BAB I PENDAHULUAN -LATAR BELAKANG

Energi surya atau matahari telah dimanfaatkan di banyak belahan dunia dan jika dieksplotasi dengan tepat, energi ini berpotensi mampu menyediakan kebutuhan konsumsi energi dunia saat ini dalam waktu yang lebih lama. Matahari dapat digunakan secara langsung untuk memproduksi listrik atau untuk memanaskan bahkan untuk mendinginkan. Potensi masa depat energi surya hanya dibatasi oleh keinginan kita untuk menangkap kesempatan. Ada banyak cara untuk memanfaatkan energi dari matahari. Tumbuhan mengubah sinar matahari menjadi energi kimia dengan menggunakan fotosintesis. Kita memanfaatkan energi ini dengan memakan dan membakar kayu. Bagimanapun, istilah “tenaga surya” mempunyai arti mengubah sinar matahari secara langsung menjadi panas atau energi listrik untuk kegunaan kita. dua tipe dasar tenaga matahari adalah “sinar matahari” dan “photovoltaic” (photo- cahaya, voltaic=tegangan)Photovoltaic tenaga matahari: melibatkan pembangkit listrik dari cahaya. Rahasia dari proses ini adalah penggunaan bahan semi konduktor yang dapat disesuaikan untuk melepas elektron, pertikel bermuatan negative yang membentuk dasar listrik.

seperti kalkulator. Makin kuat cahaya. satu bermuatan positif dan satu bermuatan negatif. dengan energi keluar yang sebanding ke berat jenis awan. menggunakan solar sel yang sangat kecil. sebuah elemen yang umum ditemukan di pasir. Saat ini. Semua sel photovoltaic mempunyai paling tidak dua lapisan semi konduktor seperti itu. sudah menjadi hal umum piranti kecil. Kami telah mengembangkan lemari pendingin. lading listrik menyeberang sambungan diantara dua lapisan menyebabkan listrik mengalir. Sistem photovoltaic tidak membutuhkan cahaya matahari yang terang untuk beroperasi. makin kuat aliran listrik. Berdasarkan pantulan sinar matahari dari awan. Photovoltaic juga digunakan untuk menyediakan listrik di wilayah yang tidak terdapat jaringan pembangkit tenaga listrik. hari-hari mendung dapat menghasilkan angka energi yang lebih tinggi dibandingkan saat langit biru sedang yang benar-benar cerah. Sistem ini juga membangkitkan listrik di saat hari mendung. yang .1 Bahan semi konduktor yang paling umum dipakai dalam sel photovoltaic adalah silikon. Ketika cahaya bersinar pada semi konduktor. membangkitkan arus DC.

` Setelah dites.Baik dalam skala besar maupun skala kecil photovoltaic dapat mengantarkan tenaga ke jaringan listrik. atau dapat disimpan dalam selnya . hal itu membantu mengurangi beban maskimum elektik. Sel photovoltaic juga dapat digunakan untuk menyediakan tenaga maksimum ke gedung pada saat hari di musim panas ketika sistem AC membutuhkan energi yang besar. dan oleh setiap orang yang tidak ingin bergantung dengan tenaga listrik untuk mendinginkan makanan mereka. Modul film yang fleksibel bahkan dapat diintegrasikan menjadi atap vaulted. atap ubin atau slites solar dapat menggantikan bahan atap konvsional.bernama Solar Chill yang dapat berfungsi dengan energi matahari. Penggunaan sel photovoltaic sebagai desain utama oleh para arsitek semakin meningkat. lemari pendingin ini akan digunakan oleh organisasi kemanusiaan untuk membantu menyediakan 2 vaksin di daerah tanpa listrik. Sebagai contoh. ketika modul semi transparan menyediakan percampuran yang menarik antara bayangan dengan sinar matahari.

