Efek Foto listrik

Contoh efek foto listrik

RADIASI
Radiasi adalah pancaran energi melalui suatu materi atau ruang dalam bentuk panas, partikel atau gelombang elektromagnetik/cahaya (foton). Ini terjadi pada sinar gamma dan sinar x.

Prinsip kerja Pada efek fotolistrik, energi foton diserap oleh elektron orbit, sehingga electron tersebut terlepas dari atom. Elektron yang dilepaskan akibat efek fotolistrik disebut fotoelektron. Efek fotolistrik terutama terjadi pada foton berenergi rendah yaitu antara energi + 0,01 MeV hingga + 0,5 MeV. Disamping itu efek fotolistrik banyak terjadi pada material dengan Z yang besar. Sebagai contoh efek fotolistrik lebih banyak terjadi pada timah hitam (Z=82) daripada tembaga (Z=29).

Gambar efek foto listrik Pada sinar gamma dan sinar x

yaitu alat yang di pakai untuk mengukur intensitas gelombang elektromagbet. . dan mengetahui jenis-jenis bahan galian . misalnya untuk menganalisa Kristal. pada sinar x .Kegunaan efek foto listrik 1. menyelidiki jenis logam. 2. digunakan dalam bidang kesehatan seperti diaganosis. Digunakan untuk pembuatan alat foto sel. terapi dan pemotretan 3. dalam industri. penelitian-penelitian.

Related Interests