Paypal. namun jika lintas Negara maka perlu media pembayaran yang cepat di monitor dan auto debet. Sedang . atau ingin mendesain sendiri. Semuanya mempunyai perbedaan waktu dan biaya pemakaian. Mungkin berdampak pada data rekaman. c) Sumber Daya Lalu Lintas Pembayaran Online Dalam toko online karena durasi titik temu antara pengunjung web pengelola toko online bisa berjalan dengan cepat. Google Checkout. atau manual Wire transfer. Di beberapa kasus web e-commberce dunia sampai kepada manipulasi harga. maka web toko online membantu efektifitas pemasaran secara utility. Dari sisi ancaman. transaksi. Liberty Reverse dll. Yang jelas harus mengarah kepada kemudahan dan kepuasan dari 2 sisi. ini jauh lebih perfect dengan syarat developer dan perancang desain sisstem pernah secara nyata membuat dengan prosedur yang standar minimal dunia. bukan persoalan “berita dari teman”. maka kualitas kecepatan konfirmasi dalam penerimaan dan pembayaran cukup penting. jika hanya dalam negeri maka pembayaran transaksi toko online tidak begitu rumit alias mudah-mudah saja. berkenaan dengan sejauh mana toko online ini akan tetap kokoh diakses dan digunakan oleh banyak orang dalam jangka panjang. daftar produk yang bisa tiba-tiba hilang. Western Union. Anda bisa membayangkan jika Toko Online namun pembayaran menggunakan wesel Pos? Standar pembayaran ini memiliki banyak faktor. dibuat murah oleh cracker dan dibeli sendiri. Pemillihan antara menggunakan CMS Toko Online yang gratis dan berbayar merupakan kepentingan strategis. maka adanya Cracker dan hacker dengan tekniknya bisa melumpuhkan bisnis toko online jika tidak sempurna dalam hal ini. baik dari sisi ketepatan pemilihan CMS Toko Online dan Web Developer.

Paypal pun ada regulasi dana yang masuk bisa ditarik kembali jika ada penyalahgunaan secara undang-undang. maka komunikasi dengan email. IPhone dll. JIka pasar Indonesia mungkin bisa lewat SMS dan Telepon namun jika pangsa Internasional maka email. YM atau Facebook untuk konsultasi dll. Ym cukup nyaman. hilang di pengiriman. karena ini adalah solusi dari bisnis online. maka harus disediaakan ruang akses komunikasi real time. karena satu dengan yang lain dalam dunia online belum tentu salaing mengenal. YM atau Facebook adalah bagian dari kewajiban layanan. SMS 24 jam. barang cacat. HP. Laptop atau PC tentu adalah alat wajib dalam manajemen bisnis online. . bahwa usahakan pelanggan terbaisa menerima jawaban yang pasti dan jelas. Real time dalam hal ini. layanan pengiriman terpantau denganonline seperti POS EXPRES dll . d) Sumber Daya Perangkat Keras (Server. PDA. Singapore atau USA. e) Sumber Daya Komunikasi Real Time Dalam toko online ketika transaksi mungkin masih minim. pastikan bebas virus spyware dan Trojan agar transaksi anda tidak diganggu dan diintai. namun jika berkutat dengan masalah barang yg belum sampai. Kemudian penentuan lokasi data center untuk hosting antara lokasi Server Indonesia. jangan sampai lempar sana lempar sini. Bisa dijembatani dengan Blackberry. Kemudian perangkat akses internet merupakan sumber daya wajib karena masyarakat lebih senang via email. kepercayaan dibangun ketika ada “solusi” dalam penyelesaian masalah. kecepatan dalan trouble shooter menjadi alat ukur bagi pleanggan. karena dengan memilih server yang tangguh dengan Uptime Connection lebih dari 95% maka toko online anda akan mudah diakses kapanpun. Jaringan Internet. Karena dalam dunia online. PC/Laptop) Ini merupakan prasyarat.

4. agar nantinya dapat berjalan sesuai dengan keinginan dan mendapat banyak keuntungan tentunya. Jagan lupa foto-foto produk dan foto-foto lain serta harga produk toko online anda yang akan membuat pengunjung semakin percaya dengan Anda. c) Membuat Website Toko Online yang Marketable Toko online memerlukan website sebagai alat utama promosi. Website Anda harus bisa meyakinkan pengunjung bahwa Anda layak diajak bertransaksi. Website toko online Anda harus bisa menjadi sales yang memikat bagi pembeli.com atau .net. Ada baiknya jika web toko online anda berekstensi . b) Survey Keyword toko online Gunakan search engine untuk menjadi marketer toko online anda . a) Pilihlah produk Toko Online yang tepat. Solusi yang mudah adalah . Tepat yang dimaksud adalah produk tersebut banyak dicari oleh penguna internet tetapi persaingan tidak terlalu tinggi. d) Daftarkan Toko online pada Search Enggine Toko Online anda Anda harus terindek di search engine.10 Langkah-langkah Membuat Toko Online Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kita tempuh saat membuat sebuah toko online. Carilah keyword dengan keyword tool yang cocok untuk toko online anda dan jangan lupa keyword itu cukup banyak yang mencari. Bukan website gratisan. Cantumkan foto alamat jelas dan no telp yang mudah dihubungi. caranya kita akan bahas pada kesempatan lain. karena ini yang sudah populer di masyarakat. Gunakan script toko online yang search engine friendly karena tidak semua script toko online ramah dengan search engine.

PPC ataupun komunitas online. Lakukan promosi online melalui media-media iklan baris baik yang gratis maupun berbayar. g) Mental Wirausaha Sukses Usaha toko online sama dengan usaha offline. iklan di web yang banyak pengunjungnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat pelanggan tertarik dengan toko online kita : 1. yahoo. e) Promosi Toko Online melalui Iklan gratis dengan Tepat Bagaimana konsumen menemukan toko online anda. Untuk itu memaliki mental wirausahaan sukses sangat penting . kendala pasti ada. Resiko pasti ada. Sabar. Di bisnis apapun. . dll). mungkin juga di tahun pertama • Berani menghadapi resiko.menggunakan blog untuk toko online anda karena cenderung mudah dia lakukan search engine optimazion ( SEO ). f) Pelayanan kepada pelanggan Toko Online Pelayanan yang cepat dan respon yang cepat pula akan menajdikan pelanggan toko online anda loyal. 2. Bertukar link banner dengan sesama toko online. Setelah kita membuat toko online pasti harapan kita adalah untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. mental itu antara lain : • • Pantang menyerah. Sebagian besar konsumen menemukan toko online anda dengan cepat dan tepat adalah melalui search engine (google. Tinggal bagaimana kita menghadapinya • Selalu mencari peluang. Disinilah pentingnya SEO (search engine optimization) anda juga bis mempromosikan toko online anda melalui iklan baris. Produk Anda mungkin laku di hari pertama.

hadiah. Berikan penawaran-penawaran yang fantastik seperti potongan harga. hadiah/souvenir. jelas dan meyakinkan pengunjung untuk membeli. Tampilkan foto-foto produk semenarik mungkin. Berikan pengetahuan produk serta deskripsi produk dengan detail. Lakukan promosi offline dengan memanfaatkan kendaraan Anda atau teman.3. dll. Bergabunglah dengan komunitas-komunitas online. seragam kerja karyawan. 4. dll. . nota. dengan memasang nama toko online Anda. kartu nama. 6. kop surat. 5. amplop.