Efek negatif peningkatan suhu itu banyak dirasakan oleh hewan.Faktor utama yang menyebabkan peningkatan suhu tersebut-atau yang sering disebut dengan pemanasan global-adalah pengeluaran drastis Gas efek rumah kaca(karbondioksida.dll) hasil pembuangan aktivitas industri manusia.sedang `berebut`menemukan energi pengganti yang murah dan ramah lingkungan. Saat ini.sumber energi yang sangat diharapkan dapat menjadi energi pengganti yang sangat berpotensi adalah . Akhir-akhir ini para ilmuwan dari seluruh dunia.tumbuhan dan juga manusia.CFCs.3 -MASALAH Beberapa dekade belakangan ini.methan.suhu rata-rata atmosfir dan permukaan laut mengalami peningkatan yang drastis.

energi matahari. Sumber energi berjumlah besar dan bersifat kontinu terbesar yang tersedia bagi umat manusia adalah energi matahari. Coba saja dibayangkan.Matahari.Energi yang berasal dari matahari dalam waktu satu jam sebanding dengan jumlah energi yang dikonsumsi oleh seluruh manusia di muka bumi ini selama satu tahun lebih.sumber energi tanpa batas. Dua kejelekan utama dari energi matahari ini adalah bahwaia sangat halus (dilute) dan tidak . tidak dapat habis.dan dipercaya dan gratis.energi elektromagnetik yang dipancarkan oleh matahari.Itulah sebabnya energi matahari sangat menarik perhatian para ilmuwan untuk meneliti tentang energi matahari tersebut. Energi matahari adalah sangat atraktif karena tidak bersifat polutif .ramah lingkungan dan mudah untuk mendapatkannya.murah. 4 BAB II TINJAUAN PUSTAKA Energi adalah satu kata yang mempunyai makna sangat luas karena tidak ada aktivitas di alam raya ini yang bergerak tanpa energi.

proses heliochecimal yang utama adalah proses fotosintesis. 5 Energi panas matahari .merupakan salah satu energi yang potensial untuk dikelola dan dikembangkan lebih lanjut sebagai sumber cadangan energi terutamabagi negara – negara yang terletak di khatulistiwa termasuk Indonesia. Energi matahari dapat dikonversi secara langsung menjadi bentuk energi yang lain dengan 3 proses terpisahproses heliochemical.1991). dan prosesheliothermal. Ada beberapa cara pemanfaatan energi panas matahari yaitu antara lain pemanasan ruangan . proses helioelectrical. Proses heliothermal adalah penterapan (absorbsi) radiasi matahari dan pengkonversian energi ini menjadi energi thermal(Culp. proses ini adalah sumber dari semua bahan bakar fossil. dimana matahari bersinar sepanjang tahun. penerangan .konstan . Proses helioelectrical yang utama adalah produksi listrik oleh sel – sel surya .Arus energi matahari yang rendah mengakibatkan terpaksa dipakainya sistem dan kolektor yang luas permukaanya besar untuk mengumpul dan mengkonsentrasikan enrgi itu.

1. listrik. 6 Matilda M Gati.meneliti tentang penggunaan energi surya un tuk pemanas air.Penelitian tentang pemanas air kolektor surya Leonardi Yulius (2002). meneliti tentang sisi biologis dari air yang di hasilkan oleh alat penjernih air tenaga surya.distilasi air kotor.pemanasan air. Nur Rosyid Anang Kusuam (2006). . Hasilnya ada perbedaan bermakna dari air sampel yang diperiksa antara sebelum dan sesudah proses dengan alat penjernih air tenaga surya. pengeringan hasil pertanian . 2. meneliti tentang desain kolektor plat datar(flat plate) untuk pemanas air.pembangkitan Radiasi yang di emisikan oleh matahari dan ruang angkasa yang berhubungan dengannya ke4 bumi mengahsilkan intensitas radiasi matahari yang hampir konstan diluar atmosfer bumi . Hasilnya eneri surya bisa dimanfaatkan untuk pemanas aiur dengan sistem termosifon dan digunakan untuk memanaskan air didalam tangki yang berisi air sekitar 85 liter.dkk (2006).ruangan.Konstanta Matahari kompor matahari.

dan radiasi. konveksi . meneliti tentang desain rumah kaca yang mneggunakan air laut sebagai sumber air untuk tanaman didalamnya .mup.ac.ugm. Spanyol. Digunakan tanaman tomat. dan lain – lain.man.ac.id .uik. a.5 m². 2007) P. Hasil dari tanaman tersebut memiliki kadar garam yang dapat ditoleransi dan aman untuk dimanfaatkan. Konduksi Panas mengalir secara konduksi dari daerah yang bertemperatur tinggi ke daerah yang bertemperatur rendah . temperatur air dalam storage mencapai 58 C( www. kacang. 1995) 7 .3 C ketika memakai kolektor berukuran 3m² dan ketika memakai kolektor dengan ukuran 7. bayam. Rumah Kaca ini memiliki luas 360 m² dan berada di Tenerife.Tinjauan perpindahan panas Perpindahan panas dalam sebuah alat pemanas cairan surya didasarkan pada tiga mekanisme transfer energi panas yaitu konduksi. Laju perpidahan panas dinyatakan dengan hukum Fourier(Wiranto Arismunandar.Hasilnya temperatur 38.web. 2004) 3. (www.journal.thomasworld.A Davies dan C Paton .

