CARA MENCEGAH PENYAKIT HIV / AIDS

Disusun Oleh : 1. Sintya Widi 2. Ali Hasan 3. Ahmad Zainuri 4. Davi Setiawan 5. Siswo Gianto 6. Lukman Hakim 7. Purnomo Sidik

Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri I Mumbulsari 2011

Davi Setiawan 5. 1968023 199512 1 001 . Siswo Gianto 6. Lukman Hakim 7. Purnomo Sidik Disahkan Oleh : Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia Pada tanggal 7 Maret 2011 Drs. Ali Hasan 3.Pengesahan Karya Tulis Ilmiah ini di buat guna menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru bidang studi Bahasa Indonesia sebagai acuan untuk memenuhi persyaratan Ujian Nasional (UN). Sintya Widi 2. Disusun Oleh : 1. Ahmad Zainuri 4.Pd Nip. M. Didik Prasanto.

.  Prestasi besar di lahirkan dari pengorbanan besar.  Kegagalah adalah langkah awal untuk meraih sukses.MOTTO  Ilmu adalah pelita yang akan menyinarimu dikemudian hari.

 Dr. Semoga. akan dibalas setimpal. Wb. M. Semoga. Tentu saja. Amien. Allah meridhoi setiap langkah yang kita tempuh. Prijadi sebagai Kepala Sekolah SMP Negeri I Mumbulsari. kami sulit menghitung hari. Karya Tulis Ilmiah ini berhasil kami selesaikan.  Drs. Wassalamualaikum Wr.Pd selaku guru bidang studi Bahasa Indonesia serta Pembimbing dalam menyelesaikan tugas ini. buku ini bermanfaat bagi generasi yang membacanya. kritikan dan saran pembaca bagi kesempurnaan buku ini sangat kami harapkan. Puji syukur. Apa yang di tanam oleh manusia. Tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada :  Drs. Alhamdulillah. Selesainya Karya Tulis Ilmiah ini tentu saja adalah bentuk karunia-Nya.Kata Pengantar Assalamualaikum Wr. tak ada gading yang tak retak. Wb.  Rekan – rekan seperjuangan yang telah bersusah payah dan rela mengorbankan waktunya demi terselesaikannya tugas ini. Setiap karya masih mengandung kelemahan dan kelebihan/ Untuk itu. setian pekerjaan yang di kerjakan hamba-Nya. Bagaiman tidak. Sungguh. pasti mereka akan memetik hasilnya. Dudik Prasanto. Dzat yang menentukan setiap kejadian di alam raya ini. Sondang selaku Narasumber yang telah membantu kami dengan memberikan keterangan yang jelas dan akurat serta dengan senang hati berbagi pengetahuan yang dimilikinya. . karena kemurahan karunia-Nya. ditengah kesibukan waktu yang sempit. kami panjatkan kehadirat Allah SWT.

1 Apakah HIV / AIDS itu ? 1.2 Bagaimana Proses penularan penyakit tersebut dan bagaimana cara menaggulanginya ? 1.3 Tujuan Penelitian 1.4. .3. sebuah virus memetikan yang hingga saat ini belum ditermukan obat dan cara yang lebih efektif untuk mengatasinya.1 Ingin mengetahui apakah HIV / AIDS itu.2.BAB I Pendahuluan AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrom ) adalah sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang di dapat.2.4.3.2 Ingin Mengetahui proses penularan penyakit tersebut serta penanggulangannya. 1. 1.1 Latar Belakang Pembuatan Karya Tulis Ilmiah ini dilatar belakangi oleh rasa keingintahuan kelompok kami tentang bahaya penyakit HIV / AIDS.2 Rumusan Masalah 1. 1. 1. AIDS disebabkan oleh Virus HIV ( Human Immunodeficiency Virus ).4 Manfaat Penelitian 1.1 Dapat Mengetahui apakah HIV / AIDS itu. 1.2 Dapat mengetahui proses penularan penyakit tersebut serta penanggulangannya. Belum tersedianya obat serta maraknya penderita Virus HIV di Indonesia juga menjadi salah satu alasan kelompok kami untuk meneliti penyakit ini.

Disebabkan oleh virus yang bernama Human Immunodeficiency Virus ( HIV ). Virus HIV HIV adalah virus yang dapat menyebabkan AIDS dengan cara menyerang sel darah putih yang bernama sel CD4 sehingga dapat merusak sistem kekebalan tubuh manusia yang pada akhirnya tidak dapat bertahan dari gangguan penyakit walaupun yang sangat ringan sekalipun. Penyakit AIDS disebabkan oleh melemah atau menghilangnya sistem kekebalan tubuh yang tadinya dimiliki karena sel CD4 pada sel darah putih yang banyak dirusak oleh virus HIV.1 Apakah HIV / AIDS itu ? AIDS ( Acquired Immune Deficiency Syndrom ) dalam buku ( Mengenal dan menanggulangi HIV / AIDS.org/pengertian_definisi_dan_cara_penularan_penyebaran_vi rus_hiv_aids adalah : a. tubuh kita tidak memiliki pelindung.BAB II Pembahasan 2. a. Sedangkan menurut http://organisasi. Dampaknya adalah kita dapat meninggal dunia terkena pilek biasa. untuk sistem kekebalan tubuh. . Sel darah putihsangat diperlukan. Penyakit AIDS AIDS merupakan dampak atau efek dari perkembangbiakan dari virus HIV dalam tubuh makhluk hidup. Milik Komisi Penanggulangan AIDS / KPA ) adalah sekumpulan gejala penyakit yang timbul karena turunnya kekebalan tubuh yang di dapat. Virus HIV membutuhkan waktu untuk menyebabkan sindrom AIDS yang memetikan dan sangat berbahaya. Tanpa kekebalan tubuh maka ketika diserang penyakit. Virus HIV menyerang sel CD4 dan mengubahnya menjadi tempat berkembang biak virus HIV baru kemudian merusaknya sehingga tidak dapat digunakan lagi. yang menyerang dan merusak sistem kekebalan tubuh.

HIV-2 kebanyakan masih terkurung di Afrika barat (Reeves and Doms. Subtipe yang paling besar prevalensinya adalah subtype B (banyak di temukan di Afrika dan Asia). dan merupakan sumber dari kebanyakan infeksi HIV di seluruh dunia. yang masing – masing berbeda secara geografis. Saat ini tidak ada obat. HIV adalah anggota genus lentivurus (1). bagian dari keluarga retroviriclae (2) yang ditandai dengan periode latensi yang panjang dan sebuah sampul lipid dari sel-host awal yang melindungi sebuah pusat protein / RNA. karena : - Belum tersedianya obat dan vaksin yang bisa mencegah virus tersebut. Dua spesies HIV menginveksi manusia : HIV-1 dan HIV-2. Seseorang dapat menjadi HIV positif. Kelompok M yang paling besar prevalensinya dan dibagi kedalam 8 subtipe berdasarkan seluruh genom-nya. - . 2002). serum maupun vaksin yang dapat menyembuhkan manusia dari virus penyebab penyakit AIDS. AIDS (dalam buku : Mengenal dan Menaggulangi HIV/ AIDS yang diterbitkan oleh komisi Penanggulangan AIDS/ KPA) perlu mendapatkan perhatian secara khusus. subtipe A dan D (banyak di temukan di Afrika) dan Subtipe C (banyak ditemukan di Afrika dan Asia) : subtype – subtype ini merupakan bagian dari kelompok M dari HIV-1. HIV-1 memiliki 3 kelompok atau grup yang telah berhasil di identifikasi bersdasarkan perbedaan pada envelope-nya yaitu M. Kedua spesies berawal di Afrika barat dan tengah. melompat dari primata ke manusia dalam sebuah proses yang dikenal sebagai zoonosis. Unruk menjadi AIDS di butuhkan waktu yang lama. walaupun tidak merasa sakit dan tampak sehat. Ko-infeksi dengan subtype yang berbeda meningkatkan sirkulasi bentuk rekombinan (CRFs). yaitu beberapa tahun untuk dapat menjadi AIDS yang mematikan.Ketika kita terkena virus HIV kita tidak langsung terkena AIDS. HIV-1 adalah yang lebih "virulent" dan lebih mudah menular. Pengidap virus menjadi pembawa dan dapat menularkan penyaki seumur hidupnya. N dan O.

h.2 Bagaimana Proses Penularan Penyakit Tersebut ? Didalam buku (Mengenal dan menaggulangi HIV / AIDS. Penderita AIDS adalah seseorang yang menunjukkan tanda – tanda dari sekumpulan gejala penyakit yang memerlukan pengobatan. Contoh lain : terkena darah HIV positif pada kulit yang terluka. misalkan pemakaian jarum suntik di kalangan pengguna narkotika suntik.- Biaya pengobatan yang sangat mahal. yang di terbitkan oleh Komisi Penanggulangan AIDS/KPA) maupun dalam http://organisasi. dapat menularkan penyakitnya walaupun nampak sehat dan tidak menunjukkan gejala penyakit apapun. memelui pemakaian alat tindik. Dapat menyebar dengan cepat ke seluruh dunia dan sebagian besar di tularkan memalui hubungan seks.Darah Melalui tranfusi darah / produk darah yang sudah tercemar HIV lewat pemakaian jarum suntik yang sudah tercemar HIV.org/pengertian_definisi_dan_cara_penularan_penyebaran_vi rus_his_aids ditegaskan bahwa penyakit ini dapat menular lewat beberapa cairan dalam tubuh. Perjalanan waktu sejak seorang penderita tertular HIV hingga menderita AIDS dapat berlangsung lama antara 5 sampai 10 tahun. setelah sekian waktu terinfeksi HIV. terkena darah menstruasi pada kulit yang terluka. di antaranya : Penderita HIV positif adalah seseorang yang telah terinfeksi virus HIV. Mengganggu perekonomian Negara karena dapat menurunkan sumber daya manusia dan produktifitas kerja. yaitu : . 2. tata dan alah facial waja. bahwa penderita HIV positif dan penderita AIDS mempunyai beberapa perbedaan. . yang dipakai bergantian tanpa disterilkan. dsb. - Disebutkan pula.

kemudian meyusui bayinya dengan ASI yang dimilikinya. oral seks. pinjam – meminjam alat bantu seks. dsb.. Kemungkinan penularan dari ibu ke bayi ini berkisar hingga 30%. .Air Susu Ibu (ASI) Penularan ini dimungkinkan dari seorang ibu hamil yang terinfeksi HIV positif. artinya dari setiap kehamilan dari ibu HIV positif kemungkinan ada 3 bayi lahir dengan HIV positif.Cairan Sperma dan Cairan Vagina Melalui hubungan seks penetratif tanpa menggunakan kondom. atau tercampurnya cairan sperma dengan darah yang mungkin terjadi dalam hubungan seks lewat anus. . oral seks. Contoh : Bayi minum ASI dari wanita HIV positif. dan melahirkan lewat vagina (persalinan normal). Contoh pada perempuan : Berhubungan seks tanpa menggunakan pengaman. Contoh pada laki – laki : Berhubungan badan tanpa menggunakan kondom atau pengaman lainnya. dsb. sehingga memungkinkan tercampurnya cairan sperma dengan cairan vagina.