b. konveksi alamiah dan konveksi paksa.K). Konveksi alamiah atau bebas terjadi karena pergerakan fluiuda sepanjang lintasan akibat perbedaan kerapatan yang disebabkan oleh perbedaan temperatur dalam fluida . K/m. perpindahan panas konveksi dapat dinyatakan dengan hukum pendinginan newton.q = . A adalah luas penampang tegak – lurus pada aliran panas. Proses konveksi ada dua jenis. Konveksi Konveksi adalah perpindahan panas dimana terjadi transfer energi dari suatu permukaan ke fluida yang mengalir karena ada perbedaan temperatur permukaan dengan fluida. dan dT/dx adalah gradien temperatur dalam arah aliran panas . Pada umumnya. Sedangkan konveksi paksa disebabkan aliran udara dari pompa atau blower. W/(m. .k A (dT/ dx) dimana k adalah konduktivitas termal. m² .

• . Energi biomassa yang karena adanya fotosintesis dari • • tumbuhan matahari.8 BAB III PEMBAHASAN Energi matahari merupakan energi yang utama bagi kehidupan di bumi ini. • notabene menggunakan energi Energi gelombang laut yang muncul akibat energi angin. baik yang terbarukan maupun tak-terbarukan merupakan bentuk turunan dari energi ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Berbagai jenis energi. Energi yang merupakan turunan dari energi matahari misalnya: • Energi angin yang timbul akibat adanya perbedan suhu dan tekanan satu tempat dengan tempat lain sebagai efek energi panas matahari. Energi air karena adanya siklus hidrologi akibat dari energi panas matahari yang mengenai bumi. Energi fosil yang merupakan bentuk lain dari energi biomassa yang telah mengalami proses selama berjutajuta tahun.

dimana matahari bersinar sepanjang tahun. Pengeringan hasi pertanian 5. Tanpa adanya energi panas dari matahari maka seluruh kehidupan di muka bumi ini pasti akan musnah karena permukaan bumi akan sangat dingin dan tidak ada makluk yang sanggup hidup di bumi. Penerangan ruangan 3. Distilasi air kotor . 9 Energi Panas Matahari sebagai Energi Alternatif Energi panas matahari merupakan salah satu energi yang potensial untuk dikelola dan dikembangkan lebih lanjut sebagai sumber cadangan energi terutama bagi negaranegara yang terletak di khatulistiwa termasuk Indonesia.Selain itu energi panas matahari juga berperan penting dalam menjaga kehidupan di bumi ini. Ada beberapa cara pemanfaatan energi panas matahari yaitu: 1. Kompor matahari 4. Dapat dilihat dari gambar di atas bahwa energi matahari yang tersedia adalah sebesar 81.000 TerraWatt sedangkan yang dimanfaatkan masih sangat sedikit. Pemanasan ruangan 2.

Energi matahari bukan saja bisa digunakan untuk proses pemanasan ataupun untuk energi listrik.6. Pemanasan air 7. Pembangkitan listrik 10 BAB IV KESIMPULAN Energi matahari mempunyai potensi untuk menyediakan berbagai kebutuhan di seluruh belahan dunia.Jadi.energi matahari itu adalah energi yang paling penting untuk digunakan dalam kehidupan.Selain untuk pembangkit listrik ternyata energi matahari itu juga membantu tumbuhan untuk berfotosintesis. .energi matahari juga bisa untuk pendingin.

Ii BAB I Pendahuluan -latar belakang………………………………………………….. 4 BAB II . 1 -masalah………………………………………………………..11 DAFTAR ISI Kata pengantar………………………………………………… i Daftar isi……………………………………………………….

11 ii Kata pengantar Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna. Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah ilmu alamiah dasar. 5 BAB III Pembahasan……………………………………………………. . oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini. 9 BAB IV Kesimpulan…………………………………………………….Tinjauan pustaka………………………………………………. karena berkat rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul energi matahari untuk masa depan.

Mei 2010 Penyusun I ENERGI MATAHARI UNTUK MASA DEPAN .Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Jakarta.

NAMA: IRMA SULISTYAWATI 3009 210 237 FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PANCASILA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful